Begini Rasanya Nonton Konser Coldplay

coldplay singapura


Gagal mendapatkan tiket konser Coldplay di Jakarta, nggak bikin saya sampai frustasi gitu. Anggap aja rejekinya nonton konser mereka di Eropa #menghiburdirisendiri. Sampai akhirnya saya mendapatkan tiket konser Coldplay di Singapura untuk bulan Januari 2024, yang mana tiket konsernya sudah saya beli di bulan Juni 2023.

Saatnya Berangkat Ngonser Coldplay
Setelah makan siang di Zam Zam Restaurant, saya dan dua sohib memang agak buru-buru untuk menuju ke National Stadium Singapore. Saat itu sudah jam 1 siang dan kita masih balik lagi ke hotel untuk naruh beberapa barang. Terus balik lagi jalan ke MRT Chinatown, hiks agak menguras tenaga emang.

Teman yang sebelumnya mendapat jatah nonton di hari kedua, sempet bilang kalau mereka berangkatnya sore dan nggak terlalu ruame. Lah masalahnya tiket si temen saya itu, tiket seating yang pasti aman-aman aja. Sedangkan saya dan dua sohib belinya tiket yang General Standing. Tapi saya pasrah aja, mau dapet yang deket panggung, area tengah atau belakang yang penting enjoy. Bisa melihat langsung konser Coldplay adalah sebuah dream come true.
mrt kallang singapura

konser coldplay
Untung trotoarnya ada atapnya, jadi nggak kepanasan

konser coldplay singapura
Panjang banget antriannya

konser coldplay
Ngantri dari tangga bawah


Dari MRT Chinatown, saya menuju ke Stasiun MRT Kallang dan hari itu sebagian besar penumpang MRT mau nonton konser semua. Setibanya di Stasiun MRT Kallang, kita juga nggak tahu mau jalan belok kanan atau kiri dan nanya security disurulah kita belok kanan menyusuri pedestrian walk. Pokoknya jalan aja gitu, sampai akhirnya ketemu tangga jembatan penyeberangan yang sudah full antrian penonton. 

Disini, saya dan sohib sempet ragu, mau ambil antrian mengular di tangga penyeberangan ini atau nyari alternatif lain yaitu lewat pintu depan stadion dan kita sendiri juga nggak ngerti jalan menuju stadion yang bagian depannya 😁. Akhirnya saya yang ngantri dan sohib saya ngilang duluan nyari informasi. 

Meskipun antriannya jalan pelan-pelan, tapi cukup cepet juga. Tau-tau sudah di depan gate security awal yang buat nunjukkin tiketnya. Semua terlihat nggak sabar pengen masuk.

Ternyata, antrian masuk pun nggak cuman sekali, dari gate utama tadi, masih harus melewati baggage security, barang bawaan penonton diperiksa, isi tas disuruh nunjukin ada apa aja. Tapi lagi-lagi termasuk cepet euy, saya sukaaak kalau model antrian yang sat set begini.
Sebenarnya nggak boleh foto di area ini dan taunya setelah saya berhasil mengabadikan karena ditegur crew


Keluar dari security check ini, kita lari-lari menuju gate sesuai yang tertera di tiket dan ternyata masih ngantri juga. Semua penonton terlihat rapi dan antusias meskipun antriannya puanjang banget. Kurang lebih kita ngantri selama 2 jam di luar stadion ini. Untung dapet gate yang bagian luarnya ada atapnya, jadi kita nggak kepanasan, tapi ada satu lagi temen saya yang cowok dan berbeda gate, dia dapet antrian di luar gate-nya yang tanpa atap, alhasil punggungnya dia disinari matahari langsung selama sekian jam.

konser coldplay singapore
Tetep rapi, tertib


Ketika pintu Gate dibuka, sejujurnya saya hepi banget, nggak sabar mau masuk. Sebelumnya saya sudah siapin print out tiket yang ada barcodenya untuk discan, buat jaga-jaga kalau nggak bisa discan, saya juga siapin versi pdf-nya. Setelah berhasil nye-scan  tiket, ehh disambut sama crew yang ngebagiin cyloband dan pin konser. Saya pin-nya ngambil satu, ehh sohib malah nyuruh saya buat minta lagi hahaha, tapi karena takut ditolak sama crewnya, saya enggan buat minta lagi, tau gitu dari awal aja saya ngambilnya lebih dari satu. 

Karena saya nggak bawa tumbler dari Indo, saya ngikut antri di booth makanan, saya membeli dua kemasan air mineral dan membeli satu buah hotdog, jaga-jaga kalau takut kelaperan. Tetapi pada kenyataannya, ketika konser berlangsung mana sempet makan 😃, yang ada malah bikin berat tas saya.

Sekitar jam 8 malam, nggak pakai lama Coldplay keluar dari backstage dan membuka lagu pertamanya dengan lagu Higher Power.

Sisi Lain Nonton Konser Coldplay Singapura
Biasanya kalau nonton konser, meskipun di area Standing pasti bakalan nggak nemu space buat bebas gerakin badan, apalagi kalau dapetnya di bagian depan dan tengah, kecuali kalau kita memang milihnya di bagian paling belakang yang masih ada sisa space lebih lega.

Pemandangan nggak biasa yang saya lihat di area Singapore National Stadium  ini, untuk area General Standingnya ada beberapa part yang dibuat berjarak sekian meter dan dijaga oleh crew. Kita-kita yang nonton ya nurut aja nggak melewat batasan dan tetep berdiri rapi. Kata temen, sengaja dibuat space longgar gitu, buat jalur evakuasi, entah bener atau nggaknya.
konser coldplay di singapura



Jaraknya lumayan sekian meter yang nggak boleh diisi penonton


Hal lain yang membuat saya salfok ketika nonton konser di luar negeri kemarin, crew yang di Singapura ini kebanyakan sudah berumur, bahkan mungkin ada yang kakek-kakek ya, tapi semangatnya luar biasa, dari yang bagian security sampai bagian yang mengatur antrian di luar gate tadi juga bapak-bapak paruh baya.

Sekian jam konser berlangsung, tiba-tiba bagian sisi kanan saya yang merupakan space longgar tadi langsung digeruduk penonton lain dan semuanya merangsek ke bagian pinggir panggung. Saya pegangan baju sohib saya dan ngekor dibelakangnya yang entah kemana dia larinya, pokoknya ngikut 😁, tau-tau udah deket panggung. Yaampunn bisa ngeliat mas Chris dari deket. 
Lampu membentuk formasi bentuk LOVE. Awalnya saya nggak ngeh


Kudu dibalikin setelah konser


Saya jadi mikir, mungkin space di area penonton tadi memang awalnya dibuat longgar gitu dan ditengah-tengah konser bakalan dipersilahkan juga sama crew-crewnya buat penonton tempati.

Selesai konser, nggak lupa buat balikin gelang xyloband ke wadah yang sudah disiapin sama panitia di pintu keluar. Mau dibawa pulang juga percuma, dirumah mungkin nggak bakalan bisa nyala tuh gelang xylobandnya. Lagian mengembalikan xyloband ini merupakan campaign dari Coldplay untuk mendukung program isu lingkungan yang mereka gaungkan.

Comments

  1. seru banget nonton coldplay di singapore
    ooo ini to xyloband yang kmrn ceritanya banyak yang enggak dibalikin itu ya

    ReplyDelete
  2. Wahh asiknya bisa nonton Coldplay di Singapura... bisa sekalian healing jalan-jalan deh. Kebayang bagaimana seru dan hebohnya saat konser. Terakhir saya nonton konser di Jakarta tahun 2013 euy..
    Saya dengar susah ya hunting penginapan di Singapura saat konser?

    ReplyDelete
  3. Saya kebayang itu hotdog kegencet2 di tas, jadi hotdog penyet.. Hahaha.. Saya jadi inget masa gadis seru banget nonton konser. Seru emang. Apalagi bisa deket panggung yaa.. Ngeliat mas chris dr deket.. Xixixi

    ReplyDelete
  4. Ga dapat tiket di jakarta, tapi dapat yang di singapura. Ya anggap aja sekalian jalan-jalan. Pasti itu bakal jadi pengalaman yang berkesan untuk mbak ainun.

    Rata-rata pintu masuk konser dibuat beberapa lapis. Salah satunya emang untuk keamanan.
    Penonton Jakarta termasuk salah satu yang terendah untuk pengembakian xyloband..wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Wah senang ya mbak akhirnya bisa nonton coldplay di Singapore. Pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan soalnya nontonnya di luar negeri he..he..

    ReplyDelete
  6. Gilaa tertib yaa di sana Mbaaa 😍😍❤️. Kereeen sih SG. Wajaaar kalo dia bisa bikin Coldplay konser beberapa hari. Sistemnya udh keren dan tertib begitu. 👍. Aku jujur LBH setuju di sana aja konsernya drpd Indonesia 🤭. Liat fakta di sini aja sih 😅. Mana tiketnya aja kebanyakan calo. Males aku kalo udh sistem begitu.

    ReplyDelete
  7. Gila gila gilaaa, kapan aku akan nyusul yaaa. Srmiga lancar terus rezekinya kak, sehingga dapat ke mana manaaa

    ReplyDelete
  8. Dirimu kayak temanku mbaa. Nggak dapet tiket di Jakarta ngacir nonton di Singapore. Jangan-jangan yg desek2an disamping mba 🤣 . Menarik yang xyloband. Dengar2 di tiap negara dihitung brp yang hilang dan menunjukkan tingkat kejujuran dan kepedulian masyarakatnya.😃

    ReplyDelete
  9. Ingat banget pas rangkaian tur Coldplay meriah banget di medsos yaa euforia penonton rezeki banget bisa dapat tiketnya di Singapura lagi jdi lebih nyaman dan tertib nontonnya

    ReplyDelete
  10. Happy banget neh kayaknya mbak ainun bisa lihat langsung idola. lebih enak kalau di negara lain nontonnya pasti lebih tertib hehehe

    ReplyDelete
  11. Jujur salah satu wishlist saya tuh nonton konser begini say, nggak usah yang konser luar negeri, yang lokal aja dulu, keknya kok saya baru sekali, itupun dulu sebelum nikah.
    Jujur, liat orang sebanyak itu di foto aja, saya megap-megap, kira-kira kalau di sana langsung, apakah berasa gitu atau excited.
    Btw, kalau ga salah di Surabaya nanti bakalan undang Sheila on 7 pas 17an loh, nggak mau datang kah?
    Perasaan dirimu sering ikut nonton konser di Surabaya ya.
    Akoh dong belom pernah, kalau ada, akoh ikutan dong hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang