Urusan Oli Motor, Planet Ban Solusinya

harga oli planet ban


Saya harus berterima kasih dengan hadirnya sepeda motor, kendaraan roda dua ini benar-benar memudahkan saya untuk beraktivitas. Namun sayangnya, kurang diimbangi dengan perawatannya. Jadi ingat waktu zaman saya kuliah dulu dan membawa sepeda motor, tanpa dikomando orang tua, saya berangkat ke bengkel untuk servis berkala, padahal waktu itu masih berstatus mahasiswa tapi cukup peduli dengan motor sendiri. 

Saat mekanik menyampaikan part-part motor apa aja yang perlu diganti, biasanya saya mengiyakan tanpa banyak bertanya, termasuk penggantian oli dan ternyata harga oli motor nggak terlalu mahal tapi disesuaikan juga dengan tipe motor yang saya pakai.

Pentingnya Servis Motor Secara Berkala
Ada nggak yang masih malas-malasan untuk berangkat ke bengkel sekadar servis atau check-up motor?

Saya salah satunya, padahal orang rumah selalu wanti-wanti kalau oli motor jangan sampai habis.

Pernah merasakan kejadian, motor nggak bisa dinyalakan dan setelah di cek olinya habis. Secuek itu saya sama motor yang tiap hari dikendarai untuk beraktivitas. Kalau sudah merasakan seperti ini, niat dalam hati untuk rajin servis baru muncul, 2 bulan sekali datang ke bengkel untuk mengganti oli, busi atau perbaikan part lain jika ada yang bermasalah.

Memperhatikan kendaraan yang kita gunakan nggak melulu mengenai servis aja tapi juga perhatian dalam bentuk kebersihan misalnya, apakah motor itu dicuci rutin atau enggak

Merawat Sepeda Motor
Lagi-lagi saya membandingkan diri saya saat ini dengan waktu kuliah. Kalau waktu kuliah dan malas pergi ke tempat cuci motor, saya biasanya mencuci motor sendiri dengan hanya bermodalkan sabun cuci motor, jauh lebih hemat pastinya.

Sedangkan sekarang, boro-boro mau berangkat ke tukang cuci motor, yang ada malah mager. Padahal motor yang dikendarai terlihat kotor, bekas tanah terlihat di pijakan kaki, tapi malah dibiarkan aja.

Padahal, mencuci sepeda motor dapat membuat sepeda motor kita terlihat bersih dari debu atau dari bekas kotoran yang menempel saat musim hujan. Apalagi kalau di sela-sela ban motor terdapat bekas tanah yang bisa membuat sepeda terlihat kotor banget.

Manfaat Servis Motor Secara Berkala
Perawatan motor ada baiknya dilakukan secara berkala untuk menjaga performa sepeda motor tetap maksimal. Padahal nih, kalau kita datang ke bengkel, belum tentu mengganti semua komponen motor, namun apabila si pemilik kendaraan merasa perlu untuk mengganti part tertentu, pastinya diperbolehkan banget.

Ini nih manfaat dari melakukan perawatan sepeda motor secara berkala 
Menjaga performa
Sepeda motor yang kita gunakan setiap hari pastinya akan membuat penurunan fungsi pada beberapa komponen. Seiring berjalannya waktu, komponen sepeda motor dapat mengalami keausan dan penurunan performa. Sehingga dengan perawatan yang tepat seperti membersihkan karburator, mengganti filter udara, memeriksa kelistrikan motor secara teratur akan membantu menjaga performa mesin tetap baik.

Mencegah Kerusakan Lebih Parah
Kadang kala kita meremehkan hal-hal kecil pada motor kita, justru nih dari hal kecil yang kita cuekin dapat berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius jika nggak ditangani dengan cepat. Seperti misalnya memeriksa rem dan mengganti kampas rem yang aus dapat mencegah keausan berlebihan pada sistem rem sepeda motor.

Efisiensi Bahan Bakar
Keuntungan dari servis motor secara berkala yaitu hemat bahan bakar. Jika kondisi motor tetap terjaga, maka konsumsi bahan bakar motor akan tetap irit dibandingkan dengan motor yang nggak pernah diservis secara rutin.

Seperti part mesin misalnya, jika seluruh bagian mesin sepeda motor bekerja dengan baik, pembakaran bahan bakar akan sempurna sehingga nggak ada lagi bahan bakar terbuang sia-sia saat proses pembakaran.

Mengapa Harus Ganti Oli Motor Secara Rutin?
Mengganti oli motor perlu dilakukan secara berkala supaya mesin motor dapat bekerja dengan baik. Pasalnya, oli memiliki peran sebagai pelumas utama di dalam mesin dan kinerja motor dipengaruhi oleh panas dan kerak yang muncul akibat terjadinya pembakaran.
servis oli di planet ban


Saya sendiri saat melakukan servis motor, nggak selalu ganti oli. Ada beberapa faktor yang menentukan kapan harus ganti oli, seperti jenis oli yang dipakai, jenis kendaraan, gaya mengemudi dan kondisi lingkungan tempat kendaraan digunakan. Pada umumnya, perubahan oli motor dilakukan setiap 5.000 - 7.500 kilometer atau 3-6 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Selama ini saya memilih tempat servis motor yang dekat dengan rumah, yaitu di Planet Ban. Planet Ban ternyata juga menyediakan oli motor yang bagus yaitu brand X-Ten dengan kandungan Full Synthetic Ester, yaitu base oil grup tertinggi saat ini.

Harga oli motor di Planet Ban dijual dari harga 30 ribuan tergantung type motor yang kita gunakan. Oli X-Ten bisa digunakan hingga 5.000 km karena teknologi Ester yang membuat tahan lama dari oli biasa. Oli biasa pada umumnya memiliki masa pemakaian hanya sampai 3.000 km.
manfaat ganti oli


Oli X-Ten XT-30 Matic misalnya, oli ini diformulasikan khusus untuk motor matic Honda Vario, Spacy, Yamaha Fino, Mio J, Mio Soul GT dan X-Ride yang membutuhkan oli mesin dengan tingkat kekentalan 10W30. Ada juga Oli X-Ten Super Matic untuk motor matic sport 150 cc seperti Yamaha Nmax, Honda PCX dan semacamnya.

Apapun tipe motor yang teman-teman pakai, Planet Ban bisa mengatasinya dan pelayanannya termasuk cepat. Tim mekaniknya handal mengatasi masalah-masalah yang muncul di kendaraan saya.  Apalagi Planet Ban sekarang ini sudah mulai menambah cabang di beberapa kota di Indonesia, urusan motor jadi lebih gampang.



Referensi :
https://planetban.com/blog/pentingnya-servis-motor-secara-berkala


Comments

  1. Dari Planet Ban ini, aku baru tau Harga oli tuh sebenernya gak mahal, yah. Tapi kenapa banyak orang lupa buat ganti oli untuk perawatan motor? wkwk

    ReplyDelete
  2. wah sepertinya ini tempat servis motor yang rekomended ya, tapi saya di daerah saya tinggal belum ada, barangkali nanti kalau sudah ada saya mau nyoba servis di sana, tengkyu infonya mbak

    ReplyDelete
  3. Nah, ini. Saya pernah ditegur suami untuk ngingetin tanggal ganti oli, Mbak. Ya, kalau enggak katanya bisa mogok. Eh, ternyata kejadian sama motor suami yang kelupaan ganti oli. Mogok deh. Dorong, Mbak. 😅

    ReplyDelete
  4. Terbaiikk Planet Ban ini mbaaa

    di Surabaya banyakkk cabangnya dan rameee. karena memang pd cocok dgn service dan kualitasnya

    ReplyDelete
  5. Setiap kelar service motor bakal dikasih rincian tanggal atau bulan untuk service. Hal itu bisa dipakai untuk acuan kapan service lagi sehingga menghindari telat service.

    Motor yang rutin service bakal lebih awet dan nyaman ketika dikendarai. Setidaknya itu yang aku alami dengan motorku :D

    ReplyDelete
  6. Kalo urusan service motor dan mobil, itu selalunya suamiku mba 🤣🤣. Untungnya dia telaten Ama semua kendaraan yg dia punya. Ada jdwal utk service rutin. Kalo aku memang ga paham dan ga mungkin telaten utusan begini 🤭😅

    Sayangnya planet ban ga ada di Deket rumahku. JD selaman ini kalo service suami ttp LBH suka di service bengkel resmi Toyota dan Yamaha. Dulu sempet ada bengkel langganan, tp sejak ganti teknisi, ga mau lagi di sana Krn ga jujur orangnya. Ya udhlah di bengkel resmi sekalian. Mungkin kalo planet ban ada, suami mau di sana. Eh btw, planet ban ini khusus motor aja ya?

    ReplyDelete
  7. Ganti oli emang kudu teratur yaa biar sepeda motor enak dipake. Planet Ban ada di mana2 jadi bisa ganti oli di sana dan aku sukaa karena bengkelnya bersih.

    ReplyDelete
  8. Jadi inget, dulu pertama punya kendaraan motor yang paling sering bapak ingetin "Jangan lupa ganti oli ya" Ujar beliau, memang sangat penting nih ganti oli secara berkala, serta service rutin supaya kendaraan tetap dalam kondisi aman, nyaman serta mumpuni di kenakan dalam beragam kegiatan. Planet Ban jadi satu-satu nya langganan kami buat ganti oli dan service berkala mba, mereka profesional dan oke penanganan terhadap kendaraan.

    ReplyDelete
  9. sepeda motor ini selalu jadi andalan biar bisa sat set gercep hahaha...
    tapi aku salah satu orang yg mager banget untuk urusan servis motor hikssssss...paling banter cuma nyuciin aja duhh...
    harus bener2 mulai dibiasakn buat rutin servis ini biar kendaraan tetap bisa diandalkan dan katanya planet ban ini salah satu bengkel motor yg recommended

    ReplyDelete
  10. Jujur saya nggak ngerti masalah oli motor ini, tapi biasanya kalau di Planet ban emang dikasih tahu apakah waktunya ganti oli atau belum.
    Padahal oli motor ini penting yak, dasar mamak-mamak ke akoh, taunya pakai motornya tok, hahaha

    ReplyDelete
  11. Kadang karena kesibukan, kita jadi abai ya mengecek motor secara berkala padahal penting banget servis rutin agar motornya awet dan nyaman dipakai

    ReplyDelete
  12. Planet Ban ini hits banget, ada dimana mana, jadi ngga susah nyarinya ya, servisnya juga oke, jadi ngga kuatir dikerjain

    ReplyDelete
  13. Aku tuh pengendara motor maka sudah dipastikan harus rajin cek oli deh secara berkala. Harga oli di Planet Ban terjangkau dan berkualitas tentunya ya,Kakak.

    ReplyDelete
  14. Mengontrol kondisi oli motor memang salah satu hal penting dal perawatan kendaraan. Dan tentu, soal oli pilihannya pasti Planet Ban, dong 🥰

    ReplyDelete
  15. Bener banget sih mbk...motor atau mobil emang harus di rawat, minimal rajin bersihin rutin biar tetap bersih,apalagi mesin dan rutin ganti olinya,..ternyata Planet Ban juga ada loh di deket tempat saya, secara gak sengaja lewat eeh ternyata ada..Minal Aidin wall Faidzin..mohon maaf lahir dan batin 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang