Apa Yang Saya Dapatkan Dari Traveling?

tujuan traveling


Nggak sedikit orang yang mungkin bertanya sama kita ketika tahu kita suka jalan-jalan. Seperti pertanyaan, apa yang kamu dapatkan dari traveling, uangnya ditabung jangan dipakai buat jalan terus. Tapi selama kita bisa mengatur keuangan antara dana sehari-hari, liburan atau keperluan yang lain, it’s oke.

Lalu apa yang saya dapatkan dari traveling

1. Mendapatkan pengalaman
Sebenarnya pengalaman nggak hanya didapatkan dari traveling aja, dari kegiatan lain yang kita ikuti seperti magang sewaktu kuliah atau sekolah misalnya, itu juga merupakan pengalaman.

Dari traveling, pengalaman seperti keseruan ketika di jalan, membeli tiket, melihat kota lain yang sebelumnya belum pernah dikunjungi juga merupakan pengalaman.

2. Melatih keberanian
Ada benarnya juga, terutama buat yang sering solo traveling. Dulu saya pernah ragu buat berangkat ke Banjarmasin misalnya, seperti keraguan cukup nggak ya uang sakunya, nanti kalau disana nemuin kendala gimana. Tapi saya coba berangkat dan bersyukurnya ketemu warga lokal yang baik, numpangin saya ke mobilnya sampai depan gang rumah teman Couchsurfing yang saat itu saya tumpangi.

Pernah saya ketiduran di angkot waktu di luar kota Banjarmasin, untung nggak diculik, malah dibangunin hahaha.
manfaat traveling


3. Ketemu teman dan keluarga baru
Pasti teman-teman traveler nggak asing dengan komunitas hospitality seperti Couchsurfing. Terkadang kalau saya traveling ke kota tertentu, saya coba untuk info ke teman dilokasi tujuan, siapa tahu bisa diajak meet up.

Waktu saya menginap di rumah teman Couchsurfing (CS) Banjarmasin, nggak nyangka keluarganya menerima saya dengan baik. Padahal teman CS saya cowok. Saya diantar ke beberapa destinasi wajib di Banjarmasin, ketemuan sama teman-teman CS yang lain.

4. Belajar mengatur keuangan
Saat memutuskan bepergian ke suatu tempat, kita nabung dulu pastinya. Dari sini, kita berusaha untuk konsisten menabung sesuai target keuangan yang kita tentukan. Kalau saya ada rencana traveling misalnya, dari jauh-jauh hari memang sudah dipersiapkan, bahkan ketika teman ngajakin nongkrong dan frekuensi nongkrong saya saat itu terlalu sering, saya bakalan menolak. Kan duitnya bisa disisihin gitu ke pos dana jalan-jalan.

5. Belajar mengambil keputusan
Di tengah-tengah melakukan perjalanan, terkadang nemuin masalah yang nggak diduga, seperti misalnya tujuan destinasi yang akan dituju tutup, jadi kita punya rencana lain atau plan B mau kemana lagi.

Memang sebelumnya diperlukan riset secara online sebelum kita tiba di suatu kota, mencari informasi sebanyak-banyaknya dari kota tersebut. 

6. Melatih kepekaan
Kalau pergi solo traveling, semua-muanya diatasi sendiri. Ada masalah ya dipikir sendiri, mau belok kanan, belok kiri, jalan lurus, semuanya kita pikir sendiri.

Bahkan tingkat kewaspadaan saat jalan sendiri harus ditingkatkan, kalau ketemu orang asing yang sekiranya mencurigakan, ya kalau bisa dihindari. Ikuti kata hati pokoknya dan jangan terlalu percaya juga sama orang yang baru dikenal di tempat baru.

Pastinya yang namanya bepergian bisa bikin mood seseorang jadi lebih baik, yang tadinya mungkin suntuk bisa balik lagi jadi happy. 

Atau ada yang mau nambahin lagi apa yang kita dapatkan dari traveling?
Yuk yuk

Comments

  1. Ada banyak banget yang didapat ketika kita traveling. Misalnya aja nih, jadi tau tempat baru yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Bisa ketemu banyak orang. Atau mungkin bisa saja ketemu dengan kawan lama. Namun yang pasti adalah mendapatkan pengalaman baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya bener mas hen, aku dulu ga sengaja ketemu temen kuliah di bandara juanda. Padahal lulus kuliah udah lama banget, dan nggak nyangka aja jadi kayak reuni di bandara dadakan hahaha
      selama kita traveling, ada aja yang bisa diceritain ya dan kita juga ga nggak bisa nebak-nebak di lokasi tujuan bakalan ada apa, nanti ketemu siapa

      Delete
  2. Memang banyak hal"baru yang di dapat ya mabk selama melakukan solo traveling, aku tipenya gak berani kalau sendiri aja ke tempat"yang jauh apalagi belom pernah di kunjungi, ga pede aja hehe..emang dasarnya bukan traveler sejati wkkwk, tapi emang sih solo traveling itu membuka wawasan dan juga melatih diri jadi lebih berani, disiplin dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak hen, terlepas dari solo traveling atau rame rame sama temen biasanya kita dapet "hikmahnya"
      kalau rame-rame sama temen, kita jadi tau gimana cara masing-masing personal ngambil keputusan misalnya, kemudian ada yang bilang mungkin sifat aslinya keluar kalau pas kita jalan bareng-bareng. Tapi kalau temenannya udah lama dan memang udah tau sifat masing-masing, ga bakalan ngaruh juga waktu jalan bareng. Yang penting enjoy dan liburan hehehe

      Delete
  3. Bagi yg passionnya memang traveling, itu udah kayak kebutuhan hidup soalnya mba. Jadi kalo ga dilakuin, aku stress tau.

    Dari traveling aku jadi tau banyak kuliner, mengasah lidah utk cobain banyak makanan. Memang sih ga semua cocok. Tapi at least jadi tahu.

    Nambah knowledge ttg cara bepergian ke suatu negara. Jadi tahu juga budaya mereka, tradisi dan apapun. Itu semua nyenengin bangeet.

    Makanya aku ga bakal bosen utk trus traveling. Kepengennga pas tua pun msh bisa jalan dengan suami

    ReplyDelete
  4. seru ya traveling! Aku juga termasuk yang suka traveling hehe eh tapi uda ada buntut jadi agak syulit apalagi kemaren ini pandemi kan.. sedih banget ga bisa pergi-pergi hiksss
    Manfaat lain dari traveling jadi ningkatin skill diri juga ga sih kak? Apalagi kalo solo traveling kan, semua-muanya harus dipikirin sendiri. Aku sih termasuk yang ga berani solo traveling hahaha eh kalo dari kota kelahiran trip sendiri ke Jakarta atau Bandung itu itungannya solo traveling ga ya? haha engga lah ya? soalnya bukan buat jalan-jalan, tapi buat kuliah atau kerja.

    BTW kakak berani juga nginap di tempat CS cowo? Aku ga berani kalo yang kenal dari dunia maya gituu dan lawan jenis hahaha

    ReplyDelete
  5. iya sih dengan traveling jadi lebih berani, kayak semisal berani buat mengunjungi tempat baru yang belum pernah, apalagi bisa berani bertanya menggunakan bahasa setempat, wuah itu pasti pengalaman luar biasa

    ReplyDelete
  6. Poin "melatih keberanian" ini oke banget ya mbak, terutama jika traveling sendirian. Manap deh aku salut sama mbak Ainun yang percaya diri bepergian ke mana-mana termasuk ke luar negeri. Nyalinya udah tinggi nih bisa jadi andalan teman2 lain yang belum pernah hehehe.

    ReplyDelete
  7. Sepakat semua dengan poin-poin benefit dari traveling. Orang yang ga tau bilangnya mungkin pemborosan uang, tapi kita yang menjalaninya sendiri bisa merasakan hikmah dan manfaat dari traveling. Tambahan lainnya dari traveling ini adalah bisa mengagumi ciptaan Tuhan yang luar biasa dari setiap tempat yang berbeda; alamnya, orangnya, budayanya, sampai bahasa yang beragam pun kita kagumi sebagai bentuk kemahakuasaan-Nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang