Kangen Jajanan Srabi Solo, ya ke Srabi Kedaton Jember Aja

srabi solo kedaton


Setelah cukup sering melewati Jalan HOS. Cokroaminoto Jember, mata saya tertuju pada papan nama di area trotoar yang bertuliskan Srabi dan ukurannya cukup jelas jika dilihat dengan mengendarai motor. Iya, kedai kecil di pinggir jalan ini adalah tempat menjual Srabi khas Solo.

Jadi flashback lagi di sekitaran tahun 2005an gitu, di Malang lagi happening banget yang namanya kedai kue serabi Solo dan waktu itu juga sudah dijual dengan model yang banyak topping, seperti keju atau strawberry. Alhasil, mereka yang membuka bisnis kue srabi langsung ramai dikunjungi.

Lama nggak menikmati kue srabi ala-ala di kedai, akhirnya saya mampir juga ke kedai “Srabi Solo Kraton” di Jember. 
srabi kedaton jember



Srabi Kedaton Jember
Saya memilih varian srabi yang original atau natural. Harga per bijinya yaitu 3 ribu.  Lagi pengen nyobain yang ori, karena penasaran sama rasa aslinya. Kalau sudah ditambahin topping jadi kurang greget aja gitu.

Nggak perlu menunggu lama pesanan saya sudah selesai, karena alat cetak atau wajan yang digunakan nggak cuman 2-3 buah aja, tapi cukup banyak, jadi bikinnya juga sat set.
kuliner solo

jajanan tradisional srabi


Dan yang bikin saya “kaget” adalah srabinya dibungkus daun pisang dan dibentuk bundar-bundar. Mungkin biar nggak lengket antar srabi sih, jadi inovasinya pakai daun pisang.
kue srabi solo
Selamat Menikmati


Untuk rasa gimana?
Ehmmm nggak terlalu istimewa juga, masih sama dengan rasa srabi kebanyakan di tempat lain. Dari segi manis enggaknya, nggak ada komplain dari saya, manisnya pas dan lumayan sedap lah pokoknya.

Di tempat ini juga dijual wedang ronde, sayangnya saya nggak beli karena memang lagi nggak pengen ronde hehehe.

Kalau makan srabi, yang pasti pengen melancong ke Solo aja, soalnya yang sering terpampang nyata di spanduk-spanduk adalah Srabi Solo. 

Kalau sebagai obat kangen akan makanan khas Solo, nggak ada salahnya juga buat cobain srabi Kedaton Solo ini, selain harganya yang murah dan untuk rasa overall nggak mengecewakan.


Comments

  1. Kalo gak salah saya juga pernah nyobain serabi solo yg notokusuman atau apa gtu..udh agak lupa..serabinya lembut dan gurih, manis juga pas..cuman ga bisa bertahan lama ya..pernah sy bawa buat oleh"ke jkrta..sampe rumah udah berubah agak berlendir..mungkin krna ada santannya..padahal enak serabinya

    ReplyDelete
  2. Dikasi topping madu plus biji opium mgkn makin maknyus itu Kak 🤣

    ReplyDelete
  3. Oh agak mirip Ama Notosuman ya mba? Aku Bbrp kali pasti beli kalo mudik solom tapi jujurnya bukan fav ku 😅. Soalnya aku memang ga terlalu suka kue manis. Cuma kopi yg boleh manis hahahahhaha.

    Tapi okelaah kalo cuma makan 1-2 potong. Dan sama sih aku LBH suka yg ORI. Kalo udh ditambahin rasa lain, makin ga suka, Krn biasanya makin manis 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mirip Notosuman mbak, aku sampe lupa kayak gimana rasa srabi Notosuman, saking lamanya ga pernah makan yang di Notosuman.

      Nah iya bener mbak, yang rasa Ori aja udah cukup atau mendingan rasanya, kadang ada yang gurih manis, meskipun manisnya juga ga manis manis banget. Apalagi kalau ditambah topping topping, pasti ada yang makin aneh rasanya

      Kalau kopi pahit suka nggak mbak? kadang ada tuh orang yang sukanya minum kopi pahit tanpa dikasih gula tambahan

      Delete
  4. Kalau di semarang biasanya disebut srabi notosuman. Pokoknya kalau srabi solo itu yaa srabi notosuman. Aku suka yang original dan coklat.

    Kalau biasanya srabi notosuman dimasak dengan menggunakan tungku dan arang. Jadi masih ada aroma pembakaran arangnya.

    ReplyDelete
  5. Kalau di Sukabumi namanya ini Surabi, kayanya mirip juga sich, bentuknya bulat di masaknya, cuma kalau di sini biasanya dimasak pake alat tradisional dan diberi toping yang beragam sesuai pilihan.
    Jadi penasaran pengen nyobain srabi kedaton, pengen tau persamaan dan perbedaan rasanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang