Kolaborasi Honorary Reporters Korea Net

keuntungan jadi honorary reporters


Menyandang gelar sebagai Wartawan Kehormatan atau Honorary Reporter dari Korea Net memang terlihat gimana gitu, ya seperti privilege. Padahal tahun lalu, saya kurang aktif nih bikin reportase tulisan. 

Beberapa minggu lalu dapet pesan dari sesama teman Honorary Reporter yaitu pemilik akun milesandcals. Yang mana mbak Tasya bersaudara ini aktif banget upload konten mengenai dunia per-korea-an, entah itu Kpop, budaya, drama, pokoknya everything about Korea.

Singkat cerita di kiriman pesan yang saya terima, mbak Tasya mau ngajakin saya collab buat konten Youtubenya yang juga merupakan salah satu bagian dari Honorary Reporter, K-Influencer dan Kawan Daegu Online juga sama seperti saya.
“Wahh saya tentu seneng dong, sudah lama nggak bikin konten mengenai Korea”, ya udah saya iyain aja.Tema yang akan diangkat menjadi konten Youtube dari MilesandCals ini adalah apa persamaan dan perbedaan antara Korea dan Indonesia. Terlihat cukup mudah sebenarnya.

MilesandCals memberi waktu saya kurang lebih 2 hari dari kiriman DM-nya, tapi saya minta diundur supaya ada waktu untuk mempersiapkan bahan. Karena di minggu-minggu itu, saya merasa cukup hectic dengan urusan kantor, takut nggak sempat ngerjain materinya. Untungnya materi yang diminta juga nggak perlu yang bertele-tele, tapi cukup yang singkat padat jelas. Saya kira awalnya akan presentasi lama, ternyata hanya membutuhkan waktu 10 - 15 menitan aja, jadi materi yang dibuat to the point juga.

Memang bikin materi soal dunia per-Korea-an perlu riset dulu, saya juga nggak mau asal memberikan penjelasan tentang negara Korea, kalau salah kan malu-maluin yak hahaha.

Jadi dari segi persamaan antara Korea dan Indonesia, saya mengambil dari sisi soal makanan dan kebiasaan. 

Siang itu, saya take video #tsaahhh di jam istirahat kantor, karena kebetulan waktu yang longgar pas di jam 12 siang, rekaman kali ini berlangsung cukup santai  jadi saya enjoy juga menjelaskan materi yang saya buat.

Beberapa hari kemudian, MilesandCals mengirimkan link publish rekaman saya dan teman-teman yang lain di Youtubenya, seneng pastinya, karena tayangan Youtube ini bisa dilihat oleh banyak temen-temen diluar sana, entah dari temen-temen Indo atau kawan K-Influencer dari berbagai negara yang lain.

Cuplikan materi yang saya buat seperti ini :

k-influencer

makanan khas korea



Tayang di Youtube


Semoga next time kalau mau join lagi di kegiatan ini, saya nggak malas-malasan 🤣

Comments

  1. Wah seru banget mabk ada acara kayak gini...pastinya nya bisa nambah wawasan dan pengalaman ttg dua budaya

    ReplyDelete
  2. Dirikuuuu langsung search dan nonton YouTube nya dooonggg! kereeennn banget nget!
    Salut dengan pengetahuannya tentang Korea, jadi nambah ilmu baru banget :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang