sooltanPay, Bantu Bisnis UMKM Berkembang Pesat

 cara daftar sooltanPay

Dulu rasanya ribet kalau mau pergi jalan ke mall harus bawa dompet tebal, maklum bawaan saya ketika pergi nongkrong atau berangkat kerja, terasa sama-sama berat. Mau meninggalkan dompet di rumah juga nggak bisa, karena isinya tentu saja barang-barang penting seperti STNK, SIM sampai kartu ATM. 


Pernah suatu ketika, kondisi tangki bensin motor saya menipis dan melipir lah saya ke pom bensin eceran yang ada di pinggir jalan. Saat membuka tas dan mengeluarkan dompet, saya dibuat kaget waktu melihat dompet kosong melompong, hanya tersedia beberapa uang koin recehan dan ATM. Alhasil, saya harus balik lagi ke rumah.


Seiring perkembangan zaman yang semakin serba digital, kehadiran mesin EDC di beberapa tempat tongkrongan maupun merchant belanja di mall, sangat membantu sekali untuk saya yang menginginkan semuanya serba praktis. Dan siapa sangka, kalau sekarang sudah ada alat bayar berupa QRIS. Saya pribadi sangat terbantu dengan kecanggihan metode pembayaran digital seperti ini, apalagi hampir semua aplikasi perbankan menyediakan fitur pembayaran langsung dengan QRIS yang nominalnya akan dipotong langsung dari rekening kita.


Apa Itu QRIS?

Tak kenal, maka kenalan lah. 


Yuhuu, hayoo siapa yang masih belum tahu QRIS?


Jadi, QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard yaitu standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia dan diluncurkan oleh Bank Indonesia serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tanggal 17 Agustus 2019.

metode pembayaran digital qris


Sekarang, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Pihak Penyelenggara manapun baik bank dan non bank dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, tiket wisata yang berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang dipakai oleh masyarakat.

QRIS Bikin Hidup Lebih Simple

Saat itu, ketika jam makan siang di sebuah kedai mie yang memang nggak terlalu besar atau lebih tepatnya usaha rumahan tapi sudah berkembang dengan memiliki 2 cabang warung di kota saya, saya dibuat takjub saat melakukan pembayaran. Gimana nggak “shock”, ternyata kedai mie kecil ini sudah menerapkan metode pembayaran cashless. Wahh saya senang dong, karena nggak perlu repot-repot lagi  mencari uang dengan nominal yang pas, karena tinggal scan barcode saja sudah langsung terbayar makanan saya.


By the way, saya sendiri juga mempunyai keinginan untuk mempunyai usaha sendiri, seperti misalnya membuka toko kelontong kecil-kecilan yang menjual kosmetik kekinian atau mungkin cafe sederhana dan saya sudah ada rencana kalau misalkan nanti tokonya terwujud, saya ingin menggunakan metode pembayaran cashless seperti kedai mie tadi. Jadi konsumen nggak perlu repot harus ke ATM dulu untuk mengambil dana. 


sooltanPay Hadir Dukung UMKM Indonesia untuk Berkembang

Melihat geliat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin hari semakin membaik, sooltanPay hadir untuk mendukung para pelaku UMKM untuk semakin berkembang dalam menjalankan usahanya.


sooltanPay adalah aplikasi usaha dari Telkom Indonesia yang menghadirkan fitur pembayaran digital QRIS, Top Up & Tagihan, Pencatatan Transaksi dan Laporan Keuangan dalam satu tempat. Gimana nggak makin efisien dong kalau semua transaksi bisa dikendalikan dalam satu tempat di sooltanPay ini. Pelaku usaha juga dimudahkan ketika konsumen melakukan transaksi, seperti misalnya nggak perlu bersusah payah mencari uang kembalian yang biasanya membutuhkan nominal dengan nilai pecahan yang kecil-kecil.


Apa saja keuntungan menggunakan QRIS sooltanPay?
Ini nih saya bocorkan keuntungan bagi pelaku UMKM jika menggunakan QRIS sooltanPay 
keuntungan menggunakan sooltanPay


- Bebas Biaya

Untuk daftar dan membuat QRIS di aplikasi sooltanPay gratis. Pelaku UMKM cukup mendownload aplikasi sooltanPay di Google Play Store, melakukan registrasi dan upgrade akun MySooltan. Setelah diverifikasi, pelaku usaha sudah memiliki QRIS sendiri untuk bisnisnya. Mulai dari melakukan proses pendaftaran hingga QRIS bisnis sudah jadi, pendaftar nggak dipungut biaya sama sekali.


- Satu Hari Jadi

Mungkin bagi sebagian pelaku UMKM ada yang berpikir kalau mendaftarkan bisnisnya dengan QRIS pasti prosesnya lama. 

Di sooltanPay hal itu nggak akan terjadi, karena di sooltanPay hanya membutuhkan waktu 1 x 24 jam hari kerja dari pendaftar dan berhasil mengirimkan data-data yang diminta, maka pelaku usaha bisa mendownload dan mencetak QRIS bisnis tadi.


- Bisa Request Cetak QRIS dari Mana Saja

Yes, dulu saya berpikir, kalau tiap ke merchant yang menyediakan metode bayar dengan QRIS, kok bisa seragam semua gitu, sama-sama diletakkan di dalam papan akrilik kecil.

Ternyata oh ternyata, pelaku usaha bisa request melalui aplikasi dan QRIS bisnis akan dicetak dan dikirim ke pelaku usaha dimanapun lokasinya.


- Aman dan Praktis

sooltanPay adalah salah satu produk dari Telkom Indonesia yang mempunyai fokus di bidang Fintech. sooltanPay bekerjasama secara langsung dengan Bank Indonesia untuk setiap prosedur serta teknis dari QRIS sooltanPay. Jadi, pelaku usaha nggak perlu ragu lagi untuk tingkat keamanan dan kepraktisan dalam membuat QRIS di sooltanPay.


Manfaatkan Fitur Kasir sooltanPay untuk Bisnis
Di sooltanPay terdapat fitur Kasir yang memberikan kemudahan untuk melakukan pencatatan transaksi penjualan dan sudah dilengkapi dengan cetak struk digital dan fisik. Pengguna yang memanfaatkan fitur Kasir sooltanPay pastinya mempunyai keuntungan, seperti 
keuntungan fitur kasir sooltanPay


  • Penyimpanan Data Transaksi

Data transaksi dari penjualan akan tersimpan secara otomatis ke dalam sistem database. Hal ini tentu saja akan memudahkan penjual dalam mengawasi hasil dan laporan penjualan. Data tersebut akan tersimpan dengan aman yang pastinya menghindarkan dari resiko kehilangan data.

  • Pelayanan Lebih Cepat

Fitur Kasir menggunakan sistem yang otomatis dalam melakukan pencatatan, sehingga hal ini dapat memudahkan penjual untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada pelanggan.

  • Analisa Laporan Penjualan Lebih Praktis

Adanya fitur Kasir membantu penjual untuk melakukan rekap data transaksi secara otomatis dan tentunya akurat. Dengan ini, penjual akan lebih mudah melakukan pengecekan serta analisa bisnis yang  tepat.



Kehadiran sooltanPay benar-benar memberikan kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi online serta dapat memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang menggunakan layanan tersebut. Dengan adanya sooltanPay, UMKM dapat menerima pembayaran secara digital dengan mudah serta mengelola transaksi bisnis dengan lebih praktis.


Cara Membuat QRIS di sooltanPay

Setelah mengetahui kemudahan yang ditawarkan oleh sooltanPay diatas, teman-teman yang mempunyai usaha UMKM nggak perlu ragu lagi untuk mendaftar QRIS di sooltanPay. Berikut langkah-langkah mudah untuk mendaftar QRIS 

  1. Masuk ke laman website www.sooltanpay.id
  2. Klik Daftar Gratis dan selanjutnya akan diarahkan ke web https: https://app.sooltanumkm.id/register
  3. Isikan data diri sesuai dengan yang diminta dan masukkan kode referral “AINUNISNAENI” untuk mendapatkan bonus saldo sebesar Rp. 15.000
  4. Masukkan Kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS atau Whatsapp
  5. Kemudian buat password serta PIN
  6. Langkah akhir, klik setuju


Oiya, PIN yang kita masukkan saat membuat akun tadi, juga bisa digunakan untuk membuka sooltanPay melalui aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store ataupun Apps Store. 


Pastinya nih, akun sooltanPay juga bisa diupgrade ke Premium dan keuntungan jika kita menggunakan akun Premium seperti :

  1. Komisi transaksi bisa 0 % 
  2. Bisa request cetak QRIS


Langkah-langkahnya juga sangat mudah, yaitu :

  1. Pada halaman utama laman sooltanPay, klik “upgrade akun”
  2. Isi kolom dengan NIK, upload KTP. Pastikan data yang diupload harus jelas ya. Dan klik simpan
  3. Kemudian isi alamat sesuai dengan data di KTP
  4. Pada tahap isi rekening, isi rekening sesuai dengan data usaha kita, dan klik simpan
  5. Dan untuk tahap data bisnis atau usaha, isi dengan jenis usaha atau bisnis yang dijalankan
  6. Upgrade akun akan diproses dalam 1 hari kerja dan jika sudah disetujui, kita bisa menikmati beragam keuntungan dari akun premium ini


Ketentuan Mengenai QRIS sooltanPay

Dibalik kemudahan yang diberikan oleh sooltanPay, kita tetap harus memperhatikan ketentuan penggunaan QRIS. Seperti pengguna harus melengkapi data diri seperti KTP atau NPWP perusahaan supaya lebih aman dan nggak mudah disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.


Selain itu, QRIS juga nggak memperbolehkan untuk transaksi ilegal seperti penjualan narkoba, barang curian, barang yang diembargo, binatang peliharaan atau binatang liar dan produk bajakan yang dilarang oleh pemerintah.



**

Untuk membuat kode QRIS, dulu saya mengira prosesnya pasti ribet harus ke bank dulu, ternyata malah bisa dilakukan secara online. Bahkan, dengan adanya QRIS mempermudah pelaksanaan transaksi terutama bagi kita yang tim cashless. Gimana, teman-teman jadi nggak ragu lagi kan untuk mulai membuka usaha dan mempercayakan pembayaran digitalnya bersama sooltanPay. Yuk download juga aplikasi sooltanPay dan jangan lupa gunakan kode referral AINUNISNAENI supaya dapat bonus saldo Rp. 15.000,-


Comments

  1. Semoga platform-platform seperti Sooltan Pay bisa memberikan manfaat ke UMKM, dan makin banyak UMKM yang bisnisnya makin lancar, dan menyerap makin banyak tenaga kerja

    ReplyDelete
  2. Sekarang mau bayar atau transaksi ini itu lebih mudah ya mbk dengan adanya QRIS..ternyata ga sulit buat daftar nya juga cukup di Sooltanpay bisa jadi ya..ga seribet yg di bayangkan...membantu banget buat UMKM dalam mengembangkan bisnisnya..makasih infonya mbk Ainun..moga mbknya juga berhasil dalam membangun usahanya kelak

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat banget nih aplikasi Sooltan Pay ini, biar bisnis bisa lebih berkembang, secara kan zaman now, makin banyak orang yang cashless. Apalagi fiturnya lengkap dan dibutuhkan banget oleh usaha UMKM

    ReplyDelete
  4. Semakin kesini semakin banyak orang yang cashless. Semakin sedikit prang yang bawa uang tunai di dompetnya.

    Pelaku umkm emang harus punya qris untuk memudahkan pembayaran pelanggannya. Tentu saja semakin meningkat pendapatan para pelaku umkm.

    ReplyDelete
  5. Sekarang makin canggih ya mbak pembayaran, ada Qris untuk memudahkan transaksi. Jadi pembeli senang karena waktunya cepat, penjual juga senang tak usah repot cari recehan untuk kembalian.

    Tadinya aku ngga ngeh apa itu sooltanpay dan Qris, untungnya sekarang mengerti setelah dijelaskan mbak Ainun.
    Makasih infonya mbak.😀

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang