Fenomena Pembatalan Hotel Sepihak Saat Moto GP Mandalika

moto gp mandalika



Persiapan saya kali ini ke Lombok memang terbilang santai. Akhir tahun 2021 cek hotel dan pesawat masih normal-normal aja dan saya mengira nanti bulan Februari juga bakalan masih ada hotel dan tiket pesawat saat menjelang Moto GP. 

Semingguan sebelum berangkat ke Lombok, saya mulai buka aplikasi travel dengan niatan mau booking penginapan dan ternyata semua hotel, homestay yang ada di daftar aplikasi OTA sudah full booked untuk tanggal yang saya mau. Segala upaya saya coba, termasuk minta tolong teman blogger asal Lombok si Lalu Fatah untuk mencarikan info penginapan di rumah warga.

Memang ada beberapa rumah warga di sekitaran Kuta yang disewakan dan kalau mendadak pesannya bisa mencapai angka 8 juta semalam. Bahkan, kata si Fatah beberapa bulan sebelum Moto GP pun sudah ada keluarga yang pesan homestay dirumah warga, kisaran harganya juga nggak berbeda jauh, sekitar 5 jutaan. 

Saya mencoba mencari lewat AirBnb juga penuh, waduhh beneran bingung tuh, mau menginap dimana. Hampir tiap hari, kerjaan saya adalah mengecek aplikasi travel agent untuk memastikan kali aja ada kamar yang tercancel gitu. Tapi…susahh.

Drama Hotel 1 
Sampai akhirnya saya menemukan ada 1 kamar kosong di tanggal 18 Maret, tanggal kedatangan saya di Lombok melalui Booking.com yaitu di Oka Homestay. Dengan terbookingnya 1 kamar untuk semalam ini, minimal sudah bisa membuat saya tenang.

Setibanya di Hotel yang disambut dengan wangi dupa dan seekor anjing, saya mulai berjalan masuk ke area resepsionis yang sederhana layaknya ruang tamu biasa. Seorang ibu tua menyambut saya dan langsung bilang tidak ada kamar kosong.

Saya bersikukuh dan menunjukkan email bookingan saya yang terkonfirmasi. Tapi si Ibu malah bilang, dia tidak dapat pemberitahuan dari pihak Booking.com. Sumpah saya emosi banget malam itu. 

Saya balik tanya ke ibunya 

“terus saya menginap dimana ini Buk, saya sudah bayar lho”.

Asli, saya gemes sama ibunya, santai banget malahan.
Jelas-jelas hotel se-Lombok udah full semua. Akhirnya saya coba kirim pesan ke Mbak Andy dan ditawari untuk menginap di rumahnya. 

Drama Hotel 2
Hari Sabtu, tanggal 19 Maret saya bermaksud pindah penginapan dari rumah Mbak Andy ke penginapan Just-In Bed & Breakfast yang beberapa hari sebelum keberangkatan sudah saya pesan melalui AirBnB. 

Sore itu, dengan percaya dirinya saya langsung ngepacking barang bawaan dan meluncur dengan ojek ke Just-In. Sampai di Just-In, dibilang tidak ada notifikasi bookingan saya yang masuk ke sistem komputer hotelnya. Waduhhh dibikin emosi lagi saya disini. 

Saya marahi bagian resepsionisnya juga percuma, yang ada malah saya ngedumel aja. Saya mencoba minta nomor telepon pemiliknya tapi nggak ada respon. Saya coba menghubungi via Direct Message melalui website AirBnb juga nggak direspon. 

Saya ngademin kepala dulu dengan duduk di bagian lobinya, by the way Just-In Bed & Breakfast ini ternyata penginapan OYO. Saat itu saya coba iseng lagi membuka aplikasi OTA seperti Tiket dan Traveloka dan ternyata ada dong kamar kosong di Just-In, tapi dengan harga yang melonjak tinggi banget. Intinya, disana ada kamar kosong, tapi kalau yang pesan berani membayar dengan harga tinggi itu, sudah pasti bakalan dikasihkan kamarnya.

Fenomena Pembatalan Hotel Sepihak
Baru kali ini di High Season momen Moto GP, saya mengalami dicancel sepihak oleh pihak hotel. 

Saat saya nongkrong dengan Mbak Andy dan Alid di Hotel Maktal, dan disini ketemulah sama owner Hotel Maktal yang juga kenalan mbak Andy, kita bahaslah soal hotel yang dibooking sepihak sama hampir semua hotel di Lombok. Dan memang kenyataannya, siapa yang berani membayar saat hari H dengan harga tertinggi, udah pasti akan dibilang kalau kamar kosong. 

Saya juga menceritakan soal pembatalan sepihak dari Oka Homestay sebelumnya, indikasinya sama, pemilik hotel lebih memilih tamunya yang membayar dengan harga berkali-kali lipat lebih besar daripada harga kamar saya yang hanya dihargai ratusan ribu.

Di event Moto GP nggak dipungkiri banyak calo hotel terselubung juga. Menurut cerita owner Hotel Maktal yang juga kecolongan soal bookingan kamar di hotelnya, jadi ada oknum yang sengaja membooking beberapa kamar di Hotel Maktal dan ternyata kamar itu dijual lagi ke orang lain dengan harga yang fantastis. 
penginapan murah moto gp


Di Hari ke-5 di Mataram, saya menginap di OYO Madania dan dari sini juga terbongkarlah rahasia pemilik hotel kenapa mereka melakukan cancel sepihak. Jadi, momen Moto GP memang menjadikan pemilik penginapan benar-benar mendapatkan keuntungan yang luar biasa banyak. Seperti dari harga penginapan yang normalnya dimulai dari tarif 150 ribuan bisa di mark-up sampai harga 1 juta per malamnya. 

Bocorannya nih, pihak hotel bisa menginformasikan ke customernya kalau hotel yang dipesan tidak masuk ke sistem hotel karena kesalahan sistem dan tergiur pemasangan rate hotel dengan harga tinggi, kan lumayan tuh buat nambahi biaya operasional hotelnya. Jadi jika ada tamu yang berhasil booking dengan tawaran harga tertinggi, otomatis prioritasnya dialihkan ke tamu “spesial” ini tadi. Sedangkan mereka yang sudah booking jauh-jauh hari dengan rate normal tentu saja dicuekin.

Ada yang pernah mengalami kejadian yang sama seperti saya kah?





Comments

  1. Ish ngeselin banget mbak.. Beruntunglah ada teman sesama blogger. Btw, yg kayak gini tu bikin citra mandalika jd kurang baik jg kan ya.. Harusnya ada himbauan terus di sidak atau gimanalah dari dinas atau instansi terkait biar ga keulang di masa yang akan datang

    ReplyDelete
  2. Wah, ngeri juga ya permainannya, padahal rating dipertaruhin loh. Soalnya saya kalo ngebooking penginapan pasti liat rating dan ulasan tamunya.

    ReplyDelete
  3. Lagi lagi duit yang berbicara, kasihan yang udah pesan di awal. Salam kenal

    ReplyDelete
  4. Waaduuh kalau Saya pasti kesel. Dah jauh jauh ke Lombok 2 bookingan hotel di cancel. Untung ada Mbak Andy ya. Kalau gak mau nginep dimana ya. Huhuhu...sedih

    ReplyDelete
  5. Ini gila sih. Tapi namanya juga usaha ya. Kalau bisa dapat uang lebih menjelang ada event atau musim liburan, pasti saja diambil kesempatannya. Cuma kasihan sama customer yang udah booking jauh-jauh hari. Seenggaknya, kan bisa ada pemberitahuan kepada customer itu ya. Jadi dia bisa persiapan gitu.

    ReplyDelete
  6. Banyak cerita serupa saat di mandalika kemarin, katanya berebutan banget ya cari penginapan. Bahkan vlogger terkenal pun kesusahan katanya.

    ReplyDelete
  7. Wuih pantas mereka nukar tamu yang mau menginap kalau ada permainan harga dibaliknya. Yg ambil harga standar kalah lah sama yg berani bayar harga tinggi ya

    ReplyDelete
  8. Yaampun, kok mereka tega banget 😭 untung Kak Ainun ada teman di sana yang bisa beri tempat menginap 😭. Aku baru tahu kalau di lapangan ada praktik seperti ini. Kasihan banget yang udah booking jauh-jauh hari dari web tapi malah nggak dapat tempat 😭. Uang Kakak akhirnya bisa kembali nggak?

    ReplyDelete
  9. Ikut geram kalau begini caranya. Ini namanya nyari uang tidak halal. Padahal kalau lewat aplikasi lebih mudah dan aman ya mbak tapi kenyataannya karena adanya event besar jadi tidak berlaku booking lewat aplikasi. Semoga ada hikmah dibalik rentetan kejadian yang bikin sakit hati mbak...

    ReplyDelete
  10. Dijadikan ladang rezeki ya mbak. Padahal itu gak halal karena kan kita sudah booking dan bayar. Tetapi emang banyak sih kejadian kayak gini, apalagi di event-event besar atau pas jadwal liburan.

    ReplyDelete
  11. Kisah OYO pun memang suka ada cancel sepihak, isu yang ku dengar ya dari kerjasamanya. Apalagi kalau kita pesan dari aplikasi OTA gitu kayak dari Agoda itu pun pernah aku alami cancel sepihak. Kesel tapi mau gimana lagi :( akhirnya pesen on the spot.

    ReplyDelete
  12. Astaga, kebangetan gitu sih! Aku sampe speechless selama baca tulisan ini. Kok untung di sana ada Kak Andy ya. Ya ampun, lha dirimu apa ya ga sampe rugi materi gitu kah jadinya? Aku yakin kayaknya nggak hanya dirimu aja Kak yang ngalamin pengalaman ini pas itu. Kebangetan bener ih!

    ReplyDelete
  13. Ya ampun jahat banget sih kebayang gimana kalau aku sama anak-anak rombongan banyak terus malem2 harus di cancel sepihak. Mau tidur di mana dong? Aji mumpung banget yah mumpung ada momen besar terus jadi ambil untungnya kebangetan.

    ReplyDelete
  14. Pernah mba ngalami di bandung mana sdh bayar lama tp gada kamar, setelah itu kalau pergi di saat musim libur atau berderet tgl merah kami pastikan dl pesanan masuk ga, atau tlp hotel dulu takut zonk.

    Sebetulnya momen motogp kesempatan hotel yg terpuruk akibat pandemi mendapatkan pemasujan lebih ya, tapi caranya curang kenapa ga lgs aja di ota diksh harga tinggi merata biar ga zonk yg sdh byr di ota

    ReplyDelete
  15. ebuset, kzl banget Kak. Jahat, curang, culas itu sampe dicancel sepihak. Belum pernah pake OYO sih. Biasanya pake yang sebelah. Kalau dah begini hotelnya bisa dilaporin gitu nggak sih Kak?

    ReplyDelete
  16. Wah kesel juga ya kalau di cancle secara sepihak gitu
    Harusnya di momen seperti itu, pihak hotel menaikkan pelayanan dan ratingnya ya

    ReplyDelete
  17. Ya ampun mbaa, aku kesel jg laah yaa kalau di posisi mba gini, apalagi dibatalinnya kayak gitu, sepihak ngga ada pemberitahuan juga hihhhh

    ReplyDelete
  18. Aku kok kezel ya bacanya, ini kayak bikin kapok kalau ada pembatalan sepihak tanpa pemberitahuan. Untung ya, ada kenalan teman blogger, kalau enggak terus gimana dong?

    ReplyDelete
  19. Ngeselin banget yaa udah jauh2 hari booking kamar dan deal pas datang dicancel gitu ...omg

    ReplyDelete
  20. Ya Ampuun nyebelin banget sih tu pihak penginapannya. Kalau aku jadi mbak pasti dah kebingungan parah

    ReplyDelete
  21. Wah, tega banget sih..
    Aku ikutan berapi-api pengen bilang kalau lelahnya perjalanan mendadak hilang kalau gak dapet tempat menginap, gimana doonk?
    Biaya bookingnya bisa dikembalikan kan yaa..?

    ReplyDelete
  22. Pemutusan sepihak..aturan yang udah boking di utamakan

    ReplyDelete
  23. wah baru baca ada kasus beginian ya trnyata..kasian citra mandalika langsung turun deh.dasar orang Indonesia...bisa memanfaatkan keadaan gitu ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang