Nostalgia Tradisi Unik Lebaran Generasi 90-an

tradisi unik lebaran



Ada momen-momen lebaran saat saya kecil dulu yang berbeda dengan momen lebaran anak-anak zaman sekarang. Saya sendiri juga melewatkan lebaran di tahun 90an, meskipun ingatan juga masih samar-samar. Saat itu, masih belum ada gempuran teknologi seperti handphone, yang ada malah permainan tradisional yang biasanya anak-anak mainkan seperti bola bekel atau lompat tali.

Beberapa momen langka yang menyenangkan di masa 90-an yaitu tradisi merayakan Idul Fitri, seperti :

Lomba bedug
Selain dibunyikan saat waktu sholat, bedug juga menjadi benda sakral yang wajib dibunyikan pada waktu malam takbiran dan hari raya. Di era 90-an, lomba bedug untuk menyambut hari raya lebaran sering diadakan di setiap kabupaten.

Takbir keliling dan pawai obor
Seingat saya, dulu di depan rumah kalau pas malam takbiran, para bocil alias anak-anak kecil ikutan pawai keliling kampung sambil bawa obor gitu. Suara anak-anak ketika melafalkan takbir bikin suasana malam takbiran jadi seru. Takbir ini biasanya dimulai setelah sholat isya sekitar jam 8 malam sampai tengah malam.

Open House
Sama seperti sekarang ini, istilah open house masih sering disebut warga. Tetangga dan anak-anak bergantian mengunjungi rumah tetangganya satu per satu. Dulu saya ingat, bapak saya memberikan uang ke anak-anak tetangga saat mereka datang ke rumah. Tahun 90an mungkin nominal 1000 sudah termasuk besar ya.

Banyak-banyakan THR
Saya sendiri waktu masih anak-anak nggak paham apa itu THR, tahunya ketika keliling atau pergi ke rumah saudara dikasih uang, sudah gitu saja. Dari hasil disawer pas lebaran ini, bisa membuat saya membeli meja belajar Olympic yang mana saat itu harganya memang mahal ya, ratusan ribu di tahun 90-an sudah termasuk kategori mahal hahaha.

Sepertinya hanya ini beberapa momen lebaran yang saya ingat, nah biasanya kalau pas libur lebaran gini, stasiun TV selalu menayangkan tayangan film Hollywood Home Alone, hanya saja tahun 90-an awal ketika saya masih SD nggak begitu rajin nonton TV, jadi Home Alone kayaknya saya tonton waktu sudah SMP deh.

Baidewei, selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri untuk teman-teman blogger saya yang merayakan ya.

Comments

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Kak Ainun. Mohon maaf lahir dan batin ya 🙏🏻🙏🏻🙏🏻. Tradisi lebaran yang paling aku ingat sih open house ya wkwk. Kalau di daerahku nggak ada takbir keliling, tapi kalau waktu sahur, dulu ada yang rame-rame keliling bangunin warga wkwk. Sayang sekarang udah nggak ada lagi 😂

    ReplyDelete
  2. Wah... blognya bagus banget :')

    Jaman dulu banyak ketemu langsung, jadi seru banget. Kalau jaman sekarang udah dikasi kemudahan dengan adanya teknologi dan internet.

    ReplyDelete
  3. Aku gak pernah ngerasain banyak2an THR. Tiap ke rumah sodara gak pernah dikasih THR. Gak pernah ikutan anak2 sekampung yang tur "trick or treat" ke rumah2 di hari lebaran terus dikasih THR sama yang punya rumah. Jadinya ya gitu deh...

    ReplyDelete
  4. daku banget sih ini banyak-banyakan THR.
    Enaknya memang pas disuruh baris, dapat deh satu-satu,
    terus dikumpulin dah tuh buat ditabung atau buat jajan, haha

    ReplyDelete
  5. Selamat hari raya Idul Fitri ya kak Ainun! Mohon maaf lahir batin.
    Di kampung asalku, kalo malam tabiran tuh ramai sekali. Banyak yang berkeliling bunyikan bedug dan sambil bawa obor juga. Ada juga kembang api yang ramai dinyalakan. Seru ya.
    Kalau sekarang, aku ga tau sih karena saat lebaran kemarin aku ga ikutan pulang kampung 🤣 Jadi lebaran kemarin di Jakarta saja dan tetap ramai juga sih meski ga seramai di kampungku.

    ReplyDelete
  6. Selamat Idulfitri mba Ainun, mohon maaf lahir batin.

    Aku dulu suka banyak-banyakan THR sama sodara dan temen-temen sekelas wkwkwkw. Kalau dapatnya lebih banyak berasa menang. 😂

    ReplyDelete
  7. yang paling berkesan tuh Takbir keliling dan pawai obor, tapi saya cuman bisa liatin dari dalam pagar, nggak boleh keluar :D
    Kalau THR nggak pernah, palingan open house, tapi mama saya malah selalu tutup pintu, hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang