Pilih Mana, Belanja Online atau Belanja Offline?

belanja offline



Sekarang ini kita benar-benar dimudahkan dengan hadirnya platform belanja online, baik melalui platform pihak ketiga atau langsung belanja di aplikasi tokonya. Dulu sebelum masuknya era toko hijau dan orange, saya kalau belanja online langsung chat ke nomor handphone si penjualnya. Pernah juga ketipu sampai sekarang barang pesanan nggak pernah saya terima. 

Kalau disuruh memilih pilih mana belanja online dengan belanja offline
Kalau bisa saya pilih dua-duanya saja, karena tergantung sikon juga kenapa saya harus belanja online atau memutuskan untuk belanja offline.

Belanja Online vs Belanja Offline
Belanja Online
Banyaknya promo yang dihadirkan oleh platform belanja seperti gratis ongkos kirim, potongan diskon untuk minimal pembelian tertentu memang kerap membuat saya galau. Kok banyakan diskon waktu belanja online daripada belanja offline.

Ada beberapa brand tertentu yang terkadang membuat saya memutuskan untuk belanja online, biasanya sebelumnya saya survey dulu di toko offlinenya, mengenai bahan dan desainnya yang kiyut misalnya, terus kalau di toko mentok nggak ada diskon, saya coba belanja via online saja, seperti saat Sale 5.5 misalnya.

Kemudahan belanja online memang saya rasakan saat Work From Home setahun lalu, karena kalau dirumah kan bisa disambi sambil rebahan, ehh malah buka e-commerce dan sering beli printilan pajangan buat make over kamar hahaha. Memang sih, remnya kudu pakem biar nggak kebablasan kalau belanja. 

Sisi lain enaknya belanja kalau online, kadang untuk bank tertentu ada promo, misalnya potongan diskon untuk minimal pembelanjaan tertentu, nah disini saya bisa memanfaatkan juga bahkan bisa dapat cashback.

Kekurangan Belanja Online
Konsekuensi belanja online yaitu kita kesulitan untuk memegang jenis bahan kalau barang yang kita beli adalah pakaian. Misalnya di deskripsi sudah ditulis katun, hanya saja jenis katun kan ada macam-macam, ternyata barang yang datang malah katun yang tipis. Selama ini kalau saya belanja online dan mendapati barang nggak sesuai expetasi, saya nggak banyak complain, ya memang konsekuensi dari belanja online kudu terima seperti ini.

Kekurangan lainnya adalah sebelum masuknya era toko hijau dan orange, kalau belanja kudu chat sama penjualnya. Pernah kejadian, saya membeli sandal, untuk pembelanjaan pertama nggak ada masalah, barang dikirim ke rumah, selanjutnya saya order lagi, nahh orderan kedua ini nggak pernah saya terima. Penjual di chat pun nggak pernah dibalas dan lama-lama saya diblock hahaha.

Belanja Offline
Datang ke toko langsung memang menyenangkan, kita bisa muter-muter toko sampai mati gaya. Perempuan kalau tujuannya nggak jelas, bisa muter-muternya lebih dari 2 jam hahaha. Kecuali memang sudah ada tujuan pasti ke bagian A, ya sudah disitu-situ saja nyarinya. Kadang nih, habis dari toko A merasa barang A mahal, keluar toko pindah toko lain lagi, kok dapetnya desainnya nggak cocok, balik lagi ke toko A. Gempor tuh kaki lama-lama.

Kalau di high season bisa dibilang saya jarang belanja karena nggak kuat sama antriannya, kalau sekedar jajan masih oke keluar ke mall. Pilihan lain ya balik lagi ke belanja online kalau niatnya memang mau nyari saat high season.

Kalau teman-teman milih mana nih, belanja online atau offline?

Comments

  1. Aku lebih pilih belanja online daripada offline. Lebih praktis dan harganya sering lebih murah ketimbang di toko offline.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh iya bener mbak, kalau beli online herannya harganya agak beda jauh atau selisih dari toko offline. Dan bisa memanfaatkan juga sama promo promonya yang ada di e-commerce

      Delete
  2. Kalau aku tergantung jenis barang yang ingin dibeli. Biasanya kalau barang yang pasti-pasti kayak pulpen, penggaris, detergen, buku itu aku berani beli online. Kalau beli baju atau barang elektronik, cenderung lebih suka beli offline karena bisa pegang dan cobain dulu 🤣.

    ReplyDelete
  3. Nah itu yg sering bgt aku alami kalau beli baju offline mbak, keterangan cuma katun doang, ternyata agak kasar, ga sesuai ekspektasi karna katun emang banyak bgt macemnya.

    Tp so far aku belanja online semua mbak, sampe daging2an juga kadang online, cuma susu anak doang beli di minimarket hihihi

    ReplyDelete
  4. Dengan segalam macam plus minus, kayaknya saya lebih milih belanja online. Yang penting jeli dan teliti supaya tidak salah beli atau ketipu. Belanja offline memang seru karena bisa pegang barangnya langsung, tapi yah itu, sering bolak balik toko untuk mendapatkan yang murah dan sesuai.

    ReplyDelete
  5. kalau saya liat barangnya.
    Kalau yang pasti pas, mending beli online, lebih murah juga biasanya, apalagi kalau dapat subsidi ongkir :D
    Tapi kalau barang yang kudu dicoba, kayak sepatu, mending offline deh, karena bentuk kaki saya memang kudu ngepasin langsung

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang