Ini Dia Menu Buka Puasa Praktis, Apa Saja Itu?

menu buka puasa


Biasanya kalau masuk bulan puasa yang diinget mesti yang seger-seger dulu, seperti es misalnya. Iya nggak? Atau hanya saya aja ya yang berpikir seperti ini hehe.

Di keluarga saya sendiri sebenarnya nggak terlalu riweuh kalau soal menu makanan apalagi soal menu berbuka puasa. Seringnya, memang  memasak yang simple seperti sayur asem atau paling gampangnya sayur kelor yang mana daun kelornya tinggal metik langsung di depan rumah. 

Oya, terkadang nih ibu saya menerima pesanan makanan untuk sahur yang diadakan di masjid besar di Jember. Jadi kadang menu berbuka atau sahur juga nggak jauh-jauh dari bahan dasar makanan yang dimasak untuk masjid tadi.

Beberapa menu berikut ini yang menurut saya mudah dihidangkan saat berbuka puasa dan cukup sering dimasak, seperti :

1. Sayur asam 
Sayur asam ada banyak pilihan, seperti sayur sop, sayur bayam atau sayur kelor. Memasak sayur asam juga gampang, nggak perlu bahan-bahan yang ribet dan cepet juga bikinnya.

2. Kare
Baidewei, saya juga bukan murni menyebutnya kare, yang jelas bumbu atau kuah yang sering dimasak ibu saya berwarna kuning. Saya menyebutnya kare, tapi terkadang isiannya juga berbeda-beda, kadang diisi dengan tempe dan ayam, kadang juga ada ikan pe dan tempe. Sedapetnya ikan aja dimasukin sama ibu saya.

3. Ayam Goreng
Duhh, siapa yang nggak doyan ayam goreng. Saya juga suka. Kadang hanya digoreng biasa atau dicampur dengan tepung crispy.

4. Oseng-oseng
Nah, ini nih paling gampang lagi, oseng-oseng. Entah itu oseng-oseng pakis atau kangkung. Dan kadang untuk lauknya dibuatlah tempe goreng atau dadar jagung.

5. Teh manis
Yuhuu, membatalkan puasa dengan segelas air teh manis hangat aja sudah cukup dan bikin plong tenggorokan. Begitu juga kalau ada es buah atau es campur, langsung seger. Paling seringnya, ya bikin teh manis aja.

Kalau teman-teman menu favorit berbuka puasanya apa nih?

Comments

  1. aku kalau ingat daun kelor jadi ingat buat nglancarin Asi wkwkkwk..kalau udah makan itu langsung mengkal en asi tumpeh tumpeh dulu pas jamannya kakak adek masih beiby
    sekarang udah jarang jarang mbening kelor walaupun di depan rumah ada tuh

    kalau favorit aku ada tumis pakis itu mba ai

    terus ikan pe itu kayak apa ya..jadi penasaran

    ReplyDelete
  2. Kangen sayur asam, apalagi sayur asem Jakarta.
    Tapi anak-anak nggak ada yang doyan karena asam katanya hahaha.
    Kalau saya cuman sayur bening aja yang dimasak, palingan bayam campur kelor.
    Masaknya juga cuman air, garam dan sayur :D
    Anak-anak suka dong kalau makannya sama ikan goreng, kayak lele :D

    ReplyDelete
  3. Ibukku juga suka masak kare mba Ainun, cepet hehehe. Isinya selain ayam biasanya ditambah dengan tahu, telur, sama kentang. Kalau menu buka puasa favoritku mayan banyak. Ada kare, sup, pecel, jamur goreng. :9

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang