Bingung di Jember Mau Kemana? Ikutan Wisata Bareng Angkutan Wisata Aja

angkutan wisata jember

Beberapa bulan lalu, tepatnya di akhir bulan Oktober 2021, saya berkesempatan mengikuti serangkaian kegiatan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Jember yang bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Jember yaitu Jelajah Desa Wisata & Fun Camp. Gelaran Jelajah Desa Wisata Kabupaten Jember ini sudah diadakan 3 kali dan saya baru mengikuti di sesi yang ketiga ini.

Pemerintah Kabupaten Jember sendiri sebelumnya sudah pernah melaunching angkot wisata, iya kita bisa carter angkot untuk dibooking menuju tempat wisata yang ada di Jember, seperti misalnya ke Pantai Papuma.

Makanya waktu kegiatan Jelajah Desa Wisata yang ketiga ini, saya dan rombongan menggunakan angkot wisata sebagai alat transportasi. Senengnya. Apalagi buat saya yang sudah juarang banget pergi naik angkot, sekarang dikit-dikit naik ojol atau bawa kendaraan sendiri.

Baideweii, sebenernya miris juga melihat keadaan transportasi umum di Jember sekarang, yang naik angkotan umum dikit banget, dulu sebelum masuknya para ojol baik motor atau mobil, masih lumayan banyak masyarakat yang memilih menggunakan angkot. Padahal, sopir angkot juga ada setoran tiap harinya, belum buat beli bensin dan biaya setoran ke majikan angkotnya. 

Selain dilaunchingnya angkutan wisata, pemerintah Kabupaten Jember juga meluncurkan Bis Kota Wisata. Armada yang digunakan yaitu bis kota Damri. Hiks, bis Damri ini kenangan banget buat saya dari zaman TK. Dulu kalau mau berangkat sekolah TK, saya dan bapak naik bis ini. Maklum jarak rumah dan TK saya jauh dan TK saya masih satu komplek dengan kantor bapak. Lah kok malah ceritanya ngalor ngidul hahaha.

Pemerintah Kabupaten Jember membuka beberapa rute wisata dengan menggunakan alat transportasi umum seperti rute Desa Kemiri, Desa Wisata Boma dan Gunung Pasang, Wisata Megalitikum Kamal sampai rute ke Pantai Watu Ulo juga ada.

Ini nih saya kasih beberapa poster informasi mengenai angkutan wisata yang ada di Kabupaten Jember. Barangkali teman-teman main ke Jember rame-rame sama sohibnya dan bingung mau kemana, bisa lah booking paket wisata murah meriah seperti ini.
angkutan wisata jember

open trip desa wisata ajung

wisata kamal arjasa

open trip wisata jember

open trip wisata jember



Bisa kepoin di IG @tamasyabuskota



Comments

  1. waaww menarik sih ini. mungkin kalo di Surabaya semacam bus heritage gitu kali ya
    enak nih kalo udah ada rutenya gini jelas dan bikin turis nggak bingung hihi
    pengen cobain ke pantai papuma
    dulu jaman kuliah temen-temen ke sana akunya nggak bisa ikutan 😁

    ReplyDelete
  2. Wahh seru banget ya mbak kalau ada open trip yg harganya terjangkau banget gini, pasti banyak peminatnya.

    Bukan cuma di Jember aja mbak, di Jabodetabek juga skrg angkutan umum sepi penumpang, pada lebih suka naik kendaraan pribadi, makin macet macet deh.

    ReplyDelete
  3. wow asik berarti nih, gak perlu mikir mau ke mana lagi yess mbak, tinggal ngikut aja deh hehehe

    ReplyDelete
  4. Mbak, kok seru bgt siiiih? Ih mauuu. Kapan2 kalo ke Jember pengin coba.

    Kalo soal angkot ini emang bingung jg ya. Di sisi lain emang kasian sekarang angkot emang sepi2 penumpang, tapi di lain sisi kemudahan ojol sbg transportasi juga gak kalah ngebantu bgt.


    Tapi alhamdulillah kalo stakeholder setempat bisa memberdayakan angkot2 yg ada jadi angkot wisata. Ini pasti memudahkan banget sih. Secara kadang kalo pergi ke suatu tempat buat wisata pasti bingung duluan soal transportasi. Iya, kalo bisa bawa sendiri kendaraan ya bisa sewa, tapi kalo enggak bisa2 boros padahal niatnya mau seneng2 wisata dengan bajet seminim mungkin kalo bisa.

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata bisa diantarkan seperti itu ya, kadang memang bingung mengunjungi suatu tempat gitu mau kemana. Rasanya pengen banget ada tour guide yang bisa ngarahin tempat-tempat menarik ditempat itu. Agar semua tempat bisa terjelajah dan tak terlewatkan satupun.

    ReplyDelete
  6. Berarti berwisata sekarang gak perlu repot-repot ya, karena tinggal mengikuti yang ngantar aja, hehee..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang