Icip Sate Klopo Jember

Biasanya tiap kali mendengar nama sate klopo, yang terlintas di pikiran saya adalah Ondomohen Surabaya. Pasti teman-teman sering mendengar kuliner Surabaya sate klopo Ondomohen, hayo ngaku? Hehe

Setiap kali ke Surabaya pun sampai sekarang, saya masih belum icip sate klopo Ondomohen yang terkenal itu. Tiap melewati Jalan Walikota Mustajab, kok ya ramai dan males mau ngantri, ini sebenernya niat apa enggak ya aku nya hahaha.
Beberapa waktu lalu, ketika baca koran lokal di Jember, ada sekilas info soal kuliner sate klopo di Jalan Trunojoyo, langsung bikin penasaran seperti apa rasa sate klopo yang sepertinya di Jember baru pertama kali saya dengar.
kuliner-jember
Gambar dari Google


Icip Sate Klopo Jember
Akhirnya, setelah tertunda beberapa kali, akhir pekan ini saya mencoba kulineran di sate klopo. Tiap saya melewati Jalan Trunojoyo, nggak tampak keramaian di tempat makan yang mungil ini. Waktu saya datang, juga sepi, nggak ada pengunjung lain selain saya sendiri. 

Di tempat makan ini nggak hanya menyediakan sate klopo aja, tapi juga ada soto Banjar dan sego sambel. Karena tujuan utama saya adalah sate klopo, ya udah pesennya hanya sate klopo aja. 
sate-klopo-jember

kuliner-sate-klopo


Sate kloponya juga ada beberapa versi, mau yang 5 tusuk atau 10 tusuk, mau yang tanpa lemak atau yang campur lemak. Tinggal pilih sesuai selera. Kali ini saya mencoba sate klopo tanpa lemak, karena saya sendiri nggak terlalu suka lemak.
Nggak perlu waktu lama untuk menunggu makanan saya datang, ya karena sepi pengunjung tadi

Taraa, mari kita icip.

Ehmm gigitan pertama dari sate klopo ini enak juga, asli hahaha. Entah karena saya memang belum makan siang, jadi berasa enak aja. Tekstur bumbunya nggak seperti sate ayam yang halus, kalau sate klopo ini bumbu kacangnya ada kasar-kasarnya gitu, numbuknya nggak sampai halus banget. Tapi nggak berasa kasar juga ketika dicampur ke nasi. 

Untuk rasa pedasnya bukan dari sambal yang di uleg, tapi potongan cabenya dibuat kecil-kecil dan disajikan di pinggiran piringnya. Kalau mau pedes, ya tinggal gigit cabenya aja. Seporsi sate klopo tanpa lemak yang saya pesan dibanderol dengan harga 30 ribu.
sate-klopo-jember
Daftar menu


Overall selama makan sate klopo ini, enak-enak aja, kalau ukuran saya 10 tusuk sate klopo sudah cukup mengenyangkan plus nasi.

Teman-teman ada yang doyan sate klopo? 


Sate Klopo
Jl. Trunojoyo
Jam Buka : 09.00 - 20.00
Hari Senin Libur

Comments

  1. Jujur belum pernah denger yang namanya sate klopo huhu. Tapi kayaknya dilihat dari foto enak yaaa, semoga kapan2 nanti bisa nyobain juga deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh unik ya mbak, sepertinya di tiap kota ada yang ada, ada yang enggak. Kalau di kotanya mbak Mutiara ada, bisa dicoba juga mba
      enak kok :)

      Delete
  2. iya mbak yang di walikota mustajab itu ramenya masya allah
    aku belinya sering di Pasar Blauran
    enak banget sate klopo ini
    rasa kelapanya nyatu sama satenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh di Pasar Blauran ada ya, aku belum pernah tau kalau yang di Blauran
      malah aku kalau ke sana, masuk ke BG junction hahaha

      Delete
  3. Baru tahu saya ada Sate Klopo...Maklum lama nggak ke Surabaya. Kalau dari bentuk sate dan tempatnya terkesan sederhana. Untuk rasa pasti wah banget yaa mbak Is, Meski saya sendiri belum pernah coba.😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang Sat, keliatannya mirip kayak sate daging biasa, tapi ternyata ini enak, meskipun memang satenya dari daging sapi kang.
      Cuman ada taburan kelapanya
      kalau nemu boleh lah dicobain juga kang sat

      Delete
  4. Apakah nama sate klopo berasal dari kelapa mbak? Eh kayaknya bukan yaa. Terus, bacanya gimana itu? Klopo atau Klopo ya?
    (Maksudnya o nya beda gitu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bacanya klopo kayak orang Jawa mas Joe
      aku dulu mikirnya satenya dari kelapa, ternyata sate daging dengan taburan kelapa diatasnya

      Delete
  5. Nama satenya lucu, sate klopo hehe
    Penasaran gimana rasanya tapi kayaknya menggugah selera nih mba 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lucu ya mbak, dulu waktu pertama kali denger malah aku kira satenya dari klopo atau kelapa
      ternyata sate daging tapi ada taburan kelapanya nanti

      Delete
  6. Ternyata sate klopo itu tetep pake daging ya, Mbak. Aku tuh mikirnya yang namanya sate klopo ya kelapa diiris kotak-kotak terus ditusuki pake tusuk sate. Eh, lagian kuat banget tusuk satenya bisa nusuk kelapa. 😂😂😂😂

    Begitulah, Mbak. Makanya aku belum pernah cobain sate klopo. Soalnya fantasiku tentang sate klopo ya kayak gitu. Jadi pas tinggal di Sidoarjo ataupun main ke Surabaya, walaupun banyak nemu penjual sate klopo aku gak tertarik. 😅

    Beda sama Mbak Ainun, aku malah suka lemaknya, Mbak. Kalau ada, aku pengen beli sate yang isinya lemak doang 🙈. Ngomong-ngomong, ini satenya pakai daging apa, Mbak? Ayam, kambing, atau malah sapi? 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha aku dulu mikir gitu juga mba Roem, satenya dari klopo, kok aneh ya
      ternyata oh ternyata bukan seperti itu, tapi ini dari sate daging sapi mbak, dijamin aman hehehe
      nahh iya aku entahlah kalau kebanyakan lemaknya malah ga suka, kayak mau keluar lagi gitu lemaknya setelah aku telan hahaha

      Delete
  7. ini eunaakkk bangeet Mbak Ainuunnn 🤤 harus coba yang di walikota mustajab itu.
    aku aja baru tahu kemarin cobain dan langsung jatuh cinta
    lebih enak gtu dari sate ayam biasa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaaa aku pengen mba dea, belum sempet cobain yang di mustajab itu
      padahal kalau mau ke stasiun gubeng, aku lewat sana kalau habis dari rumah surabaya
      kudu coba pokoke ya

      Delete
  8. Ini sate ayam atau kambing mbak? eh tp biasanya kalaub bumbunya kacang sih sate ayam ya.

    Aku pikir pakai bumbu kelapa atau parutan kelapa gitu ga sih hahaha, intinya ada kelapanya lah.

    Tp jujur aja aku lebih suka pakai bumbu kecap daripada bumbu kacang mbak, entah kenapa kadang suka eneq kalau pakai bumbu kacang wkwkwk, ini aku loh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini untuk dagingnya pakai daging sapi mbak
      dan untuk bumbunya, ada kacangnya yang ditumbuk kasar, tapi ada campuran kecapnya mbak hehehe
      kalau di Jember rata-rata bumbu satenya dari kacang plus ada campuran kecap manisnya juga

      dan karena ini sate klopo, nanti ada taburan kloponya diatasnya

      Delete
  9. beberapa kali baca tentang sate klopo, tapi emang belum pernah coba. Pas di surabaya juga belum kepikiran mencobanya karena sering ramai dan malas antri.
    ngomongin sate emang unik, bentuknya satu tapi diolah dengan berbagai cara dan sambal. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh kan kalau lewat yang mustajab surabaya aku juga ga sanggup mau antri, karena waktu itu banyak ga niatnya, jadi selalu gagal beli
      iya ya kenapa kalau sate itu unik, ditusuk-tusuk dan banyak macam bumbunya juga
      kayak di lombok itu yang terkenal sate bulayak

      Delete
  10. Saya malah baru tau ini sate klopo wkwk, kayaknya tetep enak ya? Yang namanya sate, kayaknya gapernah salah deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iya enak ciyussss, yuk beli juga kalau nemu

      Delete
  11. wah aku malah ga pernah denger sate klopo yang terkenal di Surabaya itu kak Ainun 🤣

    Apa bedanya sih kak sate klopo dengan sate ayam biasanya?? Cuma di bumbu kacang yang kasar gitu kak? Aku bingung kenapa dinamai klopo hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sate klopo Ondomohen yang di Surabaya lumayan terkenal mbak, mungkin bagi yang tinggal di luar Surabaya jarang denger juga ya, dan mungkin expose di internet soal sate klopo Ondomohen juga kurang

      hahahhaa sebenernya sama mbak bumbunya, bumbu kacang yang sate klopo ini cukup kasar dan ada campuran kecapnya juga
      kadang kalau sate ayam, bumbu kacangnya ada yang ditumbuk halus banget

      Delete
  12. Ini kuliner yg aku penasaran bangettttttt rasanya. Sayang belum pernah coba di tempat asal. Apalagi yang di Jember 🤣🤣.

    Tapi aku seneng mba, Krn di Jakarta sebenernya udah ada yg jual juga, tapiiiii jauh di daerah selatan hahahaha. Aku tunggu suami mau diajak macet2an ke selatan dulu deh 🤣.

    Kalo dia pernah rasain yg di tempat asli, pas tugas kantor. Dia bilang enak sih memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juuga pengen yang sate klopo Ondomohen surabaya sebenernya, semoga keturutan hahaha
      penasaran udah dari lama padahal

      Delete
  13. Setelah baca2 komen2 diatas sepertinya klopo artinya kelapa ya mbak.

    Sate kelapa 🤣

    Tapi kalau dilihat dari gambarnya sepertinya ini sate ayam/kambing yg ditaburi serunding kelapa ya.

    Ya apapun itu yg namanya sate pasti enak asal jgn sate sandal jepit wkwk

    Btw ada soto banjar juga disana, mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk sate sandal jepit, alot alias keras mas Jaey, gigiku ga sanggup

      iyes ini sate daging sapi biasa terus nanti pas disajikan ditaburi ada kloponya, dibikin ala serunding gitu, bener banget mas jaey ini

      iya ada soto Banjar tapi aku belum sempet cobain, niat kulinerannya kurang kuat waktu itu

      Delete
  14. Replies
    1. hehehe template blog kah mbak maksudnya, minimalis sebenernya mba

      Delete
  15. belum penranah merasakannya ini, makanya jadi penasaran , malah bau tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba Tira, next kalau ketemu boleh dicoba juga mba

      Delete
  16. Belum pernah coba Kak, ngiler liatnya 🤤 liat harganya juga affordable, jadi pengin hehehe.. Sayangnya jauh 😆 Kayaknya cuma ada di Surabaya ya Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalau ke Jember kejauhen dari Jakarta
      nah,di Surabaya ada sebenernya, sate ondomohen tadi, tapi masih cukup jauh juga ya dari jakarta
      kalau di Jakarta nemu, boleh tuh dicobain juga Syifana, biar ga penasaran, enak kokkm ayokkk hehehe

      Delete
  17. eh btw itu bahan utmanya apa kak, dari tadi baca mo tau komposisinya gmn itu rasanya kak

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. Btw nggak boleh loh kasih link di kolom komentar, mana pakai capslock pula :D

      Delete
  19. Sejujurnya, meski bolak balik makan sate klopo di jalan walikota mustajab itu, tapi belom pernah makan di tempat yang ramai itu, selalunya makan di tempat yang jualan di depannya.
    Dan enak sih, jadi penasaran sebenarnya yang ramai itu, enaknya kayak gimana, hahaha.
    Tapi sama permasalahannya, setiap kali lewat, baru liat antrian udah malas banget :D

    Btw, sekarang udah banyak ya yang jualan sate klopo, di dekat tempat tinggal kami juga banyak, bahkan beli si Shopee lebih murmer pakai voucher hahaha

    ReplyDelete
  20. sate yang unik tenan...belum pernah denger sih..baru ini aku tau dari blog Mbak Ai

    kalau sego sambel gimana tuh ya isiannya..ada lauknya kah? jadi ngiler tadi baca ada menu sego sambel..

    mang paling nyaman kalau maem di tempat sepi ga rikuh mau foto foto #eh itu mah si mbul hihihi

    taklist dulu ah...berharap suatu hari nanti bisa nyampe jawa timur ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang