Es Krim Legendaris : Es Krim Domino Jember, Dulu dan Kini

es-krim-domino


Akhirnya setelah tertunda kesekian kalinya menikmati es krim Domino Jember, beberapa waktu lalu saya sempatkan untuk “reunian” dengan es krim legendaris di Jember ini. Alasan lainnya karena penasaran, apakah rasanya tetap sama dengan beberapa tahun silam sejak pertama kali saya icip es krim ini.

Es Krim Domino ini ibarat kata sama dengan es krim Ragusa di Jakarta atau es krim Zangrandi di Surabaya. Eh tapi es krim Zangrandi sudah tutup. Es krim Domino sudah ada sejak tahun 1960, gimana nggak legend coba.  
kuliner-jember

es-krim-domino


Di es krim Domino tersedia cukup banyak kursi juga, beruntung waktu saya kesana hanya ada 1 rombongan keluarga kecil dan itupun mereka sudah mau bersiap-siap cabut. 
es-krim-domino-jember


Let’s Go, Kulineran Es Krim Domino
Yang terpikirkan pertama kali ketika mau ke es krim Domino adalah kudu nyobain lagi es krim Banana Split-nya. Tekstur es krim Domino nggak halus banget kayak es krim W***s ya, masih agak-agak kasar dikit, tapi dibilang kasar banget juga enggak. 

Ketika Banana Split nya sudah datang, kaget juga, kecil banget porsinya hahaha. Dulu sekitar tahun 2011an kalau nggak salah, waktu cobain Banana Split untuk pertama kali, sepiring penuh dengan potongan buah pisang dan es krim tiga rasa, vanilla, coklat dan strawberry.
domino


Kali ini, porsi Banana Splitnya, untuk buah pisangnya mini, mini banget menurut saya. Dan untuk es krimnya masih sama, ada tiga rasa, vanilla, coklat dan strawberry. Kalau untuk rasa, dari waktu pertama kali icip sampai sekarang nggak ada bedanya, masih sama. Dan harga untuk sepiring kecil banana split yaitu 12 ribu.

Di es krim Domino nggak hanya menyediakan es krim aja, tapi ada menu makannya juga, seperti mie ayam dan pangsit mie. Kali ini, saya cobain menu mie sapi lada hitam, karena penasaran. Dann taraaa ternyata lumayan enak juga, gurihnya berasa, terus taburan dagingnya juga banyak. Untuk harga seporsi mie yaitu 17 ribu. Overall oke lah, menikmati makan siang tipis-tipis sambil nge-es krim di es krim Domino ini.
es-krim-legendaris


Es krim Domino nggak hanya menyediakan sajian es krim yang dine-in aja, dari dulu es krim Domino juga memproduksi es krim dalam kemasan wadah kecil atau bahkan literan. Iya, kalau kita lagi pengen nyetok es krim di rumah, bisa juga beli yang wadah literan gede gitu. 
es-krim-jember


Biasanya, es krim Domino ini jadi jujugan tamu dari luar Kota Jember yang pengen ngerasain es krim legend. Bolehlah di masukin ke agenda teman-teman kalau lagi mampir ke Jember. 

Oya, lokasinya tetanggaan dengan soto Dahlok atau Gang Dahlok, jadi tinggal ngesot aja ke bangunan di sebelahnya.

Es Krim Domino
Jl. Sultan Agung No. 43 Jember


Comments

  1. Selagi muda dan gigi masih utuh, apapun camilannya maknyuuuuss. Sudah tua seperti saya, gigi sudah tak kuat bersentuhan dengan es. Selamat malam ananda Ainun. Salam sehat buat keluarga di sana.

    ReplyDelete
  2. Hwah es krim kesukaan saya dan anak-anak juga.
    Karena belum bisa ke Jember, nyoba dulu kali ya di rumah makan es krim ditambah banana split buatan sendiri
    Seru kayanya buat ngisi masa liburan sekolah anak-anak di rumah saja

    ReplyDelete
  3. Eh itu harga-harga makanannya ekonomis banget ya. I don't mind paying 12 thousand for that ice cream hahaha, lumayan bisa icip tiga rasa.

    Mie Ayam di harga di bawah 20 ribuan di tempat nongkrong yag cukup bersih juga ga banyak di Jakarta. Kalau tinggal di Jember, aku mungkin udah masukin tempat ini jadi weekly must visit list hahaha

    ReplyDelete
  4. Es krim es krim legendaris sekarang banyak tergerus perusahaan es krim raksasa dan kafe-kafe fusion. Di Jakarta juga ada es krim legendaris namanya Ragusa di daerah Istiqlal.

    ReplyDelete
  5. Pagi2 yg dilihat makanan.. hahah

    Es Krimnya ya ampunn.. 中中中 mienya juga.
    Aku sndiri suka nyetok es krim di rumah.. nyetok es kiko juga biasanya aku ngeskrim tuh seminggu 2 kali pas abis nguras kolam 不不不 soalnya pasti capek bangett

    ReplyDelete
  6. Zangrandi Surabaya tutup?? Sayang sekali ya,, terakhir ke sana waktu K masih berumur hampir dua tahun.
    Tapi sejujurnya, saya tidak terlalu fanatik dengan es krim atau merk tertentu. Semuanya terasa enak. Hehe.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya hampir di setiap kota ada es krim legend gitu ya, mba... XD

    Berhubung saya bukan maniak makanan manis, lihat es krimnya biasa aja, tapi lihat mie sapi lada hitamnya ya ampooon ngilerrr... Mana dagingnya banyak banget gitu lagiii :3

    ReplyDelete
  8. Banana Spliiit, woaaa salah satu dessert fave saya itu, mba

    Ternyata banyak juga es krim legend, jadi penasaran di Bali ada apa nggak 不 Hihihi, saya sama kayak mas Bayu, suka stock es krim di kulkas, biasa saya makan malam-malam habis beres pekerjaan, lumayan untuk mendinginkan kepala yang panas

    ReplyDelete
  9. Aku belum tahu apakah di kotaku ada es krim legenda seperti banana atau tidak, tapi kalo minuman legendaris itu teh poci.

    Dari tahun 1960an, berarti usia usaha es krim domino ink sudah 60 tahun lebih ya. Salut, tidak gampang bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi, dari jaman pak Karno, pak Harto, sampai Jokowi ini.

    Mungkin porsinya agak kecil karena harganya tidak naik. Biasanya gitu, kalo mau porsinya gede, solusinya naikin harga tapi takut konsumen kaget dan tidak jadi beli.

    ReplyDelete
  10. Banana split 12 ribu itu murah buanget, Mbak Ainun. Dan udah dapat tiga scoop es krim beda rasa dong 中. Sungguh menggoda banget. Kayaknya kalau main ke Jember, aku harus banget mampir ke sini.

    Kalau di Kediri, gak ada tempat es krim legendaris gini, Mbak. Jadinya kalau ke main ke luar kota, tempat es krim legendaris bener-bener menggoda imanku 五. Walaupun begitu, di sini ada kedai gelato yang dijamin enak banget. Namanya Bli Puthu. Kali aja Mbak Ainun kalau main ke Kediri bisa cobain gelato ini.

    Ngomong-ngomong, beneran Zangrandi udah tutup, Mbak?

    ReplyDelete
  11. Huhuhu, kaaann jadi pengen balik ke Jember, gara-gara waktu ke sana, udah di depannya, tapi kok tutup, hiks.
    Kalau Zangrandi menurut saya enak kalau ditraktir wakakakaka.
    Saking harganya uwow sih menurut saya :D

    Niat pengen ngademin leher, jadi panas pas liat billnya :D
    Mending makan gelato di Mie Kober, 2 scoop cuman 16rebo wakakakaka

    ReplyDelete
  12. Rekomen nih kalau ke Jember.
    Lihat es krimnya langsung ngiler hehe
    Suka dengan suasananya yang bikin betah

    ReplyDelete
  13. Wooww!! Es krim Domino sudah ada sejak tahun 1960, Memang legendaris banget pastinya. Dan namanya mungkin sudah banyak ketahui oleh orang diberbagai daerah.

    Varian rasa serta bentuknya pun menarik...Kenapa namanya Domino yee..
    Apa mungkin pembuatnya dulu hobi main Domino.

    ReplyDelete
  14. zangrandi surabaya tutup kak???? Wah baru tauuuu.. Dia buka cabang sebetulnya di Jakarta. Jadi es krimnya dianter gitu dari Surabaya ke Jakarta. Cuma aku ga tau deh apakah yang di Jakarta juga tutup.... Kalo beneran tutup.. wah sayang sekali yaa.. kalah saing sama toko es krim lainnya....

    banana splitnya imut-imut ya kak. Tapi harganya terjangkau bangettt.... Wajar jadinya dapet segitu.

    ReplyDelete
  15. Aku tuh selalu icipin kalo Nemu es krim jadul. Ragusa Jakarta, Brasil Purwokerto, tentrem solo, Oen malang.

    Dari 4 itu yg pernah aku coba, favoritku masih dipegang tentrem.

    Aku blm cobain domino, jadi belum bisa ngebandingin . Tapi kalo nanti ke Jember, pasti aku coba mba ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang