Asiknya Grup Blogwalking Asik

grup-blogwalking-asik


Pertama kali membuat blog tentu saja tujuannya untuk sharing cerita ke sahabat sendiri dan berharap kalau tulisan saya jangkauannya bisa dikenal lebih luas lagi. Saat itu, blog yang sering saya samperin biasanya blog penulis seperti Trinity, Marisckha, Raditya Dika dan beberapa penulis novel. 

Sekitar tahun 2008, saya juga nggak banyak browsing informasi soal keberadaan komunitas Blogger, malah saya kira nggak ada komunitas untuk blogger. Sampai saya menemukan di facebook, ternyata ada juga Grup yang mewadahi blogger-blogger Indonesia, seperti Warung Blogger. 

Dulu tuh kalau diingat-ingat dan kembali melihat arsip blog lama, kok bisa saya menulis blog sekitar 1 atau 3 tulisan setiap bulannya. Semalas itukah saya? Sampai akhirnya saya hiatus kurang lebih 2 tahun. Rekor terlama saya dalam ngeblog nih. Meskipun hiatus, saya masih sering wara-wiri ke blog teman-teman. 
Ngeblog pun nggak pernah mengetahui istilah-istilah dalam dunia per-blogging-an seperti apa itu DA, PA, keywords dan sejenisnya. Nulis ya nulis aja.

Sampai suatu saat, iseng waktu scroll timeline twitter, saya menemukan link untuk bergabung di Grup Blogwalking Asik (BA). Yang ada di benak saya, tentu saja dengan bergabung di grup seperti ini akan menambah teman dan teman. Tanpa ragu tanpa bimbang, cuss saya mencoba menghubungi kaka Admin, yaitu mbak Rini. Ehh bener ga ya, yang waktu post pertama di Twitter adalah Mbak Rini. Kok lupa ya hahaha.

Dan taraaa akhirnya saya bergabung di Grup Blogwalking Asik. Di grup ini, nggak nyangka juga buanyak banget temen-temen blogger yang selama ini pernah aku kunjungi blognya, ehh ternyata bisa berada salam satu grup. Saya jadi tahu banyak nama blog teman-teman yang mungkin selama ini saya tahu hanya beberapa orang saja.

Kenapa saya mencoba bergabung di sebuah grup Blogwalking Asik?

Bergabung di Grup Blogwalking Asik
Pertama, karena saya ingin mencoba mengukur kemampuan saya untuk “menepati” waktu sebagaimana aturan yang sudah ditentukan. Dalam satu kali pembukaan list postingan, bisa sekitar 20 orang yang ikutan nge-list dan batas waktu yang diberikan untuk blogwalking biasanya 2 hari. 

Di satu sisi, saya juga sok sibuk sama urusan kerjaan begini begitu, jadi ikutan Blogwalking ini juga merupakan tantangan apakah saya bisa menyelesaikan job blogwalking ini dengan baik. Soalnya nih, tanpa ikutan list blogwalking, dalam sehari saya bisa mengunjungi lebih dari 10 blog.

Alasan kedua saya bergabung di grup Blogwalking Asik, tentu saja bakalan ketemu sama teman-teman seluruh Indonesia Raya. Seneng juga kan jadi punya banyak networking gitu.

Nah, bonus yang saya dapatkan dari bergabung di grup Blogwalking Asik tentu saja dapat info-info seputar dunia blog, seperti info kelas yang diadakan oleh sesama member. Teknik ngeblog pun yang saya tahu hanya beberapa saja, nggak sampai ke akar-akarnya. 

Dari sini, saya jadi punya tambahan ilmu juga, seperti misalnya cara nerapin SEO tuh yang baik seperti apa, tips-tips mengikuti kompetisi lomba dari sesama anggota juga. Jadi belajar juga kan ujung-ujungnya. Biar melek juga sayanya gitu.

Senengnya, di grup support blogger ini, nggak ada rasa-rasa iri dengki dan semacamnya, yang ada malah saling support satu sama lain. Kalau mau nanya-nanya masalah teknis blog, tinggal nanya aja, ntar teman-teman yang lain memberikan jawabannya. Ya ampun semacam Yellow Pages gitu, semua yang ditanyain ada jawabannya. Bonus lain yang saya dapatkan dari Blogwalking Asik ini, tentu saja dapat info soal job blogging. 

Jadi nih ya, awal pertama ngeblog dulu nggak pernah terpikir kalau dari blog bisa dapat kerjaan, ternyata ada ya. Kemana aja coba saya waktu tahun 2008 hahaha.
Job pertama tentu saja nggak jauh beda dari kesukaan saya, yaitu masih berhubungan dengan dunia traveling. Kadang tuh, saya sampai heran kok bisa dapat email dari Brand A, padahal saya merasa nggak pernah memberikan data-data pribadi. Ternyata, saya lupa dong ya kalau alamat email saya tercantum di bagian “About Me” di blog.

Makin kesini, banyak banget info-info seputar kerjaan dari blog yang teman-teman anggota share di grup. Memang deh, anggota blognya disini nggak pelit-pelit. 

Apakah isi grup selalu serius?

NGGAK.

Tentu saja nggak, kalau serius terus kapan santainya. Sesekali member di grup saling lempar joke, ada-ada aja. Seperti misalnya kalau Mbak Rini, Bang Doel, Mas Arie, Mas Ilham kalau lagi guyon seru aja, padahal saya bacanya biasanya terakhir-terakhir kalau waktu agak longgar. 

Makanya, chat sekian ratus dalam sehari pernah nggak kebuka kalau lagi office hours, soalnya bakalan ilang aja ntar pas dibaca. Kayak “ngomong apaan ya tadi”, karena butuh konsentrasi untuk membaca, meskipun itu sebuah grup WA.

Saya sendiri malah seringnya jadi silent rider, kalau chatnya udah ribuan hahaha. Kecuali kalau pas buka dan saya bisa langsung respon biasanya ikutan nimbrung. Tapi kalau pas jam hectic di kantor, nggak bakalan tenang baca chat sekian banyak, mending pas dirumah aja gitu.

Harapan Untuk Grup Blogwalking Asik
Karena membernya asik-asik dan ketua grup juga asik seperti Mbak Hani dan Mbak Rini, tentu saja saya pengennya grup ini terus ada. Ehh sudah ada Grup di FB Page belum ya? Kok aku lupa ya

Dan karena membernya nggak pelit ilmu plus saling support satu sama lain, semoga suatu saat bisa bikin acara kopdar gitu ya. Ngarep aja dulu, siapa tahu ntar terealisasi kan.

Pokoknya terus Berjaya Blogwalking Asik dan terus menebar positive vibes buat banyak orang.


Comments

  1. Seru sekali pertemanannya, mba Ainun 😍

    Dari yang awalnya nggak kenal siapa-siapa jadi kenal banyak orang, dapat teman-teman baru yang menyenangkan πŸ˜† Semoga kompak selalu, bisa saling mendukung dalam setiap kegiatan πŸ₯³

    ReplyDelete
  2. Aku malah belum pernah ikut grup blogger mbak, eh pernah ding banyak tapi di FB, itupun dulu, soalnya aku udah lama bgt ga buka FB.

    Semoga grup Blogwalking Asik makin kompak & berjaya ya mbak

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya grup blogger di Facebook. Kalo aku tidak ikut grup blog walking asyik tapi pojok blogger yang punya mas Djangkaru bumi, cuma udah lama juga jarang ke FB.

    Enaknya ikut grup itu kadang pengunjung ikut naik kalo rajin blog walking.

    ReplyDelete
  4. dulu malah sempat ada Pesta Blogger, acara kopdar dan saling kunjung komunitas, dan juga drama-drama perbloggeran yang kini tumpah di media sosial.. ��

    ternyata komunitas blogger masih ada, dan memang benar banyak banget manfaatnya!

    ReplyDelete
  5. Tapi emang yess... semenjak Blogger list pertemanan jadi mulai ada 😊malah terasa special nggk sih.. kita nggk pernah bertemu soalnya. Hanya sebatas salam sapa via komentar atau medsos. Tapi kerasa kaya udah yang paling Klop.. hihi

    πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜šπŸ˜Š

    ReplyDelete
  6. Seruuuu banget ya BWA orang-orangnya juga beneran asik-asik banget, makanya kalau menurut saya yang left kalau alasannya karena berisik ya wess doi kurang asik hahhahah (maap), namanya BWA asik ya kek gitu jadinya kadang berisik banget kadang sepi, dibawa asik aja kan kan.

    ReplyDelete
  7. wah seru sekali story nya mba ainunisnaeni..banyak sekali manfaat blogwalking..dapet ilmu baru juga dari artikel temen" BW..nambah temen juga..he he

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang