Tips Mengatasi Kejenuhan Ketika Solo Traveling

game-online-solitaire


Biasanya beberapa hari sebelum berangkat ngetrip atau traveling, saya sibuk nyiapin beberapa printilan. Eh bukan printilan, tapi barang-barang apa saja yang memang perlu saya bawa. Biasanya yang pertama dipikirkan adalah barang apa yang bisa membunuh rasa jenuh ketika nanti melakukan perjalanan jauh.

Urusan pakaian tentu saja jadi pertimbangan, maunya membawa pakaian sedikit, tapi kalau nanti pengen foto maunya sok OOTD 🤣. Sebenarnya permasalahan per-packingan bisa dibilang mudah nggak mudah ya, cewek bawaannya banyak juga, belum pouch make up dan kadang membawa alas kaki cadangan juga. Terkadang kalau urusan pekerjaan, masih nenteng laptop juga kemana-mana, yang beratnya lumayan juga buat nambahin berat beban hidup tas.

Untuk tujuan traveling, biasanya bawaan saya lebih banyak dari sekedar perjalanan dinas biasa, karena perjalanan traveling menghabiskan waktu sekitar 1 minggu lamanya. Entah apa hanya saya saja yang ngelakuin tindakan seperti, pengen bawa baju yang sudah dipadu-padankan dari rumah, nanti di lokasi A mau pakai baju ini, terus nanti ketika pindah ke lokasi B, pakai baju yang itu. Kadang berpikir juga, dalam sehari nanti ganti baju dua kali.

Tapi kenyataannya, nggak berjalan seperti rencana semula, jadi dalam sehari perjalanan, ya cukup satu baju saja yang dipakai. Nggak sempet juga mau ganti, kecuali nanti pas balik ke hotel ketika sore atau malam hari.

Ketika melakukan solo traveling, biasanya saya membawa “teman tambahan” yaitu tripod, tapi nggak selalu juga, ribet soalnya hahaha. Kalaupun niat membawa, itupun buat jaga-jaga saja, maklum, kan nanti nggak ada yang motoin kecuali ada pengunjung lain, jadi bisa minta tolong difotokan.

Tapi, kalau untuk membawa buku, hampir selalu saya bawa, urusan nanti dibaca atau nggak, itu urusan belakangan, karena buku ini bisa dibilang obat penghibur juga ketika solo traveling.

Tips Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Solo Traveling
Sudah nggak terhitung berapa kali saya melakukan solo traveling, pasti ada enak nggak enaknya ketika bersolo traveling. Nggak enaknya, tentu saja nggak ada teman yang bisa diajak diskusi atau bercanda ya dan ujung-ujungnya jadi jenuh atau sumpek ketika jalan sendiri.

Ini nih sekedar tips ringan ketika mengatasi rasa jenuh sewaktu solo traveling :
tips-atasi-jenuh-ketika-traveling


Membaca buku atau internetan
Yess, buku adalah solusi mengatasi kegabutan untuk membunuh waktu. Ketika di Bandara Tan Son Nhat, Ho Chi Minh City, sambil menunggu waktu keberangkatan, saya membaca beberapa halaman dan sisanya foto-foto

Browsing juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa jenuh, bisa saja blogging ke rumah maya teman-teman. Daripada bengong kan ya.

Video call sahabat
Selain mungkin mengabari saudara atau sohib melalui chat, sesekali boleh lah video call langsung sama mereka. Dulu nih, ketika saya memakai Blackberry, mana bisa video call, yang ada telepon biasa atau BBM saja.Duh, apa kabar Blackberry ya, siapa yang kangen sama notif Ping! Hehehe

Melipir ke Area Foodcourt
Di bandara biasanya ada area foodcourt, tapi seringnya dimanfaatkan oleh karyawan bandara saja. Ketika saya di Bandara KLIA 2 Malaysia, niat hati mau makan di area foodcourtnya, karena pilihan makanannya lebih banyak, tapi malah nggak ketemu.
Tentu saja, pilihan jatuh ke Sevel atau gerai Mcd ya, sambil ngeliatin lalu-lalang penumpang lain.

Bermain game
Ini nih cara paling gampang, buka smartphone dan main beberapa games yang ada. Mungkin dulu, hanya ada beberapa game yang disukai saja yang ada di memory smartphone. Sekarang, makin banyak pilihan fasilitas untuk bermain game, seperti bermain game online. Seperti yang saya lakukan, yaitu mengunjungi platform Solitaire.

Jadi, di website Solitaire.org ini ada banyak banget pilihan gamenya, karena saya nggak pengen game yang bikin puyeng mainnya, jadi milih game yang ringan-ringan saja. Kategori game yang ditawarkan beragam dari mulai Logic Puzzle Games, Word Games, Mahjong Games, Hidden Object Games, Card Games, Match 3 Games dan semuanya free. 
permainan-online


Tiap kategori ini masih ada beberapa pilihan lagi, dijamin bingung mau main yang mana dulu. Biasanya saya memilih yang permainan yang gemes, seperti Candy Match Game, itu lho yang mainnya cuma ngepasin 3 warna yang sama atau lebih dan dapet point. Gampang kan.

Ada satu lagi permainan yang bikin penasaran, yaitu di kategori Hidden Object. Di kategori Hidden Object ini, masih ada lagi beberapa pilihan tema yaitu seperti Castle, China, Circus, Garden, Hotel, Kitchen, Pirate dan Princess. 

Kali ini saya cobain yang type Kitchen, asli main di kategori ini bikin mata saya melek. Gimana nggak melek, kalau tugas saya adalah mencari dan mencocokkan clue gambar yang sudah disediakan dengan area dapur yang notabene isinya perkakas dapur yang buanyak banget. Seperti nyari toples saja kudu seksama, karena lokasinya suka nyempil-nyempil.
permainan-solitaire


Membuka situs Solitaire.org nggak akan terasa, tiba-tiba sudah sekian menit berlalu dan saatnya untuk  mempersiapkan diri menuju jadwal perjalanan berikutnya.

Teman-teman ada cara lain nggak untuk membunuh rasa jenuh di perjalanan?


Comments

  1. Keren mb Ainun banyak pengalaman solo traveling. Saya belum pernah kecuali jalan pertama kali merantau ke Jakarta hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe awalnya karena ngajakin temen banyak ga bisanya, akhirnya jalan sendiri

      Delete
  2. Kalau menurutku perjalanan itu sendiri merupakan hiburan mbak, melihat pohon, aspal, bisa mengurangi kejenuhan, dan kalau di tempat tunggu mungkin lihatin orang kali ya, terutama lihatin cewek2 yg manis wkwk

    ReplyDelete
  3. Mba Ainun keren banget deh udah sering solo traveling gitu... aku pengen banget tapi di Indonesia aja aku masih takut-takut gitu. Aku takut perjalanannya jadi gak seru sih biasanya, kalo ada temen kan biasanya ada yang ngajakin bercanda atau ngobrol gitu nah kalo solo traveling jadi suka kepikiran ntar ngapain aja apa cuma liat-liat doang yang berujung malah gak jadi deh mau jalan-jalannya 😔

    ReplyDelete
  4. aku paling ga berani kalo solo traveling. kikuk aja gitu rasanya, bingung mau ngapain. hehe..
    tapi boleh juga sih tipsnya, terutama main game jadi lupa waktu soalnya.. hehe

    ReplyDelete
  5. Tapi keren tahu Mba Inun beranian banget soli travelling. Ke luar negara pula.. kalau aku solo travelling spertinya nggk bisa.. anaknya sering nyasar soalnya.. wkwkw 🤣🤣🤣 jadi daripada pusing tersesat di tempat orang sendirian pula. Alhasil kalau liburan nggk pernag sendirian..tapi kalau liburan sekitaran okee lahh 😊

    ReplyDelete
  6. ku biasanya suka mengamati sekitar, kadang cari konten atau obyek menarik buat dibagikan ke IG Story saat perjalanan.. chatting atau share di Twitter dan IG juga bisa jadi cara membunuh sepi dan kejenuhan..

    ReplyDelete
  7. Kalau saya jarang mbak yang namanya Solo Travelling...Dalam artian yaa cuma beberapa kali saja.😊😊 Terkecuali goes seorang diri itu sering dan solusi bagi saya yaa larak-lirik sana-sini atau sini-sono.🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣😋🤪


    Kalau menurut saya jika kita Solo Travelling untuk menghilangkan kejenuhan itu, Saya akan lebih banyak menikmati apa yang ada disekitar kita...Karena sudah barang tentu banyak hal menarik yang bakal kita dapati. Selain itu apa yang dijelaskan diatas juga cukup dapat untuk menghilangkan jenuh kala Solo Travelling.😊😊

    ReplyDelete
  8. Wah keren ya mba.Ainun banyak pengalaman solo traveling, salut mba, soalnya ga banyak cewe yang mau solo traveling, apalagi ke luar negri.

    Jujurly aku belum pernah solo traveling hiks, padahal dulu pas masih gadis pengen bgt minimal sekali solo traveling sebelum merit, tp ga kesampean ampe skrg udah punya buntut hahhhaa.

    Yg sering sendirian itu malah nonton bioskop hahha, soalnya suka bgt nonton horor tp teman byk yg ga suka hahahha.

    ReplyDelete
  9. Pingin banget gitu TRAVELING2 lagi...

    ReplyDelete
  10. Lihat ada "tips atasi jenuh ketika solo traveling" aku jadi langsung klik dong, Mbak Ainun 😆. Soalnya beberapa hari lagi aku akan traveling sendirian dan butuh 12+ jam untuk sampai ke tujuan. Gak kebayang deh, semembosankan apa itu bakalan. 🤣

    Ngomong-ngomong tips yang terakhir benar-benar menggoda. Kebetulan, aku doyan main game. Dan aku suka banget hidden object game 😍. Seru aja gitu rasanya cari-cari objek tersembunyi. Kayak lagi main petak umpet gitu. Hehehe.

    ReplyDelete
  11. klo aku naik BRT soale ga bakal bosen sekalian ngukur jalan
    tapi main game juga asyik mbak
    aku lama banget engga main soliter ini
    sekarang udah beda banget tampilannya jadi tambah bagus

    ReplyDelete
  12. Aku ga cocok sih mba solo traveling. Pernah coba, berakhir gagal 😁🤣🤣. Sok sok an mau sendiri, aku iseng nyobain ke Palembang doang padahal. Hasilnya malam ketakutan, ga kluar, trus nelpon suami besok pagi harus nyusul 🤣🤣.

    Dan aku tipe yg harus ada temen ngobrol. Ada bbrp yg nyaranin, kenalan aja Ama orang2 baru. Naaah aku termasuk yg ga bisa akrab Ama orang baru. Bawaan yg ada malah curiga. Jadi saran begitu aku ga bisa pake. Akhirnya skr jadi tahu kalo aku memang ga bisa solo traveling. Lah aku pernah ke Chiang Rai, Chiang Mai dan Bangkok, saking ga maunya jalan sendiri, sementara suami blm bisa nemenin, akhirnya aku bayar temen buat nemenin. Semua biaya dia aku yg tanggung. Tugas dia cuma nemenin aku dan mastiin aku ga nyasar 🤣🤣.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang