Pengalaman Menjadi K-GO, Duta Promosi Kota Daegu-Gyeongbuk Korea Selatan

wisata-alam-daegu

Sewaktu isoman sebulanan di bulan Juli lalu, aktivitas saya lebih banyak browsing browsing dan browsing sampai mati gaya. Dan kebetulan waktu browsing, muncul pengumuman pemilihan K-GO untuk Periode 2021 – 2022. Hasrat hati pengen ikutan daftar, tapi masih ragu.

Akhirnya sehari sebelum tanggal pendaftaran ditutup, saya mulai membuat konsep. Jadi, untuk mengikuti program K-GO Daegu – Gyeongbuk, si pendaftar diminta untuk mengisi pada form pendaftaran online mengenai rencana apa yang akan dilakukan untuk mempromosikan Daegu- Gyeongbuk. Wahh saya mulai berpikir keras juga, tapi nggak ngoyo juga sih. Dan ternyata setelah menunggu sebulanan untuk hasil pengumuman siapa saja yang lolos, nggak disangka nama saya tercantum juga di pengumuman yang dipublikasikan di sosial media Kantor Perwakilan Daegu – Gyeongbuk di Jakarta.

Apa itu K-GO?
K-GO kepanjangan dari Kawan Daegu-Gyeoungbuk Online, merupakan supporters online Daegu-Gyeongbuk Jakarta Office untuk mempromosikan produk-produk, pariwisata Daegu-Gyeongbuk dan kegiatan yang diadakan oleh Kantor Daegu-Gyeongbuk Jakarta.

Penyelenggaraan pertama K-GO yaitu tahun 2020 lalu dan sekarang sudah masuk session kedua. Di session kedua atau untuk periode 2021 – 2022, pendaftar yang mengikuti program ini total sekitar 746 orang dan hanya diambil 70 orang saja. 70 orang ini terdiri dari berbagai profesi seperti pelajar, karyawan, pengusaha, guru dan beragam latar belakang lainnya. 

Dari beberapa Duta Promosi di session dua ini, ada juga alumni dari session pertama. Bisa jadi mungkin karena plan atau rencana yang mereka buat menarik minat pihak kantor Daegu-Gyeongbuk.

Acara ceremony K-GO session dua diadakan secara online pada awal bulan September lalu, harusnya kalau nggak pandemi, acara ceremony pastinya akan diadakan secara tatap muka di Jakarta. Di pembukaan K-GO ini juga ada sambutan dari Duta Besar Korea untuk Indonesia dan perwakilan dari Kantor Daegu-Gyeongbuk di Jakarta.
wisata-winter-daegu


Semua partisipan diberikan gambaran mengenai Kota Daegu, dari cuplikan sejarahnya, perusahaan industri yang berada di Daegu sampai dikenalkan juga dengan PR Ambassador Daegu-Gyeongbuk, meskipun cuma lewat foto saja, yaitu Hwang Chi Yeul seorang penyanyi dan Sung Hoon seorang aktor, model dan penyanyi.
wisata-daegu


Keuntungan K-GO
Di session kedua, saya memiliki “masa jabatan” kurang lebih setahun, yang dimulai dari bulan September 2021 lalu.

Keuntungan dengan menjadi K-GO atau Duta Promosi dari Kota Daegu-Gyeongbuksan di Korea Selatan cukup banyak juga, seperti :
  • Mendapatkan produk dari Daegu-Gyeongbuk setiap bulannya.
Jadi disini, K-GO mendapatkan tugas untuk mempromosikan produk-produk UMKM Lokal dari Kota Daegu. Deadline yang diberikan dari mission setiap bulannya biasanya diakhir bulan, jadi saya mempunyai waktu cukup lama untuk mencari informasi juga dari produk-produk tersebut, meskipun saya mengerjakannya mepet deadline. 
  • Mendapatkan sertifikat kegiatan
Yess, semua K-GO yang lolos akan mendapatkan sertifikat dari keikutsertaannya di program pemerintah Kota Daegu-Gyeongbuk ini.
  • Mendapatkan souvenir Daegu-Gyeongbuk
Nah, K-GO juga mendapatkan souvenir yang dikirimkan ke alamat masing-masing K-GO. Souvenirnya cukup banyak, saya mendapatkan memopad yang bentuknya lucu, kipas tangan, bros atau pin dan ada juga handuk mini.
  • Berkesempatan mendapatkan paket perjalanan ke Daegu-Gyeongbuk untuk K-GO terbaik
Di akhir periode, pihak kantor Daegu-Gyeongbuk akan memilih partisipan terbaik dari semua konten yang dibuat. Dan 2 orang berhak untuk mendapatkan paket perjalanan ke Daegu-Gyeongbuk di Korea Selatan.
k-go-daegu


Pengalaman Menjadi K-GO
Masa tugas saya baru berjalan dua bulan dan tentu saja happy, meskipun deadline yang diberikan masih lama dari pengumuman mission di awal bulan, saya malah ngerjainnya mepet-mepet deadline. Padahal niat hati pengen ngerjain di tengah bulan, apa daya karena disambi juga dengan kerjaan kantoran, jadi perlu waktu juga buat nyicil materinya. 

Biasanya yang bikin saya lama membuatnya adalah mikirin konsep, mau dibuat model foto biasa atau video, kalau foto maunya begini begitu, kalau video maunya kudu begini begitu. 

Selama beberapa bulan terakhir ini, saya jadi rajin browsing soal Korea, mulai dari drama, tempat wisata, tempat makan dan masih banyak lagi. 

Dulu paling rajin cari info soal Korea ya waktu masih kuliah, giliran sudah masuk dunia kerja sudah nggak rajin lagi. Dan baru sekarang balik lagi jadi seorang Korean Hallyu.

So, ini cerita singkat saya menjadi K-GO, Duta Promosi dari Kota Daegu-Gyeongbuk yang baru berjalan 2 bulan ini. 

By the way, kalau ketemu postingan atau cerita saya soal Korea mohon supportnya juga, seperti komennya gitu, kritik saran dipersilahkan guys, promo ceritanya ๐Ÿคฃ



Comments

  1. Mba Ainun, cool~! ๐Ÿ˜

    Semoga mba Ainun bisa menjalankan misi dan tugas selama satu tahun ke depan dengan lancar yaaah, memperkenalkan Daegu ke banyak pembaca dan pengikut blog serta sosial media mba Ainun tentunya ๐Ÿ˜† Semangat mba Ainuuun, saya doakan mba Ainun terpilih jadi salah satu yang dikirim langsung ke Korea untuk visit Daegu dan sekitarnya ๐Ÿ˜๐Ÿงก

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini aku ga kepikiran Daegu, ternyata menarik juga mba eno
      kudu nyari info-info lain soal Daegu nih
      hehehe aminnnn kudu bikin konten yang menarik juga ini ya biar bisa dikirim ke Daegu

      Delete
  2. Semoga lancar menjalankan tugasnya menjadi duta K-Go Daegu Gyeongbuk mba dan berhasil menjadi partisipan terbaik, sehingga dikirim untuk mengunjungi Daegu secara langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn terima kasih semangat dan supportnya mbak
      semangat nyebarin keindahan Daegu jadinya nih :)

      Delete
  3. Semangat mbak ainun untuk mempromosikan Daegu Gyeongbuk. Bakal sering baca tentang korea dan daegu nie..hahhahaha :D

    ReplyDelete
  4. Keren banget mba Ainun!!! Semoga lancar terus urusannya jadi duta K-GO~

    ReplyDelete
    Replies
    1. yipii, thankyou kaka Endah, nyemangatin diri sendiri juga ini hehehe

      Delete
  5. Mbaa keren banget! Lancar terus ya Mbaaa supaya bisa dapet tiket buat ke Daegu hihihi lumayan kan
    Btw, ini programnya keren banget ya. Mengajak orang-orang buat campaign tentang negara mereka, salut banget sama Korsel yang kalo udah promosi tentang negaranya tuh niat banget dan programnya gak main-main

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aminn mbak Tika
      iya mbak, sejak kepilih di program Daegu ini, aku banyak browsing soal kota-kota Korea, dan ternyata nggak hanya Daegu aja, kota lain juga ada pemilihan ambassadornya
      banyak juga pecinta negara Korea, dan pengen membantu buat promosiin negara Korea

      Delete
  6. Seruuuuu!!!
    Asik ya jadi duta promosi DAegu Gyeongbuk.
    Semoga lancar untuk promosinya, bikin kontennya, dan engagement-nya dari tiap kontennya Ainun. Semoga kesampaian bisa ngetrip ke Daego sebagai K-go!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinn Mbak Din
      tiap bulan berpikir konsep apa ini yang mau dibuat, kalau ngerjain mepet deadline akhirnya ya apa adanya hehehe

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang