Ketahui Tanda-tanda Gejala Sakit Jantung dari Sekarang

ketahui gejala sakit jantung


Sering saya membaca berita kalau angka penderita penyakit jantung di Indonesia cukup besar. Hal ini tentu saja karena pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat, selain itu budaya makan masyarakat Indonesia yang susah diubah, seperti misalnya konsumsi garam per hari seharusnya nggak lebih dari 2 gram, tetapi malah mengonsumsi 15 gram per harinya.

Konsumsi gula, garam serta lemak yang berlebihan akan memicu munculnya penyakit diabetes, hipertensi, obesitas  serta berujung pada stroke, jantung koroner dan gagal ginjal. Setidaknya 15 dari 1000 orang di Indonesia menderita penyakit jantung. Penyakit ini dapat dikenali dari gejala nyeri pada dada yang menjalar ke lengan kiri saat beraktivitas.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar, angka ini nggak tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia, namun lebih sering dijumpai pada seseorang yang berumur, wanita serta tinggal di kawasan perkotaan. Pemerintah sendiri berusaha untuk mengampanyekan perilaku hidup sehat untuk mencegah serangan jantung dengan sebutan CERDIK, yang terdiri dari Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress.

Apa saja gejala-gejala penyakit jantung? Yuk, kenali gejala sakit jantung disini

Saya sendiri selama ini selalu antusias naik roller coaster, padahal wahana seperti itu bisa bikin “jantung copot”, kata beberapa teman. Dan beberapa hari lalu, saya rontgen dan hasilnya keluar dengan keterangan jantung sehat. Hal ini tentu saja membuat saya harus extra hati-hati lagi menjaga kesehatan.

Dan setiap orang perlu mengenali gejala awal penyakit jantung agar dapat mewaspadainya. Jangan sampai menghiraukan gejala ini hingga akhirnya penyakit jantung baru ditemukan dalam kondisi yang cukup parah. 

Tentu saja gejala tiap orang berbeda-beda, gejala juga akan tergantung pada jenis penyakit jantung yang dialami. Pada beberapa kasus yang ada, gejala awal penyakit jantung bahkan nggak terasa begitu mengganggu.

Namun, ada beberapa gejala yang perlu kita waspadai untuk bisa dijadikan tanda waspada bahwa jantung kita bermasalah.

Gejala Awal Penyakit Jantung
Berikut beberapa gejala awal penyakit jantung yang perlu kita waspadai.
1. Nyeri dada
Nyeri dada adalah gejala awal penyakit jantung coroner yang paling umum dialami dan bisa berbeda-beda tiap orang. Beberapa orang mungkin merasakan seperti dada ditimpa sesuatu yang berat, sementara yang lain mungkin merasakan dada seperti terbakar.

Nyeri dada bisa terjadi ketika otot jantung nggak mendapatkan cukup oksigen. Pada tahal awal penyakit jantung, gejala ini mungkin hanya timbul saat kebutuhan oksigen pada tubuh meningkat, seperti misalnya saat olahraga atau mengalami tekanan emosional.

2. Napas tersengal-sengal
Napas tersengal-sengal adalah suatu hal yang wajar jika terjadi setelah melakukan aktivitas berat. Tapi, jika napas tersengal-sengal terjadi setelah melakukan aktivitas ringan, mungkin ini merupakan gejala awal penyakit jantung. Jadi, jangan menyepelekan gejala ini.

3. Mudah lelah
Rasa lelah yang muncul mungkin adalah hal yang normal dialami ketika melakukan aktivitas yang cukup berat. Tetapi ketika rasa lelah suka muncul tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas dan lebih dari rasa lelah yang biasanya, bisa jadi hal itu merupakan gejala awal penyakit jantung.

4. Detak jantung nggak teratur
Gejala awal penyakit jantung juga bisa berupa detak jantung yang sesekali terasa nggak normal, seperti datangnya detak jantung terasa terlambat atau tiba-tiba ada detak yang menyelip diantara dua detak jantung normal.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena kelebihan minum kopi atau kurang tidur dan perlu diwaspadai jika gejala seperti ini sering dirasakan tanpa alasan yang jelas.

Nggak ada salahnya juga dari sekarang kita memperhatikan pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat. Saya sendiri juga berusaha untuk selalu menerapkan pola makan yang sehat meskipun terkadang suka tergoda kalau membeli jajan yang aneh-aneh ya.

Yuk ah jangan malas bergerak!



Referensi :
https://www.alodokter.com/gejala-awal-penyakit-jantung-yang-perlu-diwaspadai

Comments

  1. Permasalahan terbesarku saat ini adalah malas berolahraga. Huhu harus memaksakan diri nih buat olahraga. Mulai yang ringan aja dulu kali ya misalnya jalan kaki selama 30 menit.

    ReplyDelete
  2. Bener Mba Ainun, ga ada salahnya memang kita harus jaga kesehatan dr sekarang yaa. Tp ttp aja godaan makanan itu berat yaa 😆 Apalagi buat aku yg suka sama yg manis2. Hehehe..
    Harus mulai dibatasi sih dr sekarang. 😆

    ReplyDelete
  3. Betul-betul… aku pun sekarang uda mulai jaga makan. Pas sekalinya bandel makan makanan pedes, besoknya langsung sakit tenggorokan coba kak. 🥲 Badannya uda kasih alarm ga boleh bandel lagi huhu

    ReplyDelete
  4. Selagi muda, kita sepertinya memang harus lebih sadar dengan apa yang kita makan ya, mba. Meski kadang ada lupa dan kalapnya 😂 By the way, terima kasih sudah sharing, jadi bisa lebih berhati-hati, dan semakin ke sini, jenis penyakit pun semakin banyak 🤧

    ReplyDelete
  5. Dirumahku konsumsi garam emang ga normal.. hik.. tapi ga enak bilang ke orangtua, akhirnya aku yang ngurangi makan aja biar kadar natrium terjaga wkwkww..

    Tapi emang diimbangi dengan olahrga paling baik ya mbak

    ReplyDelete
  6. wkwkwkwkw, kenapa saya jadi gagal fokus ama gambarnya ya, melas amat hahaha.
    Btw gejala sakit jantung ini memang wajib banget diketahui banyak orang ya, karena merupakan pembunuh dadakan nih.
    Banyak banget orang yang berpulang mendadak karena jantung.

    Bapak saya juga kemaren, penyebab berpulangnya dikarenakan jantungnya, hiks
    Meski seumur-umur ga ada riwayat penyakit jantung

    ReplyDelete
  7. bener mbak harus mulai aware mulai sekarang apalagi penyakit jantung ini silent killer juga
    banyak banget orang yang masih muda kena jantung
    apalagi dengan pola hidup yang kurang sehat

    ReplyDelete
  8. Ngeri juga sih ya penyakit jantung soalnya bisa tiba-tiba gitu kambuhnya. Semoga kita semua sehat-sehat selalu ya aamiin

    ReplyDelete
  9. Berkat tulisan ini jadi sadar kalau saya udah jarang banget gerak selama pandemi. Mana kegiatannya lebih sering duduk depan layar pula, entah itu menulis, desain simpel, atau main gim. Haha. Kacau. Besok-besok perlu mulai joging lagi deh ini.

    Saya lupa pernah sesak atau enggak dada kirinya, tapi waktu itu pernah kaget karena suatu hal dan rasanya tumben banget beda dari biasanya. Takutnya efek dari kurang olahraga dan peredaran darah saya lagi kurang lancar gitu.

    Terima kasih sudah mengingatkan lewat tulisan ini, Kak. Sehat-sehatlah buat kita semua~ aamiin.

    ReplyDelete
  10. Alhamdullilah Jantung saya masih sehat karena belum lama ikut dikontrol sewaktu mengantar ibu kerumah sakit.


    Justru lebih bagus sekarang ketimbang sewaktu 3 tahun yang lalu, Sewaktu masih hobi ngopi dan merokok. Tetapi meski begitu pola makan saya memang harus dirubah karena masih suka berlebihan mengkonsumsi yang namanya garam dan sejenisnya.😊😊


    Terima kasih atas Tips sehat menariknya mbak Is.😊😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang