Kuliner di Sego Sambel Mbok Judes Banyuwangi

mbok judes banyuwangi


Seperti biasa kalau lagi di Banyuwangi dan ada tempat baru, suka penasaran aja buat di datengin. Dulu tiap ke Banyuwangi, sohib selalu menyebut nama Mbok Judes sebagai alternatif tempat makan. Karena saya punya banyak list juga, jadinya Mbok Judes nggak masuk prioritas.

Kali ini, karena waktunya agak longgar dan memang nggak pengen ke daerah yang jauh dari pusat kota Banyuwangi, saya dan sohib meluncur ke Sego Sambel Mbok Judes untuk makan siang dan sekedar chit chat aja.

Lokasi Sego Sambel Mbok Judes memang nggak dipinggir jalan besar, tapi blusukan ke jalanan perkampungan. Tapi sepertinya, sebagian besar café atau tempat tongkrongan yang baru-baru di Banyuwangi lokasinya ya blusukan begini. 

Sego Sambel Mbok Judes
Saya bingung menyebut tempat makan sego sambel Mbok Judes atau yang lebih dikenal dengan sebutan SMJ ini sebagai warung kekinian, angkringan modern atau café. Karena sohib bilang, untuk lokasi Sego Sambel Mbok Judes yang dilokasi lainnya nggak seperti ini konsepnya. Yang di daerah Jalan Mendut yang saya datangi ini, konsepnya lebih modern.

Area utama atau lebih tepatnya pintu masuk menuju ruangan indoor, disambut dengan bangunan mini berwarna putih. Di tembok dekat pintu masuk tertampang tulisan jawa kuno, entah tulisannya apa. Malah awalnya saya kira huruf Thailand, mirip-mirip soalnya.
kuliner di banyuwangi


Masuk cafenya, saya sebut café saja ya, karena kesannya tempat ini memang modern gitu, saya disambut bagian kasir disebelah kiri. Jadi pengunjung harus order menu di bagian kasir ini, sekaligus langsung membayar. 

Di area indoor sebenarnya nggak terlalu luas juga areanya, kalau lagi ramai nggak bakalan dapat tempat duduk di area sini. Jadi, siang itu saya memilih untuk duduk di area outdoor saja.
wisata banyuwangi


Dan saya datang bertepatan dengan jam makan siang, alhasil ramai banget dan untuk menunggu makanan datang juga cukup lama.  Saya sendiri memesan ayam goreng kampung kremes Pontianak dan minumnya ice berry black pink. 

Siang hari yang terik saat itu memang pas sih pesen es. Sohib saya pesan ice sparkling mojito dan saya rasa dua duanya baik minuman saya ataupun sohib sama-sama seger. Baideweii biasanya kalau lagi dicafe dan ada menu mojito, kalau males mikir biasanya saya pesan mojito, udah paling simple tuh minuman. 
menu makan di banyuwangi


Untuk menu makannya, sebagian besar menunya adalah menu rumahan, seperti rujak soto Banyuwangi, rujak cingur, sayur lodeh dan masih banyak lagi. Terus disini, kita bisa pilih jenis sambalnya, seperti sambal original Mbok Judes, sambal tempong Banyuwangi atau sambal bawang Mbok Judes. 

Menu ayam goreng kampung kremes yang saya pesan, ayamnya cukup empuk juga dan kremesannya juga lumayan enak. Lumayan buat makan siang. 

Area Sego Sambel (SMJ) Mbok Judes
Kalau dari bangunan indoor-nya memang nggak luas, tapi area outdoor-nya luas dengan banyak pilihan tempat duduk yang tersebar. Cuma satu saja kekurangannya, kalau pas hujan dan memilih area outdoor ya wassalam. Karena area outdoor yang ada atapnya hanya satu area saja dan tempat duduknya juga nggak terlalu banyak.
tempat nongkrong banyuwangi

cafe banyuwangi

tempat nongkrong di banyuwangi


Area outdoor-nya dibuat cukup cantik dengan beberapa tanaman sebagai pemanis, cocok buat latar belakang foto. Untuk tempat parkirnya cukup luas juga ya, jadi saya rasa kalau pas ramai banget sekalipun, beberapa mobil masih bisa masuk area parkirnya. 

Soal harga gimana?
Standart café ya, seperti menu ayam goreng kampung saya ini dihargai 30 ribu dan minuman ice berry black pink dihargai 18 ribu. Rata-rata harga makanan dan minuman dibanderol mulai 10ribuan. 
makan di banyuwangi

kuliner banyuwangi
Sebagian menu


Bolehlah dicobain kalau teman-teman lagi di Banyuwangi yang lagi pengen kulineran menu masakan rumahan. 


Sego Sambel Mbok Judes
Jl. Mendut Gg. 5 No 9
IG : smj.bymbokjudes




 
 
 
 

Comments

  1. Halooo mbak, aku first komen gak yaa haha..
    Itu tempatnya keren ya, terkesan modern dan nama tempatnya mbok Judes, aku memperkirakan bahwa sambel disana pasti pedas sekali yaa. Pedas judes. Sepedas dan sejudes omongan tetangga ahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mas Dodo jadi komentar pertamak, silahkan ambil hadiahnya di rumah makan Sego mbok judes di Banyuwangi.😄

      Delete
    2. hahahaha mas Dodo dapet voucher makan gretong di Mbok Judes, atau mungkin di daerahnya mas Dodo ada yang namanya mbok Judes juga ga hehehe

      tul banget mas Do, tempatnya terkesan modern, dominan tembok kan warna putih jadi terlihat lebih clean aja
      sambelnya nggak ada pedes pedesnya, nahh masih mending pedes omongan tetangga hahaha

      Delete
  2. Pas baca awal kirain warung biasa aja yang jual nadi dengan sambel²an gitu, pas lihat foto-fotonya ini mah tempatnya asyik banget buat nongkrong.

    Aku belum pernah main ke Banyuwangi, cuma lewat doang pas main ke Bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalau sekilas dari nama warungnya kayak jual varian sambel sambel ya mbak
      ternyata jual nasi yang beragam juga sebenernya

      yuk kalau ke Banyuwangi mampir bentar buat kulineran mbak

      Delete
  3. Klo liat dr desainnya, cocoknya memang disebut kafe ya mba. Hehehe..
    Btw, aku blm pernah ke Banyuwangi, penasaran aja klo pas jam makan siang makan di outdoornya gt panas ga sih mba? Soalny klo suhu ny kaya puncak itu seru bgd pasti. Tp klo panas yg ada malah pengen buru2 udahan makannya 😁😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Thesa menurutku lebih kayak ke cafe ya, mungkin warung dibuat konsep lebih modern supaya banyak juga yang berkunjung

      kalau siang kemarin panas banget sebenernya mbak, itu ketutup sama pohon pohonnya juga

      Delete
  4. Nama restonya sih boleh ya terdengar tradisional, tapi tempatnya wow modern sekali. Kayaknya enak tuh kalau nggak panas-panas banget makan di area outdoor yang di bawah pohon-pohon itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh iya Endah, kalau ga panas banget bolehlah milih outdoor, kemarin aku pilih outdoor tapi yang ada atapnya, kebetulan pas ga rame banget soalnya, jadi dapet tempat duduk juga

      Delete
  5. Mbak dari nama cafenya I dont expect tempatnya bakal semodern itu. Keren sih menurutku konsepnya, ada corner anak muda, biasa, dan outdoor yan bisa family time. Menunya favorit pastinya bikin homey ya :) seru sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak, kalau dari namanya dan ditunjukin tanpa foto pasti awalnya kayak angkringan atau warung biasa ya
      tapi ternyata diluar expetasi ya
      dan masakannya ya cukup bervariasi juga

      Delete
  6. cakep banget bajunya mbak *salah fokus* 😆

    ini gayanya anak muda banget, tapi menunya kayak menu restoran atau angkringan, yak? sekilas kerasa gak nyambung, tapi mungkin memang itu yang pengen disasar: anak muda dengan menu yang sudah terkenal di kalangan luas.

    ngomong-ngomong, setuju, menu mojito tuh udah menu paling aman deh. kalo nggak mojito, biasanya saya pesen specialty tea-nya kalo ada, penasaran aja pengen tau racikan tehnya. 😆😆 kalo ada teh poci, belinya teh poci 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe jangan salfok mbak

      nahh bisa jadi itu teknik marketingnya ya mbak, nama tempat boleh lah Jawa Jawa gitu, tapi konsep tempatnya dibuat modern, menunya juga bisa dibilang menu rumahan dengan modifikasi juga tentunya

      hahaha iya mojito emang paling pas, aku suka bingung kalau untuk minuman, yaweslah ujung-ujungnya juga mojito
      teh kalau ada yang unik suka pesen juga, tapi jarang banget pilihan teh di jember, palingan juga lemon tea.
      hahaha teh poci itu kesukaan aku mbak, udah paling praktis dah ini

      Delete
  7. Mbak Ainun kalo foto menu makanan bisa bagus begitu ya, apa rahasia nya mbak.

    Kafe nya bagus juga ya mbak, tapi namanya unik ada judesnya atau galak, padahal pegawai nya ramah ya.😄

    Makan di outdoor enak ya, dibawah pohon sambil menikmati angin, semriwing. Cuma kalo tiba-tiba hujan, wassalam.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah jadi kalau cuaca mendung kayaknya nggak pilih outdoor, kalau pas rame mending take away aja ya, lahh daripada makanannya dapet kuah gratisan air hujan kan ya

      hehehe nggak ada rahasianya buat foto foto, pak anton tuh yang lebih jago moto, ini cuman dari hape aja, tapi mungkin sisi art nya dipake, duh apaan ya bahasanya, pokoknya selera seleraan hahaha

      betul banget mas Agus, duduk di outdoor begini bawaannya semriwing dan pengen bobok aja ya :D

      Delete
    2. Aku juga suka foto juga pakai hape. Soalnya aku mikir kalo hape cepat jualnya kalo butuh duit, kalo kamera kan agak susah.😂

      Kalo cuaca mendung sih memang, tapi kadang lagi cuaca cerah eh tahu-tahu mendung dan ngga lama kemudian hujan, jadinya dapat kuah gratisan.🤣

      Delete
  8. Mudah-mudahan yang ngelayanin ga judes-judes seperti nama warungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe semoga enggak ya, kemarin aku liat masih sopan sopan pegawainya dan ramah

      Delete
  9. Sbnrnya September ini suamiku cuti panjang mba. Diabudh ngajakin utk jalan road trip, tapi aku awalnya males Krn mikir msh pandemi. Lagian destinasi yg dia saranin cuma sekitaran jawa barat :p.

    Nah giliran aku udh semangat mau road trip, tp pengen perginya ke Banyuwangi, eh si pak suami langsung mikir lamaaaa hahahaha. Jauh sih memang. Tapi aku pengen banget ke Banyuwangi Krn kulinernya unik2 itu loh. Sepertinya juga enak.

    Ntahlah nih pak suami bisa dibujukin ATO ga. Semoga aja akhirnya dia mau ke Banyuwangi :D . Aku dtgin deh tempat2 yg mba tulis di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe dirayu terus nih pak Su ama mbak Fanny
      kalau roadtrip dari Jakarta ke Banyuwangi terlihat juauhhhh banget, dari ujung ke ujung soalnya.
      temen aku yang dari Jakarta sebelum PPKM kemarin milih Banyuwangi sebagai destinasi wisatanya bareng sama keluarganya.
      nggak nyangka juga dia milih Banyuwangi

      kayaknya nama Banyuwangi udah terkenal di temen temen yang tinggal di Jakarta, dari kulinerannya sampe wisata alamnya

      aku ikutan seneng kalau mba Fanny jadi ke Banyuwangi, pasti banyak cerita serunya nih

      Delete
  10. Akoh pengen ke Banyuwangi Mba Inun, tapi belom vaksin, eh ngaruh nggak sih? Hahaha.

    Pengen banget gitu bisa nginap di penginapan yang nyambung dengan pantai, tapi yang terjangkau, hahaha.

    Trus mau cobain beberapa makanan yang sering di review di blog ini, teracuni banget saya jadinya.

    Btw ini enaknya datang siang ya, jadi asyik gitu di foto, cerah dan instagramable abis.
    Kalau malam keknya ga keliatan hahaha.

    Diriku mau cobain sambal bawangnya, sukaaa banget deh Ama sambal bawang, trus jadi ngiler rujak cingur ga sih? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau naik kereta biasanya ditanyai mbak sama petugas pas mau masuk, sudah vaksin atau belum
      tapi kayaknya juga bukan syarat utama, paling nggak bawa surat antigen, ini yang penting
      mungkin kalau untuk penderita komorbid yang nggak memungkinkan buat vaksin tapi bawa surat keterangan sehat masih boleh naik kereta
      cuss mbak vaksin hehehe


      nahh pas banget enaknya kalau dateng kesini siang aja, biar kalau dipoto keliatan terang benderang hehehehe, kalau malem ya meskipun ada lampu tapi ga secerah wajahku nanti fotonya hahaha

      sambal bawang enakkk, suka juga cobain kalau ke tempat makan baru ada menu sambel begini

      Delete
  11. Melihat lokasinya yang alami dengan konsep modern, baru habis makan pun selera bisa jadi lapar he he ... Tetepi enaknya buat anak muda. Kalau setua nenek ini? Diketawai anak cucu, he he. 😀 selamat pagi, ananda Ainun. Maaf telat berkunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak, maaf daku juga baru balas, padahal tiap hari blognya dibuka hehehe
      waktu aku kesana ada beberapa ibu ibu kayaknya mau arisan gitu mbak, atau acara nongkrong para ibu ibu hehehe
      semua kalangan masih oke buat datang kesini mbak

      Delete
  12. waawww, kalo di surabaya ada sego sambel mak yeye. tapi tempatnya kayak depot gtu biasaaa
    yang ini tempatnya seru banget yaaakkk 😍
    apakah mak yeye dengan mbok judes bersaudara? 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha mungkin sodara yang hilang ya mba

      mak yeye pernah denger tapi belum cobain, kapan kapan kalau ke surabaya dan sempet boleh juga nih dicobain

      Delete
  13. Secara konsep tempat emang terlihat modern seperti cafe dan tempat nongkrong sih, tapi secara nama sangat mungkin terdengar sebagai tempat makan. Jadi emang sedikit membingungkan.
    Tapi yang jelas tempatnya terlihat nyaman dan makanannya enak-enak :D

    Kalau ada tempat outdoor, aku sih bakal pilih bagian outdoor. Berasa lebih nyaman dan bebas. Bisa merasakan semilir angin dan berisiknya sekitar.

    ReplyDelete
  14. kalau sudah bahas kuliner rasanya pingin nyoba aja

    ReplyDelete
  15. hadduuuuudududu kuliner bWI lagi kan
    ini kapan PPKM kelar udah pingin cabut ke sana aja aku
    duh mbak aku tersepona sama photo shootnya
    pinky abis
    keren banget ni tempat

    mana minumannya seger lagi
    cozy banget ni buat nongkrong apalagi outdorr ya ditemani sepoi angin makin mantep

    ReplyDelete
  16. Pertama kesini pasti bingung banget ya karena kalau cuman denger nama lalu baru liat tempatnya pasti Wow banget. Pas baca judul dikira konsep tempatnya kaya rumah makan biasa, tapi ternyata lebih mirip cafe, cafe mewah malah kalau gue boleh boleng hihi...

    Harganya juga cocok aja sih apa lagi kalau liat tempatnya kaya gini. Keren banget.

    ReplyDelete
  17. Tempatnya asyik dan harganya pun standar. Apakah rumah makan ini mengandalkan sambal sebagai menu andalannya?

    ReplyDelete
  18. Wahhh tempatnya estetik banget ditambah makanannya yang enak-enak dan kesukaan aku banget kalau udah bicara pedes gini.. Bisa jadi referensi nih kalau ke banyuwangi weuehhe

    ReplyDelete
  19. wih mantep jg tempatnya asik abis itu ya
    sekarang emang konsep cafe lebih enak buat nongkrong

    apalagi makanannya enak
    jadi betah pesen terus

    ReplyDelete
  20. tempatnya keren banget yah
    aku kira lesehan kayak penjual sambal2 biasanya
    ternyata, di luar ekspektasi

    ReplyDelete
  21. Sejak mengenal Thailand, begitu pun bentuk hurufnya, tentu ada pikiran melihat huruf Jawa kuno yang mirip kayak mereka. Haha. Jelas-jelas mah kenal huruf Jawa kuno udah dari bocah karena memang lahir di kampung. XD

    Cukup keren sih tempatnya macam kafe elegan gitu. Wajar harganya bebek kremesnya bisa sama kayak di rumah makan Jakarta sini. Apalagi kalau nama tempat yang dijagokannya itu branding sambal, udah jelas mereka pasti mematok harga yang sedikit lebih tinggi dari tempat makan lain.

    ReplyDelete
  22. Hai, Kak. Tempatnya bagus banget ternyata.. aku suka, terlihat cozy dan santai. Kapan-kapan kalau jalan-jalan ke Banyuwangi bisa nih mampir cobain berbagai makanan rumahannya ❤️

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang