Siapkah Kalian Upgrade Kemampuan Diri?

prakerja skill academy


Tingginya angka covid tahun lalu dan banyaknya perusahaan yang menerapkan sistem Work From Home (WFH), mau nggak mau membuat sebagian orang dan juga termasuk di dalamnya menjadi mempunyai lebih banyak waktu dirumah. Tapi tetap judulnya kerja dari rumah, bukan liburan hehehe. 

Bahkan tanpa perlu repot repot menemui kemacetan di jalan baik berangkat ataupun pulang kantor, otomatis jadi lebih hemat waktu kan, jam 4 atau 5 sore sudah sampai dirumah. Dan mungkin saking banyaknya waktu longgar yang dimiliki, sampai bingung mau mengerjakan apalagi, seperti haus ilmu gitu.

Ingat waktu lagi ramai-ramainya bikin dalgona coffee nggak? Saya termasuk yang jarang beli kopi sendiri, tapi sejak timeline penuh dengan pameran dalgona coffee buatan rumahan, saya jadi ikutan untuk membuatnya sendiri. Mau nggak mau, jadi rajin searching untuk mencari resepnya.

Nggak hanya ramai soal resep kekinian saat itu, bahkan sampai sekarang masih juga ramai soal Kartu Prakerja yang digagas pemerintah. Saya sendiri juga nggak mau ketinggalan, awalnya juga nggak ngerti apa maksudnya Kartu Prakerja, malah saya kira awalnya adalah khusus untuk mereka yang belum settle pada pekerjaannya, tapi ternyata saya yang sudah bekerja juga bisa ikut mendaftar. Dan setelah saya coba browsing, ternyata pilihan kelas yang ditawarkan amat sangat beragam dan relate banget sama dunia saya sekarang.

Apa itu Program Kartu Prakerja?
Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Program ini dibuka pemerintah sejak tahun 2020 lalu.

Gali Potensi dengan Kartu Prakerja
Pastinya bagi mereka yang merasa haus akan ilmu, belajar hal-hal baru tentu saja akan menjadi hal yang menyenangkan. Bagi yang sudah bekerja sekalipun, upgrade skill kapanpun nggak dilarang, tentu saja tujuannya untuk meningkatkan kompetensi.

Pada program Kartu Prakerja, setiap penerima akan mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp. 1 juta dan mendapatkan insentif sebesar Rp. 600 ribu per bulan selama empat bulan. Sehingga total bantuan yang di dapatkan sebesar Rp. 2,4 juta serta tambahan dana sebesar Rp. 50 ribu untuk pengisian survey. 

Setelah mendapatkan saldo untuk Kartu Prakerja tersebut, kita bisa menggunakannya dengan memilih kelas-kelas yang tersedia di Skill Academy dan jangan lupa untuk memilih label Prakerja. Ada banyak kelas di label Prakerja yang bisa disesuaikan dengan minat kita. Saking banyaknya, bakalan susah memilih, karena materinya bagus-bagus semua.

Keuntungan Memilih Skill Academy
Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memilih belajar atau pelatihan melalui Skill Academy, seperti :
1. Instruktur terpercaya
Nggak perlu diragukan lagi siapa mentornya di Skill Academy, pastinya mereka sangat berkompeten di bidangnya dan untuk menjadi pengajar pun juga melalui proses seleksi.

2. Bimbingan karir
Tersedia layanan konsultasi juga dengan tenaga pendidik mengenai seluk beluk dunia kerja.

3. Akses kelas seterusnya
Kita mempunyai akses untuk mengikuti kelas-kelas lainnya yang tersedia di Skill Academy dan memiliki akses penuh dari kelas yang sudah pernah kita ikuti.

4. Bersertifikat
Sertifikat ini termasuk salah satu senjata kita untuk masuk ke dunia kerja atau sebagai syarat untuk peningkatan jenjang karir. Kalau mendapat sertifikat, pastinya berasa privilege gitu.

Menarik kan mengikuti kelas yang tersedia di Skill Academy. Saya sendiri saja sampai bingung, pengen ikutan kelas desain tapi kelas sales juga menarik dong, karena nggak ada salahnya juga toh belajar dibidang lain yang mungkin bertentangan dengan dunia kerja kita sekarang.

Nih, buat teman-teman yang rencananya pengen mencari kelas pelatihan, bisa menggunakan kode voucher saya juga di AINUNISNAENIM6P, lumayan kan hihihi.

Gimana, sudah siap buat upgrade skill nggak?

Comments

  1. Wua, aku baru ngeh ternyata skill akademi ini jg dipake pake saldo dr prapekerja yaa. Keren.. Akhir2 ini aku sering dpt sharr temen2 yg ngasi kode voucher buat gratis skill akademi sebulan. Awalnya aku ga tertarik, tp pas baca ini aku jd penasaran mau coba2 liat course nya.
    Salah satu hikmah pandemi itu, belajar2 kaya gini jd makin luas n bs diakses dimana saja yaa 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak, belajar bisa dari mana aja, kapan aja. Apalagi pas pandemi kayak gini, banyak penawaran kelas yang menarik dan harga juga relatif terjangkau, kadang masih ada potongan harganya juga
      rasanya pengen aku ikuti semua kelasnya, kok apik apik gitu

      Delete
  2. aku pernah ikut kelas jurnalistik di skill academy dan emang worth it mbak
    banyak banget ilmu yang kudapat serta materinta mudah dipahami
    yang paling enak memang fleksibel waktunya jadi bisa belajar sambil bekerja juga

    ReplyDelete
  3. Waaahhh menarik banget nih Mba Inun kelas-kelas pelatihan dari Skill Academy, jadi pengen cari kelas juga buat upgrade kemampuan, biar jadi modal juga ya.

    Saya catat deh kode voucher Mba Inun, sapa tau berjodoh dengan salah satu kelas pelatihan yang ada :)

    ReplyDelete
  4. Aku udah nyobain 2x daftar prakerja belum lulus sih dan belum ada nyobain lagi hehe. Terakhir beberapa bulan lalu. Mantep ya vouchernya buat belajar di Skill Academy

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang