Ketahuilah Kegunaan Daun Sirih yang Sering Terlewatkan

manfaat daun sirih


Sewaktu saya kecil, saya sudah nggak asing dengan keberadaan daun sirih dan pinang. Maklum, saat itu saya masih tinggal di wilayah pinggiran kota atau tepatnya masih di pedesaan dan sebagian besar tetangga-tetangganya adalah nenek-nenek yang masih suka nyirih.

Kebiasaan nyirih atau mengunyah daun sirih memang sebuah tradisi dari masyarakat Indonesia dan masih banyak dilakukan di daerah pedesaan seperti kampung saya saat itu. Nggak lupa juga teman untuk nyirih biasanya adalah buah pinang.

Ketika duduk di bangku Sekolah Dasar, yang saya tahu kegunaan daun sirih adalah untuk membantu meredakan mimisan dengan cara melipat-lipat daun sirih dan dimasukkan ke lubang hidung. Yup, dulu waktu saya SD sepertinya cukup sering mimisan dan saya sendiri nggak ngerti kenapa, tiba-tiba keluar saja darah dari hidung.

Sekarang, saya jadi tahu kalau daun sirih nggak cuma bermanfaat untuk mengobati mimisan, tapi masih banyak lagi kegunaan daun sirih untuk kesehatan. 

Mengenal Daun Sirih
Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau dan masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih terutama ketika ada upacara penyambutan tamu. Tetapi, sekarang tanaman daun sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, baik itu dimanfaatkan untuk kesehatan atau hanya sebagai tanaman hias.

Tanaman yang mempunyai nama latin Piper Batle L merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh merambat dan bisa mencapai tinggi 15 meter lho. Batang sirihnya berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat dan beruas. Daunnya sendiri tunggal berbentuk jantung dan ujungnya runcing. 

Kandungan Daun Sirih
Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85 - 90% daun sirih terdiri dari air, maka dari itu daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4 – 1 % lemak. Selain itu, kandungan daun sirih lainnya juga terdapat protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan asam nikotinat.

manfaat daun sirih


Manfaat Daun Sirih
Daun sirih menjadi populer karena sifat antiseptik, antiinflamasi dan pendingin kulit. Manfaat daun sirih tersebut terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah penyakit terutama bagian kulit. Nih, manfaat dari daun sirih yang mungkin jarang orang ketahui.

  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stress oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Jadi, daun sirih berguna untuk menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat di dalam tubuh.
  • Penangkal kanker
Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan daun sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker pada penderita diabetes.
  • Membantu menurunkan depresi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi. Dengan mengunyah daun sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.
  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi
Dari dulu, orang Indonesia sudah mengetahui kalau daun sirih ternyata memiliki manfaat kesehatan untuk gigi dan mulut. Nah, itu sebabnya banyak orang tua yang mengunyah sirih ketika dirumah. 

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri. Mengunyah daun sirih atau berkumur dengan air rebusan daun sirih terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Nggak hanya itu saja, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.
  • Obat batuk
Rebusan daun sirih warna merah dipercaya mampu meringankan batuk. Pasalnya nih, sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.
  • Menyembuhkan jerawat
Ini yang sebenarnya saya juga baru tahu kalau daun sirih bisa membantu menyembuhkan jerawat. Adanya sifat antiseptic dan antibakteri pada daun sirih, mampu menyembuhkan jerawat baik yang ada di wajah, punggung atau area dada.

Caranya dengan membersihkan beberapa lembar daun sirih, lalu tumbuh sampai halus dan rebus. Kemudian ambil airnya menggunakan handuk dan tempelkan ke kulit yang berjerawat.


Jadi, kalau dirumah teman-teman dengan mudahnya menemukan daun sirih, bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit diatas. Selain mudah membuatnya, tentu saja hemat kan.

Comments

  1. Pertamaaaxxx, hahahaha.

    Saya jadi ingat nenek-nenek di Buton waktu saya kecil dulu, banyak banget kita temukan nenek-nenek yang mulutnya merah karena mengunyah sirih :D

    Memang giginya jadi bagus sih, sampai tua giginya rata-rata masih lengkap.
    Cuman di zaman now udah jarang ya.

    Palingan daun sirih itu identik dengan membersihkan area kewanitaan.
    Padahal, masih banyak banget manfaat lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw nyirih berani Rey...Jadi nggak meski nunggu tua juga kalii. Tapi dirumah, Istri juga suka nyirih bahkan teman2nya yang mudah2 pada ngikut2...Jadi kalau gigi mau bagus dan kuat Nggak usah nunggu tua untuk nyirih..😊😊😊

      Lihatlah gigiku ini cieileee...Haahaaaaa..😆😆😆🤣🤣🤣🤣🤣

      Delete
    2. Eh serius pakai sirih juga?
      Kirain udah nggak ada loh zaman now yang pakai tehnik itu, memang bermanfaat banget, bikin gigi kuat :D

      Delete
    3. ehh seriusan kang Sat nyirih di usia segini ini? pantesan aja ya poto potonya kalau senyum terlihat kuat gitu.
      dulu waktu aku kecil, sering banget nemuin tetanggaku nyirih, kayak makan permen aja gitu

      Delete
  2. Di rumahku ada tanaman sirih ijo. Banyak di dinding merambat2 gituuuu. Kadaaaang, aku rebus beberapa helai, airnya diminum. Tetangga2ku juga suka aku persilakan ambil. Buat obat batuk, mata dll organ kewanitaan juga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh dikebunnya mbak nurul ada banyak tanaman obat ya mbak, dan kalau butuh tinggal metik aja

      Delete
  3. Aku malah belum tau bentuknya daun sirih itu kayak apa, Mbak Ainun. Padahal aku lahir dan besar di desa. Mungkin gara-gara aku anak rumahan banget, kurang banget momen-momen main di alam bebasnya 😅. Apalagi orang rumah gak ada yang pernah bawa daun sirih ke rumah. Jadinya aku gak tau menahu. 😂

    Tapi aku tetep tau dong manfaat daun sirih yang kondang buat mengatasi mimisan, walaupun belum pernah cobain sih 😬. Sama manfaatnya yang bagus buat membersihkan daerah ke wanitaan. Kalau yang ini aku taunya dari iklan produk pembersih daerah kewanitaan di tv, Mbak. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah!!...Nih bocah dau sirih aja kaga pernah megang.😳😳😳😳 Terlaluuuu...Besok kepasar Sidoarjo sana beli daun Sirih.🤣🤣🤣🤣🤣

      Delete
    2. hehehehe kang Sat
      nahh betul tuh mbak, aku waktu kecil dulu kalau mimisan diambilin daun sirih terus dimasukkan ke lubang hidung.
      keinget sampe sekarang ya.
      cuman mungkin sekarang nggak semua rumah nanem daun sirih, jadi kalau mimisan ya disumpel pake kapas kali ya

      Delete
  4. yang alami biasanya lebih banyak manfaatnya termasuk daun sirih

    ReplyDelete
  5. Wah saya baru tahu kalau manfaat daun sirih juga bisa untuk meringankan depresi. Pantas ya nenek-nenek enjoy banget ngunyah sirih katanya bikin happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kayaknya kalau liat nenek nenek waktu di desa kayak nggak ada beban gitu ya
      terus ngeliat mereka nyirih kayak nyantaii banget gitu

      Delete
  6. Saya juga masih ingat waktu kecil almarhum nenek suka nginang atau ngunyah daun sirih, makanya giginya agak kecoklatan, tapi giginya utuh biarpun sudah sepuh.

    Ternyata selain bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, sirih juga bisa menjadi penangkal kanker, obat depresi dan juga obat batuk ya mbak. Cara buatnya gimana mbak, apakah direbus daunnya untuk menghilangkan batuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh ternyata banyak juga ya nenek nenek yang nginang, kayaknya udah jadi trend waktu zaman dulu ya

      setau aku untuk digunakan sebagai obat, daun sirih cukup direbus aja, airnya yang diminum
      kadang dirumah juga masih buat mas Agus, cuman aku ga minum hahaha

      Delete
  7. Aku juga belakangan lagi terapi daun sirih untuk obat jerawat. Sejak rajin pakai masker, jerawat menggila.
    Kalau aku daunnya cukup aku cemplungin air, trus aku rebus. Nah asapnya aku asapin ke mukaku yang berjerawat.
    Terapi daun sirih ini jauh lebih ampuh dibanding pakai obat jerawat. Aku suka saat sembuh jerawatnya nggak meledak menyakitkan kaya waktu pake obat jerawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh bisa dicoba nih mbak
      aku belum pernah cobain terapi daun sirih buat jerawat
      sehebat itu ya khasiat daun sirih ini

      Delete
  8. kalau jaman kecil kita sering ngliat nenek2 nyirih berarti masa kecil kita terselamatkan kak, hahahaha, kalau di Purwokerto namanya bukan nyirih tapi nginang hahaha.

    Dalu waktu masih kuliah aku sm tmn2 kos sering merebus daun sirih trs dipake buat cebok, katanya bagus buat miss v, aku ngikut2 doang hahaha, tp kayaknya skrg udah ga boleh ya, kalau mau cebok cukup pakai air bersih mengalir aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya aku pernah denger kalau daun ini bagus buat cebok
      iya mbak kalau sekarang mendingan pake air bersih aja, buat jaga jaga juga kalau kebelakangnya nanti ada apa apa gitu

      Delete
  9. Aku tuh sbnrnya penasaran kalo ngeliat orang2 tua pada nyirih. Digigit, sampe bibirnya merah :D. Rasanya apa yaa :D.

    Tapi agak ragu mau icip, Krn aku tahu baunya sirih kayak apa, dan itu bikin mual.

    Pas di rumah Aceh, mama nanam tanaman sirih mba, lebat banget. Dan itu airnya rutin direbus dalam belanga tanah, Reus airnya diminum Ama mama. Katanya biar sehat dan ga keputihan. Tapi aku ga sanggub mau minum. Lah bau air rebusannya aja bikin semaput mbaaaa wkwkwkwkwk ga kebayang rasanya aku. Itu menguar ke ruangan2 di rumah sampe ke kamar. Makanya kalo mama udh ngerebus sirih, aku lgs tutup pintu turs semprot2 pewangi hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak dirumah kalau ada sirih yang dimasak aku juga suka tutup hidung, heran kenapa ya bisa semerbak gitu baunya hehehe

      dulu waktu masih kecil udah biasa lihat tetangga tetangga yang udah tua nginang, dan udah terbiasa sama bau sirih dan kapurnya, pas udah gede berasa aneh kalau nyium sirih dan kawan kawannya ini
      mungkin udah puluhan tahun ga pernah liat orang nyirih lagi ya

      Delete
  10. Suka kagum sama nenek2 tuh makan sirih gak terasa pahit apa ya, saya nyoba dikit aja daunnua mulut rasanya pahit getir hihi, saya biasanya pake daun sirih untuk bersihkan bagian bawah karena jadi lebih nyaman dan keset hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibau daunnya udah kerasa sepet ya mbak, apalagi diminum.
      tapi hebat nenek nenek dan orangtua yang masih konsumsi sirih sampe sekarang, karena mereka udah terbiasa juga

      mba yani masih pake ramuan alami yang bikin sendiri kah mbak, kenapa ga beli jadi aja mbak

      Delete
  11. aku taunya untuk menguatkan gigi ni daun sirih, dan baru tau bisa mengobati jerawat, siaplah aku coba untuk mukaku yang mulai berjerawat ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku juga baru tau akhir akhir ini aja kok mbak

      Delete
  12. Jenis Sirih macam2 memang mbak Isna, Tetapi yang bagus itu Sirih Karuk, Dan Sirih Merah.😊😊😊


    Kakau Sirih yang ada pada tanaman Hias daunnya melebar itu Sirih biasa kurang bagus.😊😊

    Soalnya ibuku nanam dirumah Sirih Merah sama Sirih Karuk...Sirih Karuk diminum air rebusannya malah bisa cepat menghilangkan batuk lho ternyata.😊😊😊 Pernah nyoba soalnya daku.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhhh aku baru tau ada varian sirih karuk, yampun kemana aja aku hahaha
      berarti emang semanjur itu ya daun sirih ini

      Delete
  13. daun sirih memang banyak manfaatnya ya. dulu waktu kecil, kalau mimisan langsung disumpel pake daun sirih.
    terus kalau sakit gigi juga kumur-kumur pake daun sirih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh aku seringnya dipake pas mimisan itu mbak.
      awalnya aneh pas aku liat, ternyata ini emang obat tradisionalnya
      dulu nyari daun sirih gampang mbak, sekarang kok ya agak susah kalau ga nanam sendiri

      Delete
  14. Aku pernah sekali nyoba nyirih wkt main ke kampung temanku. Sanking penasaran, dicobalah. Itu paket lengkap. Daun sirih, buah pinang , berikut kapur.

    Daaaan apa yg terjadi? 5 menit kemudian kepalaku berasa muter2 puyeng...

    Sekali itu ajah kuapokkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheeh nggak terbiasa juga ya mbak
      jangan lagi deh mbak, kayaknya kalau aku cobain juga bisa jadi kayak mba febi nih

      Delete
  15. daun sirih ini aku sering pake, buat obat batuk katanya bisa. tapi yang merah kak. cukup direbus atau di masukan air panas aja segelas, bisa pake 3-5 helai. kalo jeruk nipis aku konsumsi tiap hari, setiap pagi pake air anget 3/4 gelas. buat imun. tapi sempet lost eh malah kena bapil kan jadinya, hahahaha. oia soal daun sirih ini emang khasiatnya banyak banget. kebetulan aku lagi terapi batu empedu dan radang usus di pengobatan tradistioal. terus aku dikasih jamu, dan jamu ini ternyata bahan utamanya daun sirih. alhamdulillah sih kerasa banget hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah ya mba ek, ternyata emang semanjur itu daun sirih ini
      kang satria juga mempan ngobati batuk pake daun sirih ini. Pahit ga ya hehehe
      aku kok ya udah keder duluan

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang