Review Menginap di Hotel Luminor Banyuwangi

cara menuju hotel luminor banyuwangi


Kunjungan ke Banyuwangi kali ini, saya memilih penginapan di Hotel Luminor dan nggak pasang expetasi yang berlebihan karena memang sebelumnya belum pernah menginap di jaringan Hotel Luminor. Hotel ini terbilang cukup baru berdiri di Banyuwangi, yaitu sekitar pertengahan tahun 2019.

“Sialnya” sebelum check-in di hotel sekitar jam 10 malam, saya meet-up dulu sama sohib. Dan pas dia nanya saya menginap dimana, ya saya jawab kalau menginap di Luminor.

Biasanya saya dan sohib memang suka ngebahas hotel-hotel yang cute, tapi berbeda tanggapan dari expresi sohib saya ini ketika saya menyebut nama Hotel Luminor di Banyuwangi. 

‘“Serius nginep di Luminor”, tanyanya

“Iya”, jawab saya singkat

“Ya udah hati-hati”, lanjutnya lagi sambil mesem-mesem nggak jelas

Sialan

Jadi, sohib saya ini punya travel agent dan pernah mendapat cerita dari salah banyak clientnya, bukan satu lagi, tapi beberapa client, yang nggak mau menginap di Luminor dengan view kamar menghadap Hotel Ilira Banyuwangi. Intinya, si client pernah mendapat “penampakan” disana.

Dasar dari cerita si sohib, saya jadikan clue ketika akan check-in di hotel.

Selamat Datang di Hotel Luminor
Proses check-in malam itu agak lama ya, mbak resepsionis satunya masih sibuk dengan tamu sebelumnya dan mas resepsionisnya waktu itu kurang gercep juga ketika melihat saya datang. Sampai akhirnya, mas resepsionisnya mempersilahkan saya untuk menghadap ke meja dia di sisi sebelahnya. “Hebatnya” lagi si mas resepsionis bisa tahu nama saya sebelum saya tunjukkan voucher bookingan hotel. Ya iya, kayaknya yang booking dari kalangan instansi cuman saya dengan atas nama cewek.

Ketika proses check-in inilah saya request nggak mau kamar dengan view menghadap Hotel Ilira. Cukup lama juga menunggu proses ini, karena masih dicarikan kamar lain yang available. 

Sambil menunggu dicarikan kamar by sistem, saya mengamati loby Hotel Luminor, untuk ukuran lobynya nggak terlalu luas juga, setelah pintu masuk, tamu akan disambut dengan alat pengukur suhu badan dengan sistem camera face disebelah kiri pintu. Disebelah kanan terdapat beberapa kursi dan spot cakep buat sekedar foto-foto.
hotel luminor banyuwangi
Foto ambil dari Traveloka

Di area dekat dengan bagian resepsionis, terdapat beberapa sofa untuk dimanfaatkan tamu sebagai ruang tunggu.

Kelar dicekkan urusan kamar, saya kembali dipanggil sama mas resepsionisnya dan diinfokan kalau kamar yang saya mau yaitu yang nggak menghadap ke Hotel Ilira sedang full. Jadi, kamar saya diupgrade di kamar type Executive hahahaha.

Clue yang works-it”, pikir saya

Baidewei, kamar saya sebelumnya adalah type Deluxe dengan harga kurang lebih 400ribu. Dan besoknya setelah saya cek sendiri via OTA, untuk rate kamar yang Executive berada dikisaran harga 600ribuan. Rejeki anak sholeh. 

Room Tour 
Kamar saya berada di lantai 1 dan nggak jauh dari area resepsionis. Untuk ukuran kamarnya amat luas ya, lumayan banget. Pas masuk kamar, di sebelah kiri disambut dengan toilet dengan amenities standart seperti sabun dan shampoo yang sudah direfill ke wadah khusus, jadi nggak bisa dibawa pulang. Sikat gigi, hair cup, handuk putih bersih dan hair dryer juga sudah disediakan.
menginap di hotel luminor

menginap di hotel luminor

Di sebelah kanan, sebuah lemari dengan ukuran besar lengkap dengan hanger, sandal hotel dan laundy bag plus cermin dengan ukuran besar. Standart aja sih isiannya.

Di bagian tengah terdapat sebuah televisi ukuran sedang yang menempel di dinding dengan meja panjang dibawahnya.
jaringan hotel luminor

fasilitas hotel banyuwangi

Nggak ketinggalan perlengkapan untuk ngeteh atau ngopi cantik seperti water heater dan printilan teh, kopi plus gula dalam bentuk sachetan sudah disediakan.
Untuk tempat tidurnya nggak ada masalah, empuk dan nyaman pastinya. Disisi tempat tidur masing-masing terdapat nakas, colokan listrik plus fasilitas telepon juga nggak ketinggalan.
hotel luminor

menginap di banyuwangi

fasilitas hotel banyuwangi

cara menuju hotel luminor

Breakfast Time
Jam sarapan tersedia dari jam 6 pagi. Restonya berada di lantai 2 (kalau nggak lantai 2 ya lantai 3, lupa). Pilihan menunya lumayan banyak banget, kayaknya saya sendiri nggak sanggup icipin semua menu. Ada masakan Indo dari nasi goreng sampai tumisan, bubur, dawet atau jenang ala Jawa, aneka roti, salad, omelet, aneka cake juga ada.
menginap di banyuwangi

wisata banyuwangi

menginap di hotel luminor banyuwangi

makanan banyuwangi

penginapan banyuwangi



Untuk ketersediaan kursi dan meja makan juga nggak kalah banyak, ada area indoor yang jadi satu dengan tempat makanan ini tersedia, ada juga area luar dari ruangan dalam ini yang dipisahkan dengan dinding kaca, plus ada juga pilihan tempat duduk outdoor semacam rooftop. Cuma kalau jam 7-an makan di outdoor terasa banget panas mataharinya. Dari area outdoor ini, tamu juga bisa melihat area kolam renang dari atas.
hotel luminor banyuwangi

rooftop hotel  luminor banyuwangi


Jaringan Wifi
Nggak kelupaan buat nyobain gimana bagus atau nggaknya wifi di Hotel Luminor ini. Untuk wifi-nya so-so alias nggak ada masalah ya waktu saya menginap disana. Beda sama Kertanegara Premium Guest House yang saya coba ketika di Malang.

Area Keseluruhan
Secara keseluruhan menginap di Hotel Luminor baik dan aman jaya sentosa. Dari segi lokasi juga strategis, masih di daerah kota dan nggak terlalu jauh jika ingin ke Pantai Cacalan. 

Baidewei, di sepanjang Jalan Yos Sudarso ini banyak berjejeran hotel-hotel, dari Hotel Dialoog, Hotel Ketapang Indah, Hotel Mirah, Hotel Ilira dan masih banyak lagi.

Untuk area parkirnya sendiri lumayan luas, cukup lah buat menampung beberapa mobil khusus di area parkirannya dan masih ada lagi lahan di sebelah sisi hotel yang juga dimanfaatkan sebagai area parkir.

Barangkali nih ada teman-teman yang mau ke Banyuwangi dan bingung mau menginap dimana, Hotel Luminor mungkin bisa dipertimbangkan.

Jadi, kapan mau ke Banyuwangi?


Hotel Luminor
Jl. Yos Sudarso No. 66 Banyuwangi













Comments

  1. lumayan keren hotelnya.... bisa duduk santai di luar, sambil menikmati pemandangan indah.....

    so beautiful

    ReplyDelete
  2. Aku pengen banget ke Banyuwangi sejak sebelum pandemi. Penasaran sama kotanya dan tempat-tempat wisata di sana. Semoga bisa kesampaian suatu saat nanti bisa ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn, semoga nanti ada kesempatan main ke Banyuwangi ya mba
      aku tunggu cerita-cerita serunya pastinya

      Delete
  3. jadi cerita dari temen mba nun nggak ngaruh yaa, dan selama nginep di sana untungnya nggak ada apa-apa ya mbak, hihi


    pas baca tentang amenities malah ikutan seneang mbak, jadi sekarang udah bnayak hotel yang menggunakan refill sabun dan samponya gitu yaa. malah lebih hemat dan sedikit sampah ya. Kemarin terakhir nginep di belakang rumah masih yang satuan kecil-kecil gitu sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cerita temen nggak ngaruh tapi pas malemnya jadi takut sendiri hahaha
      kalau pas udah pagi masih mending, matahari kan udah nongol, jadi ga takut lagi

      iya mbak aku heran, kenapa hotel sekarang amenitis sabun sama sampo diwadahi begitu ya, biar hemat pastinya ya, dan tamu ga bisa bawa pulang juga hahaha

      Delete
  4. Untungnya cerita dari temennya ga kejadian yaa mbak nemui pemampakan. Hiiihii..
    Saya udah lama nih ga jalan jalan kemudian nginep dan sarapan di hotel. Setelah baca ini, jadi pengen coba deh sesekali makan di hotel hhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga pandemi cepet usai kak Do, jadi bisa nginep nginep lagi

      untungnya ga nemui penampakan ya, temenku ini ada-ada aja, aku diceritakan di saat yang nggak tepat

      Delete
  5. Memang mba Aimun hoki nya gede jadi dapet yg deluxeπŸ˜†

    Hotelnya mayan bagus viewnya y mbak...
    Tapi, keliatannya kalo deket swimming pool nya panas.😊

    Btw, breakfats menu oke jg...
    Beberapa pilihan.

    Eh mbak Ainun gak diganggu mahluk aneh😱
    Thanku mba infonyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kebetulan pas lucky ya mba Feb
      overall untuk view hotel dan tempatnya oke punya di Luminor ini mbak dan pas liat pool nya jam segitu kayaknya aku ga sanggup buat renang hahaha, kepanasan

      menu breakfast bisa dibilang banyak juga, sampe bingung mau makan semua rasanya, tapi nggak mau keliatan kemaruk hahaha

      alhamdulilah waktu itu ga diganggu ya mbak, tapi ya sebenernya takut aja, pura pura sok cool

      Delete
  6. penasaran dengan penampakan apa yang didapat kalo mendapat kamar yang menghadap Hotel Ilira.. apakah tamu merasa terganggu dengan penampakan menyenangkan di hotel seberang dan akhirnya terganggu karena fasilitasnya beda? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mas Zam, aku nggak mau temen cerita lebih lanjut lagi, soalnya udah malem juga dan pas aku trip sendiri

      Delete
  7. Untung aja hotel Luminor ga ketularan hotel di seberangnya ya, mba... ^^"

    Tapi beruntung banget, gara2 info itu jadi bisa upgrade gratis. hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya jadi beruntung gara gara diinfoin temen, sekali kali ya mbak

      Delete
  8. Duh paling malas kalau nginep di hotel terus dapat cerita-cerita horor gitu.. tapi untung dikasih tahu ya Mbak, jadi bisa request ke resepsionis. Coba kalau nggak tahu apa-apa dan nemu penampakan gitu. Anyway tentang hotel horor, aku pernah nginap di Horison Bandung. Hotelnya udah tua banget, lorong-lorongnya gelap dan sepi, dan kamarnya ya ampun super jadul sekali. Pas banget deh buat jadi latar film horor. Karena nggak mau lama-lama di kamar, akhirnya aku dan teman kabur ke mall dan nonton sampai malam biar pulang-pulang langsung ngantuk dan tidur, takut lihat yang aneh-aneh. hehehe.

    ReplyDelete
  9. area outdoornya asik banget. sekarang id banyuwangi banyak hotel bagus-bagus dan gak mahal ya. terakhir kesana nginap di hotel yang cottage gitu dipinggir pantai, murah bangeeettt dan baguusss ga kalah sama cottage di bali

    ReplyDelete
  10. Kamarnya lumayan gede ya, kalau nginap sendiri saya ogah, hahaha.
    Saya mah, meski ga ada cerita horor, tapi kalau nginap hotel sendiri serta kamarnya gede, enggak berani dah :D

    Btw, keren sih ya, saya pernah baca di blognya siapa ya menginap di hotel ini, memang salah satu kelebihan hotel-hotel di Banyuwangi itu, ya viewnya kece.

    Pengen deh ke sana, tapi lagi takut ke mana-mana, karena berita kemungkinan tsunami di Jatim itu, hiks

    ReplyDelete
  11. Aku tuh dulu ke Banyuwangi hanya lewat hihihihi :D Ternyata menyenangkan ya :) Itu Hotel Luminor cukup oke sih ya dari segi keamanan dan kenyamanan kamarnya. Luas, bersih, homey. Kolam renangnya cakep juga. Jam 7 pagi matahari udah terasa panas? Wah, mesti nyebur subuh2 kalo gitu hahahahaha :) Makanannya bervariasi, asik bener :D

    ReplyDelete
  12. Serius, Mbak Ainun, pas aku baca bisa ada penampakan di kamar yang menghadap hotel Ilira, aku ikut merinding, Mbak. Gak tau kenapa. Apa gara-gara belakangan ini aku suka parno ya. 😱

    Tapi setelah upgrade kamar, gak ada penampakan yang nganu kan, Mbak Ainun? Duh, entah kenapa aku inget hotel yang pernah aku dan temen-temen seangkatan tempati pas ada kelas pelatihan di Malang. View hotelnya pas siang emang bener-bener bagus. Tapi malamnya creepy banget. Mana ada kejadian keluar berdua sama temen pas malam-malam, eh temenku ilang pula. 😱

    ReplyDelete
  13. Aku penasaran Ama kamar yg pake pnampakan mbaaa hahahahah . Sok berani sih aku, aslinya kalo diinepin di kamar itu, pasti keder juga :D.

    Ini jgn sampe aku ngajakin temen yg punya indera keenam kalo nginep di tempat yg katanya sedikit serem, bisa macem2 yg dia lihat hahahah.

    Tp hotelnya oke sih. Kamar luas ya mbaaa. Hrg juga masih masuk akal. Aku suka ngeliat viewnya juga. Naah kalo toiletries yg udh dimasukin ke wadah khusus, aku LBH suka begitu loh. Krn biasanya LBH bagus kualitasnya. Drpd yg kecil2 bisa dibawa pulang.

    ReplyDelete
  14. Rezeki anak soleh banget, Kak Inun 🀭
    Mungkin mas resepsionisnya ngeuh kenapa Kakak nggak mau kamar tsb, makanya dikasih upgrade πŸ˜‚
    Menarik banget lihat menu sarapannya! Berlimpah banget meskipun lagi di masa seperti ini, biasanya kan ada yang dibatasin gitu menunya kan πŸ˜‚
    Kapan ya bisa ke Banyuwangi πŸ˜† *malah balik nanya*

    ReplyDelete
  15. fasilitasnya oke bingits nih mba Ainun, terlihat mewah dan adem, enak di pandang mata, ngomong-ngomong mba Ainun dapat rezeki nomplok ya mba, bisa menginap di ruangan yang jauh lebih mahal, asik

    ReplyDelete
  16. Semenjak covid udah jarang nih staycation di hotel, terakhir nginep karena kerjaan. Baca blog mbak jadi pengen lagi asalkan kita tetap menaati prokes ya ^^

    ReplyDelete
  17. wuiiih cakep juga ya hotelnya, bikin betah donk...

    ReplyDelete
  18. Terakhir ke Luminor bulan kemarin, lewat doang tapi. hahaha...
    dua tahun nggak mudik ada aja yang baru di Banyuwangi :)

    ReplyDelete
  19. Penampakan nya apa sih? Penasaran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku ga dikasih tau temen aku, waktu dia cerita, aku suruh jangan diterusin soalnya. daripada aku takut sendiri :D

      Delete
  20. Pernah lewat sekali di Banyuwangi awal 2008. Bersama rombongan Kepsek pergi ke Bali. Naik mobil Pemda Kerinci. Selamat malam, ananda Ainun.

    ReplyDelete
  21. Yeay udah jalan-jalan lagiii,,
    Aku galfok pas lihat deretan menu sarapan yang banyak banget. Kayaknya roti-rotinya enak yaa.
    Kalo untuk kamar hotel dan bangunannya, emang standar hotel ya. Bisa jadi pilihan kalo main ke Banyuwangi nih.

    ReplyDelete
  22. waduh belum2 udah diingetin penampakan haha
    tapi hotelnya bagus mbak
    keliatan fresh dan engga ngebosenin
    kalau WF hotel di sana bis betah aku hahah
    apalagi dekat pantai
    sarapannya juga si
    terekomendasi ini kalau ke BWI

    ReplyDelete
  23. Mbak Ainun hokinya bener-bener gede selain tidak ketemu penampakan kamarnya pun diupgrade dari type deluxe ke type executive.

    ReplyDelete
  24. mbak ainuuunnn, aku jadi rindu staycation huehue
    eh, btw kukira bakal ada cerita horrornya karena di intro si teman, ternyata nggak ada ya. pembaca kecewa nih 🀣 haha candaaaa
    aku juga kadang rada ngeri-ngeri sedep sih kalo staycation sendirian. tp syukurlah selama ini blm ada ceita aneh2
    mbak, aku rekomendasiin Hotel Niagara di Lawang, Malang deh hihi

    ah iyaaa, aku suka banget view tempat duduk outdoor nyaaaa πŸ₯Ί

    ReplyDelete
  25. Kayanya orang lain yang menginap di sana juga perhatian perkara kamarnya menghadap mana. Sampai full gitu.

    Suasana hotelnya tampak menyenangkan dari foto2 yang ada.

    ReplyDelete
  26. jujur mbak, seumur-umur aku blm pernah loh nginep dihotel, di rmh temen sih sering, hehe... :D

    ReplyDelete
  27. Bagus bagus aja deh mbaaa itu hotel Luminornya. Nyaman banget disana. Emang hotel llira tuh sebegitu horror kah? Sampe ada penampakan hihi

    ReplyDelete
  28. Aku langsung salfok ke aneka makanan yang dihidangkan. Apalagi kebanyakan makanan tradisional haaa. Cakep pula kamarnya. Nyaman.

    ReplyDelete
  29. Interior kamarnya tampaknya nyaman ya,Mbak? Beneran ga ada penamapakan kan di sana? Saya baper banget sama hal2 gituan. hehehe...Semoga kelak bisa singgah ke Banyuwangi yang makin cantik aja pariwisatanya.

    ReplyDelete
  30. Awalnya sempet dapet celetukan yang bikin serem dari temennya ya Mbak, tapi malah jadi membawa berkah karena jadi diupgrade dapet kamarnya 😁

    Kalau diliat sih, itu kamarnya udah bagus bangetttt (namanya juga executive) 😁
    Dan memang nggak ada masalah, menu sarapannya juga keliatan mantap banget 😁

    ReplyDelete
  31. Kalau aku udah diwanti2 kaya gitu. langsung gercep bilang "kamar yang ada penampakannya yah Mas.. " hahaha *SOkBerani!!

    Bagus mba kamarnya. Aku sih Yess. dengan rate 600k.
    btw aku pas lihat makanannnya .. WOW.. mendadak lapar di pagi2 buta ini..
    makan apa ya pagi ini..hehe

    mba pas awal aku lihat gambar roti2an, mataku langsung tertuju ke roti cokelat bntuk kaya pisang itu. ehh Mba Ainun ternyata milih roti itu juga... hahahah

    ReplyDelete
  32. Asiiik staycation, lengkap sekali kak review nya. Duh rindu banyuwangi euy. Pokoknya someday soon kalau diriku ke Jember atau Banyuwangi kita meet up yaa

    ReplyDelete
  33. wih cakep banget room kamarnya mbak, perfect banget buat nginep bareng keluarga, aku paling suka ruangan tempat tidurnya, kayaknya nyaman banget buat tidur :D

    ReplyDelete
  34. Hotelnya terlihat nyaman ya, liat makanannya jadi ngiler hehehe

    ReplyDelete
  35. Wow Hotel yang keren. Banyuwangi, kota 1000 wisata, memang menarik. Beberapa kali ke Banyuwangi dan tidak akan pernah bosan dan selalu ingin berwisata ke sana. Terima kasih info untuk Hotel Luminor, mungkin next trip akan menginap di sana

    ReplyDelete
  36. Aku pengen banget staycation di sini plus nyobain kolam renang dan roof top restonya kak, asik kayaknya

    ReplyDelete
  37. Padahal aku berharap ada review soal penampakan itu lo mba hiyaaa πŸ˜‚πŸ˜‚ sok berani πŸ™ˆπŸ™ˆ

    Andai aja cuaca gak seterik itu, asik banget ya makan di outdoor gitu, apalagi musim covid begini. Tapi Banyuwangi menurut aku cukup panas cuacanya, yaiyalah pinggir laut 😁 tapi so far pengalaman ke Banyuwangi selalu menyenangkan sih, jadi klo ditanya, masih mau ke Banyuwangi 😁😁😁

    ReplyDelete
  38. Kamarnya luas banget ya, bisa main bola kayaknya. Hahahaha.
    Next kalo ke Banyuwangi bisa nih hotelnya buat jadi pilihan.

    ReplyDelete
  39. wah dari review ini saya sangat suka dengan interior kamarnya, yang terpenting adalah pelayanan yang bagus, kedap suara, enak tidur dan kasur yang empuk sudah cukup bagus untuk saya hehe

    ReplyDelete
  40. Padahal konon penampakannya di hotel sebelah, ngapain saya ikutan ngeri, ahaha!
    Bagus banget interior n eksterior nya. 400 ribu worth it sih, makanannya sepertinya enak dan menggugah selera.

    ReplyDelete
  41. kirain di beri pesan 'ya sudah hati hati' ada hal kurang bagus...eh ternyata hotelnya keren juga

    ReplyDelete
  42. Padahal sudah ngarep biar mbak Ainun dapat kamar yang ngadep hotel ilira, eh malah dikasih yang deluxe.πŸ˜‚

    Untuk harga 400 ribuan kamar hotelnya bagus ya mbak, dapat sarapan, WiFi oke, kamar mandinya oke.

    Cuma pas di kamar mandi kok sepertinya aku lihat penampakan, yang ada cerminnya itu lho.😱😱😱

    ReplyDelete
  43. Duuh jadi kangen pengen ke Bwi neh. Terbaru ke Banyuwangi tahun 2017, dan offiacially pindah dari sana 2013. Berarti saat itu Hotel Luminor belum ada. tapi kalau hotel Mirah sudah familiar, pernah nginep di sana doeloe sihh.

    ReplyDelete
  44. Mantap hotel nya hehehe😁

    ReplyDelete
  45. Bagus mbak hotelnya. Bisa buat staycation jg ya hotelnya. Btw Banyuwangi jd salah satu kota yg mau au kunjungi. Klo ada kesempatan mgkn bisa nyobain nginep di hotel ini.

    ReplyDelete
  46. bungkus dulu...siapa tau kapan kapan mampir banyuwangi

    e tapi semoga kabar burungnya ada penampakan beneran ya hihi
    hotelnya sih bagus...kamarnya gede banget...aku suka kalau kamarnya gede...

    terus itu hebat juga ya mas mas recepsionistnya langsung tau namanya mba ai pas pesen check in 😁

    yang penting kalau hotel aku tuh suka bagian kamar mandi dan breakfats...uda deh kalau 2 itu cakep dan lengkap, langsung pengen nginap

    ReplyDelete
  47. Hohoho.. Ok ok.. Noted minta kamar yg tidak menghadap hotel Ilira. Saya penakut soalnya. Dan berubah kamar tanpa penambahan biaya? Mantaaab.. Mayan kan ya 200rb.. Xixixi..

    Termasuk murah juga yaa kamar eksklusif 600rb. Ok.. Menjawab pertanyaan Mba Ainun, saya kasih pertanyaan lagi.. Kapan yaaaa saya bisa jalan2 ke Banyuwangi tanpa prosedure covid ini? Huhuhu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang