Strong Life

jalan


Di kalangan keluarga, bisa dibilang saya ini adalah “anak jalanan”. Sedih?  Nggak juga sih, selama belum dihapus dari daftar nama Kartu Keluarga.

Maksud anak jalanan tadi adalah karena saya jarang berada dirumah, entah itu pas weekend atau libur panjang. Kalau ada tanggal merah di tengah-tengah minggu, bawaannya sudah pengen kabur kemana gitu.

Sekilas, makna “anak jalanan” terkesan berkonotasi negatif. Anak jalanan mungkin akan diidentikkan dengan mereka anak punk dengan baju khas warna hitamnya, celana sobek-sobek, gelang motif paku warna silver dan ngomongnya kasar. 

Tapi, apakah anak jalanan semua memiliki sifat nakal seperti itu? Nggak juga. Kejadian yang cukup sering saya lihat adalah adanya anak jalanan seumuran mungkin kelas 4 atau 5 SD, siang-siang dibawah panasnya sinar matahari, berjualan jajanan atau koran di titik-titik lampu merah. Siapa sangka, mereka sepulang sekolah masih harus bekerja membantu orang tua untuk biaya tambahan hidupnya.

Lalu, gimana dengan anak trek-trekkan atau pembalap liar. Jelas, kalau mereka yang doyan kebut-kebutan di malam hari dan beraninya kenapa malam hari, karena mereka merasa bebas dan lebih tertantang menunjukkan kemampuan dirinya saat dini hari. Herannya, kenapa kalau doyan balapan nggak daftar aja ikutan club balap yang lebih professional, siapa tahu bisa jadi Valentino Rossi versi Indonesia. 

Kalau begini, jelas image anak jalanan nakal melekat di diri mereka. Giliran dirazia kalang kabut ngebut kesana kemari menghindari petugas.

Apakah saya sendiri “seliar” mereka jika dikenal dengan sebutan anak jalanan. Hohoho

Proses menjadi seorang “anak jalanan” bagi saya juga nggak “mudah”, nggak ada latihan khusus untuk menjadi anak jalanan. Semua berjalan begitu saja sampai saat ini.

Lupa kapan tepatnya saya berani untuk bepergian jauh, tapi sejak kuliah juga sudah jauh dari rumah bertahun-tahun. Dasar anaknya yang ingin mengetes seberapa tinggi tingkat keberaniannya, jadi ya asal nekat saja kalau mau pergi-pergi.

Nekat juga nggak ngasal, perlu pertimbangan dan survey sana sini. Pasti ada rasa cemas atau takut, bahkan sampai berpikir ulang untuk menentukan jadi nggaknya berangkat.

Seperti misal, saat saya mau ke Jogyakarta naik bis, jujur kalau naik sendiri ke Jogya waktu itu belum pernah, jadi nanya dulu ke Bapak nanti turunnya dimana kalau nggak ingin sampai terminalnya. Cuma diberi ancer-ancer, setelah belokan di bawah jembatan layang. Jadi, waktu sudah masuk Jogya sudah mulai pasang indra penglihatan dengan sebaik mungkin atau minta tolong kondektur buat mengingatkan.

Waktu masih jadi anak kuliahan, sudah sering keluar masuk terminal atau stasiun dan melihat sendiri seperti apa kehidupan di dalam terminal yang kadang terlihat “menyeramkan”. Seperti yang nggak bisa membedakan mana tampang copet dan mana tampang orang yang baik. 

Dari kerasnya dunia luar itu, otomatis membuat saya juga jadi lebih keras untuk menghadapi orang asing. Pernah kejadian waktu kuliah ini, ketika saya dikerubungi calo penumpang di terminal Bungurasih, padahal sudah jelas-jelas saya menolak mengikuti mereka, dengan enaknya pantat saya ditepuk. Kurang ajar sekali. Beraninya main keroyokan euy.  Jadi sejak itu, kalau misal saya ke terminal Bungurasih lagi, sikap saya “jahat”. 

Sekeras itukah hidup di jalan sampai bersikap ngawur sama orang lain?

Momen menjadi “anak jalanan” ketika jauh dari rumah adalah ketika melewatkan sholat Idul Fitri di lokasi traveling. Lupa berapa kali saya nggak pernah melaksanakan sholat Idul Fitri dirumah. Justru kalau saya berada dirumah ketika lebaran, saudara-saudara pada heran semua? 

Pasti mereka akan bertanya 

“Lhoo kok dirumah?”

Sampai segitunya mindset saudara-saudara, kalau saya biasa “ngaspal” kemana-mana disaat libur panjang.

Menjadi anak jalanan juga membuat saya bertemu dengan banyak orang-orang baik. Seperti saat saya traveling ke Jogya, dari 4 orang travelmate, hanya saya seorang yang muslim, dan mereka semua membangunkan saya untuk berangkat sholat. Dan baideweiii travelmate saya ini cowok semua.

Di lokasi sholat Idul Fitri, waktu itu bertemu dengan ibu-ibu dan menanyakan dimana rumah saya dan saya jawab kalau lagi traveling. Dengan baiknya, si ibu menawarkan saya untuk main-main ke rumahnya.

Nggak selamanya juga menjadi anak jalanan akan dipandang negatif, semua tergantung perspektif orang melihatnya.





Comments

  1. Wih seru sekali jadi anak jalanan ya kak
    Dulu saya tipe anak rumahan, jarang sekali keluar dan bergaul ke luar rumah. Setelah selesai sekolah, mencari peruntungan di ibu kota, saya pun belajar rasanya jadi anak jalanan, feel free sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena dari kecil udah sering diajak jalan-jalan jauh jadi udah terbiasa mungkin ya.
      meskipun awal awal pas jalan sendiri, pas udah gede, agak takut juga awalnya

      Delete
  2. Anak jalanan versi mba ainun mah seru karena melipir kemana2 😁😁... beda lahh kalau dibandingin sma yg demen balap liar, dan mabuk2an nggk jelas.. hehe.

    Ya ampun mba saya kok gedek amat bacanya yg mba diperlakuin gtu di terminal bungurasih.. kurang ajar bnget, nggak ada sopan2nnya..

    Kalau saya mungkin versi kebalikan dari mba ainun.. hehe. Semisal ada libur panjang yah sebisa mungkin saya habisin dirumah. Butuh effort lebih buat temen saya bikin saya mau keluar dari rumah.. haha.. tapi akhir2 ini lagi srring melipir kemana2 kalau lagi libur kerja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. balap liar tapi tetep menaati aturan kan ya mas bay, eh bentar emang ada balap liar yang menaati aturan ya :D
      pokoknya tau dimana batas keselamatan diri aja gapapa mas bay, bisa jaga diri gitu
      hehehe mabuk mabukkan pake sirup anggur manis yang biasa dijual di depan SD bukan ya hehehe

      iya mas bayyy, orang orang diterminal yang calo calo gitu suka nya kadang bertindak nggak beres, paling sebel kalau ketemu yang beginian

      hahahaha usaha temennya kalau sampe berhasil bawa mas bayu keluar rumah perlu diacungi jempol
      sejak corona kalau ada libur agak panjang, sekarang ini aku juga sering dirumah, kecuali ada ajakan yang menarik hahaha #tetep

      Delete
  3. wow kak Ainun! Super sekaliiihh... Aku ga berani pergi sendiri-sendiri kalo belom tau persis kotanya kaya apa. Jadi kalo sudah tau, aku oke-oke aja berangkat sendiri. Misal dari karawang ke Bandung. Ato dari Karawang ke Jakarta. Itu no problemo buat saya jalan sendiri karena sudah kenal kota Jakarta dan Bandung itu seperti apa. Tapi kalo ga pernah dijambangi sebelumnya, agar horor juga berangkat sendiri hahaha

    itu keluarga sampe segitunya ya kak Ainun. Saking kak Ainun ga pernah di rumah jadi pada bingung kalo sekalinya kakak ada di rumah hihihi lucu ugaa. 🤭

    Ih astaga kak! Itu calo kurang ajar banget!!!! Minta dikemplang huh!!! 😤 Aku juga pernah loh kak pas lagi di elf dari jkt ke karawang, cowo yang duduk di belakang aku masa usap-usap kepala aku mba!!!! 😱 Saat itu aku pake hoodie, tapi kan tetep kerasa ya ada yang pegang. Aku langsung omelin dan untungnya dia ga ngusap lagi. Keseeel abiissss. Tapi dalam hati aku takut juga kalo semisal dia ngikutin akuuu 😫 Untungnya dia turun duluan daripada aku. Huft.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nekat ya mba frisca aku hahaha, aku juga bingung mbak
      hahaha kebiasaan jarang dirumah soalnya mbak, jadi pas ada libur panjang biasanya memang jalan kemana gitu, jadi pas sekalinya ndekem dirumah, sodara sodara pada heran wkwkwkwk

      mba frisca padahal naik elf ya, kapasitas penumpang elf biasanya nggak banyak, dan berani beraninya tuh cowok usap usap kepala, mengambil kesempatan dalam kesempitan tuh mbak.
      emang ngeselin ya kalau nemu orang yang "berani" bertindak kayak gini, pengen lempar apa aja gitu rasanya hahaha

      aku punya temen yang berani mbak, cewek ni, pas naik kendaraan umum juga, puhhh langsung dihajar sama temenku ini :D

      Delete
    2. top markotop deh buat kak ainun!!! Jarang loh ada yang mao solo traveling. Apalagi cewe.

      iya elf tuh kapasitas ga banyak. Eh dia berani-beraninya kaya gitu. Penumpang lain pun diem-diem bae pula ga negor doi huhuhu

      wow dihajar pake bogem gitu mba? wow sungguh berani

      Delete
    3. iya mba Frisca, dibogem sama temenku :D
      emang temenku ini keliatan pendiem, kalau belum kenal, tapi kalau ada yang bertindak nggak menyenangkan ke dia, bisa dibales juga, apalagi kalau sampe main fisik

      Delete
  4. Seru banget petualangan mbaa Ainun jadi anak jalanan, melipir kesana kemari dan bakal selalu jadi pengalaman berharga yaa mbaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. modal "nekat" kayaknya mbak :D
      perlu keberanian juga buat jalan sendiri mbak
      yess ada cerita seru dibalik perjalanan itu sendiri dan kadang nggak selalu sesuai sama rencana, tapi untungnya selalu ketemu orang orang baik di luar sana

      Delete
  5. Boleh percaya boleh ngga, kak .., aku pun sama dapat julukan begitu sama keluargaku, haha 😆.

    Dari kesukaanku kelayapan, suka pakai celana jeans sobek-sobek, kadang pergi cuek pakai sandal jepit jugaaa ... sering naik motor pakai celana pendek yang kependekan sampai paha kliatan sampai atas, itu semua ... beda banget sama adik2ku yang rapi jali tampilannya.
    Sampai mamaku sudah jadi males negur aku lagi, wwkkkk 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha pake celana sampe keliatan paha ini wowww banget, jarang lho ada cowok yang beginian dan perginya pas yang rute jauh jauh
      kak hima emang dabest dah hahaha

      Delete
  6. kalo kata almarhum Chrisye, anak jalanan kembang metropolitan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh ini lagunya yang agak agak lupa aku
      ada kan ya kayaknya hahaha, aku beneran lupa mas zam

      Delete
  7. Halo, Mbak Ainun, apa kabar? Wow, rumah online0nya baru nih. Cakeeeep deh :) Btw anak jalanan versi mbak ainun mah asyik, jelong2nya seruuuuu. Seneng ya ketika lagi ada di suatu tempat malah bisa mampir ke rumah orang yang ga dikenal. Sekadar bersantai sebentar atau bersilaturahmi dadakan hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii mbakk, kabar baik aku
      hehehe gimana gimana tampilan rumah onlineku sekarang mbak, agak sedikit fresh ya
      etapi punya mbak nurul juga fresh dengan tampilan barunya

      nahhh iya mbak, aku ga nyangka kalau pas jalan diluar kota terus malah ditawarin main dan dijamu dengan baik, jadi berasa ketemu sodara sendiri gitu

      Delete
  8. Kalau anak jalanan versi Mbak Ainun keren menurutku. Soalnya bisa melihat banyak tempat baru, bertemu banyak orang baru, mengalami banyak pengalaman seru. 😆

    Kalau aku sejak kecil merupakan anak rumahan, Mbak. Sebagian besar waktu di dalam rumah. Jadi agak kurang gaul gitu. 😣

    Ngomong-ngomong minal aidzin wal faidzin ya, Mbak Ainun. Aku minta maaf banget kalau di sepanjang aktivitas aku ngeblog secara tidak sengaja menyakiti hati Mbak Ainun. 🙏🏽😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii mbak Roem, maaf lahir batin juga mbak Roem, mulai dari nol lagi ya hehehe

      kebetulan aja waktu kecil dulu kok ya Bapak juga sering kesana kemari, jadinya sering diajak dan udah terbiasa akhirnya sampe sekarang ya

      tapii sekarang mba Roem mah anak gaul kekinian dan update soal per-skin care-ran hehehe, aku banyak tau dari mbak Roem

      Delete
  9. maaf lahir bathin juga mbak nun..

    mba, dulu aku pas di rumah yang aturannya kayak anak pingitan, pengen banget bisa jadi anak jalanan, yang bisa liar berjeliaran kemana aja tanpa ada yang melarang. Pas udah kuliah di jogja, kerasa sih awal-awal tahun kuliah pengennya jalaaaaan mulu. Ini lebih ke pelampiasan sih ya. Cuma seberani mbak nun yg jalan2 sampe ke luar kota naik angkotan umum sendirian itu malah pas dulu aku ngga pernah nyoba, pengennya ada barengannya. haha, cemen sekali daku yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu waktu SMA udah lumayan sering kluyuran sebatas temen sekolah aja, terus pas kuliah di luar kota waduhhh mainnya jauh jauhh, kadang main ke rumah sahabat di kota kabupaten. apalagi waktu kuliah bawa motor sendiri, bebas mau kluyuran kemana aja

      dan soal keberanian aku naik angkutan umum, mungkin karena dari kecil pernah diajakin naik bis, jadi hapal dan ada memori disana,kudu begini begini kalau diterminal, terus pas udah gede jadi udah paham dan ati ati apalagi kalau berada di terminal yang asing.

      Delete
  10. MBa, jadi inget nih baru aja sabtu kemarin rekan kerja nikah dan cerita ketemu suaminya itu gegara jadi "anak jalanan" kek mba alias travelling gitu alhamdulilah yah hehe...seru ya mba bisa puas2in ke sana kemari smg sehat sll dan dilindungiNya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. jodoh nggak bisa ditebak ya mbak hehe
      aminnn doa terbaik juga buat mbak Herva

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang