Review Menginap di Kertanegara Premium Guest House Malang

penginapan malang


Di Malang ada satu penginapan yang sudah saya incar dari lama, bukan hotel namanya tapi penginapan ini menyebut dirinya lebih ke konsep Guest House. Saya sendiri nggak paham kenapa diberi embel-embel Guest House.

Sebut saja namanya Kertanegara Premium Guest House, kalau dilihat dari website travel agency, penginapan ini bertaraf bintang 3. Wish list menginap disini sudah sekian tahun, mungkin waktu dulu masih tinggal di Malang, saya sudah nggak asing dengan bangunan ini dan memang sering banget lewat Jalan Semeru. Jadi waktu lihat bangunannya, kok ya menarik, homey gitu kesannya.
hotel di malang


Kebetulan beberapa waktu lalu ada urusan ke Malang dan bisa menginap, biasanya jarang banget menginap kalau memang nggak ada urusan penting. Setelah bimbang mau menginap di Swiss Bell In, Hotel Aria Gajayana atau Kertanegara, akhirnya pilihan jatuh ke Kertanegara. Daripada penasaran nggak terselesaikan.

Welcome to Kertanegara Premium Guest House
Lokasi penginapan Kertanegara ini terbilang sangat sangat strategis banget di tengah kota Malang, dekat dengan perpustakaan kota Malang dan kawasan jalan Ijen, dekat juga dengan Mall Olympic Garden. Tapi kalau jalan kaki ya berasa dari hotel ke Mall Olympic Garden.

Saya booking hotel melalui aplikasi Traveloka dan kebetulan kok ya ada promo diskon, jadi saya hanya membayar sekitar 220 ribu.

Saya sendiri heran kenapa dengan santainya bisa booking disini, karena harga segini nggak ada breakfast. Semua tipe kamar yang ada di Kertanegara nggak ada fasilitas breakfast. Balik lagi ke alasan karena penasaran model daleman hotelnya.
hotel di malang


Proses check-in termasuk cepat, sepertinya kedatangan saya memang ditunggu-tunggu *sokPede, karena pagi harinya memang saya telpon hanya untuk menanyakan apakah bisa titip tas dulu atau kalau memungkinkan minta early check-in gitu.

Ternyata nggak ada masalah, karena kedatangan saya di jam 12.30 dan kamar sudah ready kata pegawai resepsionis pagi harinya.

Ruang Tidur Kertanegara Premium Guest House
Lokasi kamar saya berada di lantai 1, hanya beberapa meter dari meja resepsionis yang hanya dipisahkan dinding penyekat. Dan menurut saya, kebersihannya oke punya plus rapi jali penataannya. Nuansa kamar simple dan memang nggak banyak ornament juga di dalam kamar.
hotel murah di malang

penginapan malang


Jadi, ada apa saja di dalam kamar?

Oke, dari pintu masuk, di sisi kanan sudah berdiri sebuah meja dan kursi empuknya, plus colokan listrik, cocok buat yang mau laptop-an gitu, seperti saya. Di sisi kiri ada sebuah lemari dengan ukuran cukup besar dan saya dibuat kaget dengan adanya hair dryer di kamar ini. Saya kira tipe kamar yang Standart ini nggak bakalan ada hair dryer. Lanjut masih di dalam lemari, ada juga safety box.
ruang-kamar-kertanegara-premium-guest-house


fasilitas-hotel-kertanegara

kamar kertanegara

menginap-murah-di-malang


Kemudian di samping meja, ada sebuah televisi dengan ukuran sedang dan channel tv yang nggak terlalu banyak.
Di dekat dengan pintu kamar mandi, terdapat ambalan yang berisikan teko listrik, gelas, 2 botol air mineral dan fasilitas membuat kopi atau teh seperti biasa.

Bathroom
Ukuran kamar mandinya nggak terlalu luas. Dari pintu masuk sudah disambut dengan wastafel lengkap dengan toiletries standart, seperti sabun cair, shampoo, sabun batangan, sikat gigi dan handuk.

Antara shower room dan bagian wastafel atau space kamar mandi kering tadi hanya dibatasi dinding kaca pemisah. Sayangnya nih, lantainya nggak ada batasan pemisah yang agak tinggian, jadi kalau sehabis mandi airnya suka keluar dari ruangan shower tadi. 
fasilitas-hotel

fasilitas hotel malang

penginapan-murah-malang


Meskipun disediakan keset di dalam kamar mandi, rasanya antara kamar mandi basah dan kamar mandi kering nggak ada bedanya. Jadinya tetap saja basah.

Jaringan Wifi
Nahh, nggak lupa juga buat cobain seberapa kuat wifi di Kertanegara Premium Guest House ini. Sewaktu check-in di awal, resepsionis akan memberikan username dan password sesuai kamar masing-masing. Jadi password tiap kamar nggak akan sama.

Awal-awal menghubungkan hape atau laptop dengan wifi kamar, masih cukup oke kekuatan sinyalnya. Lumayan lah.

Setelah satu jam-an, saya merasa kok sering putus sendiri, kadang lemot juga, jadi cukup sering buat login dari awal lagi. Lama-lama capek juga kalau terus-terusan login hahaha.

Area Keseluruhan
Untuk area lobby hotel, sebenarnya nggak terlalu luas banget. Di bagian ruang tunggu hanya ada beberapa kursi dan sebuah televisi dengan ukuran besar. Dan masih di lantai 1 terdapat juga pantry atau kantin kecil, sayangnya waktu saya kesana, café kecil-nya tutup terus, mungkin karena bulan puasa.
hotel di malang

hotel di malang


Untuk halaman di hotel ini cukup luas, ketika saya menginap nggak terlalu banyak juga terlihat mobil parkir, biasanya tiap lewat Jalan Semeru selalu penuh dengan kendaraan.

Oya, Kertanegara Premium Guest House ini mendapat rating yang bagus untuk rekomendasi hotel di booking.com, agoda.com atau di Trip Advisor. Dan memang sih pelayanannya oke punya, pegawai yang ramah dari bagian resepsionis sampai securitynya.

Menginap di Kertanegara akhirnya bisa membuat rasa penasaran saya hilang. Wish list berkurang satu. Apakah selanjutnya akan menginap disini lagi? 

Tergantung sih, kalau ada urusan di sekitaran Jalan Semeru mungkin bisa jadi iya atau pindah ke Hotel Aria Gajayana yang juga nggak terlalu jauh dari Jalan Semeru.

Kertanegara Premium Guest House
Jl. Semeru No. 59
Klojen, Malang






Comments

  1. jaamn pandemi gini memang paling enak ke hotel baut cari suasana baru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. staycation ya mbak, tapi tetep memperhatikan prokes mbak

      Delete
  2. suka liat design motif anyaman di tembok lobbynya. kesannya adem & rustic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba Mila, semacam modern berpadu sama tradisional. cakep

      Delete
  3. Interiornya terkesan minimalis modern gitu ya, Mbak Ainun. Tapi ada kesan tradisionalnya juga gara-gara ada sentuhan anyaman-anyamannya gitu. 😍

    Tapi kalau aku gak ada breakfast pun gak masalah. Soalnya kalau keluar kota niatnya emang wisata kuliner. Kalau ada breakfast malah gak ada alasan buat cobain menu sarapan khas daerah setempat, Mbak. Hehehe. 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Roem interiornya minimalis bin modern, alias simple ae.
      kadang aku juga mikir begitu mbak, kalau misal di hotel nggak disediain breakfast, niatnya memang mau nyari sarapan di luar, itung itung kulineran. Jadi untuk mengganjal perut dipagi hari, beli dulu snack atau roti buat dibawa ke hotel

      Delete
  4. satu yang gw perhatiin ruanganya bersih mbak, jadi tambah nyaman nginepnya ya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess bener banget mas Khanif, aku juga suka liatnya, bersih gitu

      Delete
  5. Que legal, os banheiros dos quartos de hotéis aqui não tem esses cosmeticos, se não me engano tem apenas sabonete, creio...o hotel parece bem bonito e arrumado, ah, fiquei curiosa com o mês do jejum, o que é?
    Beijos flor!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrigado pela visita.
      O hotel parece muito limpo e eu gostava de ficar aqui.
      A maioria dos hotéis na Indonésia oferece produtos de higiene pessoal, embora sejam apenas padrão.
      O mês de jejum é o mês do Ramadã para os muçulmanos

      Delete
  6. Pegawai yang ramah itu mutlak sekali. Aku pernah ketemu yang gak ramah dan itu sangat tidak nyaman hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan rasanya pengen ga balik lagi buat nginep disana ya mbak. Tapi kadang sayang apalagi kalau pas emang hotelnya secara keseluruhan bagus dan nyaman, cuman gara gara satu karyawan yang nggak ramah jadi bikin bad mood

      Delete
  7. Aku suka interiornya yg modern tp tidak menghilangkan kesan tradisonalnya. Toiletersnya lumayan lengkap, kamar juga ga sempit2 amat, untuk harga 220 menurut aku ini terjangkau banget mbak Ainun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Meta kamarnya luas menurutku ini, biasanya kalau sempit mau jingkrak jingkrak juga nggak bisa :D
      toiletries lumayan juga menurutku,meskipun standart ya dan secara keseluruhan interior disini minimalis tapi terlihat nyaman

      Delete
  8. Wah pas dapet yang promo tapi hasilnya tetap memuaskan ya mba. Dan aku suka desain interior hotelnya, kayu modern gitu menambah kesan mewahnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ulfah, aku nggak nyangka pas masuk kamarnya cukup luas dan bersih, padahal aku cuman bayar 200ribuan. pegawainya juga ramah ramah. Dan interior kamar dominan kayu warna cerah jadi mungkin terliat clean gitu ya

      Delete
  9. Ini mahh bagus banget.. Hotel di Kota aku tinggal Nett 500k + Breakfast permalam bagusnya nggak kaya gini.. Ini buagusss bangettt.. :D
    ntar kalau jadi ke Malang. nginep sini aja kali ya... hehe Terimakasih Btw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, apa rata rata di kota kak Bayu 500K ratenya? mungkin itu hotel yang berbintang banyak ya hehehe
      iya kak Bay, kan katanya mau ke Malang kan, semalam nginep sini bolehlah

      Delete
  10. Itu lagi ada promo diskon harganya 220ribu kalau lagi ngga ada promo diskon biasanya harganya berapa, mbak? Saya ada rencana mau ke Malang kali aja kalau harganya cocok bisa nginap di Kertanegara Premium Guest House ini walau belum tau kapan pastinya mau ke Malangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan potongan harga yang aku dapet pas lagi ada promo di traveloka, jadi aku pake kuponnya. Biasanya di traveloka ada bagian promo tertentu, bisa dicoba utak atik aplikasinya mas Herman.
      harga normal kayaknya 250an, nggak selisih jauh, karena waktu aku dapet potongan kupon 30ribu aja

      Delete
  11. Terima kasih banyak loh ini infonya bermanfaat banget Mba. Di keep dulu Gues house nya biar enak kalau ke Malang engga bingung lagi nginep dimana hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Adit, kalau ke Malang cerita cerita juga ya :)

      Delete
  12. Duh, memang beneran premium sih ini mbak. Bisa aku masukin list nih kalo liburan ke Malang, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe premium yang harganya bener bener terjangkau mbak, aku akhirnya nggak penasaran lagi sama hotel ini

      Delete
  13. Pengen liburan ke Malang, sebelum pandemi udah nargetin (meski ngeceknya penginapan murah), eh keburu karantina terus psbb.

    Di harga segitu, worthed banget lah, semoga kesampean deh diongkosi kantor atau ada giveaway hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kadang yang udah kita rencanakan bisa kepending juga ya mas. Apalagi pas pandemi kayak gini, nggak nyangka banget kalau efeknya sampe kayak gini, dan selama ini pula.
      aminnn semoga nanti ada perjalanan dinas dari kantor ke Malang ya hehe

      Delete
  14. Wahhhh hotelnya mevvah dengan interior yang classic modern gitu ya, suka banget sama dindingnya berasa kek anyaman banget gitu. Berarti nitip tas sekaligus foto-foto nih wuehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Andrie classic campur modern terlihat oke juga diliatnya
      jadi kemarin nggak jadi nitip tas, tapi udah langsung dibolehin check in awal

      Delete
  15. Mba, cakep banget iya interiornya.. aku suka. Keliatannya teduh n nyaman..
    Pan kapan klo udah balik, n yg penting si koronces ini udah gak serem2 amat, aku n fams pengin ke hotel ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak Feb, nyaman kayak berasa dirumah suasananya menurutku
      boleh tuh mbakk dimasukin ke list dulu Kertanegara ini

      Delete
  16. wah sangat terjangkau setelah ada diskon nih mba ainun...jadi 220 ribu saja. Untuk bintang 3 kupikir lumayan juga ya, cukup comfortable dan bersih, pelayanan juga ramah. Ngliat lantainya kinclong banget. sehari ngaso di sini pewe kali ya...walai tetep sih kalau channel tipi kabel di kebanyakan penginepan cukup terbatas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Nit, ruangan kamar dan keseluruhan hotel lantainya kinclong, rajin dibersihin kalau area luar kamar kayaknya.
      bener tuh mbak, setengah harian ngadem di kamar enak banget hahaha, lahh pewe eh hahaha

      iya ya mba rata rata kalau TV udah nggak perlu pasang expetasi terlalu tinggi, palingan kalau aku jarang banget diliatnya

      Delete
  17. Aku juga sebel kalo Nemu kamar mandi yg shower room Ama ruangan keringnya ga ada sekat di bawah, JD airnya tetep aja ngalir ke ruangan yg seharusnya kering.

    Sbnrnya tempatnya oke banget ini, sayang kalo WiFi ga lancar ya mba :D. Kalo nginepnya bentar mungkin aku ga masalah. Tp kalo staynya lama, aku bakal milih tempat lain sih.

    JD kalo mau sarapan hrs bayar lagi, ATO hrs cari di luar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh kan, jadi becek kan mba kamar mandinya
      kok ya pas aku nginep sana wifinya nggak begitu lancar, cukup sering log out-log in ulang, lama lama capek juga hahaha
      karena sehari semalam masih oke nginep sini, dan bener kata mba Fanny, kalau mau stay lama dan mungkin wifi hotel juga jadi salah satu point, mencari hotel lain juga bisa dipertimbangkan

      untuk sarapan bisa dipesan di hotelnya mbak, tapi bayar terpisah dari harga kamar yang di pesan melalui OTA tadi

      Delete
  18. Wah untung lagi ada diskon di Traveloka jadinya menginap di Kertanegara premium guest house jadi murah ya mbak, cuma bayar 220 k saja.

    Tempatnya bagus ya, soalnya bintang tiga, cuma sayangnya WiFi nya putus nyambung kayak pacaran aja.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha putus sambung kalau tetep cintah kayaknya iya aja ya wkwkwkwk

      betul mas Agus, kebetulan kemarin pake kupon potongan harga, ya lumayan lah hahaha

      Delete
  19. tempatnya bagus keliatannya. desainnya minimalis,saya suka banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Arief, tempatnya cukup bagus dan nggak terlalu banyak ornamen juga plus nyaman

      Delete
  20. Astagaaaa, komen saya kagak ada yang nyangkut ya.
    Ada apa dengan laptop ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh tuh kenapa si laptop mbak, minta istirahat bentar mungkin mbak

      Delete
  21. Ada nuansa tradisional ya di furniture ruang lobbynya. Kamarnya lumayan besar ya, dengan harga 200 ribuan. Sayang wifinya kurang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Nanik di bagian lobby ada tambahan kursi rotan dan dinding anyam, jadi terlihat cukup cantik juga
      untuk kamar cukup luas ini mbak dan bersih. sayangnya itu si wifi suka ngadat aja

      Delete
  22. Keren mb hotelnya, nyaman dan cocok untuk liburan keluarga, nyaman sekali dengan segala fasilitas yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Yuniar, buat tempat menginap sekeluarga oke juga hotel ini

      Delete
  23. patut namanya premium guest house.. memang fasilitasnya udah premium bukan guest house pada umumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya mas Kornelius, pantesan dia ngasih tambahan nama Premium, dari segi kamar, pelayanan memang keren
      tempat juga bersih.

      Delete
  24. Tempatnya nyaman banget ya, meski setara bintang 3, tapi ini sih udah keren banget. Kebanyakan penginapan seperti guest house, koneksi wifinya memang masih kurang joss. Pengalaman saya begitu terus. Kadang suka kesel sendiri, saking lemotnya internet hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mas Hendra, hotel Kertanegara ini cukup nyaman dan lumayan bagus juga.
      berarti besok besok kalau aku mau nginep ke sebuah guest house, aku akan cek lagi soal wifinya, apa mungkin hotelnya memegang prinsip hemat, jadinya kecepatan internet ya ikutan "hemat" juga hehe

      Delete
  25. Malang, saya pernah ke sana, tahun 2015 kalau tidak salah, ke tempat adik saya. Namun, hanya ke kebon binatang Jatim Park, belum sempat jelajahi semua sudut kota Malang. Apalagi guest house yang satu ini. Tapi, setidaknya, bagi yang ingin liburan ke Malang, singgah saja di guest house yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama banget ya mas Rizky ke Malangnya. Apalagi sekarang banyak tempat baru di sana, baik itu tempat wisata atau tempat makan.
      nahh kalau ke Malang lagi, hotel ini bisa dijadikan alternatif menginap juga mas Rizky

      Delete
  26. Seperti city hotel gitu ya mba. Minimalis, tapi tetap apik dan nyaman buat tamu. Kenapa namanya guest house ya? Mungkin untuk mempertahankan kesan sederhana, tapi tetap masuk bucket list penginapan di Malang yang wajib dipertimbangkan tamu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Mut, mirip kayak city hotel
      dan aku kira dibuat nama guest house biar terkesan terjangkau dan sederhana juga

      Delete
  27. Wah .... Membaca dan melihat fotonya saja terasa adem. Terima kasih ulasannya Mbak. salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  28. dulu, konsep "guest house" setahuku yang menyewakan satu kamar lengkap dengan ruang tamu, dan sebagainya.. semacam paviliun.. sekarang kayanya makanya dah bergeser.. karena kalo dipikir, "guest house" kan juga bisa berarti "rumah tamu".. rumahnya tamu..

    dengan harga Rp 220.000 menurutku cukup oke sangat, meski tanpa sarapan.. karena kadang aku lebih suka cari sarapan di luar kalo pas lagi traveling..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh iya mas Zam, di kotaku juga ada yang konsep seperti itu, guest house itu ya satu rumah, entah ada ruang kamar berapa, terus fasilitas dapur. Masih ada sampe sekarang
      kalau ini mungkin hotel tapi dibuat namanya biar lebih membumi kali ya hehehe

      Delete
  29. Terimakasih info guest house ini, kak.
    Aku suka sama letaknya yang strategis di pusat kota, jadi kalau ntar ke Malang bisa jujug ke beberapa lokasi sekaligus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. horeee kabar kabar ya ke Malang, kali aja bisa pas gitu waktunya hehehe

      Delete
  30. wah sangat di rekomendasikan banget ini guest house di daerah malang bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaka, harga terjangkau dan lokasi deket juga dari daerah Ijen yang biasa dijadikan lokasi CFD

      Delete
  31. Cukup terjangkau ya harga segitu untuk 1 malam, next saya mau cobain juga kalo lagi plesir ke Malang. Semoga nanti pas ada diskon juga dari Traveloka ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak, kudu rajin buka aplikasi travel ya biar ga ketinggalan

      Delete
  32. wah tempatnya bagus, murah juga ya harganya mbak. nyaman banget keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, lokasinya bersih juga, kamar bersih, terus terjangkau

      Delete
  33. Aku belum pernah ke Malang, kalau nanti ada kesempatan ke sana, Kertanegara Premium Guest House bisa jadi pilihan tempat menginap ini, harganya juga ok banget, semoga nanti juga masih promo ya :) makasih reviewnya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Endah, semoga nanti ada kesempatan ke Malang juga ya
      terus jangan lupa ceritanya mba :)

      Delete
  34. Aku kok masih bingung dengan penyebutan premium guest house ya kak? bisa dibantu dengan penjelasannya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nama dibuat guest house biar terkesan sederhana, tapi dia juga nggak mau disebut sederhana yang terlalu biasa ya, jadi ada kata-kata premium biar lebih wah gitu.

      Delete
  35. MALANGGGGGG kota kesayangan saya dan istri.. Cakep ni guest housenya kak... Belum pernah sih kami nginap di area jl. Semeru, kapan-kapan pas kesana bisa lah dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas Arie, kota malang juga kota kesayangan aku, rasanya kayak hometown buat aku
      yess kapan kapan bisa dicobain nginep sini juga mas Arie

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang