Program TV Lokal Rasa Ensiklopedia

tayangan tv lokal


Saya termasuk jarang menonton TV dirumah, karena seringnya dikuasai adik, kecuali untuk tayangan berita yang memang heboh disiarkan saat itu.

Biasanya untuk tayangan dengan genre traveling, kuliner atau semacam ensiklopedia, saya masih suka nonton, meskipun nggak selalu melalui tayangan televisi.

Dulu tiap jam istirahat kantor, saya cukup sering balik ke rumah untuk makan siang dirumah dan disela-sela jam istirahat itu, saya menonton tayangan televisi yang cukup menghibur seperti Si Bolang hahaha.

Jadi saya ingin cerita mengenai program televisi yang menurut saya membuat saya lebih “pintar” dikit gitu.

Laptop Si Unyil
Waktu tahu ada tayangan Si Unyil hadir kembali di televisi, seneng dong ya, memori masa kecil muncul lagi pastinya. Tapi kemasan Si Unyil yang sekarang ini lebih ke informasi pengetahuan. Dan benar saja, sejak nonton tayangan Laptop Si Unyil, saya menjadi setingkat lebih pintar dari hari sebelumnya wkwkwk

Soalnya, pernah terlintas di kepala, misalnya “gimana sih cara nge-packing wafer batangan ke dalam wadah toples bisa serapi itu”, gimana sih masukin cairan handbody kok bisa sama rata isinya” dan banyak pertanyaan-pertanyaan absurd lainnya.

Di konsep tayangan Laptop Si Unyil ini, berita yang diberikan memang nggak biasa, isinya daging semua. Dari soal produksi makanan sampai teknologi.

Apalagi ketika Tim produksi Laptop Si Unyil melakukan shooting di luar negeri dan berkunjung ke banyak pabrikan di sana. Semacam mendapatkan ilmu ensiklopedia versi digital.

Ragam Indonesia
Tayangan program televisi dengan judul Ragam Indonesia ini bisa membuat saya bangga jadi Warga Indonesia. Gimana enggak, selama ini pengetahuan saya soal budaya, kuliner di negara sendiri ternyata masih cetek. Di program ini, banyak banget dihadirkan berita soal kuliner seperti salah satunya yaitu nasi cikur, yang saya sendiri nggak pernah dengar.

Nggak hanya memberikan informasi soal kuliner saja, tetapi juga tayangan soal wisata di seluruh daerah di wilayah Indonesia. Emang ya kalau kerja di stasiun televisi bagian produksi begini, kudu pinter ambil angle gambar, biar bikin yang nonton makin ngeces gitu.

Hijab Traveling
Tontonan serba traveling yang membuat saya cukup kagum adalah Hijab Traveling yang pernah tayang di Trans 7. Kagumnya karena yang jadi hostnya adalah seorang blogger Indah Nada Puspita yang pernah tinggal di Jerman. Sebelum saya tahu ada tayangan program televisi yang dia bawakan, saya sudah lebih dulu tahu si Indah ini dari blognya.

Si Indah Nada ini sebelas dua belas sama Diana Rikasari, punya keunikan masing-masing di style dan blog mereka. 

Sebagian besar tayangan program acara Hijab Traveling ini memberikan informasi wisata di luar negeri dan yang pasti nggak ada destinasi yang jelek, alias semuanya bagus-bagus.

Sayangnya, tayangan Hijab Traveling saat ini sudah nggak ada dan sepertinya Trans 7 memberikan alternatif program lain yaitu Keliling Dunia.

Sekarang karena sudah jarang nonton televisi, biasanya kalau lagi senggang, bukain youtube buat nonton Si Unyil, lumayan menghibur juga.

Teman-teman ada tontonan apa nih yang disuka? Saya mau kepoin juga dong.



Comments

  1. Wuaaah sudah lama saya nggak lihat TV Indonesia, dulu lumayan sering dengan lagu pembuka Laptop si Unyil sama Bolang hahahaha.

    Terus lumayan sering lihat Jejak Petualang. Kalau sekarang sudah nggak pernah. Menurut saya, Bolang dulu keren banget, banyak informasi saya dapat dari sana, dan serunya, mungkin karena host-nya anak-anak jadi lebih mudah dicerna 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ada Laptop si Unyil, sepertinya aku lebih sering nonton Jejak Petualang, dari yang waktu itu hostnya Riyani Djangkaru, acara tv travel legend kayaknya ini hehehe
      sekarang acara Laptop si Unyil sama Bolang ini tayang siang jadi sudah nggak pernah nonton tv juga siang-siang.

      Iya mbak Eno, waktu nonton Bolang ini, aku jadi tau nama desa atau daerah yang belum pernah aku denger, terutama yang di pelosok pelosok, dan meskipun desanya jauhhh banget di pelosok tapi keindahan alamnya kerennnn
      sampe terpikir enak ya kalau kerja di bagian produksi lapangannya begini, bisa jalan jalan hahaha

      Delete
  2. Saya suka banget tuh mba sama laptop si unyil, bukan karena masa kecil kurang bahagia sih,..wkwkckk,..tapi kebih kepada informasi yang di sajikan, banyak ilmu bermanfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu mas Kuanyu. Di Laptop si Unyil ini isinya pengetahuan semua ya. Informasinya dapet banget pokoknya

      Delete
  3. Aku sebenernya jg udah lama ga nonton tv mbak, hehee..
    Laptop si Unyil paling suka ditonton. Kalo ga salah itu pertama kali tayang waktu aku masih SD nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sekarang tontonannya streaming terus ya mas Do, atau yutuban atau liat dari aplikasi nonton tayangan yang lebih bervariasi genrenya.

      Delete
  4. Udah lama banget nggak nonton TV. Terakhir nonton TV tuh ya tv kabel, biasanya nonton acara kuliner aja random. Hmmm, acara tv favoritku terakhir apa ya? kayaknya yang ada video klipnya, karena dulu aku suka banget nonton MTV...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama buanget ya mba Mega :D
      aku terakhir nonton MTV waktu sekolah dulu, terus udah ga pernah lagi, malah lebih sering dengerin radio untuk update lagu-lagu baru.
      kadang kalau kita ditanya acara tv favorit apa suka bingung ya mbak, soalnya juga jarang banget nonton tv dan nggak tau program tv apa aja sekarang

      Delete
  5. hahahaha, udah lama banget saya nggak nonton TV, kalau nonton, saya lebih suka film sih meski bete dengan iklannya hahaha.
    Tapi kadang kalau saya suapin si adik dan dia lagi rewel, terpaksa saya biarin dia nonton TV dan saya ikutan nonton kartun hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kartun udah paling aman ya mbak, apalagi kalau sama anak kecil, yang gede kudu ngalah.
      Malah bisa bisa seharian yang disetel kartunnnnn. Kayak di rumah keponakan aku mbak, TV dikuasai sama si kecil, udahan deh yang gede ngga usah nonton nonton TV, ya masa mau saingan sama anak balita ya hahaha

      Delete
  6. Jujur, sejak kuliah, aku jaraaaaaaang banget nonton tv. Ngikutin acara TV bisa dibilang uda ga pernah. Tapi sesekali aku tau ada tayangan-tayangan menarik di TV kaya laptop si Unyil, si Bolang, Hitam Putih, dll.

    Nasi cikur itu yang pakai kencur bukan ya kak Ainun? Kayanya aku pernah dengar dan pernah nyicip juga deh nasi cikur di Bandung hehehe

    Kalo ditanya tontonan yang disuka, aku lebih ke series sih kak Ainun. Bukan reality show hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang ini intensitas nonton tv udah ga kayak dulu waktu masih remaja ya mbak, alias waktu masih zaman seragam sekolah.
      kesibukan sekarang udah nggak keburu waktu juga buat nontonin tv secara full

      sepertinya nasi cikur dari jawa barat ya mba, seingatku itu hehehe

      series kesukaan kak Frisca yang series film atau drama ya kak, kan ada tuh yang disaluran tv international kayak cerita series detektive misalnya

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang