Cerita Dibalik ainunisnaeni.com



Beberapa hari lalu dapat email pemberitahuan dari Qwords kalau bulan Februari sudah masuk masa tenggang perpanjangan domain. Nggak terasa sudah hampir setahun aja nih. Gara-gara email ini juga jadi kepengen flashback soal rumah maya saya.

Waktu Kang Satria membuat post soal blog ainunisnaeni.com ini, yang mana disebut kalau blog ini lahir di tahun 2009 dan saya yang punya blog malah nggak yakin hahaha. Pasalnya, sebelum saya paham soal broken link, beberapa postingan sudah saya hapus dan akhirnya menyesal.

Jadi gimana awal cerita kenal blog?
Begini, dulu sekitar tahun 2007 atau 2008 lagi ramai-ramainya toko online lewat website dan saya sempat kepikiran pengen buka usaha online juga tapi entah mau jualan apa juga belum terpikir. Saat itu, saya juga punya ambisi buat nerbitin buku novel sendiri, jadi saya rajin browsing soal penerbit seperti Bukune, Media Kita atau Gramedia.

Dan ketemulah sama sebuah buku karangan mbak Ollie Salsabilla yang setau saya hits juga waktu itu dengan judul “Membuat Toko Online dengan Multiply”. Duh apa kabar Multiply saya ya.


Makin dipelajari, fitur yang ada di Multiply ini kok bisa digunakan juga untuk membuat diary online. Jadinya di waktu bersamaan, saya beli juga buku mbak Ollie yang berjudul “Tak Tik Blog”

Waktu itu kepikiran bikin blog pribadi karena niat awalnya memang untuk sharing dunia perkulineran, jalan-jalan atau cerita-cerita personal nggak jelas saja dan ajang buat saling tukar cerita sama teman kuliah yang sudah pisah kota. 

Sampai pada akhirnya, saya memutuskan untuk membuat akun di blogger karena racun dari buku mbak Ollie tadi. Semua yang dibahas di buku mbak Ollie saya cobain satu-satu, dari ngasih tambahan musik, kemudian sampai sering gonta-ganti template blog juga.


Karena postingan Kang Satria, saya penasaran klik ulang di akun blogger, kapan pertama kali saya membuat akun disana dan ternyata tahun 2008. Sayangnya postingan tahun 2008 ya itu tadi, sudah saya hapus jejaknya.

Soal nama domain gimana?
Nah lho, setelah memutuskan untuk membuat akun di blogger, kali ini bingung dong bikin namanya apa. Waktu itu nggak terpikirkan sama sekali untuk menamakan blog pribadi dengan nama sendiri, maunya yang unik  dan beda dari kebanyakan orang. Jadinya nih, nama pertama blog saya adalah akuunique.blogspot.com. Dan tulisannya pun alay banget. Dulu mana tahu istilah alay sih ya, menurut saya oke, ya cuss buat.

Setelah sekian waktu menulis nggak jelas, teman kantor yang sama-sama punya blog, berpikiran mau ganti ke TLD. Makin tergoda saja, sepertinya kok terlihat lebih “keren” dan personal saja.

Untuk proses perpindahan ini, kita nggak pinter, jadinya minta tolong si alidabdul.com untuk membantu pengurusannya sampai ke pembayarannya. Dan akhirnya saya putuskan untuk mendirect alamat domain lama ke ainunisnaeni.com.

Setelah ganti alamat domain, nasib blog gimana?
Pertama, seneng dong alamat blognya sudah ganti nama hahaha #narsisModeOn. Waktu itu niatnya kudu rajin ngepost tulisan tapi apa daya kalau nulisnya saja tergantung waktu dan mood. 

Dan lebih parahnya lagi, sekitar tahun 2017-2018-an, saya sempat hiatus lama banget. Gilakkk, sampai nggak keurus itu domain dan mati lah. Tapi di waktu saya hiatus, saya tetap rajin blogwalking saja sesekali.

Awal tahun 2019 dengan hati ketar ketir, saya coba buka akun blog ternyata nggak bisa diakses, wasalam hahaha. 

Disitulah saya mulai cari cara untuk mengecek apakah akun saya masih bisa diaktifkan atau sudah dipakai orang lain sekalian mencari informasi soal hosting terbaru karena pengennya pindahan.

Dan sampai sekian tahun punya blog waktu itu, saya masih nggak paham bedanya hosting atau domain hahaha. 

Mau dibawa kemana blognya?
Nahh tuh dia, saya sendiri awalnya bingung juga dong. Waktu awal ngeblog, pokoknya saya mau semua-muanya serba traveling. Memang saat itu isinya kebanyakan traveling, kelayapan nggak jelas dan kadang review buku juga. Mau cerita soal pribadi kok nggak pede juga waktu itu.

Sampai sekarang, label di blog hanya ada 4 yaitu traveling, personal, daily story dan lifestyle. Beberapa label seperti personal atau lifestyle saja baru dibuat beberapa tahun terakhir. Agak nggak jelas juga kan labelnya hahaha

Kalau ngomongin soal kelayapan, saya akan memberinya label traveling. Dan kalau membahas kegiatan sehari-hari yang juga jarang saya tulis, diberi label daily story.

Kemudian kalau membahas hal-hal yang agak nyerempet ke pribadi dikit dikit atau pandangan pribadi, saya cap dengan label personal.

Terakhir, label lifestyle semacam gado-gado juga atau semacam postingan trend kekinian saja.

Saya sendiri dulu pegang kuat prinsip nggak mau menulis hal-hal lain selain traveling, makanya post saya juga nggak banyak banget waktu pertama ngeblog. Beralih cerita ke dunia lifestyle saja waktu itu saya mikirnya lamaaa banget, segitunya idealisme-nya seorang ainun. Tapi tetap saja ujung-ujungnya kalau soal branding blog, lebih dominan jatuhnya ke travel juga 🀣

Dan setelah sekian lamanya nge-blogging, saya senang karena saya yang bisa bertahan dibanding teman-teman dekat yang lain, yang nggak keurus lagi dunia blognya. 

Nggak salah kalau saya memutuskan untuk mempunyai blog pribadi karena dasarnya memang suka nulis plus akhirnya bisa kenal mbak mbak dan mas mas yang lagi baca blog ini juga, yang baik baik di seantero Indonesia bahkan luar negeri juga. 

Jadi, teman-teman pasti punya cerita seru juga dibalik blognya kan ya?

 

Comments

  1. Selamat ulang tahun buat blognya Mba Ainun yeaayy :D

    Aku pertama main ke sini tuh naksir berat sama headernya, sungguh cute sekaliiii dan langsung kebaca isi blognya yang dominan tentang travel. Ternyata Mba Ainun ngeblog di sini aja udah dari 2009an yaaa? Sempat ga bisa diakses pulaa blognya, untungnya bisa balik lagi yaaa?

    Beberapa tahun lalu tuh memang trend-nya blog itu yang ber-niche yaa? Katanya kalau blog lifestyle yang mana isinya campur-campur bakal kurang diminati. Tapi aku pribadi dari dulu selalu suka baca cerita-cerita yang personal, walaupun ada niche tertentu, kayak Mba Ainun tentang travelling, tapi kalau memang ditulisnya dengan personal, aku suka banget bacainnya.

    Semoga di umur blog yang baru, Mba Ainun semakin semangat ngeblognya, berbagi cerita-cerita yang seru, mau itu tentang travelling atau personal juga :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku seneng mengingat masa masa awal bikin blog dulu
      apalagi nggak nyangka udah sejauh ini perjalanannya
      hahahaha headernya maunya dibuat seolah olah "aku banget" mbak Eya, jadi ya ini jadinya :D
      kalau untuk buat akun di blogger, dari 2008 mbak, ada postingan pertama yang aku hapus, sedihnya belakangan hahaha

      iya mbak Eya, seandainya waktu itu nggak bisa dibuka kembali domainnya, kayaknya nyesel juga kenapa waktu itu nggak ngurusin perpanjangannya.

      yipiii aku harap begitu juga mbak Eya, bisa terus berbagi cerita buat seru-seruan, sharing juga :)

      Delete
  2. Waah, sudah sangat senior yaa mba Ainun dalam dunia per-blog-an ini. Saya aja baru mulai sejak 2018 akhir heehe
    2007-2008 itu saya masih SD loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha enggak lah kak Do, aku nggak senior. Kayaknya Pak Anton deh yang senior hehehe
      2018 rasanya kayak baru baru ini aja ya, tapi nggak terasa itu udah 3 tahun yang lalu padahal

      yang penting udah punya blog ya, nggak ada kata terlambat juga buat belajar dan utak atik dunia blog

      Delete
  3. Duh, jadi ingat pertama kali punya blog nih, Mbak 🀭. Dulu pertama kali aku punya blog pas MTs. Tapi gak bertahan lama. Belum sebulan bikin, blog nya udah aku hapus aja.πŸ™ˆ

    Terus SMA bikin lagi. Isinya ualay banget. Enam bulan kemudian aku baca, ndilalah aku gilo sendiri bacanya. Jadi langsung aku hapus lagi. πŸ™ˆ

    Yang terakhir ini aku bikin akhir 2018, Mbak Ainun. Gara-gara buat ngisi waktu. Soalnya setelah nikah, kami memutuskan untuk aku resign dan ngurus rumah aja. Tapi ngurus rumah kalau belum ada bocah kan agak nganggur juga πŸ™ˆ. Jadilah aku bikin blog. Tapi isinya gak jelas juga 🀣.

    Ngomong-ngomong semangat terus ngeblognya ya, Mbak Ainuuuuun. Biar pengetahuanku tentang tempat wisata lokal, terutama yang masih Jawa timur makin kaya. Cita-citaku kalau pandemi berakhir, aku pengen halan-halan ke tempat yang pernah Mbak Ainun ulas di blog, lhoooo. 🀩

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku mesem mesem ae baca cerita asal muasal nya mba Roem ngeblog, jadi nggak ada sisa jejak digitalnya ya mba yang awal awal banget dulu itu
      lahh aku penasaran baca cerita versi ualaynya mbak Roem kayak gimana, sampe gilo dewe gitu lho :D

      nahh yang tahun 2018 itu, apa blog mbak Roem yang sekarang ini kah? sekarang udah jago bikin cerita buat postingan malah menurutku hehe

      semangat juga buat mba Roem, hayuklahhh kita semua semangat pokoke wes yo
      Aminnnn semoga nanti bisa main ke tempat tempat yang deket deket aja dulu ya mbak

      Delete
  4. Woooow ternyata mba punya blog dari 10 tahun ++ laluuuuu, daebak 😁

    By the way, dalam ingatan saya, blog mba Ainun erat kaitannya dengan dunia travelling hehehehe. Dan saya sangat menikmati semua cerita perjalanan mba Ainun, which is banyak tempat yang saya nggak tau sebelumnya. Jadi saya berasa diajak jalan virtual 🀣 Doa saya sama kayak mba Roem, semoga mba Ainun semakin semangat menulis blog, especially tempat-tempat menarik di Indonesia 😍

    Dan selamat ulang tahun untuk blog mba Ainun, panjang umuuuuurrrr dan selalu bahagia *ownernya* πŸ₯³

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tapi berasa masih bayi aja nih blognya mba
      hehehe makasih mba Eno udah menikmati cerita cerita di blog aku ini
      aminn semoga nanti bisa explore banyak tempat dan bisa disharing juga pengalamannya di blog ini ya

      xixixi aku jadi malu kann, terima kasih ucapannya, bahagia juga buat mba Eno sebagai owner Creameno dan awet terus blognya hehe

      Delete
  5. Aku ingat banget masa-masa dimana blog yang kece itu yang pasang musik dan kursor warna-warni juga template yang lucu-lucu 🀣. Aku sempat pasang semua itu di blogku dan kalau diingat kembali, rasanya aku kasihan dengan orang-orang yang mampir ke blogku karena kesannya terlalu ramai dan pasti makan banyak kuota 🀣

    Kak Inun, selamat ulang tahun untuk blog Kakak πŸ₯³. Bisa dibilang, Kak Inun senior blogger nih karena ternyata udah lamaaaa sekali mulai ngeblognya πŸ™ˆ. Semoga blog Kakak semakin suksessss ya! 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ternyata masih ngikuti perkembangan blog di zaman yang kursor warna warni itu ya. Kadang ada yang salju turun juga Lia, dulu aku kena tipu sama template yang begituan, kok bisa aku mikir darimana turunnya salju di dalam blog ahahahaha

      hahahaha aku enggak senior bingit, ilmu perbloggingan juga masih begini begini aja,, kita masih belajar juga ya Lia.
      semangatt juga buat Lia pokoknya, luvvv

      Delete
  6. Wuaaa udah lamaa bgd yaa Mba Ainun ngeblognya. Kereeen! 😍😍 Apalagi tetap mempertahankan niche blog yg banyak di traveling. Sukses selalu yaa Mba Ainun πŸ’–πŸ’–

    Eh btw, aku ngakak bacanya yg mba ainun mau buka toko online, tp blm tau mau jual apa πŸ˜† Semacam udah ditakdirkan, dibuka jalan buat ngeblog ya Mba. Eh malah bertahan sama belasan thn. Walaupun smpt hiatus, tp ttp bs aktif lg sampe skrng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak, sepertinya tanpa sengaja juga kebanyakan isinya travel melulu
      itu niat pengen buka toko online tapi diri sendiri nggak ngerti mau jualan apa hahaha, sampe belain beli bukunya saking penasarannya. Dan nggak nyangkanya malah jadi blog diary online
      hiks iya mba Thessa waktu hiatus sekian lama, kok bisa gitu sampe sekian lamanya sampe nggak ngepost sama sekali. Padahal juga ga sibuk sibuk banget rasanya

      Delete
  7. Salut Mbak blognya udah lama banget ya ... Aku jadi malu yang baru banget serius di dunia blog hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bikinnya udah lama tapi masih juga kurang aktif mbak Tri
      kudu lebih semangat lagi nih

      Delete
  8. Pertama kali main blog kayaknya sama deh, 2009 (setelah cek di profil). Sama juga namanya alay kali hahahaha. Isinya juga curhat2 ala abege yang galau atau lagi berbunga-bunga. Haduh, malunyaaa wkwkwk. Dan itu hiatus ada 5 tahunan kali, tapi karena masih blogspot jadi everlasting. Demikian pula nama alaynya :D

    Ketika mau mulai ngeblog lagi, malu dong pake nama alay itu hahaha baru deh aku bikin blog baru dengan nama yang sekarang. Karena mulai rajin nulis, ketika sampai 100 post baru aku migrasi ke TLD. Soalnya pengalaman suka semangat di awal, memble di akhir. Jadi bangga juga sih, ternyata kali ini blogku bisa lebih aktif :D

    Btw, selamat ultah blognya ya mbak, semoga ke depan makin kece, dan bisa post soal traveling lagi, woohooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kita samaan mbak *toss*
      iya ya zaman dulu sepertinya yang lagi trend soal nama dan penulisan yang aneh bin alay gitu ya mba
      aku ngikut aja tanpa ngerti apa makna dibalik kata alay. Dan dulu aku mana ngerti arti alay, belum trend juga hahaha

      lama juga ya mba Tika hiatus 5 tahun dan akhirnya balik lagi ke dunia per-bloggingan ya mbak. Oia betul tuh, kalau masih pake nama diblogspotnya, nama domainnya awet

      bener banget yang dibilang mba Tika, kadang nih pertama punya blog semangat 45, lama-lama luntur pelan-pelan juga. Sekarang kudu aktif lagi ya mba, biar nggak kosong terlalu lama isi blognya

      Delete
  9. Wiiihhh selamat menginjak lebih dari satu dekade untuk blognya, mbak InuuuuunnπŸ˜πŸ’•πŸŽ‰

    Aku kayaknya sempat ngalamin tuh waktu blog jaman warna warni, kursornya kerlap kerlip terus ditambahin musik itu. Kalau liat sekarang dan bandingin dulu, meriah-meriah juga yaa template blog saat itu🀣 Sekarang mah semakin kesini blog semakin minimalis yaa mbakπŸ˜‚ tapi ngomong-ngomong waktu itu aku cuma jadi sider blog-blog Kpopers aja sih mbak, nggak aktif nulis karena maluukk, hahaπŸ˜† Makanya ini baru bener-bener mulai nulis blog kira-kira tahun 2018. Sedikit menyesal kenapa nggak aktif dari dulu. Tapi di sisi lain senang jugaa karena di tahun 2020 lah akhirnya bertemu dengan blogger-blogger kwereeen, seperti mbak Inuun😍

    Sekali lagi selamat mbaak, semoga kita bisa selalu terhubung di dunia blog ini yaa, Aamiin. YippiiiπŸ˜πŸŽ‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya terimakasih Aina. kita kudu semangat berkarya ya
      iya ya zaman dulu ada aja gitu tema blog yang begituan, malah aku pernah kasih blogku jam juga hahaha. Semua muanya dicobain

      waktu tahun 2008an 2009 aku udah kurang apdet lagi soal Kpopers, kayaknya terakhir kali apdet ya artis yang hits di 2007an macam DBSQ, dan awal awal munculnya Super Junior

      tapi pada akhirnya Aina bisa icipin dunia perbloggingan ya meskipun dimulai dari tahun 2018 dan bisa lanjut sampe sekarang ini
      plus ketemu sama temen temen unyu, baik dan menyenangkan semua di lingkaran blogger ini :)

      Delete
  10. Main ke postingan ini gara-gara di-mention Awl kalau blognya Mba Ainun habis anniversary-an jugak. Ternyata usia blog kita nggak jauh beda, Mbaa. Dan sebelum beralih ke Blogger, aku juga sempat main di Multiply πŸ™ˆ

    Oh ya aku juga sempat baca bukunya Mba Ollie tapi yang judul Girl Tech atau apa deh itu, tentang tips-tips bikin blog. Yang kuingat setelah baca itu jadi mikir, "Ohh ternyata blog kalau diseriusin bisa begini bisa begitu." Tapi tetep ajaa, baru "serius" aktif ngeblognya pas tahun 2018an, Mbaa.. beberapa tahun kemudian banget πŸ˜‚

    Dan memang blognya Mba Ainun ini identik sekali dengan cerita jalan-jalan, aku paling suka kalau Mba review coffee shop di luar kota, jadi punya referensi deh hihi

    Akhir kata, happy anniversaryyy untuk blognya, Mba Ainun! ✨ Semoga makin rajin dan semangat berbagi cerita di blog yaa. Glad to know you too as a blogger friend! ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sendiri nggak nyangka sekarang ketemu temen temen keceh di dunia perbloggingan seperti mba Jane, Aina dan semuanya, luvvv
      hahaha samaan kita mbak, zamannya Multiply dulu udah hits banget ya rasanya. Jadi kangen pengen utak atik dalemannya Multiply kalau gini

      wahh sempet tau juga dengan Mba Ollie ya mbak, aku kayaknya melewatkan judul yang Girl Tech, lumayan juga tuh point bukunya, bikin penasaran

      wish list tempat coffee di luar kota udah banyak tapi masih belum terlaksana juga hehehe, kok kayaknya nggak habis habis aja gitu :D

      Delete
  11. Uwowwwww... keceehhhhh.
    Eh betewe kita sama nih, sayapun yang blog personal itu ultahnya di Februari, kemaren juga dapat email pemberitahuan, akhirnya saya perpanjang lagi 2 tahunan.
    Sama juga dengan yang di blog beauty, bulan Februari juga deh kayaknya, tapi saya udah bayar sampai 3 tahun sih, jadi masih lama.

    Nah yang parenting nih, kudu bayar bulan Desember, untung ada jeda, kalau semuanya tenggang, ngehek juga ya bayarnya wakakakakak

    Btw, selamat ultah blog-blog kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe ngehek kalau semuanya barengan ya mbak :D
      hahaha hepi birthday buat yang lagi anniv blog di bulan Februari-an ini pokoknya ya

      Delete
  12. cerita mbak ainun sama seperti sebagian besar blogger kayanya,, bermula dari multiply (walau saya sih nggak hehe),, lalu tulisan2 awal yang rasanya alay kalau dibaca sekarang, lalu ada masa2 hiatus, ada masa2 domain expired, ada keinginan untuk ngeblog terjadwal tapi ternyata tergantung mood juga wkwk.. ya begitulah yaa gambaran umum blogger wkwk..

    selamat ulang tahun yaa blognya,, semoga semakin rajin diisi hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha siklusnya blogger kayak aku gitu aja ya mas Bara, dari yang awalnya bikin blog buat sharing biasa aja, trus dapet temen sesama blogger, terus muncul virus hiatus karena masa masa sok sibuk dan nggak sempet update blognya, domain yang untung bisa kembali lagi, lalu melewati masa masa kadang malas

      xixixi aku berharap makin kesini nggak hiatus lagi

      Delete
  13. kalo aku awal ngeblog tahun 2009, gak nyangka juga bisa konsisten sampai sekarang, belum pernah ganti blog. hehe..
    dulu mah aku ngeblog gara2 ngefans sama raditya dika mba.. terus dia rajin ngeblog pada jamannya. sebagai fans setia, aku pun mengikuti jalurnya.. wekekek..

    Semangat ngeblog terus ya mba ainun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan juga ya, raditya dika aku juga suka bukain blognya, karena waktu itu nama dia yang nyangkut di kepalaku :D, selain karena bukunya yang kocak

      semangat juga buat mbak Thya ya :)

      Delete
  14. wahhhhhh ada tiup lilinnya nggak nih ultah blognya? atau ada giveaway dikit ? heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe tiup lilin virtual kak Putu
      maunya bikin surprise ke temen temen kak.
      semoga bisa aku laksanakan :)

      Delete
  15. Hai Ainun!! Ternyata udah lama ngeblog yaa. Aku kok baru tahu blog kamu, ke mmana aja aku yaaa.

    Seru ya ngeblog dari jaman Multiply sampe sekarang. Aku sendiri nggak pernah ngerasain Multiply.
    Kamu juga konsisten buat nulis travelling aja. Emang semua orang punya preferensinya sendiri-sendiri. Semangat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin kesini blogger udah banyak aja ya mbak Din, dulu blog blog yang sering aku buka itu itu aja dan nggak gabung di komunitas blogger, jadi temen temen bloggernya dikit, sekarang ada banyak komunitas blogger dan blogger dengan beragam niche juga bermunculan
      semangat juga buat mba Dini

      Delete
  16. Apa kabar multiply?? Udh almarhum mba hahahhaah. Aku dulu sempet lama juga nulis di situ. Gara2 Friendster tutup. Soalnya dulu ga juga ada platform blog walopun aku setting private. Krn isinya sampah semua :p

    Pas multiply almarhum juga, aku sempet malas nulis lagi. Tp kemudian nulis di blogspot. Dari dulu Niche blog ku memang kuliner dan travel. Ga prnh yg lain. Naah di situ aku kenal Ama komunitas travel blogger, ga usah aku sebut namanya, yg pasti aku daftar, daaaan ditolak! Alasan nya blogku tidak memenuhi syarat. Sakit ati sih mba. Aku mikir Krn blogku simple bgt apa ya, dan masih gratisan. Aku beli domain dan hosting akhirnya, yg blog skr ini.

    Tapi aku udh ogah gabung Ama itu komunitas. Dan kmudian aku denger bnyk juga travel blogger yg ditolak msk, ga jelas alasan apa. Pada banyak yg misuh2 di Twitter hahhaaha. Aku sih EMG udh ga tertarik lagi. Ownernya aja songong.

    Ya udh nulis sendiri aja :D. Gabung Ama komunitas yg ga berfokus hanya traveling LBH seru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ada kenangan juga di multiply ya mbak. Duhh jadi penasaran tampilan home nya kayak apa, karena lupa hhahaha

      nahh aku penasaran kan sama komunitas itu, ehhmm aku coba kira kira sendiri :D
      malah sekarang komunitas itu (entah yang mana) atau yang khusus ke traveling udah nggak aktif, malah komunitas yang gado-gado alias komunitas yang mengayomi all member dengan beragam niche yang aktif

      aku malah lupa kalau ada komunitas travel bloggger hehehe

      Delete
  17. Kak Ainuun. Kali pertama aku meninggalkan jejak disini hehe.

    Pertama, aku suka banget sama tampilan blog kak Ainun😁
    Kedua, lagi...aku banyak menemukan blogger-blogger senior disini. Aku tau blog itu kayaknya waktu SMA dan gak ada minat sama sekali untuk bikin akun.
    Suatu saat iseng-iseng, ternyata kakakku sendiri punya blog, dan baca tulisannya seru juga. Kayaknya asik kalo punya diari maya hohoho, kesannya keren. Melipir deh ke blognya Diana rikasari dan mba Puty.

    Dari situ aku mulai tertarik dengan dunia blogging. Walau pada akhirnya baru bikin akun di tahun 2016 πŸ˜…. Sampe saat ini aku masih bimbang fokus kemana blog Reka. Masih kocar-kacir untuk konsisten, mau fokuse kemana blog yang aku buat, tapi ya pada dasarnya aku gak ingin terlalu kaku hehehe. Menulis blog yang ingin aku tulis dan yang sesuai ketertarikan aku aja✌🏻

    Ah sudah panjang. Thank you kak Ainun sudah berkunjung ke blog Reka hehe. Salam kenal kak!!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mbak Reka
      blog Diana Rikasari aku suka dari yang zamannya template blognya Chocolate... lupa nama persisnya
      colourfull dan berani tampil beda, dan memang aku suka fashion juga, ngeliatin diana rikasari wowww udah emejing banget hehe
      aku lupa kapan persisnya dan tau darimana soal Diana rikasari ini

      mba Puty aku taunya juga lupa darimana, yang bikin kagum adalah ilustrasinya yang keceh abisss

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang