Tokkebi

hottang


Heran sama perut yang nggak ada diamnya menggiling makanan. Seharusnya setelah makan siang, perut kenyang dong ya. Sekitar jam 3 sore, mulut ini kok pengen nyemil apa gitu yang bukan nasi tapi mengenyangkan.  

Teman berinisiatif pesan Hottang via abang ojol. 

“Nun mau hottang” teriak mereka di ruangan kantor

“Hahhh kotang” jawab saya

Baru kali itu saya mendengar ada makanan hottang hahaha

Maklum, hari gini lagi trend makanan baru-baru dan nama yang juga asing di telinga. 

Penjelasan singkat dari teman saya, hottang ini snack dari bahan sosis yang dibaluri dengan potongan kentang kecil-kecil dan ada tambahan keju mozzarella-nya yang kenyal-kenyal gitu.

Pertama kali pesan ehmm lumayan juga untuk camilan sore hari, memang nggak mengenyangkan sih, tapi lumayan untuk mengganjal perut yang agak-agak lapar ini.

tokkebi


Semakin hari kok penasaran juga sama si hottang ini, lahhh ternyata pesan hottangnya di kedai Tokkebi. Lah bukannya tokkebi identik sama makanan dari Korea.

***

Hottang yang mempunyai nama panjang hotdog kentang ini memang berasal dari negara Korea sana dan banyak dijual sebagai streetfood yang berbahan dasar sosis dan kentang.

Di Korea, hottang lebih populer dengan sebutan tokkebi. Variasi dari tokkebi ini bisa menggunakan sosis atau keju saja di dalamnya.

Sore ini untuk kesekian kalinya, kok pengen nyamil lagi dan paling gampang kayaknya pesan tokkebi. Nggak terlalu besar juga porsinya, bisa pilih sesuka hati, mau ukuran medium atau large. 

Baiklah, saya meluncur ke kedai Tokkebi.

Harga tokkebi yang dijual tergantung ukuran yang dipilih, yaitu mulai dari 11ribu saja. Saya dengan pede-nya pesan yang ukuran large.

Untuk ukuran large lumayan juga bikin perut agak kenyang, mozarellanya berada di dalam balutan kentang dan ketika panas masih terlihat lembek dan bisa ditarik-tarik gitu.

snack dari korea


Sosis ukuran large dilumuri dengan potongan kentang tadi dan nggak lupa untuk finishing-nya ada sentuhan mayonnaise plus saus sambal.

Sampai sejauh ini, hottang masih mendominasi list camilan buat teman-teman kantor saya yang bisa membuat perut agak kenyang jika lapar melanda di sore hari. 

Saya sendiri suka bingung ketika ditanya pengen nyamil apa tapi nggak ada gambaran makanan. Andalan pertama yang dilakukan adalah membuka aplikasi ojek online dan tinggal scroll mencari snack. Gampang dan nggak banyak mikir :D.

Ada yang pernah cobain tokkebi versi Indonesia belum nih teman-teman?






Comments

  1. Pertama aku lihat judulnya, aku kira ini mau bahas Goblin 🀣 soalnya Goblin sebutannya Tokkebi juga tapi penulisannya berbeda.

    Aku belum pernah coba hottang di pasaran tapi pernah coba bikin sendiri. Benar kata Kak Ainun, kalau makan hottang bikin perut jadi agak kenyang atau bahkan kenyang. Harga jual mulai 11rb sih murah sekaliii, apalagi porsinya cukup mengganjal. Bayangin mozarella yang meleleh kok bikin aku ngiler ya 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru aku penasaran pengen nonton Goblin lho, waktu itu liat acara tv kalau ga salah, bahas siapa pengarang goblin, inspirasi dari mana. kok apik ya, tapi sampe sekarang belum cari tau lebih lanjut lagi

      iya Lia awalnya dulu aku kira ga bakalan kenyang gimana, diterus terusin kok yo kenyang. biasa pertama kali liat underestimate dulu gitu :D

      Delete
  2. aduh makanan ini enak banget kyaknya.. jadi pengen coba beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe buat mengganjal perut yang laper lumayan kak

      Delete
  3. wakakakaka kotang aka kutang 🀣

    Saya malah baru tahu di sini Mba Inun, dan kumerasa pengen berbagi lemak perut deh, biar bisa jajan banyak, kagak bundar kek saya hahaha.

    Kayaknya sih udah ada juga yang jual tapi saya belum ngeh.
    beneran ya, demam Korea ini meluas banget di mana-mana jadi Korea mulu termasuk makanannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen temenku sering bilang pengen berbagi lemak ke aku katanya mbak hahahaha
      emang dasarnya aku aja yang susah gemuk :D

      betul mba rey, di Jember ada lagi stand minuman korea korea gitu, astagahh disini banyak serba korea pokoknya
      waktu itu penasaran pengen cobain, ntar ntar aja ah, pengen tau juga kek gimana toh minuman yang ala ala korea itu

      Delete
  4. Di warung tetangga dekat jalan desa, jual hotang juga. O cukup satu. Hot dog kentang yang saya pikir semacam perkedel kentang dibikin memanjang. Belum pernah coba dan lihat. He he.
    Soalnya saya fokus pada tahu walik dan bakwan Kawi terus. Cuma sekarang tetangga itu tidak jual hotang lagi. Barangkali tidak ada yang pesan meski sudah ada fotonya di spanduk.

    Orang kampung mah maunya yang membumi saja kayak bakso dan tahu goreng isi daging ayam Itu. Tidak bikin kenyang tetapi yang penting perut tidak berontak kelaparan, he he.
    Harganya juga terjangkau, bisa 5 ribu rupiah. Obat cenghar bagi saya. Cuma sekarang tidak jual bakwan kawi lagj. Terpaksalah lari ke seblak dan lotek agar kembali cenghar kalau senewen.πŸ˜‚

    Saya jadi pengen ngerasain hottang yang dibahas di atas. Soalnya pakai sosis dan keju mozzarella. Duh, jadi ngiler. Sayang tidak ada yang jualan Itu. Ya, sudah, kalau ketemu mamang tukang cilok edun yang keliling kampung dengan pikulannya, lebih baik saya jajan cilok saja, hi hi.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku dulu juga nggak ngerti hottang ini makanan apa, taunya ya pas udah dateng di kantor. oooo ternyata sosis dibalut ama kentang
      di tempat mba Rohyati ada yang jual tahu walik juga ya? ternyata ada dimana mana si tahu walik ini. aku pertama kali tau tahu walik waktu ke Banyuwangi, malah aku kira tahu walik ini jajanan khas dari Banyuwangi

      tahu goreng isi daging ayam ini kayak apa ya? apa tahu isi mungkin ya, tahu isi pun isiannya nggak ada daging ayamnya
      seblak lama ga makan juga aku mbak hehehe, kayaknya baru sekali aja makan seblak
      nah cilok ini murah meriah mbak, 5ribu aja udah banyak dan mayan kenyang

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang