Peluang Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil


Dulu waktu kuliah sempat terpikir ingin punya bisnis buka kios majalah sendiri, mungkin terdengar aneh bagi teman sepermainan, khayalan cita-cita ini muncul karena saya suka beli majalah yang kalau ditotal nominalnya setiap bulan bisa mencapai ratusan ribu. Semakin kesini, semakin banyak bisnis mandiri yang bermunculan, seperti bisnis makanan ringan dengan membuka gerai sederhana di sebuah pusat perbelanjaan dan kemudian bisa berkembang dengan membuka sistem kemitraan.

usaha dengan modal minim

Waktu awal-awal bekerja pun, saya sempat terpikir ingin punya bisnis laundry, hal ini karena saya terlalu sering keluar masuk laundry juga. Saya melihat prospeknya sepertinya juga oke, apalagi kalau musim hujan, membayangkan banyak orderan masuk dan betapa sibuknya karyawan saya nantinya melayani customer setianya. Lagi-lagi sampai sekarang hal ini masih sekedar angan-angan. Sebenarnya kalau niat banget, harusnya bisa dibangun usaha kecil seperti ini. Lumayan banget kan untuk menambah pundi-pundi tabungan.

Apalagi siapa sangka kalau memasuki tahun 2020, ternyata ada musibah pandemi Covid-19 yang membuat beberapa orang harus pintar mencari alternatif bisnis sampingan. Nah ini beberapa usaha yang menjanjikan dengan modal kecil, yang mungkin bisa dipertimbangkan jika kita ingin berwirausaha :

Usaha makanan rumahan
Ini mudah banget bagi yang suka masak, apalagi nggak membutuhkan modal yang besar. Nah terus yang nggak bisa masak gimana dong? Belajar dulu pelan-pelan atau ajak saudara buat patungan bisa juga kan.

Kayak ibu aku, beliau kan suka masak tuh, jadi di depan rumah, cuman meletakkan meja kecil biasa aja dan sayuran yang sudah matang dengan beragam pilihan dipajang diatas meja. Biasanya tetangga-tetangga yang nggak sempat masak pagi-pagi dan akan membawakan bekal anak atau suaminya ke kantor akan mampir ke rumah.

Bisnis makanan ringan
Makanan ringan nggak hanya disukai anak-anak, tapi orang dewasa juga suka. Biasanya kalau yang kebiasaan nyemil, nggak akan enak kalau harus beraktivitas nggak di dampingi dengan cemilan-cemilan gitu. 


Nah, manfaatkan kesempatan seperti ini untuk membuka bisnis cemilan seperti keripik pisang atau keripik singkong. Kalau diproduksi sendiri malah lebih bangga dong harusnya. Apalagi kalau kita pekerja kantoran, bisa sekalian promosikan dagangan sendiri ke teman-teman.

Bisnis dropship
Bisnis ini justru terbilang tanpa modal. Kita nggak perlu harus menyimpan stok barang. Jika kita pintar memilih supplier yang tepat dengan kualitas barang yang bagus, calon konsumen akan semakin percaya dengan toko kita ini.

Bisnis aksesoris perempuan
Saya banget ini. Saya suka koleksi beberapa kalung etnik, malah sempat juga terpikir ingin membuat desain kalung sendiri dan mencoba memasarkan secara online. Asalkan kreatif memadupadankan bahan baku, aksesoris rumahan ini akan tampak wow. 

bisnis modal kecil

Usaha di bidang seperti ini harus benar-benar jeli memanfaatkan sekitar, seperti mungkin menggaet para pengrajin di sekitar tempat tinggal yang bisa diajak kerjasama.

Usaha aneka minuman
Pasti teman-teman sudah sering menemui beragam brand minuman kekinian yang dengan mudah ditemui baik di pinggir jalan atau di mall. Modal yang diperlukan juga nggak terlalu banyak, misalkan ingin membuat usaha minuman Teh Thailand, mungkin sekitar 1 juta rupiah sudah bisa membuat produksi di awal. Kalaupun nggak ingin repot, mencoba ikut bisnis franchise saja dengan modal mulai dari 3 jutaan sudah bisa gabung.

Beberapa usaha dengan modal kecil di atas tadi bisa menjadi pilihan alternatif bagi yang ingin mencoba berwirausaha. Tapi ingat, semangatnya juga harus terus dipupuk biar semakin sukses, seperti :
Fokus
Fokus adalah kunci berbisnis untuk pemula, karena dalam berbisnis, kita perlu mencurahkan pikiran dan tenaga pada bisnis tersebut.

tips membangun bisnis

Tak berhenti berinovasi
Supaya usaha kita tetap berkembang, perlu adanya kemauan untuk terus mengikuti minat pasar dan terus melakukan inovasi agar produk kita nggak ketinggalan jaman.

Gigih dan menyukai apa yang dikerjakan
Jika mengalami kegagalan, nggak akan menyerah dan terus berusaha bangkit. Apalagi jika usaha yang dilakoni adalah bidang usaha yang disukai, maka kita akan terus berusaha untuk membangkitkan lagi keterpurukan itu.
***
Sekarang nggak perlu bingung lagi kalau ingin buka usaha sendiri tapi dengan keterbatasan modal. Banyak pilihannya kok seperti yang saya sebutkan diatas tadi.

Jadi, mau mulai coba bisnis yang mana dulu ini? Apapun bisnis yang dipilih, asalkan niat pasti akan bertahan ya.


Referensi :

Comments

  1. Kalau aku sebenarnya pengen banget bisnis makanan dan minuman di rumah gitu. Tapi apalah daya aku nggak pinter masak. Jadi aku hanya pernah jualan produk make up dan skin care aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting tetep ada niat dan usaha buat usaha kecil kecilan ya mbak, sesekali aku juga jualan pakaian, jajanan juga

      Delete
  2. Banyak banget ide bisnis ya Mba Inun, tapi berbisnis itu memang butuh banyak hal yang kudu dilakukan.

    Inovasi, fokus.
    Biar nggak kayak saya, tiap tahun ganti bisnis hahaha.
    Btw, jadi blogger ini adalah jangka terlama yang saya betah sebagai profesi.

    Mulai tahun 2018 sampai sekarang Alhamdulillah masih semangat.
    Banyak hal yang saya dapatkan dalam ngeblog, selain duit pastinya.

    Meskipun, kadang saya jadi pengen bisnis juga gitu.
    Tapi masih bingung ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba rey, niat yang utama ya, dulu aku sama temen pengen buka usaha waffle, ada konsep tok tapi ga dieksekusi hahaha
      inovasi ini penting juga, banyak pesaing juga dan fokus fokus fokus
      buat usaha kecil kecilan jualan yang gampang gampang kayak kue kering

      nggak nyangka kalau jadi blogger adalah "bisnis" terlama mba rey, setelah sempet cobain beragam bisnis kan ya dulu, yang brownies itu juga kan ya. tul betul betul dari profesi ngeblog selain dapet cuan juga dapet pertemanan yang menyenangkan, link yang banyak, berasa banyak sodara pokoknya dimana mana

      sampe sekarang aku juga masih mikir mba, enaknya bisnis apa ya, gitu aja terus sampe ga kelakon hahaha

      Delete
  3. saya bisnis dropship sih Mbak, lebih mudah ngurusnya, cukup posting-posting aja di medsos.

    bagi yang suka masak, sekarang saatnya tuh menyalurkan hobi yang bisa jadi duit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak temen aku mba diah, dia juga dropship, hampir tiap hari barang dagangan yang di drop ke kantor banyak banget, mayan juga bertahan sampe sekarang.
      nahh yang pinter masak saat ini bisa jadi ladang duit ya mbak, waktu awal pandemi dulu, banyak bisnis rumahan makanan yang di konsep delivery, lumayan buat nambah nambah

      ayo mba reyyy, cemunguddd, masihh bingung ya mau gerak dibidang apa, aku juga :D

      Delete
  4. PALING banyak diminati sepertinya jualan makanan ya, apalagi saat pandemi kayak sekarang, bermunculan bisnis-bisnis baru. Kalau saya masih jualan pulsa, soalnya gak pernah mati hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hendra bisnis makanan makin banyak sekarang, dari yang paling banyak dicari orang ayam geprek misalnya sampai ke salad buah juga ada. makin bingung kalau udah pengen njajan :D
      oiaa jualan pulsa ini long lasting banget ya, kok ya ga terpikirkan hehehe

      Delete
  5. Banyak juga ya, Mbak ide bisnisnya. Tapi ya gitu, apapun bisnisnya yang paling penting itu gigih dan gak gampang menyerah. Kalau masalahku dulu itu pernah coba jualan, tapi gak laku-laku. Terus putus asa, dan gak melanjutkan lagi. Cemen banget ya aku, Mbak. Hehehe. Tapi mungkin juga gara-gara bukan pasion. Kalau memang bisnisnya di bidang yang disukai dan ada pasion pula, pasti bisa lebih gigih buat usaha.🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah gigih dan pantang menyerah, kalau diinget inget cita citaku banyak banget soal bisnis ini, yang pengen punya usaha laundry, trus pengen punya usaha butik karena suka beli baju hahaha, tapi kalau usaha baju sempet bantu jualin punya ibukku aja selama ini, dulu awal tahun 2008an kalau ga salah, bisnis onlen baju laris banget, aku sampe sering beli di temen aku, kayak lapar mata kalau liat status orang orang hahaha, ehh sampe sekarang bajunya ga pernah dipake bahkan aku kasih kasih ke orang
      karena kudu gigih dan ga gampang nyerah, biasanya orang yang kayak gini yang berhasil ya mba roem, kalau kita liat titik kesuksesan pencapaian dia, rasanya ikut senenggg, padahal dia mulainya dulu juga merangkak rangkak gitu

      Delete
  6. saya tertarik banget dengna bisnis aksesoris tapi memang susah kalau gk berbakat kadang punya modal gk diimbangin dengan kemampuan bisnis atau bgian yang ingin digeluti

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget sama mbak inia, aku suka menghayal bikin aksesoris juga mbak, karena memang suka.Pengen bikin sendiri tapi kok kurang kreatif, coba cari ide dengan browsing pun, kudu ada modal juga nantinya buat bikin begituan. Dan nggak bisa setengah setengah kalau udah niat terjun ke bisnis beginian

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang