(Bukan) Pisang Epe


Nggak perlu dipertanyakan lagi kalau Indonesia adalah penghasil komoditi berupa pisang terbanyak ketujuh di dunia dan pisang adalah buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sendiri. Nggak heran juga kalau expor pisang sudah sampai kemana-mana. 

Kota tetangga saya, yaitu Kabupaten Lumajang mendapat julukan kota Pisang. Jika teman-teman akan menuju Jember dan melewati Kabupaten Lumajang, akan dengan mudah menemui penjual pisang di beberapa ruas pinggir jalan utama.

Ngomong-ngomong soal pisang, saya sendiri biasa saja kalau dihadapkan dengan buah pisang di rumah, tapi kalau pisang sudah diolah menjadi pisang goreng, nggak perlu waktu lama, cepat juga habisnya. Karena dirumah jualan kripik pisang homemade, jadi hampir tiap hari saya lihat pisang.

membuat pisang epe

Beberapa hari terakhir kemarin, dirumah ada pisang kepok yang biasa dibuat pisang goreng, manis dan empuk.
Memanfaatkan pisang yang ada itulah saya membuat pisang bakar, lebih tepatnya pisang bakar teflon, sebagai camilan ringan.

Kenapa saya memutuskan membuat pisang ini menjadi pisang bakar teflon? Karena pikiran saya terbawa sekian tahun yang lalu ketika berkunjung ke Makasar.

Kuliner Pisang Epe
Dulu ketika ramai-ramainya penjual kaki lima yang menjual kuliner es pisang ijo hampir beberapa hari sekali saya selalu membelinya. Apalagi disantap ketika panas cetar-cetar. Enak, seger dan manis berpadu jadi satu di mulut saya. 

Satu wadah nggak cukup rasanya. Untuk harganya, satu wadah plastik saat itu dijual hanya 5ribu rupiah, kalau nggak salah ingat. Dan isinya full satu gelas plastik. Gimana nggak puas. Usut punya usut, es pisang ijo ini sendiri merupakan kuliner khas dari Makasar.

Sayangnya saat itu di Jember nggak ada yang jualan pisang epe, yang sama-sama juga kuliner dari Makasar, kalau ingin makan pisang epe kudu ke Makasar dulu. Jauhnya…

Nah, karena sudah lama nggak ke Makasar dan dirumah lagi ada stok pisang, yaudah saya buat sendiri saja pisang bakar teflon.

membuat pisang epe

Untuk pisang epe sendiri, biasanya pisang yang dipakai adalah jenis pisang raja. Dalam bahasa Makasar, epe artinya dijepit. Membuatnya pun sederhana, pisang dipanggang diatas bara api hingga setengah matang dan kalau sudah cukup lembek, pisang diletakkan diatas kayu balok untuk ditekan hingga pipih dan kemudian dipanggang lagi. Untuk penyajiannya diberi siraman saus gula merah cair. Selain disiram dengan gula merah cair, sekarang ini pisang epe disajikan juga dengan beragam toping dan saus aneka rasa seperti coklat atau durian.

Pisang epe versi saya dibuat dengan amat sederhana juga. Pisang saya belah menjadi dua bagian, kemudian saya goreng di teflon dengan menggunakan mentega, dibolak balik sesuai selera untuk tingkat warna kecoklatannya. Karena dirumah nggak ada stok gula merah, pisang cukup dibaluri dengan susu coklat kental manis saja sebagai topingnya. Selesai. Simple kan.

pisang epe coklat

Lumayan lah buat pengganjal perut malam-malam. Ada yang suka jajanan berbahan dasar pisang jugakah?


Comments

  1. Kenapa Lia selalu saja meng-klik tulisan-tulisan berbau makanan pada malam hari?! Perut kan jadi keroncongan ini gara-gara lihat foto makanan 😭 *kesal sama diri sendiri*

    Kalau kuliner berbau pisang kesukaanku adalah pisang goreng tepung 🀭 harus ada tepungnya yang agak garing-garing biar enak. Kalau bisa minumnya pakai teh manis anget terus makannya sore-sore. Mantap bangettt 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalau malem meskipun udah makan tetep suka laper lagi ya, samaan lia
      widihhh aku juga suka kalau pisang goreng tepung, terus tepungnya dibanyakin hahaha, pas banget itu temennya sama si teh, aku langung ngebayangin nih hahaha

      Delete
  2. Iyah mba.. kalau gak di'epe' esensi dari pisang epe itu akan hilang. Tsaah.. sok berfilosofi. Daeng-daeng penjualnya biasanya punya alatnya yang terbuat dari kayu, tetapi di rumah kita bisa melempengkan pisang dengan botol. Aku pernah nyoba, asalkan pisangnya gak dengan kematangan yang pas, berhasil kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga ya mba vita, gimanapun caranya pokoknya di pipihkan pisangnya
      enaknya kalau bisa bikin sendiri ya, masaknya dibanyakin sesuai porsi kita, mau makan banyak ayo aja

      btw, mba vita profil bloggernya dinonaktifkan ya? jadinya komen mba vita ini dianggap brokenlink mbak

      Delete
  3. Bikinnya cukup mudah dan bahannya sederhana tapi terlihat mantap untuk cemilan ya kak, bisa dicoba nih kalau pengen ngemil di rumah. Tinggal sedia pisang aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak antin simple banget ya, pokok dapet pisang yang manis enak, tinggal bikin sendiri olahannya, ditambah toping keju juga bebas, mayan ya buat dirumah

      Delete
  4. Saya belum pernah makan pisang epe Mba, tapi semua makanan yang terbuat dari olahan pisang adalah cemilan terfavorit, meskipun jika itu cuma essens pisang, aromanya pun menggetarkan hati πŸ˜‚πŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak rini banana addict ternyata ya, sekarang makin banyak produk baru muncul mba, kayak susu rasa pisang. jarang jarang ya terpikirkan bikin susu rasa pisang, ehh ternyata ada aja
      kayaknya kulineran cemilannya mba rini banyak nih, keripik pisang, pisang goreng, brownies pisang eh ada ga ya hehehe
      aku malah belum pernah coba cium aromanya essens pisang mbak, mungkin nggak pernah terpikirkan juga untuk membuat makanan dengan essens pisang

      Delete
  5. Suka dong haha. Kalo pisang biasa gak terlalu, kecuali pisang kepok. kalo direbus, jadiin kolak dibuat caranggesing suka banget. Disini ada jajanan mirip pisang epe, namanya pisang kapik (pisang jepit juga sih), bedanya topingnya serundeng manis gitu aja hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dirumahku banyak pisang dan cuman dibiarin aja jarang disentuhnya mas isna, baru kalau dibikin makanan berbahan dasar pisang malah laris hahaha
      aku mau cobain pisang kapik juga ahh, tapi kapan ya ke Jambi :D

      Delete
  6. aku akuuuu, penggemar pisang nih. hihi

    hallo mbak ainun, salam kenal ya.

    Pisang ini sumber makanan yang murah tapi uenak buangeeet yaa. Aselinya kalo beli pisangnya doank tuh murah banget. Beli seikat pisang sama dengan harga satu apel. Jadi kalo beli buah2an tuh, selain mempertimbangkan harganya jg mempertimbangkan gizinya, :)

    Olahan yang kusuka dari pisang nih pisang yg dikasih santan lalu dibungkus daun pisang. Hmm aromanya mantap kali. Pisang dan olahan yng dikasih santan itu perfect sih menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba ghina, salam kenal :)
      hehehe iya mbak, kadang kalau aku pribadi pergi ke supermarket lihat lihat harga buah,harga apel hampir sama dengan pisang, tapi kalau pisang dapetnya banyak :D
      mungkin kalau pas niat kadang aku pernah beli apel, padahal jarang juga beli sebenernya, cuman gara gara sariawan, karena aku mikirnya mungkin kurang vitamin C, jadinya aku beli apel hahaha

      apa nama olahan pisang yang disuka mba ghina itu? nogosari bukan ya? soalnya kalau dibungkus daun pisang dan ada santannya,bukannya nanti santannya netes kemana mana ya

      Delete
  7. Waaahhh pisang Epe, dulu pernah makan sih di Buton, meski udah lupa-lupa ingat bentuk dan rasanya hahaha.
    Tapi, kalau ada pisang dipanggang tanpa di epe juga enak kok, asal nggak terlalu mentah.
    Apalagi pisang raja.
    Etapi saya lebih suka pisang kepok sih kalau dipanggang.

    Tapi daripada rempong, mending digoreng aja deh, tinggal dipotong-potong, kasih terigu, mentega, telur, vanili, keju, campur, goreng deh hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha pisang goreng yang dipotong potong kecil itu kesukaan semua orang ya, dirumah cepet abis kalau beginian, apalagi ada aroma vanili gitu, ehmmm wanginyaaaaa
      iya mbak pokok selama bikinnya ga ribet dan kalau ga sempet dan males buat dipipihin, cara lainnya ya dipotong simple kayak tadi itu, beres ga pake lama :D

      Delete
    2. hahahaa jadi ingat keripik pisang juga jadinya Mba Inun, memang perpisangan yang diolah itu enyak-enyak yak :D

      Delete
    3. kripik pisang manis ataupun kripik pisang yang gurih enak juga mbak, dirumah ada kalau kripik ini, kalau camilan yang lain abis, kripik pisang ini alternatif akhir yang dimakan
      wahh mba rey bilang kripik, aku kok inget pisang molen, besok aku cari ahhh hahahaha, soalnya waktu aku SD dulu, molen ini makanan enak murah meriah, pisangnya dibalut sama tepung yang dililit lilit gitu, semakin nambah taun, jajanan kayak gini udah ga pernah aku temuin. malah yang ada sekarang bolen pisang, atau molen yang cilik cilik 500an itu

      Delete
    4. Duh kan bahas perpisangan dan bacanya malam-malam, jadi pengen dong ikutan cari molen.
      Mana biasanya murmer ya kalau pisang molen itu :D

      Keripik pisang gurih itu enak Mba :D

      Delete
    5. yess betul sekaleee mbak, aku kalau beli pisang molen 5000 udah dapet cukup banyak, buat temen nyemil dirumah.
      pilih yang isian pisang atau coklat mbak. murah meriah

      nahh keripik pisang gurih ini enak juga, yang manis apalagi, tapi aku seringnya pilih yang manis, biar daku tambah manis :D

      Delete
  8. Hahaha... ditunggu mba :-)

    Aslinya dari minang sih, tepatnya bukittinggi. Tp karena di jambi banyak orang minang jadinya gak susah nemuin ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ooohhh jadi pisang kapik ini makanan import dari kota tetangga ya mas isna

      Delete
  9. Wah mbak Ainun suka makan pisang ya. Kalo saya hobinya makan pisang kepok mbak soalnya empuk. Pisang kepok kalo dibikin crispy juga enak, direbus juga oke kok.

    Baru tahu saya kalo Lumajang dijuluki kota pisang, soalnya saya belum pernah ke Jawa timur.πŸ˜€

    Kalo pisang epe enaknya memang pakai gula merah ya, seperti pisang sale

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau pisangnya diolah mas agus hahaha, kalau disajikan biasa jarang dimakan wkwkwk
      pisang kepok digoreng crispy gitu kan ya? lama juga ga makan pisang beginian, tapi kalau bikin sendiri susah jadi crispynya.
      kayaknya nemuin pisang crispy ini di penjual tahu sumedang kalau di Jember, penjualnya biasanya jual tahu sumedang dan pisang kipas, nah pisang kipasnya itu adonannya crispy. Ntar kalau aku sempat dan nggak lupa kok jadi pengen beli ya

      betul sekali kalau Lumajang dijuluki kota pisang, ada patung "landmark' nya di kota ini mas agus. kapan kapan bolehlah singgah di Jatim, dikota apapun pokoknya Jatim

      kalau sale bukannya udah kering banget ya mas agus? yang aku tahu begitu soalnya, dan manis juga

      Delete
  10. Wah.. Ngiler mbk, kebetulan saya belum sarapan. Saya suka sama aneka olahan pisang mbk. Yang mentah sukanya pisang susu atau gedang susu yang kulitnya tipis. Kalau pisang goreng sukanya pas masih anget jadi krenyes-krenyes juga😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhuyyyy sarapan sama pisang cukup membantu ya mbak, apalagi kalau buru buru gitu.
      pisang susu enak juga mba, cepet habisnya sekali makan hehehe, nahh kalau pisang goreng ini memang paling mantap kalau masih panas dimakan, enyakk bangetttt ya

      Delete
  11. Saya belum pernah makan pisang epe ini. Cara pembuatannya cukup unik ya mbak, dipanggang. Pasti rasanya mantap ini. Saya mau coba juga nih, tapi gak dipanggang. Ngikutin cara mbak ainun saja, pakai teflon. Sepertinya ini lebih mudah hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku sendiri juga baru tahu mbak, sampe dipipihin gitu kalau di Makasar sana
      iya mba sulis kalau dirumah ada pisang yang empuk manis gitu, digoreng biasa aja di teflon, kasih toping toping yang simple aja, misal kayak keju, coklat. udah enak mba

      Delete
  12. kok aku jadi pingin ya, soalnya yang dipakai pisang kesukaanku nih pisang raja

    diantara jenis pisang yabg ada, raja emanh manis, cocok dibikin aneka penganan lalu toppingnya dimodifikasi dengan coklat

    apalagi pisang epe ini juga gampang bikinnya, nda perlu sampai ke makasae andai nemu bahan dan recipenya bisa langsung eksekusi di dapur sendiri πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. asekkkkk, aku percaya kalau mbak nita yang eksekusi, ayoo mbak tunjukkan pesonamu
      iya ibuku bilang pisang raja ini ya enak juga buat dimodifikasi bikin penganan, bikin kolak pisang oke juga sepertinya. kadang aku ga terlalu merhatikan jenis-jenis pisang yang ada dirumah, tau tau udah jadi penganan aja hahaha

      Delete
  13. Wah aku belum pernah coba pisang epe, Mba. Tapi kalau membayangkan cara masaknya dan disiram cairan gula merah kok kayaknya endeus pisan 🀀

    Aku cukup suka olahan pisang, Mba Ainun. Kalo dimakan gitu aja memang nggak terlalu hobi, sukanya dijadikan pisang bakar apalagi pisang goreng kemudian dicocol srikaya 🀭 Terus diolah menjadi isian roti atau bolen juga lumayan suka. Tapi paling lezat memang dipanggang teflon biasa seperti Mba Ainun di atas, terus waktu masih panas ditaruh topping SKM dan cokelat memang menggoda seler yaa πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap ya mba nikmati olahan pisang yang simple kayak gini, dinikmati pas masih panas
      hehehe samaan nih, kalau cuman pisang aja aku juga jarang makan mbak, heran sendiri
      aku penasaran sama pisang toping srikaya ini mbak, kayaknya ini makanan khas dari pontianak, sepertinya kok endeus

      Delete
  14. Boleh nih. Saya suka olahan pisang menjadi snack.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak enak ya kalau sudah diolah, mau jadi snack apa aja tetep enak
      kripik pisang juga oke, bolen atau molen pisang juga oke

      Delete
  15. Waktu baca judulnya keinget aku jaman SD dong..
    Jadi pas SD dulu pernah nonton berita edisi kuliner Makassar, salah satunya pisang ape.
    Pas ngeliat itu jadi pingin banget. Tapi di tempat tinggalku kan g ada tuh penjual pisang ape, terus bikin sendiri deh. Aku g pake teflon dulu tuh, langsung bakar di atas kompor, wkakakaaka
    Sebenernya g enak-enak banget, tapi karena masih SD dan merasa pencapaian berhasil, tetep abis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba pipit waktu masih SD ada kerja keras bikin beginian udah luar biasa lho mbak, habis nonton tayangan TV dan langsung bereksperimen. aku dulu palingan nonton lagu lagu dan kartun hahaha
      hehe namanya anak kecil, apa aja enak ya mbak, nah itu gimana cara bakar langsung di atas kompor?pake alas yang besi bolong bolong itu kan, apa ditancapin di garpu terus diputer puter di atas apinya. tapi namanya anak kecil kadang ada aja idenya

      Delete
  16. Betul mba, karena di tengah-tengah antara Sumatera Barat dan Sumatera Selatan jadi kulinernya mix, ada unsur padang sama palembangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin banyak pilihan kulinernya di Sumatera sana ya. kapannn nih bisa kesono hohohoho

      Delete
  17. Hi mba Ainun, terimakasih sudah menyapa duluan πŸ˜†πŸ˜†

    Kunjungan pertama diauguhi tempat wisata sama makanan ,hehe. Setuu banget mba, es pisang ijo itu enaaaak, haha. Saya pernah coba dan enaak, saya kurng suka sama makanan pisang, tapi pisang ijo pengecualian, haha.

    Ngomongin pisang epe, ditempat saya juga ada mba, pisang yang dibakar tapi biasanya pusang batu, nanti setelah di jepit diatasnya ditarok taburan kelapa, tapi itu enak mbaa. Saya pikir tadi pisang epe sama kayak pisang bakar di tempat saya, tapi setelah baca lebih lanjut ternyata beda, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku baru denger nama pisang batu, ada ya ternyata lia?
      kemudian dikasih taburan kelapa, penasaran kayak gimana ya, belum pernah cobain cemilan pisang yang ada taburan kelapanya, enakk kayaknya ini

      aku setuju kalau es pisang ijo ini segerrrnya maknyus,apalagi kalau dinikmati siang siang, omaigodddddddd tenggorokan segerrrr

      Delete
  18. Dulu sewaktu kecil diMakasar suka banget aku sama pisang Epe atau pisang es pisang hijau bahkan pas Dijakarta selalu mencari makanan khas daerahku.😊😊

    Cuma pas lama Di Jakarta yaa semua makanan jenis Pisang aku suka dan melihat es pisang hijau atau pisang Epe jadi terkesan biasa malah..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru tau kalau mas satria junior dulu udah menclok kemana mana ya? pas remaja udah juga cari pengalaman sampe luar pulau jawa ya
      cerita cerita dong mas satria jaman waktu masih muda dulu

      hehehe apa mungkin karena di jakarta udah banyak varian makanan ya, jadina kesan pertama ketika ketemu si pisang epe atau es pisang ijo jadinya B aja, efek lama nggak makan di daerah aslinya juga soalnya ya

      Delete
  19. Kalau di Semarang ada pisang plenet. Hampir sama cara masaknya. Pisang digempengkan atau diplenet. Kemudian dikasih susu, meses, dan keju. Aku hanya bisa makan satu biji, karena aku rasa terlalu manis. Jadi ga bisa makan banyak-banyak..hehheehe

    aku sendiri sangat suka pisang. jenis pisang apapun. Pernah beli pisang langsung dari kebunnya dengan kualitas yang sangat bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang plenet, kalau bahasa jawa aku masih ngeh, plenet ini kalo diartikan adalah ditekan.
      enak juga nih ya mas rivai.
      hehe menghindari yang manis manis ya rivai, jadi nggak bisa sering sering juga

      nah tuh kalau beli pisang langsung dari kebun biasanya dikasih harga yang murah ya, apalagi kalau belinya banyak

      Delete
  20. Akuuuuu :D. Tp kalo udh diolah begini, sebenrnya aku lbh suka kalo ga banyak tambahan mba. Cukuplah pisang goreng aja. Ga ush tambahin keju dan coklat, malah eneg.

    Seandainya pilihan cuma pisang ato pisang yg udh diolah, aku LBH milih pisang yg msh dlm bntuk buah, Krn LBH sehat :D. Hihihi..


    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang goreng selalu jadi idola dan favorit banyak orang ya mbak fan
      nahh waktu lagi hits hitsnya nugget pisang malah banyak banget pilihan topingnya ya, ada matcha, keju, blueberry, widiuhhh banyak pol pokoknya

      pisang yang masih bentuk buah lebih sehat dan mengenyangkan ya mbak, kalo ada acara dan dapet nasi kotak,kadang ada isiannya buah, paling banter semangka atau pisang

      Delete
  21. Beberapa ratus meter dari rumah, ada tempat yang namanya Kebi. Itu tempat jualan dan nongkrong saat malam. Kalau mau makan pisang epe, bisa ke sana. Tapi saya lebih suka pisang peppe. Agak mirip dengan pisang epe, tapi pakai sambal kayak makan pisang goreng biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama unik seperti Kebi ini tentunya bikin orang kayak aku, yang bukan penduduk asli di wilayahnya mas rahul pasti kepo tingkat dewa.
      ada lagi ya nama sebutan yang hampir mirip kayak pisang epe, pisang peppe.
      kalo dicocol sambal kayak yang di Manado ya mas Rahul, duh apa ya namanya, pokoknya orang sana kalo makan pisang ada temennya si sambel ini

      Delete
  22. Sama, Mbaaaaaak. Kalau pisangnya cuma berbentuk pisang doang sih biasanya aku cuma lihatin aja. Karena emang gak terlalu suka makan buah pisang. Tapi, kalau pisangnya sudah diolah aku doyan bangetπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†.

    Biasanya kalau pisang gepok cuma aku goreng, Mbak. Kalau buat dibakar gini aku lebih suka pake pisang tanduk. Duh kan, langsung laper mikirin pisang di jam-jam segini🀀

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang