Hadirkan Kebahagiaan Ramadhan #DiRumahAja bersama Shopee


Menjelang bulan Ramadhan adalah saat-saat yang menyenangkan serta mengucapkan syukur karena masih dipertemukan kembali dengan bulan penuh hikmah di tahun ini. Perasaan bahagia ini tidak hanya dirasakan oleh saya, tetapi juga oleh seluruh anggota keluarga. Semua antusias menyiapkan keperluan hari pertama berpuasa, seperti mulai membeli beberapa kebutuhan pangan untuk sahur maupun berbuka, yaitu sayuran, buah, dan tidak ketinggalan juga untuk membersihkan rumah.

big ramadhan shopee 2020

Banyak berita bermunculan di daerah tempat saya tinggal, terutama dari pihak takmir atau pengurus masjid yaitu memberikan himbauan untuk melaksanakan sholat tarawih di rumah masing-masing. Tentunya berita ini sedikit mengurangi euforia malam pertama menyambut puasa. Tak dipungkiri setiap tahunnya, masjid akan selalu penuh dengan umat muslim yang akan melangsungkan ibadah sholat tarawih berjamaah.

Tidak hanya antusias untuk pergi ke masjid, anak-anak dan remaja di kampung saya biasanya selalu semangat keliling kampung sekitar jam 3 pagi sambil memukul bedug untuk membangunkan warga sahur.

Hal ini tidak lain dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah pun juga menghimbau masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan melakukan aktivitas dari rumah. Sejak himbauan ini muncul di pemberitaan media nasional, tagar #dirumahaja menjadi viral dan menjadi peringatan kepada seluruh warga untuk patuh terhadap aturan pemerintah.

Hari pertama menunaikan sholat tarawih, saya dan keluarga  tidak pergi ke masjid, melainkan melaksanakan sholat tarawih sendiri di rumah. Meskipun terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kita sekeluarga tetap menyambut gembira Ramadhan kali ini.

Semangat di bulan Ramadhan
Berpuasa bukanlah suatu hambatan untuk bermalas-malasan. Saya sendiri masih melakukan aktivitas berangkat ke kantor karena program Work From Home dibuat dengan sistem bergantian dengan rekan kerja. Hal yang membuat berbeda dengan waktu sebelum wabah Covid-19 ini muncul adalah lebih seringnya saya menggunakan masker dan membawa hand sanitizer kemanapun saya pergi sebagai langkah antisipasi terhadap diri sendiri.

Untuk beberapa orang, bekerja dari rumah merupakan proses adaptasi baru, termasuk saya, karena sudah terbiasa dengan rutinitas bekerja di kantor. Saya sendiri mencoba untuk mengambil sisi positif dari kebiasaan baru tersebut, yaitu saya mempunyai waktu untuk membereskan kamar dan menata kembali interior di dalam kamar yang selama ini sempat tertunda.


big ramadhan sales shopee
Kegiatan selama #DiRumahAja

Adik saya juga melakukan kegiatan belajar dari rumah, hal ini tentunya sedikit berbeda jika adik berada di sekolah setiap harinya. Tentu saja hal ini menjadi kendala bagi ibu saya dengan adanya sistem belajar yang mengharuskan online setiap hari dengan guru, sehingga membuat beliau harus mempelajari teknologi terkini demi kelancaran proses belajar. Kejadian ini membawa perubahan positif juga untuk anggota keluarga, yaitu dengan mempelajari hal-hal baru.

Biasanya di bulan Ramadhan, agenda untuk buka puasa bersama dengan teman masa sekolah maupun sahabat di luar rumah rutin diadakan, untuk saat ini kegiatan buka bersama ditiadakan, jadi saya cukup berbuka puasa di rumah saja. Semua memaklumi kejadian ini, ada hikmahnya juga supaya lebih dekat dengan keluarga sendiri di rumah.

Tunda Lebaran Tak Masalah
Pemberlakuan peraturan pemerintah mengenai larangan mudik semakin menguatkan keluarga saya untuk tidak berlebaran di Surabaya. Biasanya setiap tahun, saya menghabiskan waktu libur lebaran dengan berkunjung ke rumah saudara di Surabaya, karena orang tua berasal dari Surabaya.

big ramadhan shopee

Moda transportasi yang biasa kita gunakan adalah kereta api dan tidak berselang lama dari himbauan dilarang mudik, muncul informasi bahwa transportasi kereta juga akan diberhentikan sementara operasionalnya.

Pastinya lebaran tahun ini tidak akan ada hari-hari penuh canda tawa secara langsung dengan saudara, tante maupun om. Biasanya ibu, bapak, tante dan om banyak bercanda setiap bertemu dan tiap tahun selalu meninggalkan kenangan yang menyenangkan. Pasti ada kesedihan bagi saya dan keluarga, tapi demi keselamatan bersama, kita memilih untuk menunda sementara acara berkumpul bersama keluarga besar ini.

Berkah Ramadan #DiRumahAja bersama Shopee
Seringnya saya berada di rumah saat ini tentu saja semakin membuat lebih akrab dengan saudara-saudara yang tinggal serumah. Terkadang saya dan adik membuat dalgona coffee yang sempat viral beberapa waktu lalu. Bahkan saudara sepupu yang masih duduk di bangku SD dan tinggal di kecamatan sebelah lebih sering bermain di rumah, sehingga membuat suasana rumah menjadi lebih ramai.

Tidak dirayakannya momen lebaran di Surabaya yang menyebabkan tidak bisa merasakan serunya bertemu saudara sepupu, membuat saya ingin menghadirkan keseruan itu di rumah sendiri. Tentunya saya ingin menghadiahkan ibu dan adik saya dengan barang-barang yang bermanfaat. Kebetulan, website belanja online favorit saya yaitu Shopee biasanya di bulan Ramadhan seperti sekarang ini mempunyai banyak promo.

Hadirnya platform belanja online Shopee pastinya memudahkan siapa saja untuk belanja dari rumah, apalagi kondisi sekarang ini yang mengharuskan kita untuk berdiam diri di rumah. Kehadiran Shopee di Indonesia pada tahun 2015 benar-benar memudahkan para penjual dan pembeli dalam satu wadah yang praktis. Kategori produk yang dihadirkan mewakili semua kebutuhan masyarakat, seperti fashion, kosmetik, makanan, perlengkapan rumah, elektronik bahkan bisa berdonasi dari Shopee.

big ramadhan shopee

Kali ini saya tertarik untuk berbelanja mukena, baju muslim kekinian dan outer. Semua fashion yang saya inginkan, masuk dalam kategori fashion muslim dan promo Big Ramadhan Sale. Mukena cantik berwarna peach dengan motif bunga membuat saya untuk memilihnya. Toko rajatashop yang berlokasi di Denpasar menyediakan beragam variasi mukena dan harga yang terjangkau. Tanpa banyak berpikir lagi, dengan cepat saya masukkan ke keranjang belanja. Mukena cantik ini saya dapatkan dengan harga hanya Rp. 85.000
big ramadhan shopee



Begitu juga dengan outer motif batik berwarna kuning cerah, yang saya beli di toko geraiklambiku dan berlokasi di kota Solo dengan harga Rp. 52.200 dari harga aslinya yaitu Rp. 60.000. Serta baju muslim kekinian warna dusty atau pink muda yang saya beli dari toko Mybamus di Bandung dengan harga Rp. 93.900, untuk harga asli baju muslim ini sendiri yaitu sekitar Rp. 300.000

big ramadhan shopee

Awalnya saya ragu, pengiriman akan lama karena beberapa wilayah memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, tapi ternyata semua barang tersebut tiba dirumah hanya membutuhkan waktu tiga hari dari tanggal pemesanan.

big ramadhan shopee

Saya serahkan baju muslim dan mukena untuk ibu dan adik saya, mereka sangat senang menerimanya. Paling tidak saya bisa membuat mereka sekeluarga bahagia dengan momen Ramadhan tahun ini yang sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah.

Shopee tidak hanya memberikan layanan kebutuhan produk masyarakat, tetapi saya juga berkesempatan untuk mendapatkan THR dengan bermain #ShopeeTanamTHR 10 M di aplikasi Shopee dalam rangka promo Big Ramadhan Sale. Lumayan untuk mengatasi kejenuhan saat dirumah.

Rayakan Hari Kemenangan di Rumah
Untuk mengobati kerinduan berkumpul dengan keluarga yang sebagian besar berada di luar kota, saya akan tetap bersilahturahmi melalui telepon maupun video call. Sepertinya outer berwarna kuning cerah yang saya beli di Shopee tadi, akan saya kenakan saat video call dengan saudara-saudara, supaya suasana lebaran makin ceria juga.

Biasanya di kampung saya, setelah sholat idul fitri warga berkumpul di area sekitar masjid  untuk saling bermaaf-maafan. Tidak sabar menunggu momen bahagia nanti di puncak Ramadhan
.
 *


Artikel ini diikutkan dalam Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee



6 comments:

  1. Mbaaaa, kenapa ya kalau liat foto-foto senyum Mba itu, rasanya bebas aja, kayak nggak ada beban, senyumnya lepas, nggak ditahan-tahan hehehe

    Btw, kudu banyak-banyak sholawat deh saya kalau liat baju lucu gini, biar kagak keracunin, duuhhh jangaaann...jangaannn... baju saya masih banyak, hahaha.

    Itu batik yang kuning keceh amat dan baju pink itu, favorit saya banget warnanya.
    Btw, asyik banget sih ya yang bisa belanja di shoope dan dapat diskonan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kayak ikutan seneng pas liat foto aku tersenyum gini ya, nular gitu
      bener mbak banyakin sholawat, aku juga kok ini hehe, biar ga terus-terusan, baju beberapa kali beli tapi ada yang belum kepakai.

      hahaha warna kuning terliat ceria pembawaannya dan pink soft itu bagus juga, lembut warnanya. bagus sih ini hehehe #PROMOinAHHH

      Delete
    2. hahaha, iya Mba, kadang udah beli nggak kepakai.
      Apalagi baju-baju yang lucu aja buat acara resmi, kalau liat kok lucu, pas dibeli baru sadar kalau nggak cocok dipakai sembarang waktu.

      jadinya nggak kepakai deh, nunggu waktu yang pas :D

      Delete
    3. betulll, waktu di toko 'ihh kok lucu, apik, cuss beli'
      besok besok pas ngaca dirumah 'ehhmm kok gini ya' hahaha sering aku kayak gini

      Delete
  2. Wah, dalgona coffee. Saya sering banget bikin itu akhir-akhir ini. :D

    Apps e-commerce memang membantu sekali pas keadaan seperti ini. Nggak perlu ke toko atau supermarket buat belanja, cukup lewat gawai saja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ikutan DIY juga ya mas morishige, rame banget soalnya di timeline bikin ginian
      aku sampe bikin di jam istirahat di kantor, sampe segitunya hahaha

      bener mas, belanja sambil rebahan, nyantai pas di kantor aja udah bisa klik klik belanjaan online, asal nggak sering sering aja ini, nipis ntar doku nya

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

latest 'gram from @ainun_isnaeni