Ini Dia Langkah Sederhana Menghilangkan Noda Cat

Siapa yang sebal kalau tiba-tiba asik duduk ehh ternyata ada bekas permen karet yang dibuang sembarangan? Saya pasti kesal sekali, hal ini bukan hanya terjadi sekali saja.

Suatu ketika pernah keluar janjian dengan teman, asik jalan ngalor ngidul, waktu tiba di rumah baru sadar kalau sepatu kesukaan menginjak bekas permen karet dan bagian yang tidak “enak” adalah ketika membersihkan bawah bawah atau sol sepatunya.

Kejadian lain adalah waktu saya akan merombak cat tembok kamar tidur, waktu itu warna yang lagi booming adalah warna peach. Proses pengerjaan mencat ulang tembok kamar dibantu oleh Bapak saya, lebih tepatnya saya sendiri adalah tim penyemangat hahaha.

Si Bapak dengan semangatnya mendekor ulang kamar saya dan nggak diperdulikan lagi kalau cat tembok dengan manisnya menempel di baju beliau. Tentu saja untuk menghilangkan noda cat ini ada triknya agar tidak merusak serat kain.

menghilangkan noda cat


Jenis Noda dan Cara Membersihkannya


Ada banyak noda yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti :

Noda Luntur

Saya sering banget mengalami ini, baju baru yang pertama kali dicuci dan saya anggap tidak akan luntu, malah membuat baju saya yang lain kelunturan dengan warnanya. Biasanya karena saya merendam terlalu lama. Dan yang membuat tambah kesal lagi, kalau noda lunturnya mengenai baju kesayangan. Jadi belang-belang kan warnanya.

Langkah awal untuk membersihkan noda luntur yaitu dengan memnfaatkan barang yang ada di rumah, yaitu dengan cuka. Ambil air cuka, larutkan dengan deterjen dan air, kemudian rendam baju selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas sampai bersih.


Noda Tinta

Ini yang paling sering terjadi sama saya, terutama seragam kantor. Tanpa sengaja bolpoin sering mengenai celana atau baju saya, coba bayangkan kalau seandainya spidol permanent yang mengenai baju, agak susah juga untuk membersihkannya.

Ada banyak pilihan untuk membersihkan noda tinta, yaitu bisa dengan :

Alkohol
Jika baju yang terkena noda tinta masih “fresh” segera ambil alcohol dan gosokkan pada noda, perlahan noda akan memudar sendirinya.

Aseton
Jika mempunyai aseton dirumah, bisa dimanfaatkan juga yaitu dengan meneteskan aseton ke noda dan diamkan selama 30 menit, lalu kucek pakaian sampai noda luntur. Kemudian setelahnya dicuci seperti biasa dengan deterjen dan bilas sampai bersih.


Noda Kopi

Buat yang suka dengan kopi, nggak perlu khawatir lagi jika bajunya terkena noda kopi. Hal ini bisa diatasi dengan langkah yang sederhana, yaitu bilas baju dengan air dingin yang mengalir sampai noda kopi luntur. Setelah noda kopi hilang, cukup oleskan deterjen ke bagian noda dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Lalu bilas baju seperti biasa

menghilangkan noda kopi


Noda Lipstik

Cewek-cewek yang suka dandan dan nggak bisa jauh dari namanya lipstik, sepertinya kejadian baju terkena noda lipstik bukan hal baru lagi ya. Untuk membersihkan noda lipstik, bisa dengan menggunakan alkohol. Ambil kain dan celupkan ke dalam alkohol, kemudian tekan-tekan pada noda lipstik dan gunakan kertas atau tissue sebagai alas pakaian yang terkena noda tadi.


Noda Cat

Ternyata untuk membersihkan noda cat juga perlu diperhatikan dasar bahan dari cat itu sendiri, apakah cat tersebut berbahan dasar minyak atau air. Untuk cat dengan bahan dasar air, nodanya bisa dihilangkan dengan mencuci seperti biasa. Sedangkan jika cat yang mengenai baju memiliki bahan dasar minyak bisa diatasi dengan cara menggunakan cairan pengencer cat atau tiner. Noda pakaian dihadapkan ke bawah dan tepuk-tepuk noda yang terkena cat dengan kain lap yang sudah dibasahi tiner tadi.


Meskipun sudah mengetahui cara sederhana untuk menghilangkan noda-noda tersebut, saya sendiri berusaha untuk berhati-hati dalam bertindak, kecuali kalau orang lain yang tanpa sengaja “memberikan” noda tersebut ke pakaian saya hehe.


Kalian ada pengalaman kesal dengan noda apa? Apa sama dengan saya juga?




16 comments:

  1. Alkohol dan Aseton ini memang tools wajib yang harus ready di rumah untuk membersihkan noda-noda membandel ya mba :D saya juga pakai Alkohol / Aseton untuk membersihkan noda bekas lem di benda seperti bekas label harga dan lain sebagainya. So far, selalu berhasil membersihkan yang terpenting memang harus dilakukan segera sebelum noda semakin melekat :>

    Ohya, kadang kalau noda ketumpahan tapi saya masih di luar, saya biasa menggunakan tisu basah juga mba untuk step pertama agar nodanya nggak bertambah pekat. Baru saat tiba di rumah, langsung dieksekusi menggunakan alkohol dan teman-temannya :D hehehe. Thanks for sharing mba, jadi tau untuk beberapa noda ternyata bisa pakai alkohol juga <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseton ini ternyata multifungsi, aku suka. Kadang kalo resleting pouch sedikit macet bisa pakai alkohol juga

      tisue basah jarang bawa, palingan tisue kering biasa, sepertinya aku kudu rajin bawa juga buat jaga-jaga.
      Iya mbak biasanya kalau pas posisi di luar rumah dan kemungkinan pulang kerumahnya masih lama, kadang suka was was takut nodanya udah terserap ke serat kain dan takut nggak ilang

      Delete
  2. Baru tahu dong kalau bisa pakai alkohol, saya punya alkohol tapi di eman-eman, soalnya memang lagi butuh banget bebersih selalu pakai alkohol di zaman kayak sekarang hihihi.

    Kalau saya biasanya pakai sabun mandi yang batangan gitu Mbak, worth it sih, cuman biasanya lebih ampuh terhadap noda darah, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alkohol langka mba sekarang & harganya dinaikin juga.
      sabun batangan dirumah juga sedia, tapi kadang kok nggak terpikir ya pakai ini, perlu dicoba ini.
      padahal jaman aku masih kecil, sabun batangan ini sering dipakai buat nyuci sebagai pengganti deterjen, malah kayaknya lebih hits sabun batangan

      Delete
  3. wah, noda cat bisa dihilangkan pakai tiner? baru tau aku..
    makaciw banget mba infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak tia, iya kayak tipex model dulu yang berkuas, pasti ada temennya yaitu cairan tiner tipex, fungsinya sama juga sebagai penghilang noda/bekas.
      jadi ngga perlu takut lagi ya sekarang kalau deket deket sama cat hehehe

      Delete
  4. Bookmark dulu kali aja nanti ada kejadian permen karet kena tinta, kecelup dalam kopi bapak. Tumpah, kena cat basah yang ada di bawah terus aku kesandung tepat di atas permen karet penuh noda tersebut 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhhhh bayangin kena nodanya sebanyak itu, kayak sudah jatuh tertimpa tangga pula ya ehmm

      nah dirumah biasanya ada alkohol kan, bisa dimanfaatin nih kak

      Delete
  5. saya pernah pake aseton mba, sisi lain adem banget efeknya ehh bisa ilangin noda haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya adem, apalagi kalau buat ngilangin kutex, kena tangan maknyuss adem gitu :D
      tapi ternyata si aseton ini juga nyimpen rahasia rahasia kecil sebagai penghilang noda, nggak perlu susah susah lagi

      Delete
  6. Noda... noda apa yang diakibatkan karena sering senam?


    Noda lentur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk, baca kalimat pertama kuserius banget lho


      ternyata eh ternyata hahaha

      Delete
  7. Wah, baru tahu aku kalau ada tips macam ini, Mbak. Biasanya sih kalau ada baju yang kena noda bandel, dicuci dan dikucek berkali-kali gak hilang aku pasrah aja. Berdoa semoga rezeki tambah banyak supaya bisa beli baju baru. Kalau tau gini kan gak usah buang-buang uang lagi buat beli baru. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe samaan mba, aku pertama kali juga gitu, kalo jengkel dan noda ga bisa ilang, yasudah pasrah aja, sambil emosi dri sendiri wkwkwk

      Delete
  8. Yap bener sekali noda tinta bisa dibersihakan dengan alkohol tapi saya sendiri belum mencobanya, sebut saja spidol permanen, digaris ulang dengan tinta yang tidak permanen pada tulisan (timpabalik) biasanya dengan cara ini ampuh walaupun tidak sebersih dengan alkohol. Menggunakan spiritus juga ampuh. Noda cat memang bisa dibersihkan dengan tiner kebiasaan sih bersihinnya dengan minyak tanah, hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya pakai minyak tanah ya, duluu waktu aku kecil liat orang tua seringnya juga pakai ini.jadi inget masa masa kompor sumbu hehehe
      spiritus juga bisa ya? jarang sudah dirumah nyimpen barang ini

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

latest 'gram from @ainun_isnaeni