Lebih Mudah Pengajuan Pinjaman KTA via Online

Saat ini kebutuhan hidup yang meliputi sandang, pangan dan papan lambat laun mengalami kenaikan harga. Kebutuhan seperti barang elekronik pun kerap mengalami perubahan harga yang signifikan mengikuti kurs dollar. Bagi pemilik usaha yang merasa perkembangan usahanya kurang bagus pasti menginginkan usahanya akan tetap bertahan, namun tidak semua orang memiliki kondisi finansial yang mumpuni. Solusi untuk mendapatkan tambahan dana yaitu dengan melakukan pinjaman ke Bank. Tetapi tidak semua orang berani mengambil tindakan ini, karena biasanya untuk melakukan pinjaman ke Bank pasti ada jaminan yang harus disertakan. Tenang, saat ini sudah ada pinjaman ke Bank tanpa perlu memberikan jaminan, yang disebut dengan pinjaman KTA.


Apa sih Pinjaman KTA itu?

Pinjaman KTA atau pinjaman tanpa agunan adalah pinjaman berupa kredit perorangan tanpa jaminan yang diberikan kepada klien bank yang membutuhkan dana.

Permohonan pinjaman tanpa jaminan ini biasanya didasarkan pada riwayat kredit si pemohon, status keuangan serta jumlah yang dipinjam dan si pemohon tidak diharuskan untuk menawarkan sejumlah aset sebagai jaminan. Akan tetapi meskipun pinjaman ini bersifat tanpa adanya jaminan, si pemohon tetap terikat secara hukum untuk membayar kembali pinjaman yang telah disepakati. Nominal yang diberikan untuk pinjaman ini biasanya cukup besar, yaitu mulai dari sekitar 5 juta hingga ratusan juta.

https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan


Proses Pengajuan Tidak Perlu Ribet

Yang menjadi daya tarik dari pinjaman KTA ini yaitu proses pengajuan yang mudah. Jika syarat-syarat yang diminta oleh pihak bank dipenuhi dengan baik oleh si pemohon, maka dana pinjaman pun bisa secepatnya diterima. Untuk pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya tentunya akan semakin cepat terealisasi.


Lalu syarat apa saja yang harus dipersiapkan?
Untuk bisa mengajukan pinjaman, si pemohon diharuskan memiliki bukti kewarganegaraan sebagai Warna Negara Indonesia (WNI) dan berusia minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Persyaratan lain yang harus dipersiapkan yaitu seperti yang saya sebut dibawah ini :
  • Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah berkeluarga)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21
  • Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Asli surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan professional)
  • Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki)
  • Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Salinan izin praktik profesional (dokter, pengacara, atau profesional lain)
  • Salinan laporan keuangan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Materai

Selain persyaratan yang mudah, pada beberapa bank, biasanya pinjaman ini ditawarkan dengan memberikan kemudahan bagi klien melalui cicilan angsuran yang lebih rendah dan bahkan dengan jangka waktu yang telah disepakati sesuai dengan kemampuan si pemohon. Bunga yang diberikan biasanya berkisar antara 1% hingga 2,3% flat per bulannya.

Memang, tidak semua nominal pinjaman KTA yang diajukan akan disetujui sesuai permintaan si pemohon, Bank tetap akan menghitung lebih lanjut mengenai kemampuan bayar si pemohon, semakin besar penghasilan si pemohon maka pinjaman yang akan didapatkan dari Bank juga akan semakin besar.

Selain jumlah penghasilan, jumlah pinjaman yang diberikan juga dipengaruhi dari limit kartu kredit yang dimiliki oleh si pemohon kredit. Dan besar pinjaman yang diberikan biasanya bisa 4 sampai 5 kali lipat dari limit kartu kredit yang dimiliki. Bank juga akan menyetujui pinjaman KTA jika jumlah cicilan KTA per bulan tidak melebihi 40-60% dari total penghasilan si pemohon.

Nah, jika syarat-syarat yang disiapkan sudah diserahkan ke pihak bank, biasanya dibutuhkan waktu minimal 3-5 hari kerja dan maksimal 14-21 hari kerja. Biasanya kalau melakukan pinjaman ke bank ada proses survey, namun survey ini hanya dilakukan bagi si pemohon yang memiliki tempat usaha.

Untuk melakukan pembayaran ke bank pun juga semakin mudah, saat ini sudah banyak tersedia metode pembayaran seperti layanan transfer antar bank via ATM, melakukan setor langsung melalui teller bank, melalui mobile dan internet banking, bisa juga dengan autodebit dari rekening si pemohon.

Kemudahan akses untuk melakukan pembayaran ini juga disertai dengan kemudahan ketika pertama kali ingin mengajukan KTA. Jaman sekarang semua serba praktis melalui kecanggihan teknologi, jadi siapapun yang ingin mengajukan KTA cukup melengkapi persyaratan melalui online, seperti melalui https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Jadi sekarang tidak perlu ragu lagi untuk mengajukan KTA.


4 comments:

  1. Wah pas banget, tadi pagi saya dengarin podcast tentang utang. Sebenarnya utang boleh-boleh aja asal untuk tujuan yang produktif atau aset yang menguntungkan. Semoga dengan banyak kemudahan pinjaman, kita juga bijak menyikapinya ^^.

    Btw namamu kayak finalis Idol favoritku, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kuncinya bijak :)
      wahh iya ainun ya namanya hehehe

      Delete
  2. Btw, saya aslinya agak kurang ngeh tentang pinjam meminjam atau KTA, bunga bank dll itu.
    Maklum saya lemag dengan hitung2an hahaha
    Tapi jadi banyak ngeh setelah baca-baca banyak artikel di cekaja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya lemah juga mb, awal2 ditawari KTA malah aku pikir KPR kali ya hahaha
      baca baca ehhh ternyata semacam pinjaman tanpa agunan. Kalau soal itung-itungan bunga bank saya juga ga jago, taunya pokok murah hehe

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

Powered by Blogger.