Mewujudkan Impian dengan Langkah Jenius

7:33 PM

“Tahun depan mau lihat Aurora di Iceland ah”                                      
“Bulan depan harus aktif lagi di Reksadana biar kaya”


Kalimat itu hanya terlintas di angan-angan saja. Bermula dari banyaknya keinginan tapi jarang terealisasikannya, membuat saya membuka tambahan rekening lagi, satu rekening untuk menabung yang ditujukan untuk mewujudkan hobi jalan-jalan sekaligus untuk berinvestasi dan satu rekening untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi apa daya, terkadang muncul ajakan dari sahabat untuk traveling singkat di kala weekend dan godaan untuk nongkrong di café kekinian, yang otomatis membuat saya harus mengambil alokasi simpanan di ATM untuk memenuhi semua godaan tersebut. 

Alhasil, investasi berupa Reksadana yang saya rencanakan berujung vakum. Memang, yang namanya hiburan perlu tapi juga tidak terus menerus setiap hari atau bahkan setiap minggunya.

Maunya mencari tabungan yang biaya adminnya tidak terlalu besar tapi dapat bunga yang besar. Susah kan mencari bank yang mengikuti maunya saya. Secara tidak sengaja, saya melihat postingan di social media Influencer seperti Adis Whatever Backpacker yang menceritakan tentang Jenius, awalnya saya berpikir “nama Bank apa sih ini, kok tidak pernah tahu!”


Dari rasa penasaran tingkat tinggi mengenai sosok Jenius, saya mulai mencari tahu di Google yang memberikan link ke website Jenius dan cerita pengalaman pengguna Jenius. Membaca informasi mengenai Jenius awalnya berpikir “Oke juga nih Bank”, tapi apakah memang ada Bank Jenius?


Ternyata Jenius adalah produk perbankan elektronik dari PT. Bank BTPN Tbk. Semua transaksi di Jenius hanya dilakukan secara mobile melalui smartphone, dari mulai pembukaan rekening, blokir kartu ATM, sampai mengirimkan tagihan ke sesama pengguna Jenius. Aplikasi Jenius ini sudah tersedia di Apple Store dan Google Play Store.


Yang membuat saya takjub dengan Jenius adalah membuka rekening tanpa perlu repot antri ke Bank dan tanpa mengeluarkan biaya Materai. Jadi, saya cukup mengunggah NPWP, foto selfie dengan KTP, memberikan data diri sesuai format yang diminta hanya melalui smartphone. Data pribadi saya pun terlindungi dengan aman karena Jenius terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Maka dari itu, layanan perbankan Jenius ini juga memiliki julukan Experience Banking Reinvented. Dengan Jenius, saya sebagai nasabah memiliki kendali penuh dalam mengatur keuangan melalui smartphone dengan aman, mudah dan cerdas.


Keistimewaan Jenius

Lalu apa yang membuat saya memilih Jenius sebagai asisten finansial saya?

Pertama, tentu saja tabungan Jenius tidak memerlukan saldo awal pada saat pembukaan rekening, luar biasa kan? Biasanya, Bank mensyaratkan pembukaan rekening untuk status karyawan yang mempunyai pendapatan tetap rata-rata 100ribu sampai 500ribu rupiah tergantung jenis tabungannya. Aneh juga kalau saya memilih membuka tabungan dengan saldo awal 10ribu yang dikhususkan untuk tabungan pelajar

Proses mendaftar pun mudah, saya cukup menginstal aplikasi Jenius dan mengisi semua data yang diminta. Serta memastikan alamat email yang digunakan adalah alamat email aktif karena verifikasi dan pemberitahuan akan dikirim via email oleh pihak Jenius. Setelah terdaftar memiliki akun Jenius, rekening saya tidak langsung aktif, jadi saya pergi ke BTPN terdekat untuk mengaktifkan rekening tersebut. Kartu ATM Debit Utama akan saya terima dalam jangka waktu 1 minggu setelah mengaktifkan rekening. Benar saja, dalam jangka waktu 1 minggu Kartu ATM sudah saya terima. Kartu ATM ini dikirim dari Kantor Pusat  BTPN di Jakarta, padahal saya tinggal di Jember.


Alasan kedua yaitu di Jenius tidak ada biaya admin bulanan, boleh senang kan saya? Benar-benar tidak ada biaya siluman yang mungkin nasabah tidak mengetahui tiba-tiba ada potongan di rekening dan tahu-tahu saldo berkurang. Saya sendiri bukan termasuk tipe orang yang tiap bulan rajin ke Bank untuk cetak transaksi, selama ini saya hanya memantau dari ATM. Biaya admin dan bunga tabungan pun saya tidak pernah memantau berapa nilainya.


Alasan selanjutnya, di Jenius tidak ada saldo minimum, saya mau menutup rekening kapan pun juga bisa dan tidak ada biaya penalti. Selain itu, kartu ATM yang saya terima gratis dari Bank juga tidak dikenakan biaya kartu bulanan. Hebat banget kan Jenius ini, mengerti yang saya mau.

Fitur Jenius
Untuk mewujudkan hobi saya bertualang, saya sangat terbantu dengan fitur yang diberikan oleh Jenius. Memang selama saya menabung saat ini pun ada saja godaan untuk menarik beberapa rupiah terutama untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Sifat seperti ini yang membuat rekening tidak bisa terkumpul banyak.

Kartu Debit Fleksible
Di Jenius, nasabah bisa mempunyai 3 kartu debit. Wow, baru tahu nih ada Bank yang bisa mengeluarkan sampai 3 kartu debit. Dengan adanya layanan 3 Kartu Debit Jenius tersebut, saya bisa membagi pos-pos tabungan.

Jadi, kartu ATM Utama dinamakan m-Card. Kartu m-Card inilah yang saya terima pertama kali. Di m-Card ini pula saya menyimpan saldo rekening utama. Dengan m-Card saya bisa menggunakan untuk tarik tunai melalui ATM Bersama atau bertransaksi online maupun offline di merchant Visa dan dapat digunakan juga untuk bertransaksi di luar negeri. Ini penting, karena saya membutuhkan kartu ATM yang bisa diterima secara Internasional.

Jenius diterima di Cafe Internasional

Seperti saat saya bepergian ke Thailand beberapa waktu lalu, kartu debit Jenius dengan mudahnya diterima untuk bertransaksi di café maupun pusat perbelanjaan. Dengan intensitas bepergian ke luar negeri yang terkadang suka mendadak ini, memudahkan saya dengan adanya m-Card, karena saya tidak perlu lagi pergi ke money changer dan meminimalkan juga untuk membawa uang tunai banyak. Cashless dan praktis kan. Saya cukup menarik uang tunai melalui ATM di negara tujuan yang berlogo Visa dan dikenai biaya penarikan sebesar 25ribu per transaksi. Tidak terlalu besar juga biayanya dan nilai tukarnya pun masih ramah di rekening


Mudah digunakan, nge-trip pun aman dan nyaman

Kartu Debit kedua dinamakan e-Card, yaitu kartu debit virtual atau nonfisik. Kartu ini dapat digunakan untuk bertransaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa. Positifnya adalah, jika bertransaksi menggunakan e-Card dapat meminimalkan kejadian pembobolan rekening di dunia maya. Maka dari itu saya menyiapkan saldo secukupnya saja jika ingin menggunakan e-Card ini.

Selanjutnya yaitu Kartu Debit x-Card, yaitu kartu debit tambahan yang bisa diberi nama sesuai keinginan nasabah dan bisa dibuat maksimal 3 kartu. x-Card milik saya sendiri diberi nama Hura-Hura. Untuk saat ini, saya membuat 1 x-Card, yang saya tujukan untuk keperluan konsumtif ringan seperti ngopi dengan sahabat, membeli cemilan maupun pakaian.




Save It
Untuk mewujudkan hobi jalan-jalan, saya menyukai Fitur Save It untuk menabung dengan bunga yang cukup besar juga. Fitur Save It Jenius terdiri dari Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Saver.

Apakah itu Flexi Saver?
Flexi Saver adalah tabungan fleksibel berbunga setara deposito yang dapat disetor dan ditarik sesuai keinginan. Dengan Flexi Saver, nasabah mendapatkan bunga 5% p.a tanpa saldo minimum dan tanpa periode tertentu. Bunga tabungan dihitung harian dan dibayarkan tiap bulan. Saya memanfaatkan Flexi Saver untuk menyimpan dana darurat, untuk mengantisipasi kejadian tidak menyenangkan yang suka muncul tidak terduga.



Lalu apakah Dream Saver itu?
Yup, Dream Saver juga memudahkan hidup saya dengan caranya yang mudah dan praktis untuk menyimpan dana jalan-jalan. Menabung di Dream Saver akan mendapatkan bunga sebesar 5% p.a setiap tabungan yang saya miliki. Saya bebas menentukan setoran awal dan periode penyetorannya, entah harian, mingguan ataupun bulanan. Lebih menyenangkan lagi dari Dream Saver adalah saya bisa menghentikan sementara jika sewaktu-waktu menarik semua dana, tetapi perhitungan bunga tetap berjalan. Supaya uang gajian tidak lekas menghilang, saya harus selalu disiplin untuk menyisihkan nominal gaji yang sudah saya perhitungkan.



Nah, jika ingin mendapatkan suku bunga yang cukup tinggi lagi bisa memanfaatkan Deposito Maxi Saver. Di Maxi Saver, nasabah dapat mulai menabung dengan nilai pokok 10juta, semakin besar nilai pokok, maka semakin tinggi suku bunga hingga 7% p.a. dan bebas menentukan periode deposito dari 1 hingga 12 bulan.

Oya, fitur Flexi Saver, Dream Saver maupun Maxi Saver ini sangat mudah dilakukan, karena cukup dengan top up dari saldo aktif. Sehingga transaksi dengan m-Card dengan sumber dari saldo aktif pun tidak bisa mengakses simpanan uang yang berada di 3 jenis tabungan Fitur Save It.


Kemudahan apalagi yang saya dapatkan dari Jenius?

Saya sering memanfaatkan fitur Send It untuk membayar tagihan belanja online dan membeli pulsa. Semua transaksi terekam di aplikasi Jenius, sehingga saya tidak penasaran lagi kemana uang saya dibelanjakan selama ini. Memang tidak semua transaksi pembelanjaan di toko offline diberi struk belanja, paling tidak dengan adanya history transaksi di Jenius, pembukuan keuangan lebih teroganisir.


Jenius benar-benar membuat urusan keuangan saya mudah dengan kendali penuh dari smartphone. Bagaimana dengan kalian, ada cerita #hari2Jenius yang bisa di sharing kah?

17 comments:

  1. Wah aku juga punya aplikasi jenius kak, tp blm buat kartunya hehhee, bsk2 main ah ke BTPN buat kartunya skalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masjoe, aplikasi yang bener2 jenius ini, eman tohh kalo blm diuruskan atm nya hehe

      Delete
  2. aku suka fitur jenius yang bisa membagi-bagi kebutuhan dalam keuangan itu loh
    the best financial planner card lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak ros, aku juga suka sejak pertama kali menggunakan jenius
      waktu utek2 di aplikasinya aja, sampe kepikir wagelaseh nih aplikasi, bisa semuanya.

      Delete
  3. Aku pun sudah bikin tabungan Jenius. Ceritanya hasil dari blog mau aku pisahin ke tabungan ini. Biar lebih terukur dan buat jatah jalan-jalannya Travel Galau. Kemarin si kartu Jenius sempat dibawa suami juga ke Praha, buat jaga-jaga kalau butuh uang. Kan bisa ambil uang via atm di luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess ga salah pilihan mb dian ya
      aku juga ga nyangka bisa nemuin si jenius ini, krn niat awalnya mau misahin duit jalan-jalan, lahh ternyata jenius lebih dari perkiraan.
      Bisa buat deposito juga, canggih

      iya mb ternyata juga bisa dipakai di luar negeri dengan mudahnya si jenius ini

      Delete
  4. Jenius juga praktis buat transaksi di luar negeri ;)

    Cheers,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu mb, bener bener jenius si jenius ini
      ga salah punya aplikasi dan pakai jenius

      Delete
  5. Nyaman banget bisa digunain transaksi di luar negeri, potongannya juga ngga gede ya ...
    Meluncur akh ke Jenius, kepoin cara-cara daftarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kak, aku awalnya juga kepo kepoin webnya, baca pengalaman pemakai jenius yang lain, langsung memutuskan daftar Jenius juga

      Delete
  6. Semalam sudah kulihat, sepertinya ada persyaratan wajib memasukkan NPWP.
    Kalau untuk yang belum punya NPWP apa diperbolehkan ikut nabung di Jenius ya, kak ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran pertama bisa tanpa npwp. Npwp bisa disusulkan di lain waktu

      Delete
  7. Saya terkesan dengan mudahnya kita mendaftar dan kecilnya saldo awal. Juga punya 3 tipe kartu. Memang memudahkan bagi kehidupan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas putu, daftar buka rekening tanpa ada minimal setoran enak, setoran awal pun suka suka kita.
      kartunya bisa ditujukan buat kepentingan berbeda, pokoknya oke

      Delete
  8. Gue juga punya akun Jenius lho hehe, dan berhasil mengendapkan sejumlah Rp7 juta hihi, bunganya gede pulak.
    Nggak kepikiran bikin akun Jenius, sampai suatu kali COO gue menginstruksikan semua staf buat bikin akun Jenius. Kayaknya biar dia dapet komisi dari referral code dia haha. Semua proses dijalankan di kantor, Ai. Jadi ada staf Jenius yang dateng ke kantor, sama sekali nggak ada acara ke BTPN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. COO nya keren pake banget sampe semua stafnya diinstruksikan buat akun jenius
      nabung di jenius dengan fitur nya yg oke ga nyangka bisa nabung sampesegitu, kan mayan.
      Iya nih sayangnya aku tinggal di Jember, jadi nggak ada agen jenius, mau nggak mau ke BTPN, untungnya waktu itu agak sepi, tapi tetep nunggu antrian hampir sejam di bank

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

Powered by Blogger.