Mewujudkan Impian dengan Langkah Jenius


“Tahun depan mau lihat Aurora di Iceland ah”                                     
“Bulan depan harus aktif lagi di Reksadana biar kaya”


Kalimat itu hanya terlintas di angan-angan saja. Bermula dari banyaknya keinginan tapi jarang terealisasikannya, membuat saya membuka tambahan rekening lagi, satu rekening untuk menabung yang ditujukan untuk mewujudkan hobi jalan-jalan sekaligus untuk berinvestasi dan satu rekening untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi apa daya, terkadang muncul ajakan dari sahabat untuk traveling singkat di kala weekend dan godaan untuk nongkrong di café kekinian, yang otomatis membuat saya harus mengambil alokasi simpanan di ATM untuk memenuhi semua godaan tersebut. 

Alhasil, investasi berupa Reksadana yang saya rencanakan berujung vakum. Memang, yang namanya hiburan perlu tapi juga tidak terus menerus setiap hari atau bahkan setiap minggunya.

Maunya mencari tabungan yang biaya adminnya tidak terlalu besar tapi dapat bunga yang besar. Susah kan mencari bank yang mengikuti maunya saya. Secara tidak sengaja, saya melihat postingan di social media Influencer seperti Adis Whatever Backpacker yang menceritakan tentang Jenius, awalnya saya berpikir “nama Bank apa sih ini, kok tidak pernah tahu!”


Dari rasa penasaran tingkat tinggi mengenai sosok Jenius, saya mulai mencari tahu di Google yang memberikan link ke website Jenius dan cerita pengalaman pengguna Jenius. Membaca informasi mengenai Jenius awalnya berpikir “Oke juga nih Bank”, tapi apakah memang ada Bank Jenius?


Ternyata Jenius adalah produk perbankan elektronik dari PT. Bank BTPN Tbk. Semua transaksi di Jenius hanya dilakukan secara mobile melalui smartphone, dari mulai pembukaan rekening, blokir kartu ATM, sampai mengirimkan tagihan ke sesama pengguna Jenius. Aplikasi Jenius ini sudah tersedia di Apple Store dan Google Play Store.


Yang membuat saya takjub dengan Jenius adalah membuka rekening tanpa perlu repot antri ke Bank dan tanpa mengeluarkan biaya Materai. Jadi, saya cukup mengunggah NPWP, foto selfie dengan KTP, memberikan data diri sesuai format yang diminta hanya melalui smartphone. Data pribadi saya pun terlindungi dengan aman karena Jenius terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Maka dari itu, layanan perbankan Jenius ini juga memiliki julukan Experience Banking Reinvented. Dengan Jenius, saya sebagai nasabah memiliki kendali penuh dalam mengatur keuangan melalui smartphone dengan aman, mudah dan cerdas.


Keistimewaan Jenius

Lalu apa yang membuat saya memilih Jenius sebagai asisten finansial saya?

Pertama, tentu saja tabungan Jenius tidak memerlukan saldo awal pada saat pembukaan rekening, luar biasa kan? Biasanya, Bank mensyaratkan pembukaan rekening untuk status karyawan yang mempunyai pendapatan tetap rata-rata 100ribu sampai 500ribu rupiah tergantung jenis tabungannya. Aneh juga kalau saya memilih membuka tabungan dengan saldo awal 10ribu yang dikhususkan untuk tabungan pelajar

Proses mendaftar pun mudah, saya cukup menginstal aplikasi Jenius dan mengisi semua data yang diminta. Serta memastikan alamat email yang digunakan adalah alamat email aktif karena verifikasi dan pemberitahuan akan dikirim via email oleh pihak Jenius. Setelah terdaftar memiliki akun Jenius, rekening saya tidak langsung aktif, jadi saya pergi ke BTPN terdekat untuk mengaktifkan rekening tersebut. Kartu ATM Debit Utama akan saya terima dalam jangka waktu 1 minggu setelah mengaktifkan rekening. Benar saja, dalam jangka waktu 1 minggu Kartu ATM sudah saya terima. Kartu ATM ini dikirim dari Kantor Pusat  BTPN di Jakarta, padahal saya tinggal di Jember.


Alasan kedua yaitu di Jenius tidak ada biaya admin bulanan, boleh senang kan saya? Benar-benar tidak ada biaya siluman yang mungkin nasabah tidak mengetahui tiba-tiba ada potongan di rekening dan tahu-tahu saldo berkurang. Saya sendiri bukan termasuk tipe orang yang tiap bulan rajin ke Bank untuk cetak transaksi, selama ini saya hanya memantau dari ATM. Biaya admin dan bunga tabungan pun saya tidak pernah memantau berapa nilainya.


Alasan selanjutnya, di Jenius tidak ada saldo minimum, saya mau menutup rekening kapan pun juga bisa dan tidak ada biaya penalti. Selain itu, kartu ATM yang saya terima gratis dari Bank juga tidak dikenakan biaya kartu bulanan. Hebat banget kan Jenius ini, mengerti yang saya mau.

Fitur Jenius
Untuk mewujudkan hobi saya bertualang, saya sangat terbantu dengan fitur yang diberikan oleh Jenius. Memang selama saya menabung saat ini pun ada saja godaan untuk menarik beberapa rupiah terutama untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Sifat seperti ini yang membuat rekening tidak bisa terkumpul banyak.

Kartu Debit Fleksible
Di Jenius, nasabah bisa mempunyai 3 kartu debit. Wow, baru tahu nih ada Bank yang bisa mengeluarkan sampai 3 kartu debit. Dengan adanya layanan 3 Kartu Debit Jenius tersebut, saya bisa membagi pos-pos tabungan.

Jadi, kartu ATM Utama dinamakan m-Card. Kartu m-Card inilah yang saya terima pertama kali. Di m-Card ini pula saya menyimpan saldo rekening utama. Dengan m-Card saya bisa menggunakan untuk tarik tunai melalui ATM Bersama atau bertransaksi online maupun offline di merchant Visa dan dapat digunakan juga untuk bertransaksi di luar negeri. Ini penting, karena saya membutuhkan kartu ATM yang bisa diterima secara Internasional.

Jenius diterima di Cafe Internasional

Seperti saat saya bepergian ke Thailand beberapa waktu lalu, kartu debit Jenius dengan mudahnya diterima untuk bertransaksi di café maupun pusat perbelanjaan. Dengan intensitas bepergian ke luar negeri yang terkadang suka mendadak ini, memudahkan saya dengan adanya m-Card, karena saya tidak perlu lagi pergi ke money changer dan meminimalkan juga untuk membawa uang tunai banyak. Cashless dan praktis kan. Saya cukup menarik uang tunai melalui ATM di negara tujuan yang berlogo Visa dan dikenai biaya penarikan sebesar 25ribu per transaksi. Tidak terlalu besar juga biayanya dan nilai tukarnya pun masih ramah di rekening


Mudah digunakan, nge-trip pun aman dan nyaman

Kartu Debit kedua dinamakan e-Card, yaitu kartu debit virtual atau nonfisik. Kartu ini dapat digunakan untuk bertransaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa. Positifnya adalah, jika bertransaksi menggunakan e-Card dapat meminimalkan kejadian pembobolan rekening di dunia maya. Maka dari itu saya menyiapkan saldo secukupnya saja jika ingin menggunakan e-Card ini.

Selanjutnya yaitu Kartu Debit x-Card, yaitu kartu debit tambahan yang bisa diberi nama sesuai keinginan nasabah dan bisa dibuat maksimal 3 kartu. x-Card milik saya sendiri diberi nama Hura-Hura. Untuk saat ini, saya membuat 1 x-Card, yang saya tujukan untuk keperluan konsumtif ringan seperti ngopi dengan sahabat, membeli cemilan maupun pakaian.




Save It
Untuk mewujudkan hobi jalan-jalan, saya menyukai Fitur Save It untuk menabung dengan bunga yang cukup besar juga. Fitur Save It Jenius terdiri dari Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Saver.

Apakah itu Flexi Saver?
Flexi Saver adalah tabungan fleksibel berbunga setara deposito yang dapat disetor dan ditarik sesuai keinginan. Dengan Flexi Saver, nasabah mendapatkan bunga 5% p.a tanpa saldo minimum dan tanpa periode tertentu. Bunga tabungan dihitung harian dan dibayarkan tiap bulan. Saya memanfaatkan Flexi Saver untuk menyimpan dana darurat, untuk mengantisipasi kejadian tidak menyenangkan yang suka muncul tidak terduga.



Lalu apakah Dream Saver itu?
Yup, Dream Saver juga memudahkan hidup saya dengan caranya yang mudah dan praktis untuk menyimpan dana jalan-jalan. Menabung di Dream Saver akan mendapatkan bunga sebesar 5% p.a setiap tabungan yang saya miliki. Saya bebas menentukan setoran awal dan periode penyetorannya, entah harian, mingguan ataupun bulanan. Lebih menyenangkan lagi dari Dream Saver adalah saya bisa menghentikan sementara jika sewaktu-waktu menarik semua dana, tetapi perhitungan bunga tetap berjalan. Supaya uang gajian tidak lekas menghilang, saya harus selalu disiplin untuk menyisihkan nominal gaji yang sudah saya perhitungkan.



Nah, jika ingin mendapatkan suku bunga yang cukup tinggi lagi bisa memanfaatkan Deposito Maxi Saver. Di Maxi Saver, nasabah dapat mulai menabung dengan nilai pokok 10juta, semakin besar nilai pokok, maka semakin tinggi suku bunga hingga 7% p.a. dan bebas menentukan periode deposito dari 1 hingga 12 bulan.

Oya, fitur Flexi Saver, Dream Saver maupun Maxi Saver ini sangat mudah dilakukan, karena cukup dengan top up dari saldo aktif. Sehingga transaksi dengan m-Card dengan sumber dari saldo aktif pun tidak bisa mengakses simpanan uang yang berada di 3 jenis tabungan Fitur Save It.


Kemudahan apalagi yang saya dapatkan dari Jenius?

Saya sering memanfaatkan fitur Send It untuk membayar tagihan belanja online dan membeli pulsa. Semua transaksi terekam di aplikasi Jenius, sehingga saya tidak penasaran lagi kemana uang saya dibelanjakan selama ini. Memang tidak semua transaksi pembelanjaan di toko offline diberi struk belanja, paling tidak dengan adanya history transaksi di Jenius, pembukuan keuangan lebih teroganisir.


Jenius benar-benar membuat urusan keuangan saya mudah dengan kendali penuh dari smartphone. Bagaimana dengan kalian, ada cerita #hari2Jenius yang bisa di sharing kah?

Comments

  1. Wah aku juga punya aplikasi jenius kak, tp blm buat kartunya hehhee, bsk2 main ah ke BTPN buat kartunya skalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masjoe, aplikasi yang bener2 jenius ini, eman tohh kalo blm diuruskan atm nya hehe

      Delete
  2. aku suka fitur jenius yang bisa membagi-bagi kebutuhan dalam keuangan itu loh
    the best financial planner card lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak ros, aku juga suka sejak pertama kali menggunakan jenius
      waktu utek2 di aplikasinya aja, sampe kepikir wagelaseh nih aplikasi, bisa semuanya.

      Delete
  3. Aku pun sudah bikin tabungan Jenius. Ceritanya hasil dari blog mau aku pisahin ke tabungan ini. Biar lebih terukur dan buat jatah jalan-jalannya Travel Galau. Kemarin si kartu Jenius sempat dibawa suami juga ke Praha, buat jaga-jaga kalau butuh uang. Kan bisa ambil uang via atm di luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess ga salah pilihan mb dian ya
      aku juga ga nyangka bisa nemuin si jenius ini, krn niat awalnya mau misahin duit jalan-jalan, lahh ternyata jenius lebih dari perkiraan.
      Bisa buat deposito juga, canggih

      iya mb ternyata juga bisa dipakai di luar negeri dengan mudahnya si jenius ini

      Delete
  4. Jenius juga praktis buat transaksi di luar negeri ;)

    Cheers,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu mb, bener bener jenius si jenius ini
      ga salah punya aplikasi dan pakai jenius

      Delete
  5. Nyaman banget bisa digunain transaksi di luar negeri, potongannya juga ngga gede ya ...
    Meluncur akh ke Jenius, kepoin cara-cara daftarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kak, aku awalnya juga kepo kepoin webnya, baca pengalaman pemakai jenius yang lain, langsung memutuskan daftar Jenius juga

      Delete
  6. Semalam sudah kulihat, sepertinya ada persyaratan wajib memasukkan NPWP.
    Kalau untuk yang belum punya NPWP apa diperbolehkan ikut nabung di Jenius ya, kak ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran pertama bisa tanpa npwp. Npwp bisa disusulkan di lain waktu

      Delete
  7. Saya terkesan dengan mudahnya kita mendaftar dan kecilnya saldo awal. Juga punya 3 tipe kartu. Memang memudahkan bagi kehidupan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas putu, daftar buka rekening tanpa ada minimal setoran enak, setoran awal pun suka suka kita.
      kartunya bisa ditujukan buat kepentingan berbeda, pokoknya oke

      Delete
  8. Gue juga punya akun Jenius lho hehe, dan berhasil mengendapkan sejumlah Rp7 juta hihi, bunganya gede pulak.
    Nggak kepikiran bikin akun Jenius, sampai suatu kali COO gue menginstruksikan semua staf buat bikin akun Jenius. Kayaknya biar dia dapet komisi dari referral code dia haha. Semua proses dijalankan di kantor, Ai. Jadi ada staf Jenius yang dateng ke kantor, sama sekali nggak ada acara ke BTPN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. COO nya keren pake banget sampe semua stafnya diinstruksikan buat akun jenius
      nabung di jenius dengan fitur nya yg oke ga nyangka bisa nabung sampesegitu, kan mayan.
      Iya nih sayangnya aku tinggal di Jember, jadi nggak ada agen jenius, mau nggak mau ke BTPN, untungnya waktu itu agak sepi, tapi tetep nunggu antrian hampir sejam di bank

      Delete
  9. wah mantap tips nic, bisa dicoba juga

    ReplyDelete
  10. Mewujudkan impian memang perlu tatik serta keseriusan dan jangan pernah putus ditengah jalan dengan hanya hal sepele...Teruslah berusaha menjadi yang terbaik dengan hal positif..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget mas jingga satria,tetep berusaha dengan hal positif yang disukai

      Delete
  11. Hwah, terimakasih ya informasinya. Selama ini saya berhubungan dengan BTPN itu cuma untuk mengurus gaji pensiun Mamatua saja. Baru tahu si tabungan oranye ini ada Jenius-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mb tuteh, nahh kalo gitu pas ke btpn bisa daftar sekalian jeniusnya

      Delete
    2. Insha Allah. Terima kasih Ainun...

      Delete
  12. Hwah, terimakasih ya informasinya. Selama ini saya berhubungan dengan BTPN itu cuma untuk mengurus gaji pensiun Mamatua saja. Baru tahu si tabungan oranye ini ada Jenius-nya.

    ReplyDelete
  13. kalau "tabungan Jenius tidak memerlukan saldo awal pada saat pembukaan rekening"

    enak juga berarti ya mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cukup daftar dulu melalui aplikasinya, nanti bisa top up baik dari rekening btpn maupun bank lain

      Delete
  14. Belum punya jenius, dan postingan ini racun banget deh, jadi pengen buka akun juga.
    Lebih enak ya, bisa saving dengan detail.
    Dan yang paling penting, gak perlu capek2 antri ke bank untuk buka rekening hehehe

    zaman sekarang, aplikasi yang praktis dan memudahkan selalu dikejar oleh banyak orang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihirr ayo buat mb rey, gampang, klak klik dari hp sudah langsung punya jenius
      ngisi saldonya dari semua bank bisa, biaya nya kurang lebih 6.500 tergantung kebijakan tiap bank, kalo top up nya tiap hari senin malah dapet cashback lagi, alias gratiss

      biasanya aku nyatet di notes kecil untuk nota2 belanja, dijenius bisa dikelompokkan menurut pengeluarannya, historynya ga ilang

      Delete
  15. Setelah melihat reviewnya aku jadi punya keinginan untuk bergabung dengan jenius

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk banyak yang gabung dengan Jenius, Jenius memudahkan transaksi sehari hari, nabung oke, buat misahin uang jajan dan saving juga membantu banget ini

      Delete
  16. Gw pake digibank by DBS. Sama kaya Jenius, daftarnya gampang dan online ! Gak perlu capek-capek ke bank. Bisa buat bayar ini-itu, bisa buat tarik tunbai di atm bank manapun. Cihui banget pokoke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap aku awalnya mau daftar DBS juga, setelah browsing2 kok kudu ke surabaya untuk aktivasi, jadi agak susah ngatur waktunya. Maklum kan tinggal di Jember
      Untuk fungsi sama, harapannya dengan aplikasi canggih seperti ini, kita kita rajin nabung ya

      Delete
  17. Saya juga punya Jenius, dan ini bener2 rekeningnya generasi kekinian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihh mantapp mas, memang kekinian banget ya model nabung yang seperti ini

      Delete
  18. Sepertinya cukup menarik dengan berbagai kemudahn mulai dari proses pembukaan rekening hingga manfaat penggunaan kartunya. Nice info mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bang Day, semua dipermudah dengan Jenius

      Delete
  19. Wah, kayaknya aku mau coba nih. Kebetulan belum punya atm juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp hayuk hayuk kak bikin, nabung di jenius menyenangkan

      Delete
  20. Saya juga punya rekening dan atm jenius,,,dan jenius btpn adalah satu satunya bank yang belum pernah saya kunjungi,,,ya mau gmana lagi,,,,bikin rekeningnya saja online,,,dah gtu atmnya dikirim ke rumah lagi,,,,selain gk ada biaya bulanan jenius juga rekening yg paling banyak fiturnya menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik punya juga ternyata ya mas eko, aku waktu itu ke kantor BTPN cuman buat setoran kayaknya, lupa
      iya fiturnya mayan oke, bisa tau history pembelanjaan kemana aja, kirim kemana aja, cukup membantu ini

      Delete
    2. Mulai 1 januari 2021, Jenius memberlakukan biaya admin 10 ribu, sudah gak gratis lagi,

      Delete
  21. Fiturnya banyak banget ya dan yang bikin saya tertarik ada dream saver nya itu. Kalau saya entah kenapa uang di atm malah boros banget, jadinya malah sering nabung sendiri di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dream saver dibuat sepertinya untuk membantu nasabah buat mencapai goal nabungnya. iya mbak kalo ada duit di atm, pas jalan kemana gitu, ehh ada godaan belanja, trus tinggal gesek, kan sedih nanti kalo duit abis buat belanja tak terduga karena lapar mata begini

      nabung dirumah pakai celengan kah mbak? dulu waktu aku kecil biasa pakai kaleng minuman dan celengan. pas gede pindah ke rekening bank, dan sekarang kayaknya milih rekening aja, soalnya kalo simpen dirumah kadang suka lupa kok tiba tiba tinggal dikit aja

      Delete
  22. Yaampun aku baru tahu kalau ada aplikasi yang gini malah. Makasih loh mba membantu banget, i'll try Jenius

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak silahkan dicoba nabung di Jeniusnya ya

      Delete
  23. Aku jg udah punya tabungan di jenius.. Tp bungabya udah turun jd 3% hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak sekarang turun gara gara pandemi ya sepertinya, gpp, kudu sabar dan ikhlas ya mba

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang