Cuci Mata di Banjarmasin

8:12 PM

Jika mempunyai tidak banyak waktu di Banjarmasin, kalian mungkin bisa melakukan flaspacker seperti saya.
Sore hari di Banjarmasin, saya menghabiskan waktu dengan berkeliling kota.

Tampak depan Masid Sultan Suriansyah
Bagian dalam Masjid Sultan Suriansyah
Kampung Sasirangan
Suasana sore di Kota Banjarmasin
  1. Rute pertama, saya mengunjungi daerah Pasar Terapung Kuin. Pasar Terapung Kuin berbeda dengan Pasar Terapung Lok Baintan. Perbedaan itu karena dilihat dari sisi ”keasliannya”. Pasar Terapung Kuin lokasinya masih di daerah perkotaan dan akses untuk menuju ke sana lebih mudah. Saya sore itu tidak sampai ke Muara Sungai Kuin untuk melihat lokasi Pasar, karena meskipun kesana saat itu juga tidak akan terlihat aktivitas perdagangan seperti pada saat pagi hari. Jadi cukup puas saja dengan berkeliling seputar sungai Kuin.
  2. Tujuan berikutnya yaitu komplek Makam Sultan Suriansyah yang berada di Kelurahan Kuin Utara. Menurut sejarah, Sultan Suriansyah merupakan raja Kerajaan Banjar pertama yang beragama Islam. Pada saat beliau masih kecil namanya adalah Raden Samudera, dan setelah diangkat menjadi raja namanya berubah menjadi Pangeran Samudera, kemudian setelah memeluk agama Islam namanya berubah menjadi Sultan Suriansyah.   
  3. Berlanjut ke tujuan selanjutnya, saya menuju ke masjid yang tergolong dalam kategori cagar Budaya di sepanjang sungai Kuin, yaitu Masjid Bersejarah Sultan Suriansyah yang didominasi warna hijau. Halaman masjid disini terbilang cukup luas. Arsitektur yang tampak masih mempertahankan struktur bangunan lama dan terlihat masih berdiri kokoh, dikarenakan pemeliharaan dari masjid ini sangat baik.
  4. Kampung Arab - Sasirangan
  5. Tujuan selanjutnya, saya menghabiskan waktu sore di tepian sungai Martapura, yang mana biasa dijadikan tempat bagi warga untuk sekedar nongkrong. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini sembari menunggu waktu Magrib tiba, terlihat beberapa komunitas club fotografi, sepeda unik bercengkrama di sini.

Komplek Makam Sultan Suriansyah
 Kalau berkesempatan ke Banjarmasin, mungkin lain kali mencoba menikmati sore di Kabupaten yang lain, kayaknya nggak cukup kalau cuma 1 - 2 hari. Okeylah

2 comments:

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang

Powered by Blogger.