Mulai Investasi Emas dengan Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App dari Maybank

tabungan emas pegadaian


Konsistensi untuk mulai berinvestasi terlihat sulit untuk dilakukan, tetapi sekarang kita sudah bisa berinvestasi dengan mudah melalui Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App dari Maybank. Dengan mudahnya berinvestasi melalui M2U ID App, siapa pun bisa mencapai financial goals yang diinginkan. 

Ketika duduk di bangku kuliah yang mana saya sering membaca majalah dengan rubrik Keuangan, disitu saya mulai memahami investasi apa yang cocok untuk kebutuhan kita dan berniat suatu saat ketika mempunyai penghasilan sendiri, saya ingin mencoba berinvestasi.

Teman kantor yang sebagian besar ibu-ibu, sempat menyarankan saya untuk investasi emas di Pegadaian. Selama ini, kalau mendengar kata-kata Pegadaian, yang ada dibenak saya hanya lelang dan lelang.

Apa Itu Investasi?
Mengutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi adalah penanaman modal yang biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham dan surat berharga untuk memperoleh keuntungan.

Sejumlah ahli seperti Reilly & Brown juga menjelaskan kalau investasi adalah kesediaan seseorang untuk mengalokasikan uang dalam nilai tertentu di masa sekarang guna memperoleh penerimaan di hari yang akan datang.

Mengenal Jenis-Jenis Investasi
Ada berbagai jenis investasi yang dapat dipertimbangkan dan masing-masing memiliki karakteristik dan risiko yang berbeda.

1. Saham
Saham yaitu kepemilikan dalam suatu perusahaan. Investor yang membeli saham memiliki hak atas potensi keuntungan dari kenaikan harga saham dan dividen.
2. Reksa Dana
Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi dan instrumen pasar uang.
3. Komoditas
Komoditas adalah barang mentah atau bahan baku, seperti minyak, emas atau logam industri.


Manfaat Berinvestasi Bagi Kaum Milenials
Dulu sewaktu masih mahasiswa, saya mempunyai impian Financial Goals, pas sudah kerja dan punya pendapatan awalnya memang rajin nabung, tapi lama-lama malah sering diambil. Ini  sebenarnya kebiasaan buruk. Kalau diambil terus, tabungan nggak bakal bisa banyak, ya kan.

Beberapa manfaat bagi kaum Milenials kalau rajin berinvestasi 
  • Investasi bermanfaat menambah penghasilan dan tabungan
Apabila sekarang kita sudah mempunyai penghasilan tetap, kita masih bisa 
menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi.
Sehingga kita memiliki berbagai sumber penghasilan dan nggak perlu lagi mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja yaitu gaji dan mulai berinvestasi sesuai dengan kebutuhan.

  • Investasi menjadi solusi dari inflasi
Inflasi akan mengakibatkan turunnya nilai mata uang. Sehingga, uang 100 ribu yang kita pegang saja nilainya nggak sebesari sekarang di masa depan nanti.

Jika kita bisa melaksanakan investasi dengan baik, maka kita bisa meningkatkan pertumbuhan uang dengan mengalahkan tingginya laju inflasi.

  • Investasi membantu mewujudkan mimpi
Dengan berinvestasi bisa membantu kita mencapai target finansial di masa depan. Keuntungan investasi bisa kita manfaatkan untuk rencana masa depan seperti biaya pendidikan, biaya pernikahan, membeli rumah atau untuk modal usaha. Dan dengan berinvestasi, kita bisa mempersiapkan biaya-biaya yang mungkin nantinya akan meningkat.

  • Menumbuhkan rasa percaya diri dan bertanggung jawab
Berinvestasi dengan baik akan membuat kondisi finansial kita terkendali. Dengan begitu, kita akan merasa lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini juga dapat sejalan dengan mudahnya mengambil keputusan sebagai individu, terutama untuk area finansial. Sehingga, membuat kita terlatih dalam perencanaan investasi dan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab.

Mengenal Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App
Dari dulu penasaran sama reksa dana, saya mencoba berinvestasi di produk reksa dana, kemudian beberapa teman juga menyarankan untuk mencoba berinvestasi di emas. Saat itu, saya berpikir, kok masih ribet ya harus ke Pegadaian dulu kalau mau menabung emas, belum lagi nanti ada biaya seperti membayar box emas sebagai jasa kita kepada pihak Pegadaian yang sudah membantu menyimpankan emas untuk kita.

Beruntung sekarang, hampir semua perusahaan perbankan melebarkan cara marketingnya melalui online. Membuka tabungan saja bisa melalui smartphone dan kartu ATM akan dikirimkan ke rumah. Sepraktis itu.

Zaman dulu jauh sebelum memasuki tahun 2000-an, dibenak saya nggak kepikiran bakalan ada teknologi seperti sekarang ini. Semuanya serba sat set lewat gawai. 

Mau berinvestasi juga mudah, nggak perlu datang ke bank, bahkan saat ini sudah hadir Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App dari Maybank yang memungkinkan kita untuk bisa mulai berinvestasi hanya mulai dari Rp 10 ribu saja. 

Sebelumnya saya mengenal produk Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App ini setelah melihat di artikel berita kalau Maybank baru saja meluncurkan fitur investasi emas digital terbarunya, akhirnya saya mencoba mencari tahu keunggulan lain dari Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App ini.
investasi tabungan emas pegadaian

Berkolaborasi dengan Pegadaian, Maybank di akhir Januari 2024 kemarin meluncurkan fitur terbarunya Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App. Hanya dalam satu aplikasi, semua kegiatan mulai dari menabung, hingga berinvestasi dapat dilakukan dengan praktis.

Hal ini yang membuat saya penasaran dan mencari tahu dengan datang ke kantor cabang Maybank di kota saya.
tabungan emas pegadaian Maybank


Siapkan Investasi Masa Depan Dengan Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App

Untuk memenuhi keinginan jangka panjang, biasanya kita sudah mempersiapkan dana dari jauh-jauh hari. Begitu juga dengan saya, yang sudah menyiapkan dana khusus untuk traveling, dana pendidikan anak dan keluarga. Mengatur keuangan keluarga memang nggak semudah seperti yang dibayangkan, apalagi kalau bagi kita yang sudah memiliki buah hati. Pastinya, orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk putra-putrinya, jadi alangkah baiknya merencanakan dan mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini.

Perencanaan keuangan untuk pendidikan anak juga bertujuan sebagai bentuk antisipasi terhadap risiko finansial yang mungkin dialami pada saat anak melangsungkan pendidikan 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mempersiapkan dana pendidikan anak:
1. Riset Biaya Pendidikan Anak
Sebagai orang tua, harus menentukan instansi pendidikan yang akan ditempuh sejak awal. Ketahui juga berapa biaya yang harus dikeluarkan serta kenaikan per tahunnya untuk berbagai jenjang pendidikan.

Orang tua juga memastikan membuat rencana anggaran sesuai dengan periode waktu belaja wajib sekolah.

2. Membuat Perencanaan Anggaran Pendidikan
Setelah kita mengetahui gambaran jumlah dana yang diperlukan, orang tua bisa mulai membuat anggaran dengan pertimbangan inflasi dan kemungkinan peningkatan biaya lain, perhitungkan dana yang harus dimulai saat si kecil mulai sekolah.

Langkah selanjutnya yaitu membuat tabungan terpisah sehingga dana yang kita siapkan untuk pendidikan buah hati tidak akan terpakai. Selain itu juga membantu orang tua untuk memonitor keuangan keluarga.

3. Membuat Strategi Keuangan Yang Sesuai
Perlunya perencanaan yang baik untuk mempersiapkan dana tabungan pendidikan anak, membuat orang tua berpikir mengenai instrumen keuangan apa yang cocok untuk dilakukan. Seperti mengalokasikan dana pendidikan dalam bentuk Tabungan Emas. 

Instrumen investasi berupa emas biasanya dipersiapkan untuk tujuan jangka panjang dan sekarang ini untuk memulai investasi Tabungan Emas juga mudah seperti melalui Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App dari Maybank.


Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App

Yes, caranya sangat mudah, jadi saya hanya perlu download M2U ID  di Playstore atau Appstore untuk buka Maybank Tabungan U/U IB. Setelah sudah menjadi Nasabah seperti saya, Kamu bisa masuk ke fitur emas pegadaian dan cukup mengikuti langkah-langkah pembukaan Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App:

  1. Login M2U ID App
  2. Pada halaman utama, geser ke menu “Investasi & Asuransi” kemudian Klik Tombol “+”
  3. Pilih produk “Emas Pegadaian”
  4. Masukkan nilai nominal emas yang ingin dibeli
  5. Klik “Buat Akun Pegadaian”
  6. Lanjutkan dengan mengambil foto identitas dan foto selfie. Lengkapi informasi tambahan yang diminta dan pastikan data yang kita isi sudah benar
  7. Pilih sumber rekening dana yang akan digunakan untuk pendebitan transaksi pembelian emas
  8. Verifikasi data dan konfirmasi

Voila kita sudah mempunyai Investasi Emas di M2U ID App. Saat pertama kali membuat akun dan membuka Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App, saya dibuat kagum karena sangat mudah dan real time.

Semua langkah-langkah panduan registrasi Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App, saya dapatkan dengan mengakses link dari website Maybank.

Dan jika kesulitan untuk melakukan proses registrasi, bisa juga dengan mengintip video panduan di link youtube dari Maybank.



Kelebihan Tabungan Emas Pegadaian via M2U ID App dari Maybank

Saya dan juga teman-teman online pasti berpendapat kalau tujuan kita berinvestasi pastinya untuk mencapai kebebasan finansial atau untuk tujuan tertentu yang kita inginkan. Bentuk investasi juga sudah mulai banyak dan semua kembali lagi ke pribadi kita masing-masing.

Seperti halnya saya yang melakukan investasi emas di Tabungan Emas Pegadaian via M2U ID App juga mempunyai tujuan tertentu. Alasan saya selain mudah melakukan registrasi secara online pada waktu pembukaan rekening Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App adalah :
  1. Tersedia di M2U ID App (mobile banking) sehingga transaksi lebih mudah dan dapat dilakukan di mana saja
  2. Tanpa biaya transaksi. Yup, tidak ada biaya administrasi untuk transaksi pembelian dan penjualan
  3. Di jamin oleh Pegadaian. Emas yang dijual di M2U ID App (mobile banking) memiliki kadar kemurnian 24 karat
  4. Registrasi mudah, hanya melalui M2U ID App (mobile banking)
  5. Dikelola secara profesional dan transparan
  6. Harga beli dan jual yang kompetitif. Tersedia informasi harga emas terkini setiap hari
  7. Pembelian secara berkala. Saya selaku nasabah dapat melakukan pembelian emas secara otomatis baik secara mingguan atau bulanan
  8. Nasabah dapat melakukan transaksi emas mulai dari 0,01 gram atau Rp10.000,-
  9. Nasabah dapat melakukan penjualan dan pembelian maksimum masing-masing 100 gram per hari

Dikarenakan investasi emas ini dikelola oleh Maybank, maka saya mempercayakan sepenuhnya akan investasi emas di M2U ID App. Kedepannya saya berharap bisa terus konsisten untuk terus simpan emas di Maybank.

Yuk mulai siapkan financial goals dari sekarang



Comments

  1. Suami dulu pernah ikut nabung emas gini juga, tp kayaknya ga dilanjutin atau gmn itu sama dia hahahha, ga telaten kayaknya

    ReplyDelete
  2. Saya dulu pernah ikutan nabung emas mbk di pegadaian, kalo gak salah tiga thn yang lalu, tapi enggak berlanjut lagi karena tiap nyetor kan ke sana terus, dulu kayaknya gak kepikiran kalo bisa nbung lewat aplikasi.

    ReplyDelete
  3. Makin mudah ya sekarang apa-apa bisa online dengan aplikasi.
    Ini kalau mau nabung emasnya mesti punya rekening maybank juga ya, Mba? Mau ikutan, tapi dah kebanayakan rekening bank :((

    Btw, ini websitenya kok enteng bener yaaah. KEREN Hikssss

    ReplyDelete
  4. Enak banget ya sekarang, banyak cara investasi menabung emas, lewat pegadaian ini paling mudah sih, bisa online pulak. Memudahkan banget buat yang pengen menabung emas tanpa ribet

    ReplyDelete
  5. Mau menabung emas semakin mudah sekarang nih bahkan bisa melalui smartphone aja ya. Aku tuh udah lama nabung emas di Pegadaian ternyata bisa lebih mudah pakai apps gini melalui Maybank aja. Thank you for sharing,Kakak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang