Trip Edukasi ke Peternakan Sapi dalam Rangkaian Acara Ngopi di Gunung

wisata banyuwangi


Masih dari lanjutan cerita “Ngopi di Gunung” yang saya ikuti, pagi-pagi sekitar jam 7 di hari kedua, setelah beres-beres barang bawaan, saya dan teman-teman yang lain menuju ke peternakan sapi. Iya, kita mau mengintip proses pembuatan susu murni sambil melihat peternakan sapi dan kambing. Ini baru namanya refreshing hahaha, jarang-jarang ikutan open trip kayak gini dan diajakin ke peternakan sapi Ijen Makmur.
wisata banyuwangi
Camilan paginya sama jajanan tradisional

songgo langit banyuwangi
Lokasi camping yang menyenangkan


wisata banyuwangi

peternakan banyuwangi


Dari lokasi camping ke tempat peternakan sapi memang nggak terlalu jauh, jadi saya digonceng sama rekan yang lain. Waktu kita datang, sapi-sapi yang ada disana ternyata udah diperah susunya, jadi mulai disterilkan lagi. Dan akhirnya kita memilih untuk main ke kandangnya aja. 
Kapan lagi yakan main ke kandang sapi 🤣

Disini, kita ditemani oleh sang pemilik, diajak muter-muter kandang, sambil dijelasin gitu gimana proses pembersihan kandangnya, ditunjukin cara memerah susu sapinya bahkan kita ditawari buat memerah langsung susu sapinya. Mau ngasih makan si sapi juga bisa, sudah tersedia makanan buat si sapi yaitu tanaman jagung, bukan jagungnya ya, tapi daunnya yang udah kering gitu.

peternakan susu sapi banyuwangi

peternakan kambing

wisata alam banyuwangi
Main sama sapi 🤣

open trip iyainaja banyuwangi

peternakan sapi banyuwangi
Gemess hahaha


Selanjutnya kita diajakin ke kandang kambing, hyaa ketemu kambing gemes, disini kambingnya lucu-lucu, karena lama nggak liat kambing yang menggemaskan, kita mah seneng-seneng aja. Dan kandangnya nggak bau kotoran mereka yang sampai menyengat gitu, malah baunya biasa aja. 

Sapi di peternakan ini nggak dijual ke masyarakat umum, tapi memang bener-bener dipelihara untuk diambil susunya. Jadi perawatannya bener-bener maksimal.

Puas berkeliling kandang sapi dan kambing, kita balik lagi ke area rumah utama si pemilik peternakan. Disini kita disuguhkan minuman susu sapi murni. Ehmm enak sih, nggak bau amis pokoknya.
wisata banyuwangi


Teman-teman lain yang pengen beli susunya juga bisa, dijamin fresh karena memang langsung diambil dari tempat freezer khususnya.

Agenda selanjutnya, setelah dari peternakan ini, kita diajak buat ngafe dan melihat peternakan luwak. 

Comments

  1. wahhhh enak ini bisa langsung minum susu sapi fresh dari peternakannya langsung..sebagai penggemar susu sapi sepertinya aku pasti bakal beli deh buat stok susu segar dirumah hehe..tapi kok sekilas lihat sapinya kurus ya mba gak terlalu gemoy apa memang segitu rata2nya ...

    ReplyDelete
  2. Menyenangkan kegiatannya. Alamnya pun bikin mata dan jiwa seger haha. Cuma yang aku gak yakin bisa icip susunya. Aku bukan peminum susu, apalagi yang murni kayak gitu. Takutnya belom apa-apa udah mual duluan hehe. Jadi, ya, kayaknya gakpapalah ya cuma ngopinya aja yang ikutan, bagian ke ternaknya cukup bantu kasih makan dan foto, tapi susunya buat yang lain aja hwhwhwhw

    ReplyDelete
  3. Pengalaman yang menyenangkan banget. Liat kandang kambing dan sapinya jadi ingat sekolah alam anakku waktu playgroup, dan di salah satu tempat wisata peternakan di Bogor. Gimana Mbak waktu pertama kali nyicipin fresh milk? Ada rasa ragu-ragunya gitu nggak? Hihi.. Kalau saya pasti ragu-ragu karena takut rasanya amis. Tapii kapan lagi kan yaa nyobain susu sapi langsung dari "pabriknya"?

    ReplyDelete
  4. Wah.. Menyenangkan sekali ini... Apalagi sambil minum susu murni.. Hem. Tambah sehat aja karena di proses langsung dari "pabriknya"...

    ReplyDelete
  5. Menarik .... Kok bisa kandang kambingnya gak bau ya Mbak? Saya kalau lewat di depan lapak jualan kambing, gak tahan dengan baunya ... apa ya yang membedakan dengan tempat yang Mbak Ainun datangi ini?

    ReplyDelete
  6. Beberapa waktu ini saya bacan perjalanan kak Ai di Banyuwangi seru banget berasa ikutan di sana dan ngikut perjalanannya, ngopi di gunung memang seru banget mba, sayangnya saya belum pernah naik gunung Banyuwangi, semoga saomeday bisa ke sana ikutan

    ReplyDelete
  7. Ngopi dan diajak melihat proses perah susu, menarik ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang