Menikmati Nasi Lemang Khas Banyuwangi

nasi lemang banyuwangi


Yup, salah satu itinerary dari kegiatan Ngopi di Gunung yang saya ikuti yaitu diperkenalkan dengan kuliner khas lokal dari Desa Banjar, yang disebut Nasi Lemang.

Warga lokal dari Desa Banjar yang juga menjadi bagian dari panitia acara ini yaitu Pak Lukman dan istrinya yang dipercaya untuk memberikan informasi mengenai kuliner ini.

Jadi, Nasi Lemang ini mirip seperti nasi bambu, iya nasi yang dimasak di dalam bambu lalu dibakar. Ya, saya dulu pernah mencobanya di Banyuwangi, cuma namanya bukan nasi lemang.

Mengenal Nasi Lemang, Kuliner Desa Banjar, Kabupaten Banyuwangi
Bagi masyarakat Desa Banjar, nasi lemang bukan hanya sekedar nasi, tapi ada history dibaliknya. Jadi, zaman dulu nasi lemang merupakan bekal para pejuang saat melawan penjajahan kolonial Belanda yang mana mereka semua perginya lebih sering ke hutan dan membutuhkan waktu lama. Sehingga, membawa beras ke dalam hutan sudah biasa, selebihnya untuk menu makan yang lain akan dicari di dalam hutan.

Nasi lemang yang saya nikmati sekarang wuenak, gimana nggak enak, lha wong isiannya ada daging ayam yang sudah dibumbui. Sepertinya kalau zaman penjajahan dulu, nasi lemangnya nggak selengkap nasi lemang yang saya makan ini.

Bu Lukman dengan sabarnya menerangkan kepada saya dan teman-teman yang lain mengenai proses pembuatan nasi lemang, sampai tiba akhirnya kita diberi kesempatan untuk mencoba membuatnya sendiri. Yang pasti, semua bahannya sudah ready, kita mah tinggal masukin aja ke daun pisang. Ada ayam suwir yang sudah dibumbui, ada mentimun dan tomat yang sudah dipotong, lalu ada dadar jagung dan orak-arik kacang tempe.

nasi lemang

festival ngopi banyuwangi


Langkah pertama, daun pisang dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dibentuk sedemikan rupa, nasinya sambil ditekan-tekan supaya bisa muat banyak dan dilanjutkan dengan memberikan isiannya, seperti telur dadar yang sudah dipotong tipis memanjang dan ayam suwir. Terus, sisa daunnya yang menjuntai ditutupkan ke dalam adonan nasi tadi sampai tertutup. 
nasi lemang

nasi lemang

nasi lemang banyuwangi


Nggak sampai disitu aja prosesnya, langkah berikutnya yaitu membakar nasi yang dibalut bambu ini ke atas bara api menggunakan arang. Banyak yang bilang, kalau masak nasi pakai arang, taste masakannya lebih yahud gitu. Membakar nasi lemang nggak butuh waktu seharian sih, saya cuman menunggu sekitar 15-20 menit. 

Dan untuk menikmati nasi lemang, biar tambah kenyang bisa ditambah dadar jagung dan orak-arik tempe yang sudah disediakan, plus juga sudah disiapkan sambal. Yummy.
kuliner banyuwangi

nasi lemang


Malam itu, saya dan teman-teman menikmati makan malam menu nasi lemang di tengah sawah dan hanya ditemani lampu hias plus cahaya bintang. 

Comments

  1. Mirip dengan Lemang Padang ya mbk...namanya dan cara membuatnya dan dari bambu juga,hanya saja lemang ladang adalah beras ketan, unik juga nasi lemang Banyuwangi ini,sudah ada isi di dalamnya,jadi tinggal makan karena udah enak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah kita samaaa Kak, di Mandailing juga pake beras ketan... biasanya pas lebaran tuh menu wajib banget untuk ada di rumah ditemenin makan pake dendeng atau rendang itu mantep bangettt

      Delete
  2. Sedap banget kayanya nasi lemangnya, udah gitu dimakan bareng kawan dan di persawahan pula makannya, cocok banget ya mba. Bener banget nasi yang dibakar diatas arang tuh punya taste yang khas dan lebih nikmat juga menurut saya.

    ReplyDelete
  3. OMG ya Allah.. Malam lagi laper gini, ngeliat beginian.. Autoo ngilerr Mba Inun.. huhu 😥
    btw, aku baru nggeh kalau di Indo nasi Lemang juga terkenal. Kukira cuma di Upin-ipin aja.. heheh. Jadi penegn nyoba. Tapi bingung mau nyoba dimana...

    ReplyDelete
  4. Wah, sama gak dengan yang di padang, aku pernah coba nasi kemang di padang. Kalau yang ini belum pernah

    ReplyDelete
  5. Nasinya dibakar di dalam lemang seperti lemang beras pulut? Menarik sekali kelihatannya 🤓

    ReplyDelete
  6. Melihat foto-fotonya saya jadi kepingin nyobain nasi lemang. Ditambah dengan teman-temannya yang beragam sepertinya nikmat banget ya...

    Salam,

    ReplyDelete
  7. Kalau di sini, lemang tu, isi dalamnya pulut (ketan). Selalu makan ketika aidilfitri/aidil adha. Makan Bersama rendang.
    Unik juga makan nasi dalam buluh seperti ini. Rasanya, berapa lama tempoh expired nasi ini jika kita simpan?

    ReplyDelete
  8. Aku jadi kebayang nasi bakar mba. 😍😍😍. Tapi ini pakai bambu. Pasti enaaaak juga. Apalagi wangi daun yg membungkus bikin aromanya haruuuuum kan 👍. Aiisshhh pengen bangetttt cobain.

    Kalo ditempatku, tapanuli atau di medan dan aceh, lemang berarti pakai ketan. Lalu dimakan dengan durian 😄

    ReplyDelete
  9. Dulu pas di sumut aku makan lemang. Tampilan dan prosesnya mirip seperti itu. Tapi yang dibakar itu ketan. Bukan nasi. Rasanya gurih banget.
    Memasak dengan arang memang menambah aroma tersendiri sih. Makanya suka beli nasi goreng atau bakmi yang proses memasaknya pakai arang.

    ReplyDelete
  10. Kalau di Buton namanya nasi bambu, di Minahasa namanya nasi jah (kalau ga salah) :D
    Tapi isinya beras ketan yang dicampur santan dan bumbu-bumbu sih, nggak dicampur lauk.
    Terus cara bikinnya, beras dicampur bumbu, masukan ke bambu yang agak panjang dan telah dilapisi daun pisang.
    Setelah masukan beras, baru deh dikasih santan sesuai ukuran, terus dibakar deh

    ReplyDelete
  11. Kalau di Sumatera ada nasi Lamang pakai ketan juga. Indonesia memang kaya banget soal kuliner dan budaya, ada selalu cerita menarik dari makanan khas suatu daerah.

    ReplyDelete
  12. jadi seperti lontong gitu ya kak? soalnya dengan beragam lauk
    daku belum pernah nih coba nasi lemang.
    seringnya nyoba lemang ketan yang dipakaikan tape (ketan item), hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang