Refreshing ke River Tubing Minimalis di Kawasan Air Terjun Jagir Banyuwangi

air terjun banyuwangi


Lagi-lagi diajakin sohib buat main kintir-kintiran saat saya lagi di Banyuwangi. Dalam bahasa Jawa, kintir artinya hanyut, jadi permainan ini semacam tubing di aliran sungai yang debitnya nggak terlalu deras.

Siang itu, teman-teman saya sudah berangkat lebih dulu ke Kecamatan Glagah jam 2 siang, sedangkan saya masih ada urusan kerjaan di Banyuwangi Kota, jadi akan menyusul belakangan. Karena saya belum tau persis letak area wisata kintir-kintiran ini, saya cuman dikirimi Google Map aja. 

Menuju Wisata Tubing Air Terjun Jagir
Sebenarnya, lokasi area yang dijadikan tempat permainan tubing ini nggak terlalu jauh dari Air Terjun Jagir. Setelah melewati parkiran Air Terjun Jagir, saya berkendara terus naik ke arah Kawah Ijen pelan-pelan. Memang susah sih kalau nyetir plus ngeliat Map, jadi saya sempat nyasar sampai ke 1911 Cafe & Resto Kalibendo.

Saya putar balik lagi menuruni jalanan yang nggak terlalu lebar dengan sisi kiri sungai yang menurut saya, sungai ini adalah lokasi kintir-kintiran yang dimaksud sama sohib.
Melewati lahan yang nggak terlalu luas disebelah kiri jalan, saya berusaha memarkirkan motor dan coba bertanya ke Bapak tukang parkir yang berdiri di sana dan ternyata memang tempat ini yang saya cari.
air terjun jagir banyuwangi

tubing banyuwangi


Saya nggak ngeliat whatsapp yang dikirim sama sohib dan ternyata difotokan area sekitar lokasi, si sohib ninggalin pesan kalau mereka akan segera beranjak dari lokasi dan menanyakan posisi saya. Lagi-lagi kita ketemu di parkiran hahaha, temen-teman saya sudah mau pulang, ehh saya baru datang. Maklum, saya datangnya juga hampir jam 5.

Teman saya meminta saya untuk tinggal disana sendirian aja, karena tanggung baru nyampe malah balik lagi ke Kota. Mereka menyarankan untuk cobain kue cucur yang katanya enak. Yaweslah saya explore sebentar di daerah ini sambil foto foto.

Disisi kanan tangga menurun dari tanah terdapat banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk istirahat sehabis bermain air. Karena saya niatnya mau foto-foto, jadi saya berjalan ke arah kiri dari tangga turunan tadi. 
tubing banyuwangi

river tubing jagir

wisata alam banyuwangi

wisata banyuwangi


Terlihat beberapa anak sedang asik bermain tubing dengan ban dalam bekas, pantesan aja temen saya betah lama-lama main air, soalnya suasananya juga adem yang didukung sama banyaknya pohon disekitar lokasi sungai. 

Pengalaman Nggak Menyenangkan di Lokasi
Ini nih kejadian yang bikin saya kesel. 
Tujuan saya kesini selain karena penasaran, tentu aja pengen ambil foto foto juga, si sohib juga menyarankan untuk mengambil foto dari sebelah kiri.

Saat saya mencoba berjalan ke arah sebelah kiri dari posisi saya berdiri, tepatnya di bagian atas dari sungai ini, saya berpapasan dengan seorang bapak. Jalanan setapak yang kecil itu, mungkin nggak sampai satu meter, dan kalau orang gemuk yang lewat, ya cukup cuman buat satu orang aja.

Si Bapak ini melipat tangannya di depan dada, anggapan saya, si Bapak ini pasti kesini sama keluarganya gitu. Saat saya berjalan berpapasan, tangan si Bapak diturunkan dan mentowel paha kaki kanan saya. Sialan banget. Sebenarnya saya ingin teriaki dia dengan kata-kata kasar, tapi umpatan itu cuman saya ucapkan sendiri aja.

Saya coba balik badan dan memperhatikan bapak itu, dia enak aja jalan santai naik ke tangga menuju parkiran kayak nggak ada dosanya. 

Karena sudah bad mood, saya bergegas pulang dan balik ke parkiran plus nyari posisi Bapaknya dan nggak kelihatan batang hidungnya. Pikiran saya yang lain mulai bermunculan, seperti mungkin aja Bapak ini pedofil jadi dia kesini pengen lihat pengunjung yang basah-basahan main sama air.

Sesampainya dirumah, saya cerita sama sohib saya dan mereka tentu saja nggak terima, terus nanya apakah saya sempat fotoin wajah Bapaknya, hyaa mana sempet saya foto, jalan aja mepet banget, tau gitu dari awal saya bikin konten video aja seperti vlog.

Sohib saya ini termasuk pelaku usaha atau pengusaha yang bergerak di bidang travel, jadi dia bermaksud kalau saya punya foto si Bapak ini, pastinya bakalan disebarin ke grup-grup pelaku usaha travel yang ada di Banyuwangi supaya berhati-hati.

Intinya, kemanapun kita traveling atau bepergian memang perlu waspada, tapi siapa sangka orang yang kita lihat biasa aja, mungkin akan bertindak nggak menyenangkan ke orang lain.

Comments

  1. Aku turut prihatin kak sama kondisi tidak menyenangkan yang kakak alami. Dulu pernah nyoba solo traveling, dan pernah dapet pengalaman kayak gitu. Agak trauma jadinya

    ReplyDelete
  2. Wah pengalaman yang tidak menyenangkannya begitu y mbak,
    Pelaku2 seperti bapak ini nih yg harus dibikin jera,karena dy pasti alasannya g sengaja tapi karena ada kesempatan jadi begitu.
    Pov dari mbak si wajar,cman sayangnya g ada temennya si waktu jalan y mbak. Kemungkinan kalau lagi rame2 dan mbak ngomong pasti uda abs dah itu bapak2

    ReplyDelete
  3. Padahal niatnya jalan"kepingin nyegerin otak supaya fresh lagi ya mabk...eh malah dapet pengalaman gak ngenakin.... jijik sih ketemu laki"model gini ya...aku juga pernah sih ngalamin kayak gini...rasanya keq di lecehin banget,tapi mau di tegor orangnya serasa gak bersalah...

    ReplyDelete
  4. Pengalaman yang kurang menyenangkan ini semoga gak ada kejadian lagi di mana dan oleh siapa aja ya.
    Semangat liburannya kak dan tetap waspada. Semoga kita selalu dalam lindungan-NYA, aamiin

    ReplyDelete
  5. Kok Bapak itu melakukan perbuatan yang tak pantas ya mbak, apalagi di destinasi wisata. Ya ampun mbak, aku udah nangis kayaknya kalau mengalami hal serupa. Semoga mba tidak mengalaminya lagi. dan semoga bapak itu mendapat pelajaran di tempat lain

    ReplyDelete
  6. Pemandangan yang indah, pengalaman yang menyebalkan.
    Semoga tidak menyurutkan semangat jalan-jalan.

    Tetap waspada dan tetap aman ya Kak.

    ReplyDelete
  7. Turut bersedih dengan apa yang terjadi pada mbak ainun. Pelecehan kayak gini ga seharusnya terjadi sih. Kita mesti selalu hati-hatindan waspada dengan kondisi seperti ini. Lain kali orang-orang seperti ini mesti dikasih pelajaran.

    Semiga kejadian ini ga menyurutkan mbak ainun utk terus jalan-jalan. Semangat mbak ainun

    ReplyDelete
  8. Asik banget tempatnya kak paling suka wisata di alam seperti ini sama keluarga dibanding mall

    ReplyDelete
  9. Mengerikan juga ya. Untung tidak diseret ke hutan. Perlu hati2 kalau ketemu manusia tipe ini.

    ReplyDelete
  10. Kalau ada yg begitu mending diteriakin Mbak, biar dia malu sekalian. Pengen tak hiih.

    Daku belum pernah tubing nih, kayaknya segerr gitu dan menantang adrenalin.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang