Tim Sarapan atau Nggak Sarapan?

manfaat sarapan

Banyak artikel di internet yang bilang kalau sarapan itu penting, karena bisa memberikan energi untuk aktivitas kita di hari itu. Saya juga mengakui hal ini, kadang kala kalau nggak sarapan, pas di jam kerja dari jam 8 menjelang jam 12 siang, mata bisa berkunang-kunang atau agak pusing.  Tapi itu nggak selalu terjadi sama saya.

Ada saatnya, saya memang sengaja nggak sarapan.

Saya kalau di hari sabtu atau weekend, jam 2 pagi sudah ada di stasiun atau di dalam kendaraan untuk menuju kota sebelah dalam rangka kerja, iya kerja, yang mana saya pagi-pagi memang harus sudah ada di lokasi.

Di saat perjalanan luar kota karena perjalanan dinas gini, saya memang skip urusan sarapan, karena nggak mau kejadian di lokasi acara, tiba-tiba perut bergejolak. Masing mending kalau toilet umum gampang ditemuin, lah kalau jauh dari toilet bisa susah juga hahaha.

Sampai-sampai teman saya hafal kalau lagi kerja pagi-pagi buta, saya menghindari makan.

Terus beberapa hari terakhir ini, saya beberapa kali terlambat sarapan. Mau berangkat ngantor, jamnya udah mepet dan buru-buru, nyampe di meja kerja udah ngerjain ini itu sampai lupa makan. Dan kalau udah terasa perut kosong banget, baru deh nyebrang ke pujasera depan kantor.  Alhasil, kadang perut suka perih karena efek makanan yang terlambat masuk ke dalam perut.

Beberapa hari lalu juga, ibu masak oseng-oseng atau tumisan dan dicampur sama pete, hiks, saya nggak doyan pete, jadi saya skip juga sarapan di hari itu dan langsung berangkat ngantor aja dan nggak lanjut nyari sarapan tapi langsung bablas sampai jam 12 siang pas jam istirahat makan siang.

Beda cerita kalau pas lagi traveling, kadang meskipun sarapan sama roti aja di hotel kemudian dilanjut explore wisata sana sini, ya masih oke oke aja , tapi biasanya pas diluar hotel, lanjut wisata kuliner dan perut tetep keisi sama makanan.

Ya beginilah curhatan singkat kali ini, teman-teman biasanya skip sarapan atau harus banget sarapan nih?

Comments

1. Saya tim sarapan mbk...walau gak harus makanan berat,yg penting harus ada yg di ganjel hehehe...

Replies
    1. bener mbak, kadang aku ngisi nasi di piring kalau pagi nggak terlalu banyak, soalnya buru buru hahaha

Delete
  2. Sarapan…..buah mba. Bagus penyerapannya saat perut kosong.

Replies
    1. eh iya ya bisa sedia buah nih, kadang di rumahku kalau ada buah malah jarang aku makan mbak. Tapi kalau misalnya pas nginep di hotel, lahh kok doyan buah :D

Delete
  3. Kalo aku tim sarapan kak Ainun, soalnya kalo ngga sarapan jam 9 saja perasaan sudah lemes soalnya kerjaku harus pakai tenaga.

Biasanya sarapannya nasi uduk, kalo misalnya tidak sempat makan di rumah aku bawa ke pabrik lalu makan disana.

Tapi kalo puasa anehnya kuat sampai sore biarpun ga sarapan ya.🤔😂

Replies
    1. hahahaha aku juga heran mas Agus, kalau pas bulan puasa, meskipun ga sahur, nyantai aja gitu sampe magrib tiba
      tapiii kalau hari biasa dan ga sarapan, cacing cacing diperut kenapa suka nyanyi-nyanyi ya

sarapan nasi uduk wenakk itu mas Agus, apalagi kalau lauknya ada kentang goreng kering plus tempe yang biasanya dijadiin lauk di nasi kuning, dan ada ayam goreng, enakkk hehehehe

Delete
  4. Kalau diriku udah mulai berdamai dengan enggak sarapan say, udah tahan sebenarnya, baik cuman minum air putih atau cuman jus aja. Gara-gara sering intermittent fasting.
    Cuman masalah ngantuk yang mengacaukan nggak sarapan saya.
    Kalau ngantuk, terpaksa minum kopi dan kalau minum kopi di saat perut kosong, dijamin saya gemetaran kek orang mau pingsan hahaha.
    Sejujurnya sarapan jus juga bisa kenyang dan ga bikin gemetar ketika minum kopi, cuman masalahnya jus itu lumayan ribet nggak sih hahaha

Replies
    1. hahaha aku menyadari juga kalau bikin jus lumayan ribet. Sering berharap, enak kali ya kalau rutin nge-jus sendiri dirumah gitu, tinggal beli buah, dan siapin blender. Dipikir lagi, kayaknya aku ga sesempat itu buat beli buah ditambah isi kulkas dirumah udah full

Delete
  5. Usahakan selalu sarapan pagi, Mbak.

Pengalaman saya waktu masih kerja dipabrik...karena saya tinggal di kontrakan, pagi-pagi jarang, hampir tidak pernah sarapan, tapi selalu minum kopi hitam dan merokok. Efeknya baru terasa setelah pensiun. Saya 3 kali terserang sakit yang berawal dari masalah lambung. Pernah badan saya jadi bengkak, perut buncit, malam tidak bisa tidur. Dari lambung ngefek ke liver, terakhir malah di judge ke jantung. Sekarang setiap hari saya harus telan 5 butir pil.
    Penyebabnya...tidak sarapan dulu tapi langsung minum kopi hitam, harusnya sarapan atau makan apa dulu baru boleh ngopi. Itu kesimpulan dokter penyakit dalam.
    Ini hanya berbagi cerita saja, Mbak.

Salam,

1. terimakasih infonya pak
      saya juga sering mendengar cerita temen-temen soal liver ini, sebisa mungkin saya usahakan buat sarapan, minimal perut kalau pagi ada isi nasinya.

kalau kopi murni, perut saya nggak kuat, bisa langsung perih gitu, nah kalau kopi yang dicustom seperti frapucino malah aman di perut. Cuman saya juga menghindari untuk konsumsi kopi custom setiap hari

Delete
  6. Waaah Mbak Ainun sakti banget jam 2 pagi udah mau kerja aja. Itu tidurnya jam berapa mbak , masih ngantuk nggak itu?😅
    Kalau saya sih harus sarapan mbak, walaupun kalau misal udah mepet bisa nyuruh anak buat beliin jajan pas istirahat hehe, tapi kalau nggak sarapan seringnya jam 9 atau 10 biasanya saya udah gemeteran harus makan sesuatu😁

Replies
    1. mungkin tidurnya 2 jam mas edot hahaha, itu kalau aku tidur jam 12 bangun jam 2. Kadang kalau udah tau keesokan harinya harus keluar kota, aku usahakan tidur awal, cuman jarang terjadi hahaha. Jadi tidurnya dilanjut di kereta seringnya

aku juga pernah merasakan di kantor gemetaran, parah sih kalau di aku sampe gemetar gitu, akhirnya aku pergi ke pujasera depan kantor buat sarapan. Kayak mo pingsan aja hahaha

7. Aku tim harus sarapan, meski hanya sebutir telur rebus, mba ^^

Soalnya kalau keskip, jam 10an udah oleng komandan! Wkwkwk.

Replies
    1. iya bener mbak, sekitar jam 9 atau 10 pagi mata udah berkunang-kunang gitu ya, udah oleng :D
      padahal sarapan bagus buat tubuh dan ngisi energi
      ngarepnya sarapan kayak bocil yang macam coco crunch gitu hahaha

Delete
  8. Aku tim sarapan! Gabisa gak sarapan pokoknya. Gak konsen, wkwkwkwk.

ReplyDelete
  9. saya jenis yang mesti ambil sarapan setiap hari. seorang yang cepat lapar jadi, bila bersarapan jam 7 pagi, jam 10 pagi saya kena cari makanan. kalau tak akan terus lapar hingga lunch hour

10. Aku masalahnya udh lama jalanin intermitten fasting mba. Jadi memang ga pernah sarapan. Aku trakhir makan jam 7 malam, dan mulai makan jam 12 siang. Jadi waktu makanku ya dari 12 siang. - 7 malam. Sisanya puasa. Paling minum air dan buah kalo laper banget.

Ngerasa aja badan lebih enteng. Yg pasti gula dll nya stabil.