Warung Wajib Kunjung Kalau Ke Banyuwangi, Nasi Tempong Mbok Nah

sego tempong mbok nah


Salah satu kuliner wajib coba kalau ke Banyuwangi adalah nasi tempong. Nasi dalam bahasa Jawa disebut sego, jadi kalau di Banyuwangi disebutnya sego tempong. Sekarang sudah banyak bermunculan warung nasi yang menjual sego tempong. Tapi yang bisa dibilang pelopornya adalah warung Sego Tempong Mbok Nah.

Kenapa disebut tempong?
Ini yang menarik, tempong kalau dalam Bahasa Osing, yaitu bahasa daerah Suku Osing Banyuwangi, berarti tampar. Jadi makan sego tempong yang pedas banget berasa seperti kayak ditampar-tampar sensasinya.

Dulu awal-awal makan sego tempong, kayaknya hampir nyerah, pedesnya soalnya nggak aturan 🤣. Tapi sekarang malah biasa aja. Mungkin dulu efek nggak begitu doyan banget sama makanan pedas, jadi waktu makan sego tempong udah kayak yang high level gitu pedasnya.

Sego Tempong Mbok Nah
Yes, beberapa waktu lalu saya balik lagi ke warung sego tempong Mbok Nah, biasanya meskipun bolak balik ke Banyuwangi, melewati warung Mbok Nah biasa aja, kali ini karena nebeng sama teman dan teman lagi pengen makan sego tempong, yawes kebetulan kan hahaha.

Nggak banyak yang berubah dari tampilan depan warung Mbok Nah, masih sama seperti waktu pertama kali datang belasan tahun lalu. Di satu ruangan terdapat etalase lauk pauk yang dipajang dan jadi satu juga dengan area dapurnya. 
sego tempong

nasi tempong mbok nah

makanan khas banyuwangi


Kalau buat saya, lauk yang ada di warung Mbok Nah ini ukurannya gede, misalnya seperti udang tusuk goreng yang mana ukuran udangnya gede-gede.Kalau pesan telur goreng, telurnya digoreng kering ring, sayangnya saya nggak suka kalau telur digoreng terlalu kering, jadinya nggak pilih lauk telur.
sego tempong mbok nah


Untuk porsi nasinya menurut saya cukup banyak ya, kalau buat cowok mungkin pas atau bahkan kurang kalau mereka terbiasa makan dengan porsi jumbo.

Pastinya, nasi tempong wajib dicoba kalau teman-teman singgah di Banyuwangi.


Nasi Tempong Mbok Nah
Jl. Kol. Sugiono 16
Banyuwangi

 












Comments

  1. Wooww!! Sederhana tetapi sangat menggugah selera yaa mbak Is.😁😁

    Dari tampilan saja sudah terlihat jelas kalau Nasi Tempong ini pedas, meski rasa bisa dipariasikan kali yaa mbak Is.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang warungnya sederhana dari dulu hehehe
      tampilannya cetar membahana ya, kayaknya sambelnya juga bisa request tingkat kepedasannya. Malah kalau anak anak cuman request kecap aja gpp

      Delete
  2. Kayaknya kalau makan nasi tempong harus dua porsi saya,
    Kalau satu kurang nampar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha boleh boleh mas Rezky, ini buat saya porsi nasinya udah lumayan kenyang, soalnya dikit makannya
      nah kalau dua porsi jangan lupa sambelnya juga dibanyakin biar makin nampol pokoke ya

      Delete
  3. Ahhhh aku suka nih makan di warung yg legend udah belasan tahun gini. Porsinya banyak bgt ya mbak. Auto kenyang sampai malam, hehe. Udang gorengnya menggoda bgt kesukaan aku 😍 aku juga gak terlalu suka kalau telur digoreng kering, biasanya minyaknya suka jadi banyak bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Porsinya mayan banyak mbak, cukupan kalau buat ukuran cewek yang makan
      Udang gorengnya yang awalnya aku kira ga habis saking gede gede ukurannya,, ehh ternyata sayang kalau ga dihabisin, kan mayan tuh dagingnya banyak hehhe
      iya bener mbak kalau telur digoreng kering kering,minyaknya suka ngrembes gitu, dan malahan kayak nggak makan telur jadinya

      Delete
  4. yaampun, lihat begini aja ngiler aku, Kak 🤣. sambalnya menggoda sekali!! wkwk tapi aku takut makannya habis katanya pedesnya kayak ditampar 😂.
    kalau untuk porsi, kelihatannya cukup banyak untuk perutku ini 🤣. udangnya bener besar-besar sih!! puas banget pasti makannya hahaha

    ReplyDelete
  5. Kenapa artikel ini baru ada pas aku gak lagi di banyuwangi, huhuhu. Asliii kayaknya artikel ini nyuruh aku buat balik lagi deh ke banyuwangi, ahahahaha.

    ReplyDelete
  6. Penasaran sama pedasnya nasi tempong mbok Nah, moga-moga bisa ke Banyuwangi lagi setelah sekian tahun gak pernah jalan kesana

    ReplyDelete
  7. Liat etalase warung Sego Tempong ini ingatin saya sama warteg favorit deh. Walaupun menu makanannya sederhana, tapi rasanya bikin rindu ya mba. Sama nih saya dulu kurang suka pedas, sekarang malah kalau gak ada sambal kayak gak makan hehehe

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah ke Banyuwangi, kalau ada kesempatan kesana mau coba icip sego tempong bareng kakak ah, soalnya dia pecinta kuliner yang pedesnya nampol~

    ReplyDelete
  9. Namanya unik ya, sego tempong atau nasi tampar, kalau udah nyobain pasti bakal ketagihan dan ingin lagi, lagi dan lagi makan di sini, ya kan mbak?

    ReplyDelete
  10. Nasi tempong cocok bagi mereka yang suka pedes. Biasanya bisa nambah porsi karena sensasi pedesnya.
    Tidak ada salah dicoba kalau bener-bener penasaran :D

    ReplyDelete
  11. Iniiiii yg aku suka mbaaaa 😄😄😄👍. Dan akh masih penasaran Ama Sego tempong. Sejak makan yg di Bali, tapi kecewa ama sambelnya yg asiiiiiiin, tadinya udah kapok mau makan lagi. Ya males kalo asin begitu.

    Tapi kalo kata temrn2 aslinya enak kok, mungkin aku aja yg dial dpt yg keasinan waktu itu 🤣

    Jadi masih mau coba lagi kalo ntr ke banyuwangi. Apalagi asalnya memang dari sini kan. Aku pikir dari bali.

    ReplyDelete
  12. Wah mba Is, nasi tempong ya..

    Tahun ini kebetulan berkesempatan road trip Jawa-Bali.. dan pas balik dari Bali lewat Banyuwangi menyempatkan diri mampir ke Taman Nasional Baluran... di situ adalah kali pertama saya dan keluarga berkenalan dengan sego tempong.

    Kami menikmati suguhan khas Banyuwangi ditemani indahnya pemandangan di pantai Bama. Sungguh, sampai sekarang kalau mendengar kata nasi atau sego tempong, langsung teringat petualangan kami.. hahaha.

    Terima kasih sudah berbagi, Mba Is.

    ReplyDelete
  13. Duh aku mah paling gabisa makan pedes-pedesan, apalagi yang pedesnya sampe berasa ditampar, hahaha. Auto keringetan terus mules-mules.
    Kalo pesen sego tempong, palingan aku request minta sambelnya disingkirin. Ujung-ujungnya dikasih ke istriku deh

    ReplyDelete
  14. Belum oernah sih nyobain tapi melihat dari gambar tampak enak apalagi sambalnya pedas bakal nambah ini mah

    ReplyDelete
  15. wah kalo porsi segitu sudah cukup buat ku, terjangkau dan bikin kenyang :D

    ReplyDelete
  16. Waaahh ngileerrrr, apalagi kebayang ikan asin, duh harus dicobain nih. Paling suka ya kalau nemu makanan tradisional gini, mengenyangkan dan enak pula, apalagi kalau harganya terjangkau :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang