Telah Lahir Blog Kedua

blog lifestyle


Sebenarnya sudah dari lama saya ingin membuat blog kedua, hanya saja yang bikin galau dan lama mikirnya adalah mau pakai blogspot atau wordpress. Di satu sisi, saya ingin belajar utak atik soal wordpress. Selama ini saya hanya punya akun di wordpress.com dan itu hanya untuk komen ke blog teman-teman yang berplatform di wordpress. Jadi, belum sampai tahap punya nama blog.

Selama ini memang belajarnya otodidak, baca-baca dari blog temen-temen. Kan banyak tuh yang membahas soal wordpress dan jujurly saya aja masih nggak paham banget soal penggunaan plugin. Nah, ini yang memang membuat saya ingin bikin blog di wordpress, biar bisa utak atik plugin. 

Makin hari kok makin dipikir, yaweslah saya membuat akun di wordpress.org. Dan jauh sebelumnya, saya banyak mencari informasi soal perbedaan wordpress.com dan wordpress.org ini. Kalau dulu, karena masih ogah belajar tentang apa bedanya dua wordpress ini, jadinya acuh aja. Sekarang, sedikit-sedikit jadi tahu juga bedanya.

Akhirnya Lahir Blog Kedua
Kalau di wordpress, nama domain yang kita buat masih berakhiran wordpress.com atau versi gratisnya nih. Kalau mau dibuat versi TDL juga bisa. 

Sedangkan di wordpress.org, saya harus membeli hosting, memang agak mahal hahaha, tapi karena saya penasaran dan ingin belajar banyak, ya ikhlasin aja membayar agak mahal untuk membeli domain dan hosting.

Soal pemilihan nama domain, aslii ini juga bikin bingung saya sudah luamaaa banget. Pengen pakai nama yang unik-unik kayak orang luar, tapi ntar nggak bisa diingat sama teman-teman kalau namanya susah dihapal. Mau bikin nama yang lucu, malah banyak yang pakai, misal nih random mau nyari nama domain koplak.com, ehh sudah ada yang punya. 

Saya coba muter-muter kata, saya coba hubungkan sama kesukaan saya, tetep aja sudah banyak yang pakai. Sebenarnya ada nama domainnya cuman akhirannya bukan dot com yang tersedia, tapi pilihan yang lain seperti .id, my.id dan sebagainya.

Terus sampai akhirnya ketemulah dengan nama “sukasenja”, awalnya mau dibuat dengan nama “cintasenja”, “penyukasenja” hahaha. Kok kurang praktis sepertinya, dan terpilihlah nama “sukasenja” aja.
blog suka senja



Saya membeli domain dengan akhiran dot com, dan taraa sukasenja.com resmi menjadi nama blog kedua saya.

Drama Membuat Blog Kedua
Setelah membeli domain dan hosting, seneng dong pastinya. Tapi itu salah.

Saya masih bingung cara log in untuk masuk ke akun hosting hahahaha, asliii saya malah emosi sendiri. Saya baca bolak balik blog temen-temen yang membahas soal wordpress, googling sana sini, dan awalnya bisa dong ya masuknya lewat cpanel di NiagaHoster, karena saya beli hosting di NiagaHoster. Saya amati pelan-pelan, saya coba ikuti langkah-langkahnya dari mbah Google, berhasil dong masuknya.

Besoknya saya coba lagi untuk masuk, lahh kok malah lupa caranya. Ya ampunnn beneran saya emosi 🤣. Emosinya kenapa lupa lagi sikk langkahnya. Mungkin karena nggak terbiasa dengan wordpress.

Setelah cukup ingat dengan cara masuk ke hosting blog, sekarang saya dibingungkan lagi dengan mengatur template blognya. Katanya, kalau pakai wordpress tinggal drag in drag in gitu aja, enak kan, tapi pas giliran saya yang coba praktek, bener bener butuh konsentrasi. Ditambah lagi saya bikinnya disela-sela jam kantor gitu, pas lagi nggak ada kerjaan. Tapi tetap merasa susah.

Saya mencoba mencari template blog wordpress yang minimalis dan free, saya coba utak atik dulu. Namanya belum terbiasa, ya tetep aja agak susah menurut saya. 

Saya jadi flashback lagi ke zaman pertama dulu bikin blog di blogspot, saya bolak balik ganti template blog udah khatam betul, harus dibackup dan sebagainya. Memang saya baca buku panduan yang simple saat itu.

Tapi pas giliran bikin di wordpress, meskipun sudah membaca panduan, kayak kok susah bener. Mau ganti header blog aja, padahal sudah baca-baca tetep aja kok nggak berhasil. Yaweslah akhirnya tampilan blog wordpress saya, untuk sementara pakai template yang minimalis dan biasa aja.

Dulu sudah berpikir kalau nanti punya akun di wordpress mau pakai jasa teman blogger aja, kan banyak tuh hehehe. 

Alasan lain saya membuat blog lagi adalah, karena blog saya yang ini ainunisnaeni.com nggak bisa disetting secure gitu alias belum https. Dulu waktu mencoba untuk mengalihkan pengaturannya, malah nggak mau dan mencoba menghubungi pihak Qwords dimana saya membeli domainnya, katanya nunggu dari pihak blogspotnya, karena menurut pihak teknisi dari Qwords, settingan di blog saya sudah benar. Capek juga menunggu kepastian dari blogspot kenapa settingan blog saya nggak mau dibuat https.

Dan sebagai penutup cerita, mampir yuk ke blog wordpress saya di www.sukasenja.com







Comments

  1. Sukses buat blog keduanya, Mbak. Rencananya nanti di blog kedua mau diisi apa? Btw, kok blogspotnya gak bisa pake https ya? Blogku bisa kok... Diutak-atik aja di bagian setting-nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog kedua tentang lifestyle rencananya mbak,jadi mau dipisahin sama yang blog ini
      udah dicoba utak atik mbak, tetep ga mau di on-kan bagian httpsnya, mengsedih hahaha

      Delete
  2. wooowww!!! Ada blog baru... 'Suka Senja' 😳😳

    Kenapa nggak 'Inspirasi Senja' Atau 'Aura Senja' Yang dalam artian kehidupan manusia atau alam semesta akan ada akhirnya atau menjadikan perubahan sesuatu yang pas pada tempatnya diakhir hayat.😁😁

    Wuuuaalaaaa lebay amat!!🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhhh bisa juga tuh, aura senja, tapi ntar ada yang melesetin jadi awur-awuran senja :D

      Delete
  3. waah selamat ya mba, atas opening blog keduanya. Hehe Semoga semakin sukses dan tambah giat untuk menghasilkan karya-karya baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harapannya biar giat nulis mbak, aminn. Semoga ga malas ke depannya hehehe

      Delete
  4. SemangatCiee selalu kak buat terbitnya blog kedua. Semoga berkah banyak job yang mengalir di sana..aamiin 🤲

    ReplyDelete
  5. Haiiiiiii mbak Ainun apa kabar? Mantap ya punya 2 blog :D Makin syibuk tingkat tinggi nih kayaknya hihihi. Abis jalan2 dan kulineran pasti langsung ditulis di dua blognya. Selamattttt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. halow mbak nurul, kabar baik aku mbak

      dibilang sibuk kerjaan iya, tapi giliran mau nulis blog alasan kerjaan yang lain dijadiin alasan, padahal kayak mager alias kurang bersemangat. Semoga blog kedua makin rajin diisi tulisan

      Delete
  6. Selamat untuk blog keduanya mba Ainun. Merasa relate dengan curhatan mba bikin blog di wordpress. Aku pun yang gaptek ini mutusin untuk tidak lanjut nge-blog di wordpress. Mungkin nanti coba lagi kayak mba Ainun 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe karena kita nggak terbiasa dari awal pake wordpress ya mbak

      Delete
  7. Lapor.... sudah maen ke blog satunya.. Hahaha.. selamat masuk ke dunia Wordpress Nun. Percayalah, hanya butuh pembiasaan saja kok karena biasalah kalau masuk ke dunia baru suka kerasa kagok.

    Kalau butuh bantuan, bilang yah saya akan dengan senang hati akan menyediakan waktu dan tenaga. Kalau mau secara tatap muka juga bisa kok, kebetulan saya juga belakangan mengajar anggota tim LB Digital untuk menggunakan dan membangun website berbasis Wordpress . Bisa gabung dengan kami juga kalau memang bersedia..

    Tinggal bilang saja, nanti saya pandu.. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhuyyy terimakasih pak anton dan lagi-lagi saking lamanya ga buka WP, cara buka akunnya sampe lupa lagi wkwkwk

      wahhh akhir-akhir ini pak anton sibuk juga ternyata dengan program LB Digital, jadi penasaran buat belajar lebih lanjut hehhee

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang