Begini Cara Memanfaatkan Kalkulator Masa Subur

menghitung masa subur


Nggak sedikit teman-teman saya yang bilang “jadi cewek ini susah ya”. Biasanya hal ini terkait saat perempuan mengalami sakit perut yang luar biasa ketika haid. Saya pun kalau soal nyeri haid memang cukup sering terjadi, tapi nggak selalu juga. Mungkin pengaruh dari kesehatan kita saat itu ya, ada kalanya ketika waktunya haid muncul rasa nyeri bahkan perut terasa kram, bahkan juga kadang nggak muncul.

Siapa yang merasakan kalau saat haid di hari pertama, badan akan merasa pegal, punggung terasa sakit, makan terasa nggak nafsu atau mungkin sampai timbul jerawat yang diharapkan?


Setiap orang fasenya pasti berbeda, ada yang nggak merasakan pegal sama sekali dan masih bisa beraktivitas normal seperti biasa. Bahkan dulu saya pernah sampai lemas di siang hari saat di kantor, padahal paginya masih sehat-sehat saja. Alhasil, saya ijin pulang untuk beristirahat.


Apa itu Masa Subur?

Masa subur yaitu waktu selama siklus menstruasi saat seorang wanita memiliki kemungkinan besar untuk hamil. Dan umumnya masa subur terjadi pada lima hari menjelang ovulasi, hari ovulasi dan hari setelah ovulasi. Untuk menghitung masa subur juga bisa dilakukan dengan bantuan kalkulator masa subur.


Masa subur juga bisa kita cek secara mandiri. Lalu, bagaimana caranya memprediksi masa subur? Yup, ini saya kasih bocoran infonya.


1. Catat jadwal menstruasi

Kita para perempuan bisa mengecek dengan cara mencatat kapan menstruasi dimulai dan berakhir selama berapa bulan. Jika memiliki siklus menstruasi yang normal dan teratur, kita akan mengalami masa ovulasi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.

2. Alat prediksi kesuburan

Alat prediksi kesuburan dapat mengukur tingkat Luteinizing Hormone (LH) dalam urin. Pada umumnya, wanita akan mengalami masa ovulasi sekitar 10-12 jam setelah hormon Luteinizing meningkat. Alat prediksi kesuburan juga mampu mendeteksi hari paling subur selama masa subur.

3. Mengukur suhu basal tubuh

Kita para perempuan dapat mengukur suhu basal tubuh untuk membantu menentukan kapan masa subur dan peluang kehamilan dapat terjadi. Suhu basal tubuh dapat diukur menggunan termometer khusus. Pengukuran dapat dilakukan saat baru bangun tidur di pagi hari.


Sebelum ovulasi terjadi, suhu basal tubuh berada pada level terendah kemudian mulai naik sekitar ½ derajat sehari selama ovulasi. Pengukuran suhu basal tubuh juga nggak disarankan saat demam, pilek maupun infeksi.


Cara Menghitung Masa Subur

Menurut American Pregnancy Association, rata-rata perempuan mempunyai siklus menstruasi sekitar 28 hari. Sementara itu, perhitungan masa subur bisa diketahui dengan mengambil patokan di tengah, yaitu hari ke-14.


Dan cara mengetahui masa subur yaitu :

1. Mencatat hari pertama haid selama 6 bulan terakhir

Analisis berapa hari yang dibutuhkan untuk mengulang siklus haid berikutnya. Satu siklus dihitung dari mulai hari pertama haid sampai hari pertama haid di bulan berikutnya.

kalkulator masa subur


2. Mencatat siklus haid yang terjadi
Misalnya mulai dari 28 hari sampai dengan 32 hari. Artinya 28 hari merupakan jumlah terpendek dan 32 hari jumlah terpanjang. Ambil patokan tengah misalnya untuk 28 hari berarti hari ke-14, sehingga masa subur ada di hari ke-11 sampai hari ke-17.
Sementara untuk siklus 32 hari, patokan tengah ada di hari ke-16, kemudian dikurangi 3 hari dan tambahkan 3 hari, maka masa subur pada hari ke-13 sampai hari ke-19.

Keakuratan Kalkulator Masa Subur

Mungkin kita bertanya-tanya, apakah metode menggunakan kalkulator masa subur ini benar-benar akurat. Tidak ada yang namanya akurat dalam kalender dan kalkulator masa subur. Artinya, semua hasilnya hanya berbasis waktu rata-rata. Banyak orang menggunakan cara ini bukan untuk menentukan tanggal yang akurat dan spesifik, tetapi untuk melihat rentang waktu yang luas dan bagus.


Jika ingin menghitung masa subur yang agak akurat, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kesububran atau ovulasi pada ponsel. Beberapa aplikasi kesuburan akan meminta suhu tubuh basal dan tanda-tanda subur lainnya yang lebih akurat. Dan aplikasi biasanya dapat memperhitungkan panjang siklus rata-rata selama berbulan-bulan kemudian memberi tahu kapan kemungkinan masa subur dari perangkat ponsel.


Gimana apakah teman-teman ada yang menggunakan metode kalkulator masa subur?



Comments

  1. Saya pakai kalkulator masa subur untuk ngintip datangnya si merah, hahaha. Ini penting banget untuk meminimalisir anak-anak kena dampaknya. Saya jadi mama Leo ganas kalau menjelang si merah datang, hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang