Akhirnya Kesampaian Cobain Rawon Semanggi di Jember

rawon semanggi jember


Pergi ke suatu daerah memang enaknya kulineran ya, biasanya kalau kita traveling ke kota yang belum pernah disinggahi. Di Jember sebenarnya sudah ramai dari dulu yang namanya rawon semanggi, disebut rawon semanggi karena lokasinya yang dekat dengan Jembatan Semanggi.

Saya sendiri, setiap teman menyebut nama rawon semanggi sebenarnya penasaran pengen cobain, tapi sudah mikir “halah palingan cuma gitu aja”.
Kali ini, akhirnya kesampaian juga buat mampir ke warung rawon semanggi.

Rawon Semanggi Jember
Lokasi warung rawon semanggi nggak jauh dari Jembatan Semanggi, tepatnya di tanjakan Jalan Bedadung, jadi perlu pelan-pelan juga saat di area ini supaya nggak kebablasan. Ukuran warungnya memang nggak luas, kayak nyempil aja di trotoar.
kuliner jember

rawon jember


Menu rawonnya disajikan dengan porsi yang cukup, mungkin kalau buat laki-laki ukurannya dikit ya ini, tenang masih bisa nambah kok. Untuk lauk standart yang disajikan bareng rawonnya ada tempe aja. Kalau merasa kurang bisa ambil tambahan lauk yang memang dipajang di piring-piring di atas etalase.

Pilihan lauk lain yang bisa diambil ada tahu goreng, telur puyuh yang ditusuk di tusuk sate, telur atau hati goreng. Karena saya lagi nggak pengen makan besar, jadi cukup pesan seporsi rawon aja dan teh manis hangat. Untuk tehnya sudah ready ya, jadi kita tinggal ambil aja di meja depan.
rawon jember

kuliner di jember

rawon


Kalau makan masih dirasa kurang, disini juga ada peyek dan aneka jenis kerupuk yang bisa kita ambil.

Untuk rasa rawonnya biasa aja menurut saya, kuah dari kluweknya juga kurang terasa dan isian dagingnya memang nggak terlalu banyak. Oya, yang bikin saya kaget adalah harganya yang hanya 6000 aja. Gilakk ini sih murah gilak, pantesan mahasiswa banyak yang pilih makan disini hahaha. Jadi kalau makan plus teh aja nggak lebih dari 10 ribu rupiah. 

Baidewei, rawon semanggi di Jember ini sudah ada sejak tahun 90-an, mungkin inilah yang sering disebut orang-orang dengan rawon legend. Gimana nggak legend, lah wong inflasi udah berkali-kali tapi harganya masih dibawah 10 ribu.

Akhirnya saya nggak penasaran lagi dengan rawon semanggi ini, kalau teman-teman dari luar kota penasaran dengan rawon semanggi, silahkan mampir ya.

Comments