Ke Jawa Timur, Wajib Cobain Tahu Tek

kuliner tahu tek


Siapa yang belum pernah mendengar nama kuliner tahu tek?

Saya sendiri bingung, sebenarnya tahu tek ini makanan khas dari mana. Soalnya ada yang bilang dari Lamongan, tapi juga nggak sedikit yang bilang kalau tahu tek dari Surabaya. Mungkin lebih nyamannya disebut dari Jawa Timur aja ya.

Tahu Tek, Kuliner Sederhana Kaya Rasa
Isian dari tahu tek ini memang sederhana, yaitu ada lontong, tahu, toge atau kecambah sebagai bahan utamanya dan nggak lupa petisnya.

Soal mengenai kenapa disebut dengan tahu tek, hal ini karena cara memotong tahunya dengan digunting sehingga menimbulkan bunyi tek tek tek. Cara membuatnya juga gampang, lontong pastinya dipotong-potong sesuai selera, tahu, dan kemudian disiram bumbu kacang yang dicampur dengan petis. Baidewei, sekarang tahu tek juga makin banyak inovasinya seperti ada tambahan telur juga. Ehmm mungkin juga disebut dengan tahu telur.

Kali ini saya cobain tahu tek tanpa menggunakan petis, maklum terkadang perut saya terasa panas ketika mengonsumsi petis. Jadi selama ini saya menghindari petis saat kuliner.
tahu tek surabaya


Secara umum, meskipun saya memilih nggak menambahkan petis dalam makanan kali ini, dari segi rasa nggak banyak berubah, ini menurut saya. Yang penting bumbu kacang plus kecapnya sudah menyatu dengan lontong, tahu dan kecambah.

Rekomendasi Tahu Tek di Surabaya
Yess, buat teman-teman yang lagi di Surabaya, nggak ada salahnya juga buat cobain tahu tek ini. Berikut beberapa list tahu tek yang bisa dicoba.

Tahu Tek Pak Jayen
Lokasinya berada di Jalan Dharmahusada, Gubeng. Satu porsinya berisi tahu goreng, kentang rebus, lontong, taoge, telur dan pastinya kerupuk. Kisaran harganya yaitu 11 ribuan sampai 13 ribu aja.

Untuk tingkat kepedasan, kita bebas mau request Lombok berapa biji. Biasanya bukanya dari jam 5 sore sampai 11 malam.

Tahu Tek Lauhan
Lokasinya di sekitar Rungkut, tepatnya di depan Vinet dan Warkop Gembul.  Kocek yang dikeluarkan untuk makan tahu tek Lauhan juga nggak mahal, yaitu sekitar 13 ribuan aja. Bumbu kacangnya juga bisa pilih sesuai selera, mau manis, gurih atau pedas. Jam bukanya dari jam 6 sore sampai habis menunya.

Tahu Tek Pak Ndut
Ada dua pilihan di tahu tek Pak Ndut, yaitu tahu tek polos dan tahu tek telur. Keduanya juga disiram dengan bumbu kacang yang sedap. Di dalam sajiannya juga diberikan irisan timun, jarang jarang kan soalnya ditempat lain ada timunnya. 

Lokasi tahu tek Pak Ndut yaitu di Jalan Manyar Rejo, Menur, Sukolilo. Satu porsinya hanya membayar 13 ribuan aja. Dan untuk jam bukanya nggak setiap hari, hanya hari senin samapi sabtu aja.  Jam bukanya yaitu dari jam 5 sore sampai malam.

Gimana nih, siap buat kulineran di Surabaya nggak? Yukk agendakan.

Comments

  1. Kalau dilihat dari foto, tahu tek ini mirip sama ketoprak atau tahu telor. Rasanya benar mirip ketoprak atau tahu telur kah, Kak?

    ReplyDelete
  2. saya juga baru dengar Tahu Tek...sedap kan

    ReplyDelete
  3. Di Jogja suka lihat tahu tek tapi belum pernah coba juga hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang