Cerita dibalik Persiapan Ramadhan

persiapan ramadhan


Alhamdulilah, sudah memasuki bulan Ramadhan lagi. Sama seperti dua tahun sebelumnya ketika pandemi, Ramadhan terasa seperti hari-hari biasa aja. Nggak ada yang istimewa di lingkungan rumah saya. Palingan cuman aktivitas keliling kampung yang diadakan oleh masjid besar yang dekat dengan area perumahan. 

Persiapan Bulan Ramadhan
Nggak yang heboh banget sampe belanja bertroli-troli juga, malahan ibu saya biasa aja belanjanya dan seperlunya. Mungkin kemarin hanya beli sayuran atau ikan untuk beberapa hari ke depan. Terus karena minggu pertama ini dapat jadwal bergiliran untuk membuat takjil di mushola dekat rumah, jadi hanya bikin salad buah aja.
takjil


Kalau untuk persiapan fisik, nggak ada juga yang disiapin secara istimewa. Cuman kalau pagi kadang tuh suka bersin dan ujung-ujungnya pilek mendadak. Pernah pilek dari pagi sampai pulang kantor nggak kelar-kelar, padahal kalau awalnya cuman bersin biasa, pileknya juga bentar. Nah ini sampe balik kantor masih flu aja, terpaksa minum obat flu dan siap dengan efek sampingnya yaitu ngantuk.

Dan karena aktivitas cukup padat juga, kalau inget cuman beli tablet vitamin C hisap, ya buat jaga-jaga aja. Soalnya sebelum puasa dimulai, hampir tiap hari saya beli es milk tea disebelah kantor meskipun request esnya sedikit.

Beralih ke soal ibadah. 
Kalau dulu mungkin solat tarawih di masjid bisa dihitung sama jari, karena sering pulang malam. Dua tahun terakhir ini, saya usahakan untuk sholat tarawih di masjid. Tahun lalu waktu pandemi, pulang kantor sengaja lebih awal yaitu di jam 4 sore dan itupun kadang ada ajakan mendadak dari temen-temen komunitas untuk buka bersama. Itung-itung kapan lagi meet up sama mereka, meskipun masih tinggal di satu kota tapi susah buat keluar bareng.

Dan awal puasa kemarin, saya bisa pulang kantor teng go, alias jam 5 sudah kelarin kerjaan, jadi langsung cabut aja. Terus bisa mengawali puasa dengan sholat tarawih di mushola dekat rumah.
Itu aja persiapan dan cerita singkat saya menghadapi bulan Ramadhan kali ini.

Keep healthy teman-teman semua dan semangatttt.

Comments

  1. Selamat menjalankan ibadah puasa, mba Ainun. Asiknya bisa masak barengg. Taun ini aku perdana masak sendiri utk partai besar baik buka dan sahur xD kalau utk fisik biasanya aku lebih ke Olah raga rutin, selama Ramadhan aku jadi kurangi intensitasnya. Tp terbantu krn sebelumnya uda jadi rutinitas. Semoga ramadhan kali ini bisa menjadi ramadhan terbaik ya mba 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. woww mbak Lina lagi sibuk-sibuknya masak nih, pasti sibuk nyari ide menu makan sehat ya mbak, tapi seru juga kalau pas bulan puasa kayak gini, tiap hari menunya bisa ganti-ganti, apalagi ada tambahan es juga
      hiks, pengen rutin olahraga tapi kadang muncul rasa malas nih aku

      Delete
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa, Mbak Ainun. Semoga lancar puasa dan ibadahnya... Semoga selalu sehat ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Kimi, sehat juga buat mbak Kimi dan keluarga

      Delete
  3. Mba Ainun, maaaf, tadinya aku pikir mba Ainun itu non muslim, ternyata salah Yaa 😅.

    Aku juga ga prepare banyak menyambut ramadhan ini mba. Sama aja kayak hari biasa. Palingan budgt makanan agak nambah dikit Krn utk siapin bukaan dan di lingkungan rumahku rutin KSH bukaan ke mesjid giliran. Aku dapat 2x tahun ini. Jadi harus prepare kesana juga. Tapi persiapan yg lain sama aja sih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, gak papa mbak Fan
      sama kayak dilingkungan rumahku mbak, tiap rumah dapat jatah nyiapin menu buat masjid, kayak takjil

      Delete
  4. Selamat menjalankan ibadah puasa say, btw ramadan kali ini entah mengapa saya kok ya mualaaassss banget, mungkin pengaruh nggak bisa ikut puasa pertama, jadinya bad mood ga kelar-kelar :D
    Biasanya saya isi bulan puasa dengan benar-benar produktif, sekarang bawaannya mager mulu.
    Untungnya anak-anak udah mandiri dan rajin ke masjid berdua

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe untung kaka sama adek udah gede ya tahun ini, mereka berangkat ke masjid udah ga perlu dianterin maminya lagi.
      bisa jadi tuh mbak karena efek hari pertama ga puasa, hari hari berikutnya jadi ogah gitu ya wkwkwk.
      Mbak rey mager tapi bisa tetep apdet tulisan di 3 blog, huwaaa mager dari mana itu mbak hahaha

      Delete
  5. Selamat menjalankan ibadah puasa, Kak Inun! Semoga masih semangat menjalankannya ya, udah setengah jalan nih 🙈

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang