Wajib Coba, Ayam Kesrut Kanggo Riko Banyuwangi

ayam kesrut banyuwangi


Sehabis njajan dan jalan-jalan di Car Free Day Desa Kemiren Banyuwangi, saya, mbak Tias dan blogger Kaka Alan lanjut mencari sarapan di Desa Licin. Perjalanan dari Desa Kemiren ke Desa Segobang yang berada di Kecamatan Licin lumayan jauh juga. 

Rombongan saya rencananya bakalan sarapan ayam kesrut. Yess, di tahun 2020 saya sudah cobain ayam kesrut Kanggo Riko dan suka banget, karena emang wenak. Kemudian Kaka Alan menawarkan untuk sarapan di sana lagi, otomatis mengiyakan dong. 

Ayam Kesrut Kanggo Riko Banyuwangi
Pas udah sampai di depan warung ayam kesrut Kanggo Riko, saya dibikin pangling, ternyata warungnya udah renovasi guys dan jadi makin luas.
ayam kesrut kanggo riko banyuwangi

ayam kesrut banyuwangi

kuliner enak banyuwangi

kuliner ayam kesrut


Di bagian belakang dapur masih ada lagi tempat duduk, tapi kesannya dibikin tangga, jadi berasa seperti di lantai 2.  Untuk area di lantai 2 ini ternyata cukup luas juga, tersedia beberapa meja dan kursi panjang. Satu meja besar dan kursi panjang aja bisa untuk beberapa orang. 

Nggak nunggu waktu lama, pesanan kita udah sampai, karena kebetulan minggu pagi itu belum terlalu ramai pengunjung. Ngeliatnya aja udah ehmm enakkkk dan seger.

Yuk makan
Seperti biasa, nasinya ditaruh di dalam wadah plastik gede, jadi masing-masing orang bisa mengambil sesuai porsinya, mau nasi banyak apa sedikit. Terus lauk keringnya ada tempe goreng, jamur goreng dan ayam goreng.  Jamur gorengnya dibuat cemilan aja udah enak.

Nasi saya siram dengan kuah dari ayam kesrut dan ayam. Rasa kuahnya ada pedasnya dan gurih. Rasa pedasnya karena juga ada geprekan cabenya di dalam kuah. Buat yang penyuka pedes, kalau kuahnya dirasa masih kurang pedes, masih ada sambel tomat ulek  yang juga disertakan dalam paketan ayam kesrut ini, baidewei sambelnya ini juga enak, seger gitu.
ayam kesrut banyuwangi


Yang jadi gandengannya kalau makan ayam kesrut tentu aja ada mentimun dan juga sayuran yang direbus, mirip kayak menikmati lalapan.

Saya sendiri sampai heran, ayam goreng yang terlihat biasa aja, tapi kenapa bisa gurih gitu nggorengnya, terus kuah dari ayam kesrutnya kenapa juga seger. Rahasia dapur mereka turun temurun nih kayaknya. 

Untuk pesannya, ngitungnya bukan per orang, satu paketan terdiri dari nasi 1 bakul, sepiring tempe, jamur, ayam goreng. Diitung-itung per orangnya kurang lebih bayar 30ribuan. 

Ada yang udah cobain ayam kesrut khas Banyuwangi belum? Kuy cobain kalau teman-teman mampir ke tanah Blambangan ya.

Ayam Kesrut Kanggo Riko
Karangsari, Segobang, Kec. Licin
Banyuwangi


Comments

  1. Suasana dan makanan yang disajikan homey banget yaaaa, pastinya betah nih makan di sini

    ReplyDelete
  2. tempat makanya bagus kayak dirumah jadi makin betah makan disana :D... nanti kalo main ke banyuwangi pasti nyobain makan ayam kesrut mbak, doain aja bisa main kesana 😁

    ReplyDelete
  3. Jadi ini ayam goreng tapi pake kuah ya mba? Aku belum bisa bayangin rasanya, tapi tertarik. Yg aku tahu Banyuwangi kulinernya banyak memadukan 2 makanan jadi 1 memang πŸ˜„.

    Makanya masih pengen bgt datang kesana dan puas2in kulineran

    ReplyDelete
  4. Jam kritis mampir ngelihat postingan ayam Kesrut Kanggo Riko auto nelan ludah.
    Kalau dekat udah disamperin buat ntar. Tempatnya nyaman ya mba, menunya juga menu rumahan yg nampaknya bakal bikin makan jadi lahap.

    ReplyDelete
  5. Udah ngebayangin kayak makan menu masakan rumah ya, bahwak wadahnya pun seperti keseharian pas di rumah. Tempat duduknya banyak jadi pengunjung bebas ya mau milih lantai 1 yang disulap jadi lantai 2 atau memang duduk di depan.

    ReplyDelete
  6. Ya Allahhh... baca ini siang-siang, jadi ngiler! kebayang segar kuahnya, apalagi liat rebusan sayurnya, jiwa suka makan sayur saya meronta-ronta. Apalagi sayurannya bayam yang lembut ya, duhhh!!!!!

    ReplyDelete
  7. oh yang namanya ayam kesrut itu begini ya, ayam tapi kayak disop gt ya

    ReplyDelete
  8. Aku masih membayangkan ayam kesrut itu rasanya kayak gimana. Sekilas kuahnya ada cabainya yang berarti rasanya pedas.
    Kuahnya sepertinya seger banget. Sambalnya sungguh menggoda. Tempe dan jamurnya pasti kriuk-kriuk :D

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nyobain ayam khas Banyuwangi. Pun saya baru tau namanya ayam kesrut.
    Rasanya gurih dan segar ya kak..
    Nanti kalo ada jalan ke Banyuwangi mesti lah nyobain makan ayam kesrut.

    ReplyDelete
  10. Lihat lalapannya jadi ngiler deh, saya paling suka lalapan gitu. Di Surabaya belum ada tempat makan yang menyediakan ayam Banyuwangi. Bolehlah siapa tahu ada rezeki bisa main ke Banyuwangi

    ReplyDelete
  11. Tempatnya enak sih ini keliatannya, gambar makanannya juga menggugah selera, seger banget itu kak keliatannya. Belum pernah nyoba tapi kalau ke Banyuwangi wajib sih aku ke sini nanti

    ReplyDelete
  12. Wah aku berkali kali lihatin kuahnya. Kaldu dan cabainya kelihatan seger banget. Enak dimakan siang² nih ya sama lalapan udah cocok banget. Tempatnya ya ampun sederhana tapi kaya nyaman bgt gitu ya. Betah lama2 makan disini sih, hehe.

    ReplyDelete
  13. Menarik sekali. baru pertama kali tahu dan memang kelihatan sangat menggoda. Jualnya paketan gitu, jadinya enak ya, tinggal ngepasin berapa orang dalam sekali makan.

    ReplyDelete
  14. Waduh...puasa-puasa pas buka artikel Ayam Kesrut...auto kebayan-bayang lezatnya. Haha...Wah...waktu ke Banyuwangi sempet mampir ke Desa Kemiren, tapi sebentar. Harus diulangi nih wisata ke Banyuwangi-nya

    ReplyDelete
  15. Pas jam lagi perih-perihnya nih perut, langsung ngiler, hehehe. Kulinernya menarik ya, sayang jauh di Banyuwangi. Kapan-kapan kalau ke Rogojampi bisa nih diagendakan main ke Banyuwangi untuk mencicipi kulinernya.

    ReplyDelete
  16. Kanggo Riko, ini khas banget Jawa Timuran. Hehe... Unik deh namanya. Pengen nyoba juga pas ketemu.

    ReplyDelete
  17. Baca ini beberapa jam setelah sahur, kok ya tetep lapeeer hei hahaha. Bakal dicatet nih kalau traveling ke Banyuwangi buat nyobain si ayam kasrut.

    ReplyDelete
  18. Ngebayangin ayam goreng dicampur kuah agak susah ya, Kak 🀣. Mungkin karena aku belum pernah coba sebelumnya jadi nggak kebayang wkwk. Tapi aku malah jadi pengin coba karena kelihatannya masih ramah di lidah dan penasaran gimana dengan perpaduannya πŸ™ˆ

    ReplyDelete
  19. Ayam kesrut kayaknya enak banget kuahnya dibsruput ya mbk...seger gitu.. agak pedes "...cocok kayaknya kalo di maem sama ayam gorengnya juga ,tapi jujur baru tau kalau ayam gorengnya ada di dalem kuahnya,😁

    ReplyDelete
  20. sedapnyaaaaa.... kalaulah tempatnya dekat. for sure saya datang ke sana sekarang juga😁

    ReplyDelete
  21. menu yang enak juga nie...boleh dicuba

    ReplyDelete
  22. Ya Allah, ngiler lihat sambelnya mbk🀀 wuenak banget kayaknya. Apalagi udah disiapin lalapan juga, makin joss.
    Itu nasi satu bakul buat bertiga habis apa enggak mbak? Kayaknya kalau enak pasti abis ya, malahan pengen nambah.
    Sepertinya saya nanti mau bikin sambel korek deh gegera lihat gambar sambel di atas😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang