Kulineran di Omyah Kemiren Banyuwangi

kuliner banyuwangi



Lagi dan lagi kulineran di Banyuwangi. Kali ini si sohib kasih beberapa pilihan café baru di Banyuwangi dan keputusannya tetap balik lagi ke saya. Akhirnya saya putuskan untuk ke Omyah Kemiren yang berada di Kecamatan Glagah Banyuwangi dan nggak terlalu jauh juga dari pusat kota.

Dari awal, si sohib Icha ini sudah memberikan sedikit pandangan, kalau tempat ini semi outdoor gitu. Okelah nggak masalah, yang penting judulnya café hopping.

Welcome to Omyah Kemiren
Menemukan Omyah Kemiren sebenarnya gampang banget, jalanan ini yang dilalui ketika kita ingin menuju Agrowisata Taman Suruh Banyuwangi. Di pinggir jalan sudah ada papan nama Omyah Kemiren dengan ukuran cukup besar. Ketika memasuki area parkirannya memang nggak terlalu luas banget tapi ya cukup teduh juga sih.
wisata banyuwangi

cafe terbaru banyuwangi


Sebelum memasuki area utama, pengunjung melewati jalan yang kanan kirinya dipagari batako bermotif, benar-benar dibikin penasaran. Dan setelah belokan terakhir, wow saya dibuat kaget juga dengan tampilan café ini, sederhana tapi terlihat nyaman juga.
kuliner di banyuwangi


Pavingan jalan yang saya lalui akan melewati area dapur terlebih dulu, terus jalan deh ke area tempat makannya yang memang berupa gazebo semi outdoor gitu. 
Di sisi satunya terlihat view sawah yang ijo-ijo dan beberapa bagian yang disulap seperti taman atau tempat duduk melingkar yang dekat dengan view sawah ini.
wisata di banyuwangi


Karena sudah terlalu kenyang juga, saya pilih menu pizza aja dan minuman jahe.
Oke oke, ini saya spill menu yang saya pesan, karena perut juga terasa nggak enak waktu itu, saya pesan minuman jahe dengan sebutan Exotic Red Ginger Squash, keren ya namanya hahaha. Karena keren ini bikin saya penasaran juga dan yaweslah dipesan aja. Segelas minuman jahe ini dihargai 28 ribu.

Pas saya cicipin ternyata ada pedas-pedasnya juga hahaha, ya memang di buku menunya sudah ditulis kalau minuman ini campuran dari jahe merah, mint, lime, cabai, rosmeri dan air soda. Dibilang unik, kayaknya memang unik, ada minuman berasa cabe.
kuliner banyuwangi

wisata banyuwangi
Minuman yang saya pesan


Nah terus untuk pizzanya saya pesan varian Hawaiian dengan harga 59 ribu dan penjelasan di buku menunya yaitu terdapat campuran dari saus tomat, mozzarella, ham dan pineapple. Dan ketika pizzanya sudah datang, saya coba dong makan dulu satu slice pelan-pelan dan ternyata enakk banget ini. Adonan pizzanya crunchy dan tipis. Saya sampai bilang berkali-kali ke sohib kalau pizzanya wenakkk, hiks.
wisata banyuwangi
Ini enak buanget

wisata banyuwangi

kuliner di banyuwangi
Beberapa price list menunya


Keliling Area Omyah Kemiren
Konsep yang diusung sama Omyah Kemiren ini memang family banget deh, ramah anak juga. Memang untuk tempat duduknya terlihat nggak terlalu banyak banget, beruntung saat weekend itu saya masih kebagian tempat duduk yang menghadap ke area persawahan.
omyah kemiren

kuliner di omyah kemiren


Baidewei kalau ke café barengan sama sohib yang juga seorang bussines woman yang punya usaha travel, ujung-ujungnya kalau ngafe pasti ketemuannya sama si ownernya hahaha. Singkat cerita dari pemilik Omyah Kemiren ini, untuk bangunan gazebonya merupakan perpaduan dari bangunan khas Solo atau Jawa dan Osing. Untuk lantainya aja bukan keramik, tapi lantai dari batu kali seperti rumah zaman dulu dan beberapa bagian lantainya dibuat dengan paduan keramin vintage gitu.
wisata banyuwangi


wisata banyuwangi

Di sudut yang lain, terdapat sebuah rombong kayu dengan pajangan tanaman herbal gitu, seperti ada bunga telang juga dan jahe yang masih utuh, kesannya kayak di angkringan kuno gitu. Waktu saya tanya ke pemiliknya,  minuman dalam botol yang ada di gerobak ini bisa dicoba, tapi saya nggak coba, sungkan lah.

Untuk bagian outdoornya ada tempat duduk yang sengaja dibuat melingkar dengan tempat api unggun di bagian tengahnya. Menurut info dari pegawainya, pengunjung bisa request tempat outdoor dengan api unggun ini juga, kayaknya lebih seru kalau malam hari dan ramai-ramai. Fasilitas lain dari Omyah Kemiren, tentu aja toilet yang bersih.
cafe omyah kemiren banyuwangi

restoran banyuwangi


Overall saya suka tempat ini, tempatnya nyaman pokoknya.

Kalau ke Banyuwangi, teman-teman bisa mampir juga nih kesini.

IG : @omyah_kemiren


Comments

  1. kalau ke Banyuwangi, mba Fanny coba mampir sini juga.
    Hiks, pizza nya enak, pas gigitan pertama, aku udah ngoceh ke temenku, gilakk ini enakkk hahahaha
    dan pas masuk areanya, nggak nyangka bersih, cakep, simple kayak gini. Sukakkk

    ReplyDelete
  2. Ke Banyuwangi belum pernah tahu ini, ini di daerah mana ya, Mbak. Terakhir ke Banyuwangi 2 bulan lalu pas ke Pemkah Banyuwangi ada agenda, Siapa tahu kalau ke Banyuwangi lagi bisa mampir. Ada bunga telang juga, apa dikemas jadi minuman ya, mbak?

    ReplyDelete
  3. Kalau ke sini harus reservasi gak ya? Tapi lebih enak kalau datang rombongan sih, berasa makin akrab karena viewnya asri. Kalau malam, bisa gak ya ala-ala barbekyu gitu, kan udah ada api unggunnya. Hihihi

    ReplyDelete
  4. Wah kapan-kapan kalau ke Banyuwangi saya mampir deh ke sini, tempatnya segar banget sepertinya, hijau jadi pasti nyaman banget kalau berlama-lama di sini

    ReplyDelete
  5. Luas banget tempatnya. Ini mah kulineran sambil wisata ya. Anak-anak pasti suka juga nih lari-larian di sini. Harga makanan minuman sesuai standar resto.

    ReplyDelete
  6. Di sada daerah desa wisata gitu ya? Bangunannya bagus gitu bernuansa tradisional tapi bersihh banget, dan bisa puas buat narsis foto2 wkwwk. Kirain bakal pesen menu tradisional, ternyata ada pizza juga. Utk harga 59rb termasuk murah sih apalagi ukurannya keliatan cukup besar.

    ReplyDelete
  7. Nyaman lokasinya kelihatan nih dari foto-foto dan ceritanya kak Ainun.
    Apalagi itu ada pizza nya kok bisa menggoda daku juga loh kak, haha

    ReplyDelete
  8. Akuu lagi mengingat ingat banyuwangi kecil yaa sptnya pernah baca tempat ini pas di Banyuwangi. Cakep ya mbaa tempatnyaa seger lihat yg ijo ijo...Jadi kangen banyuwangi blm tuntas explore sana

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Mba Ainun asli Banyuwangi? Wah ada nih teman saya yg asli sana. Dia sering cerita tempat-tempat wisata hingga suasana Banyuwangi. Katanya beberapa hal agak mirip di Bali. Hihi.. Lihat suasana cafe jadi pingin ke sana deh.

    ReplyDelete
  11. ahhhhh jadi nostalgia, dulu pernah juga kesini pas famtrip. Asik banget emang yaa view nya, banyuwangi menyenangkan buat jalan-jalan dan kulineran

    ReplyDelete
  12. Wah recommended banget Omyah Kemiren ini
    Luas, makanannya juga enak enak
    Oke,dicatat
    KLO ke Banyuwangi harus mampir ke sini

    ReplyDelete
  13. Fotonya keren-keren.... Tempatnya sepertinya luas dan nyaman, pasti asik kalau makan di sana... Mudah-mudahan bisa jalan-jalan ke daerah sana dan makan di resto tersebut...

    ReplyDelete
  14. Itu jalan setapak menuju cafenya serasa akan memasuki lorong waktu ya. Desainnya cakep dan bikin penasaran tentang apa yang akan kita temui di dalam sana
    Menu-menunya juga sepertinya enak ya.

    ReplyDelete
  15. Viewnya bikin betah sekali, selain jadi tempat melepaskan rasa lapar serta dahaga juga bisa menghibur diri

    ReplyDelete
  16. Wah Omyah Kemiren enak banget tempatnya, sejuk dan menenangkan. Luas juga areanya ya mba, enak banget buat dikunjungi bersama keluarga. Harga makannya juga terjangkau

    ReplyDelete
  17. Jalan masuk untuk ke lokasinya unik banget ya itu. Jadi pengen ambil foto lorong itu. Terus pas makan bisa menatap wajah kehijauan gitu pasti menyenangkan sekali

    ReplyDelete
  18. Tuh kan jadi pengen jalan-jalan ke Banyuwangi lagi deh kalau begini
    Nunggu hujan enggak turun dulu alias nunggu musim kemarau
    Kalau hujan pasti ambyar kalau jalan jalan

    ReplyDelete
  19. Keren ih tempatnya luas, hijau dan bikin betah. Minum atau ngemil sambil duduk santai menghadap ke teras saja sudah bikin tenang.

    ReplyDelete
  20. Tempatnya adem banget dan hamparan rumput ijo ijo luas gitu bisa sekalian healing dari hiruk pikuk perkotaan

    ReplyDelete
  21. Keliatan bgt kalau tempatnya nyaman, kayak kembali ke zaman dulu. Btw, aku mau dong nyicip pizzanya.

    ReplyDelete
  22. Tempatnya asik banget, Kak Inun!! Kebayang sejuknya makan siang di sanaaa, plus pemandangannya memanjakan mata bangettt, langsung seger rasanya lihat yang hijau-hijau hiahaha.
    Sama seperti Kak Fanny, aku juga suka pizza yang tipis, jadi begitu lihat foto pizza dari resto ini, auto ngiler dong aku 🤣

    ReplyDelete
  23. cantik banget ya view rumah makannya ini, suka deh yang nuansa tradisional gini.
    sejuk juga pasti ya disini, menunya pun variatif ya kalau bawa anak-anak ke tempat ini pasti happy banget, bisa keliling bebas gitu dan makan pizza :D

    ReplyDelete
  24. Kalau aku bakal suka berada di tempat seperti ini. Semi outdoor gini enak buat kumpul-kumpul.

    Jalan setapaknya sangat bagus. Membuat tempatnya jadi lebih nyaman dan bersahabat.

    ReplyDelete
  25. Mupeng sangat mba ksana, Indonesia ini kalau di kelilingin emang ga ada habisnya banget :) Mimpi ku dulu bisa keliling indonesia, semoga suatu saat bisa tercapai :)

    ReplyDelete
  26. Tempatnya nyaman banget.
    Kayaknya bakal betah buat nyantai berlama-lama.

    ReplyDelete
  27. Ini sih jadinya kulineran sambil nikmati pemandangan ya mbak hehe
    Menunya jg mix gt, ada khas Indonesia dg minuman rempah dan makanan budaya luar yaitu pizza. 😁

    ReplyDelete
  28. Ini tempatnya kalau mau ada acara keluarga atau gathering kantor, seru banget ya karena luas. Saya gak gitu suka minuman jahe, kecuali susu jahe. Ini pun jahenya dikit aja. Minuman jahe pake bahasa inggris keren juga ya, haha...

    ReplyDelete
  29. tulisannya singkat tapi kaya sudah mewakili kenyamanan tempat ini kalau dilihat dari foto2nya, kayanya butuh waktu lama utk explore banyuwangi kalau saya kesana nanti

    ReplyDelete
  30. Banyuwangi menarik juga ya destinasinya. Seru buat kelaurga juga nih

    ReplyDelete
  31. Langsung aku tandai, mbak ainun 😆. Kebetulan tahun depan mau ke banyuwangi, buat wisuda adek ipar. Kesananya tahun depan, dari sekarang udah hunting tempat wisata kuliner. Wkwkwk 🤣

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang