Tempat Makan di Gili Trawangan, Susah Nggak Sih?

gili trawangan


Mencari makan di Trawangan susah nggak sih?

Sebenarnya nggak kok

Biasanya wisatawan lebih banyak mencari makan di area pasar malamnya Gili Trawangan, rata-rata yang dijual adalah makanan laut dan itupun bukanya malam hari.

Kunjungan kesekian kali ke Gili Trawangan Maret lalu, terlihat cukup banyak warung-warung sederhana di pinggir jalanan utama. 

Siang itu, untuk mengisi perut sebelum pergi tur snorkeling, saya memutuskan mencari makan disepanjang jalan yang saya lihat dan ketemulah dengan warung sederhana yang jadi satu dengan toko kelontong. Menunya nih yang saya suka, ala rumahan, ada oseng-oseng, suwir ayam, sayuran nangka muda. Banyak pokoknya. Makan sederhana di pinggiran pantai seperti ini habis 35 ribu.

warung murah di gili trawangan

wisata gili meno
Makan siang dipinggir pantai


Dulu waktu awal ke Gili Trawangan sekitar tahun 2011, sebelum berangkat, saya coba browsing dan membawa buku panduan Lombok dari Blogger Lombok, Lalu Abdul Fatah, tapi nyatanya pas sampai di Lombok mau explore mencari warung yang dimaksud di buku atau hasil dari browsing malah nggak nemu. 

Memang, kalau mau nyari warung-warung di Gili Trawangan harus blusukan gitu dan saya beberapa kali ke Lombok pun nggak pernah blusukan sampai ke bagian tengah pulau.

pasar malam gili trawangan

wisata gili trawangan
Area pasar malam, kalau malam ramai dengan penjual makanan

Teman baru yang saya kenal sewaktu menyeberang ke Gili Trawangan sempat bercerita pas nyari makan di Trawangan, cuman pilih menu nasi sama sawi habis 25 ribu plus bonus nasinya keras.

Di sepanjang jalanan utama Gili Trawangan, sekarang sudah banyak kedai makanan yang buka, nggak hanya café-café saja, tapi juga ada kedai kebab. Lumayan kan.

gili air


Kalau malam lebih banyak pilihan lagi, saya mencoba mencari makan di depan pasar tradisional Gili Trawangan, disana ada beberapa warung kaki lima dan menunya juga cukup banyak. Memang rata-rata harga makanan juga habis 20 ribuan, tergantung ikan yang dipilih.

cafe gili trawangan
Makan malam


Keesokan paginya, saya mencoba mencari sarapan. Kalau pagi sebagian besar memang masih banyak warung yang tutup, beruntung pagi itu di dekat tempat penjualan tiket kapal, ada toko kelontong buka dan di bagian terasnya sudah ada beberapa pilihan nasi bungkus, tinggal pilih mau isi daging ayam atau telur. Harganya sekitar 15 ribu aja. Sarapan praktis namanya karena saya juga diburu waktu untuk naik kapal balik ke Mataram di jam 8 pagi.


Comments

  1. enak tu lemak2 kayak di nasi padang aja ya, hmmm pasti yummy banget kalau dapat kuliner khas mereka

    ReplyDelete
  2. Mesti gitu ya, kebanyakan yang buka tuh kalau makanan di malam hari.
    Sayang juga sih nggak ada yang mau manfaatin wisatawan cari makan di siang hari, atau mungkin kalau siang sepi kali ya.
    Cuman kalau pergi sendirian emang praktis sih, kalau sama anak-anak tuh yang rempong

    ReplyDelete
  3. Masya Allah tabarakallah ❤️ pengen banget liburan ke Gili Trawangan, mungkin di pulau jadi harganya lebih pricey dengan menu ala kadarnya ya mba

    ReplyDelete
  4. Saya juga lebih senang kalau nemu warung makan dengan menu rumahan dan bisa ambil sendiri (prasmanan). Porsinya bisa diatur sesuai keinginan kita, plus biasanya lebih murah daripada resto. ^^

    ReplyDelete
  5. kasihan itu yang makan 25rb bonusnya nasi keras..:sad
    btw makan dengan menu ikan masih wajar sih kalau 20rb keatas..dibandung jawa barat juga standar makan pake ikan segituan mba is..:D

    Makasih sudah share info kuliner di Gili Trawanganya, bisa buat rekomendasi kalau kesitu untuk menghemat budget..he he

    ditunggu komen back nya ya..makasih

    ReplyDelete
  6. Harganya lumayan uga ya… lumayan kalo dibandingin warung nasi rames yang kutau 😂
    Tapi mungkin itu karena area wisata juga x ya hehehe

    Sayang banget ya siang hari sepi yang jual makan. Mungkin karena emang sepi pembeli juga x ya kak.

    ReplyDelete
  7. Wah, gambarnya bikin ngiler ya. Dan sebagai orang Indonesia, nasi rames kayaknya the best banget ya: nasi hangat dan lauk pauknya. :)

    ReplyDelete
  8. Wah, ternyata ga sulit ya mencari makanan enak dan nikmat di Gili Trawangan :D Macam2 pula menunya, kelihatan enak. Kalau yang senang makanan laut bakalan nunggu warung2 yg buka tuh hihihi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang