Sasaku, One Stop Shopping di Lombok

sasaku lombok


Ketika bepergian ke suatu daerah yang mempunyai oleh-oleh khas, biasanya saya membelinya untuk oleh-oleh keluarga di rumah, tapi nggak menjadi suatu keharusan juga. Kalau misalnya nggak saya alokasikan budget untuk belanja, ya nggak bakalan belanja juga, palingan tipis-tipis beli jajanan khas aja beberapa pack.

Begitu juga saat berkunjung ke kampung adat atau wilayah yang mempunyai motif tenun atau batik yang khas, biasanya saya membeli juga, hitung-hitung membantu perekonomian masyarakat lokal, seperti saat saya ke Kampung Adat Bena di Bajawa, Flores. Beberapa warganya ada yang membuka lapak jualan dengan mendisplay kain tenun yang mereka buat sendiri, jadi saya beli juga akhirnya, meskipun hanya membeli syal aja.

Gimana kalau nggak sempet buat belanja karena waktunya mepet? Pergi ke one stop shopping pastinya, seperti saat saya ke Lombok. 

Tempat belanja oleh-oleh di Pulau Lombok yang terkenal yaitu Sasaku, dulu waktu pertama kali ke Sasaku yaitu di tahun 2015 yang berada di Komplek Pertokoan Dasan Cermen, Kecamatan Sandubaya. 

Nah, di tahun 2022 ini saya berkesempatan untuk bisa balik lagi ke Lombok dan waktu itu memang nggak ada rencana mau belanja-belanja heboh, minimal beli baju yang ada tulisan Mandalika atau Moto GP Mandalika hahaha.

Sasaku Lombok

Saat perjalanan balik dari Gili Trawangan, teman trip saya minta ke driver untuk mampir ke Sasaku yang cabang di daerah Senggigi. Baidewei, cabang Senggigi ini termasuk baru dan areanya terbilang luas.

oleh-oleh lombok

tempat belanja di lombok

wisata lombok


Karena saya masih bingung mau beli apaan, jadinya cuman beli t-shirt dengan tulisan Mandalika dulu aja.

Sehabis nganter teman ke Bandara, pak drivernya nawarin lagi 

“Mau ke Sasaku lagi nggak”, tanyanya

“Iya sih pak, rencananya malem nanti mau ngojol aja ke Sasaku yang di Kecamatan Sandubaya itu”, jawab saya

“Ngapain nanti malam, ini kan lewat depan Sasaku nantinya, apa mampir sekalian, biar sekali jalan”, jawab Pak Drivernya

Dipikir-pikir iya juga sih, daripada nanti keluar ongkos naik ojol juga kan. Akhirnya saya mengiyakan ajakan pak driver untuk mampir Sasaku.

Untuk area belakang di Sasaku yang berdiri pertama kali ini, memang terlihat berbeda dengan saat saya datang pertama kali, pilihan kaosnya yang sekarang makin beragam, banyak warna dan banyak desain, beda harga beda juga kualitas kainnya. Jadi bingung.

souvenir dari lombok


khas lombok

tempat oleh-oleh lombok


Nggak hanya menjual kaos-kaos khas Lombok aja, di Sasaku juga ada snack khas Lombok seperti keripik atau cookies, kain tenun khas Lombok dan tas. Banyak banget.

Sayangnya Sasaku yang berdiri pertama kali ini nggak saya foto, yang sempat saya foto adalah Sasaku yang cabang Senggigi.

Kalau untuk Sasaku yang di daerah Senggigi, ada mini cafenya dan juga menjual perhiasan mutiara. Perhiasan mutiaranya bagus-baguss, ngiler juga jadinya. 

oleh-oleh lombok
Oleh-oleh sendiri, dikirim pake paket


Baidewei, Sasaku bisa dijadikan tujuan tempat berbelanja oleh-oleh khas kalau teman-teman berkunjung ke Pulau Lombok.




Comments

  1. Macam Krisna kalo di Bali ya kak. Ku belum pernah ke Lombok. Semoga kalo ada kesempatan bisa lan jalan ke sana hehe

    Seru liatin foto-foto kak ainun. Berasa ikutan belanja jg di sana 🤣

    ReplyDelete
  2. Paling suka deh kalau ada toko oleh-oleh yang nyaman kayak gini, apalagi luas dan lengkap.
    Paling nggak suka soalnya kalau tokonya kecil dan mencar-mencar.

    Tapi memang lombok juga jujukan wisatawan banget ya, jadinya ada yang buka tempat nyaman kayak gini.
    Biar puas juga ya belanjanya.

    Kalau saya bepergian jarang beli oleh-oleh say, kecuali mudik sih, makanya kalau mudik butuh biaya banyak wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Masih belum pernah ke lombok huhu
    Tapi, baru tau ada tempat seperti ini. Jadi, enggak usah pusing-pusing lagi pindah ke satu tempat ke tempat lain hanya untuk beli oleh-oleh

    Mungkin kalo ke sini, hanya tiga item yang akan dibeli. Batik nya, makanan serta tempelan kulkas wkwk

    ReplyDelete
  4. Bisa jadi rekomen nih mba belanja di sasaku. lengkap. mau pilih apa aja ada. gak perlu ke toko2 lain lagi ya kann jadinya.

    ReplyDelete
  5. Waah, Sasaku udah buka cabang aja nih di Senggigi. Pas zaman ku kerja di Lombok 2012-2013, Sasaku masih disatu ruko, loh, Mbak. Sekarang udah guede dan bercabang aja. Sempat beli t-shirt juga tuh dulu, tulisan Sasaku, hihi.. Jadi kangen Lombok aku tuh, huhu..

    ReplyDelete
  6. Tempat begini aku suka kalo males cari barang oleh2 di banyak tempat. Dengan one stop shopping seperti ini, jauuuh lebih gampang dan ga capek jadinya. Semua ada dalam satu tempat. Mungkiiin harga agak sedikit mahal, tapi buatku kenyamanan nomor 1 😄

    ReplyDelete
  7. pas kemarin suami ke Lombok, doi juga mampir ke Sasaku beliin aku kain tenun. Tapi, aku nggak nanya ke Sasaku cabang mana, kayaknya yang cabang Senggigi juga deh. Wah, ternyata di sana jual perhiasan mutiara juga ya? Jadi pengin lihat2 koleksinya, uhuk. Harus ke Lombok dulu nih, hihi

    ReplyDelete
  8. Emang lebih terasa puas kalau liburan nyempetin mampir ke pusat oleh-oleh, terlepas nanti mau beli banyak atau secukupnya saja
    Setidaknya jadi tau perak-pernik atau jajanan khas daerah setempat, jadi mupeng ke Lombok, nih.. hhe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang