Tips Blogging Agar Blog Mempunyai Performa Yang Baik

tips seo blog

Selama 10 tahun lebih perjalanan “karir” sebagai blogger, baru dua tahun terakhir ini saya belajar mengenai teknis blogging secara serius. Kalau dulu, sekedar untuk utak-atik template atau cek ricek coding blog belajarnya secara otodidak.

Sejak pandemi, beberapa komunitas blogger bahkan dari teman-teman blogger sendiri sering mengadakan kelas yang berhubungan dengan dunia blog. Saya yang jarang ikutan kelas blog, langsung tertarik buat ikutan. 

Dan sebelum ikutan kelas blog, saya nggak terlalu memperhatikan struktur blog dan sejenisnya. Nulis ya nulis lalu tinggal publish dan jarang banget menerapkan keyword. 

Sekarang juga nggak semua artikel di blog ini saya tulis dengan riset keyword terlebih dulu. Biasanya untuk artikel tertentu yang lagi pengen saya targetkan aja yang saya coba buat lebih detail. 

Seluk beluk printilan teknis blog juga cukup banyak, waktu awal mengerti arti dari SEO dan mencoba untuk mencari tahu sendiri bagaimana caranya, kok kayaknya berat gitu pengaplikasiannya.

Ini nih beberapa tip blogging yang ingin saya coba :

Riset Keyword
Dulu waktu awal membuat blog, kalau pengen nulis artikel ya tinggal nulis aja. Nggak sampai berpikiran artikel saya harus di Page One. Yang ada malah pemikiran “semoga tulisan saya bisa menjangkau banyak orang” tanpa memakai rumus rumus SEO. 

Setelah mengikuti kelas blogging, saya jadi mengerti kalau pengen artikelnya nangkring di Page One ya kudu bagusin dulu performa blognya. Pernah mencoba menerapkan keyword dan pas iseng cek google, lah kok nangkring di Page One. Nggak nyangka juga.

Pakai Strategi Internal Link
Artikel lama saya sebagian besar nggak pernah ada tautan internal link. Dan setelah tahu mengenai internal link pun nggak langsung saya terapkan.

Internal link sendiri merupakan salah satu strategi SEO dengan cara menautkan link artikel dari blog kita sendiri dan bertujuan untuk membuat struktur blog lebih mudah dipahami oleh Google.

Nggak mulai mempraktekkan internal link tapi malah saya mencoba menerapkan external link dengan membuat akun di Medium.

Rutin Melakukan Web Audit
Dulu pas awal-awal utak atik audit blog, saya melihat perubahan yang baik di blog. Eh lama-lama kok nggak rutin cek ricek blog sendiri. Dalam hal ini saya sendiri merasa memang kurang konsisten melakukannya. 

Next time, harus ketat sama target yang pengen dicapai dan fokus sama pelaksanaannya.

Semoga bisa.

Comments

  1. riset keywork itu work banget sebenarnya, hanya saja kalau keseringan, jadi bosan sendiri, karena merasa terkungkung dengan keywordnya :D
    Jadi saya sesekali aja riset keyword, tapi kalau udah bosan, mending nulis nggak pake keyword aja :D

    ReplyDelete
  2. Sampe skr aku blm terlalu jalanin keywords dan lain sebagainya itu. Kalo inget ya pake, kalo lagi males, ya bablas aja 🤣🤣.. itupun ga ngerti2 amat sbnrnya mba, bener atau salah nerapinnya 😅.. tapi ntr deh kalo emang udah mulai serius di blog baru aku fokusin belajar ttg SEO 😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang