Kulineran Sate Rembiga Ibu Sinnaseh di Lombok

sate rembiga ibu sinnaseh


Ke Lombok kali ini sudah diniati pengen kulineran Sate Rembiga, tapi beberapa hari sebelum tiba di Lombok, penyewaan sepeda di Lombok sudah full booked semua. Kalau pergi kemana-mana naik motor sendiri kan bisa menclok-menclok pindah tempat gitu maksudnya. Meskipun pada akhirnya solusinya adalah naik ojol dan nggak semua tempat kulineran sempat saya explore.

Sebelum berangkat ke Lombok, saya sudah antusias membuat list tempat makan sate rembiga, yang pasti kudu ke sate rembiga Ibu Sinnaseh yang terkenal dan selebihnya explore tempat makan sate rembiga yang lain kalau waktunya keburu. Baidewei, yang saya tahu sate rembiga Ibu Sinnaseh ini adalah si pelopornya dan sudah ada sejak tahun 1988.

Sore itu, ketika lagi bete gara-gara drama bookingan hotel kedua, si Alid, blogger Jombang tiba-tiba ngajakin ke sate rembiga dong. Memang pagi pas ketemu si Alid di pagi harinya, kita sudah janjuan kalau sorean chat lagi aja, barangkali ntar mau keluar bareng. Ehh ya udah akhirnya baru sorenya sempet keluar jalan bareng.

Welcome Sate Rembiga Ibu Sinnaseh
Halaman depot sate rembiga penuh dengan mobil-mobil dan motor, yang saya perhatikan hampir semua yang makan adalah wisatawan dari luar Lombok yang mempunyai agenda untuk nonton Moto GP. 
kuliner lombok

Untuk area memasak satenya ada di halaman, berdampingan dengan parkiran mobil. Menu yang saya pesan kali ini hanya seporsi sate rembiga dan plecing. Untuk satu porsi sate terdiri dari 10 tusuk.


sate bulayak lombok

Awalnya saya mengira kalau saya bakalan habis melahap satu porsi sate, nyatanya saya nggak mampu dan minta tolong si Alid untuk menghabiskan sisanya hahaha.

Untuk tekstur daging sapinya  nggak terlalu keras juga, masih bisa dinikmati dengan baik. Dan untuk bumbunya terasa pedas manis. Pedasnya tapi bukan yang pedas banget gitu, biasa aja ternyata.
kuliner dari lombok


plecing lomboks


Dan untuk seporsi plecingnya yang terdiri dari kecambah, parutan kelapa dan kangkung plus sambal dibagian atasnya terasa segar. Tapi tetap saja saya nggak habis, padahal porsinya juga nggak terlalu banyak. Seporsi sate rembiga dihargai kurang lebih 25 ribu dan harga plecingnya sekitar 10 ribu.

Next kalau ke Lombok lagi dan pengen makan sate Rembiga, perut kudu dalam keadaan lapar, biar sanggup menghabiskan sate rembiga full seporsi. 

Apa teman-teman sudah ada yang pernah cobain sate rembiga juga nih?


Sate Rembiga Ibu Sinnaseh
Jl. Dr. Wahidin No. 8 Mataram









Comments

  1. wah kayaknya enak ya mbak, belum pernah cobain sih mbak, yang penasaran plecingnya jadi kayak urap ditambah sambal gitu ya?

    ReplyDelete
  2. Belum pernah nyicip sate rembiga, ananda Ainun. Yuk ke sini ntar saya bawa makan dendeng datokok.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah icip, bahkan aku baru tahu ada sate jenis ini 🙈. Kelihatannya menarik dari warnanyaaa 😍
    Mungkin Kak Inun makannya nggak habis karena udah keburu kenyang dengan yang lain 😆

    ReplyDelete
  4. Kayaknya waktu ada motoGP kemaren tuh, beneran bikin warga sana ketiban rezeki nomplok semua ya, sampai di mana-mana penuh dan laris manis.
    Si Mba Inun mah, selalu update tentang kuliner terkenal ya, keliatannya enak banget tuh satenya.
    Tapi saya kok tertarik ama plencingnya :D

    ReplyDelete
  5. Blm coba tapi tau sate ini sejak lama, dari blogger almarhum mas cumi. Dia pernah nulis di blognya, sejak itu pengen icipin. Tapi harus di Lombok , kalo semisal ada kota lain yg jual, aku ga tertarik Krn pasti beda Ama rasa otentiknya.

    Eh tapi si alid sempet posting di IGS kalo rasa sate nya LBH enak sate yg di Jombang 🤣🤣🤣🤣. Jadi penasaran juga kaaan 😄

    ReplyDelete
  6. wah jadi kangen sate rembiga
    dulu pas tinggal di lombok, sering ke warung ini
    rame terus warung nya

    ReplyDelete
  7. Wuuihh ini bikin ngiler bin lapar mbak Is..😥😥 Masih pagi dan lagi puasa lagi.


    Jujur untuk sate aku suka lhoo. Mau sate dari daerah mana aja tetap suka, Pedas,asin, manis pokoknya nggak masalah sih bagi aku. Karena gigiku sehat jadi seandainya dagingnya keras noproblem.😁😁 Dan kalau untuk sate ibu Ainun...Eehh salah ibu Sinaseh.🤭🤭 Sudah pasti uueennaakkk! Soalnya dulu aku pernah ke Bima dan makan sate disana, entah sate apa yang jelas enak.😊😊


    Rakus bin Maruk ternyata gue ini yee.😁😁😁


    Duuhh mbak Iss gue jadi kangen sama NTB dan sekitarnya sayang gue nggak punya mantan disana. Batas mantan cuma sampai Bali doang. Eeehh apa hubungannya yee...🤣🤣🤣 Malah curhat gue disini.🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  8. Huaaaahhhh.... buka ini di siang bolong Bulan Ramadhan, Yaa Allah mbak, ahahahah . Ste Rembigayang udah ada sejak 1988 wah eyke belum lahir mbak, wah kalau seporsi aja gak habis, berati lumayan banyak ya dan cukup murah menurutku, jika seporsi 25 isi 10 tusuk. , hihihi. coba lokasiku dekat, bisa langsungpesan online nih, hehehe

    ReplyDelete
  9. saya baru tahu nih kalo di Lombok ada kuliner sate rembiga. Secara saya sendiri belum pernah ke Lombok hehe. Mudah2an suata saat saya bisa berkunjung ke Lombok dan mencicipi sate rembiga khas Lombok ini

    ReplyDelete
  10. Baru lihat satenya dibakar aja berasa banget kalau itu enak. Apalagi kalau nyobain sendiri. Oh ya ini memang 1 porsi 10 tusuk atau boleh kurang ya? Kadang suka gak habis dan pengen nyoba makanan yang lainnya.

    ReplyDelete
  11. Sate rembiga itu sate daging sapi. Kadang aku juga pingin lah merasakan sate-sate dari daerah lain. Sekedar merasakan cita rasa kulineran wilayah lain. Kan pasti beda sama sate Madura.

    ReplyDelete
  12. Sate Rembiga di Lombok ndut2 gini ukuran dagingnya yach. Murah juga itungannya cuma 28K udah kenyang bahagia hehehe :D Plecingnya hanya 10K mantap ini. Nasinya nambah ga mbak? wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  13. Satenya sepertinya memang enak dan irisan dagingnya juga lumayan gede-gede, kalau sate daging sapi saya suka kalau daging kambing pikir-pikir dulu..hihihi

    Plecing itu sejenis urap kah?

    ReplyDelete
  14. Sudah coba dong, Mbak. Aku lahir di Lombok soalnya, hehehee..
    Next cobain juga sate bulayak ya, enak banget bumbu pedasnya dari santan dan cabe kering yg dijemur. Makannya pake lontong gitu. Wihh, sedepp pokoknya mah kalau masakan Lombok. Meski sekarang tinggal di Jogja, lidah udah telanjur terbiasa dgn kuliner Lombok.

    ReplyDelete
  15. wah, rembiga kata yang baru banget aku dengar. sejauh ini cuma tau sate maranggi aja yang dari luar hihi.

    ReplyDelete
  16. Sate sama kangkung itu perpaduan yang oke. Sebenarnya bukan penggemar daging sapi, tapi bolehlah masukin liat. Siapa tahu bisa ke sana

    ReplyDelete
  17. Salah banget nih, saya baca blog mba ainun di jam 11 pagi menjelang siang, jadi laper.

    Karena emang belum pernah ke Lombok, jadi pertama kali dengan sate rembiga, Plecing itu maksudnya kuah/bumbunya yah mba?

    ReplyDelete
  18. Daku belum pernah coba kak sate rembiga ini, malah baru mendengarnya huhu.
    Dari penampakannya bikin laper hehe. Semoga bisa ketemu dan cicipi

    ReplyDelete
  19. satu hikmah yg sy dapat dari mbak Ainun, butuh juga ya buat list tempat yg dikunjungi saat ke distinasi impian. rerata sy malah sibuk prepare perlengkapan anak doang. note ya mbak,....kurleb paham medannya

    ReplyDelete
  20. Penasaran sama jenis sate ini. Keliatan enak sih menurutku.. Apalagi kalau bisa cicip langsung. Kapan ya ke sana

    ReplyDelete
  21. Olahan sate memang menggoda, salah satunya ini. Sate Rembiga yang enak dan harganya murah meriah. Cuma 28K aja. Padahal di Lombok, ya.

    ReplyDelete
  22. aku baru denger nih sate rembiga dan dagingnya dari sapi yaa, biasanya cuma makan sate kambing atau sate ayaamm, beda rasanya gimana nih mba dibandingkan sate kambing sama ayam?

    ReplyDelete
  23. Sate Rembiga itu dari sapi ya mba? Baru denger juga aku. Berarti enak yaa sate ibu ini, karena sudah banyak yang nyari dan sangat recommended. Semoga Juli nanti jadi ke Lombok deh biar bisa nyobain kulinernya hehehe

    ReplyDelete
  24. Ngeliat fotonya, ternyata daging di sundukan satenya gedhe-gedhe banget yaaaaa. Pantesan aja seporsi gak abis. Penasaran banget sama sate khas Lombok. Sate tiap daerah tuh beda-beda citarasanya. Saya suka nyobain.

    ReplyDelete
  25. Huwaah.. Sate Rembigaaaa.. Udah lama aku nggak makan ini, terakhir 5 tahun lalu pas jalan² ke Gili Terawangan, haha.. semoga bisa segera ke Lombok lagi niih, huhu..

    ReplyDelete
  26. Mupeng banget ke Lombok bismillah nanti liburan ke Lombok cobain sate rembiga ahhh

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang